1 Hektar Berapa Meter Persegi? Berikut Jawaban Selengkapnya
Ilustrasi Jawaban 1 Hektar Berapa Meter Persegi

1 Hektar Berapa Meter Persegi? Berikut Jawaban Selengkapnya

Diposting pada

1 Hektar Berapa Meter Persegi? Berikut Jawaban Selengkapnya – Satuan luas dalam Matematika dapat dibagi menjadi beberapa kategori yakni meter, hektar, are dan sebagainya. Masing masing satuan luas tersebut pada dasarnya saling berhubungan. Misalnya saja hektar dan meter. Bahkan sering kali ada pertanyaan 1 hektar berapa meter persegi (1 hektar berapa m²)? Untuk jawaban satu hektar berapa meter persegi tersebut pada dasarnya mudah diketahui. Namun sebagian orang tidak mengetahui jawaban sebenarnya dari pertanyaan tersebut.

1 Hektar Berapa Meter Persegi? Berikut Jawaban Selengkapnya
Ilustrasi Jawaban 1 Hektar Berapa Meter Persegi

Satuan hektar dapat ditulis dalam bentuk hektare atau ha. Satuan ini berguna untuk menyatakan besarnya luas sebuah tanah. Hektare memiliki satuan dasar yaitu are. Kemudian nilai 1 are = 100 m. Lalu 1 hektar berapa m²? Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang 1 hektar berapa meter persegi beserta jawaban satu hektar berapa meter perseginya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

1 Hektar Berapa Meter Persegi? Berikut Jawaban Selengkapnya

Sebelum menjelaskan tentang 1 hektar berapa meter persegi. Saya akan membahas secara singkat mengenai satuan luas hektare. Hektare ialah singkatan dari hekto are. Kata ini sebenarnya berasal dari bahasa Perancis. Namun adapula yang mengatakan bahwa kata hektare asalnya dari bahasa Belanda yaitu “Hectare”. Kata hekto sendiri memiliki arti yaitu 100 kali. Maka dari itu jika dikonversikan dalam bentuk satuan meter akan menjadi 100 kali lipat. Adapun jawaban dari satu hektar berapa meter persegi (1 hektar berapa m²) yaitu sebagai berikut:

1 ha = 1 hm² = 10.000 m²

Jadi jawaban 1 hektar berapa meter persegi ialah 10.000 meter persegi. Di Indonesia banyak sekali menggunakan satuan luas hektare daripada satuan luas kilometer persegi (km²). Selain membahas tentang jawaban satu hektar berapa meter persegi (1 hektar berapa m²). Saya juga akan menjelaskan tentang konversi satuan luas lainnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Rumus Barisan Aritmatika dan Deret Aritmatika Beserta Contoh

Satuan Are

Selain pertanyaan 1 hektar berapa meter persegi di atas. Saya juga sering mendengar pertanyaan 1 are berapa meter persegi? Jawaban dari pertanyaan tersebut ialah 1 are = 1oo m². Stauan are tersebut dapat ditulis dengan menggunakan huruf “a”. Contohnya 20 are dapat ditulis menjadi 20a. Penggunaan satuan are sendiri ialah untuk menunjukkan ukuran luas tanah atau lahan

Satuan Hektar

Pertanyaan 1 hektar berapa meter persegi? Jawabannya ialah 1 hektar = 10.000 m². Hektar tersebut dapat ditulis dengan huruf “ha”. Contohnya 20 hektar dapat ditulis menjadi 20 ha.

Kemudian satuan hektar dapat dikonversikan menjadi satuan are. Jadi 1 hektar berapa are? Jawabannya ialah 1 hektar = 100 are.

Satuan Luas Berbasis Are

Selain pembahasan tentang 1 hektar berapa meter persegi. Adapula satuan luas lainnya yang berbasis are yaitu sebagai berikut.

  1. ka = kiloare
  2. ha = hektaare
  3. daa = dekaare
  4. a = are
  5. da = desiare
  6. ca = centiare
  7. ma = miliare

Baca juga : Rumus Keliling Lingkaran dan Luas Lingkaran Beserta Contoh

Satuan luas yang dapat dikonversikan tidak hanya satuan meter persegi dan hektar saja seperti penjelasan 1 hektar berapa meter persegi di atas. Namun adapula contoh konversi satuan ha menjadi m² lainnya dengan nilai yang berbeda beda. Adapun beberapa contoh lainnya yaitu sebagai berikut:

1 Hektar Berapa Meter Persegi? Berikut Jawaban Selengkapnya
Contoh lain konversi ha menjadi meter persegi

Contoh Soal Menghitung Luas Dalam Satuan Hektar

1. Lapangan basket memiliki luas yang besarnya 3 are. Hitunglah luas lapangan basket tersebut dalam bentuk satuan meter persegi?

Jawab :

1 are sama dengan 100 meter persegi (1 are = 100 m²)

3 are = 3 x 100 m² = 300 m²

Jadi lapangan basket tersebut memiliki luas yaitu 300 m².

2. Pak Joko memiliki lahan yang lebarnya 100 meter dan panjangnya 300 meter. Berapakah luas lahan pak Joko dalam satuan are?

Jawab :

1 are sama dengan 100 meter persegi (1 are = 100 m²)

Luas lahan = 300 m x 100 m = 30.000 m²

Maka 30.000 m² = 30.000 : 100 are = 300 are.

Jadi luas lahan Pak Joko ialah 300 are.

Sekian penjelasan mengenai 1 hektar berapa meter persegi. Jawaban satu hektar berapa meter persegi (1 hektar berapa m²) ialah 10.000 m². Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah membaca.

Incoming search terms:

  • 1 hektar berapa meter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *