10+ Contoh Puisi Tentang Pendidikan Singkat dan Sekolah
Puisi Bertemakan Pendidikan

10+ Contoh Puisi Tentang Pendidikan Singkat Penuh Makna

Diposting pada

10+ Contoh Puisi Tentang Pendidikan Singkat Penuh Makna – Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan untuk mengungkapkan pemikiran dan ekpresinya kepada orang lain dalam bentuk media tertentu. Salah satu media ekspresi yang sering digunakan ialah berbentuk puisi. Puisi tersebut digunakan untuk mengungkapkan perasaan dan ekspresi seseorang, baik dalam bentuk perasaan kecewa, semangat, pemberian dukungan dan sebagainya. Untuk itulah banyak sekali kumpulan contoh puisi tentang pendidikan dan contoh puisi lainnya yang terdapat dalam majalah, buku, internet atau media lainnya. Namun contoh puisi pendidikan tersebut cukup populer dikalangan pelajar karena dapat mengungkapkan perasaan mereka terhadap sistem pendidikan yang ada sekarang ini.

10+ Contoh Puisi Tentang Pendidikan Singkat dan Sekolah
Puisi Bertemakan Pendidikan

Pada dasarnya contoh puisi pendidikan dibuat untuk menciptakan generasi muda yang memiliki karakter dan kualitas yang baik. Hal ini dikarenakan kemajuan penerus bangsa yang berprestasi dan berkualitas didukung melalui media pendidikan. Gagasan seperti ini kemudian dituangkan dalam bentuk puisi bertemakan pendidikan oleh banyak sastrawan. Sekumpulan puisi singkat tentang pendidikan ini digunakan untuk memaparkan hal hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan seperti buku, guru, media pendidikan siswa, dan lain lain. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh puisi tentang pendidikan singkat dan sekolah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

10+ Contoh Puisi Tentang Pendidikan Singkat Penuh Makna

Pada dasarnya kehidupan manusia tidak terlepas dari adanya pendidikan, bahkan sejak kecil sekalipun. Sewaktu kita masih kecil tentunya sudah diberikan pendidikan, seperti pendidikan tentang cara berbicara, berjalan, tata krama, makan, dan masih banyak lagi. Contoh pendidikan ini dilakukan dalam lingkup keluarga. Pendidikan tersebut akan berlangsung sampai kita dewasa, baik pendidikan dalam lingkup sekolah, pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat. Hal hal seperti inilah yang dapat dituangkan dalam bentuk contoh puisi tentang pendidikan. Contoh puisi pendidikan juga dapat digunakan untuk mengkritik sistem pendidikan disebuah negara.

Baca juga : Contoh Teks Laporan Percobaan Beserta Kaidah Kebahasaannya

Dengan contoh puisi bertemakan pendidikan ini diharapkan negara tersebut dapat memperbaiki dan memajukan sistem pendidikan yang ada. Contoh puisi pendidikan cenderung dihubungkan dengan hal hal seperti orang tua, peserta didik, masyarakat, dan penyelenggara pendidikan secara formal. Untuk itulah contoh puisi tentang pendidikan ini memiliki topik yang berbeda beda seperti guru, lingkungan sekolah, buku dan sebagainya. Berikut beberapa contoh puisinya yaitu meliputi:

Contoh Puisi Pendidikan Singkat

Untuk memberikan apresiasi pendidikan tidak harus menunggu Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Kita dapat mengungkapkan apresiasi dalam bentuk puisi, pantun dan sebagainya. Contoh puisi tentang pendidikan yang pertama ini berkaitan dengan alat alat sekolah. Misalnya buku. Buku sendiri merupakan salah satu media pendidikan dengan segudang ilmu pengetahuannya. Untuk itulah buku dapat disebut sebagai jendela ilmu. Di bawah ini terdapat contoh puisi bertemakan pendidikan yaitu sebagai berikut:

“Bukuku Pengetahuanku”

Buku…

Sumber ilmu yang tiada duanya

Tempat jutaan pena menggores ilmu

Jendela ilmu bagi seluruh manusia

Dari anak anak hingga dewasa

Buku…

Tanpamu semua akan terasa kosong

Tak ada ilmu dan pengetahuan

Meski terkadang jasamu dilupakan

Namun ilmumu tak kan pernah berkurang

Buku…

Engkaulah goresan ilmu

Disetiap lembarmu tersebit sebuah pengetahuan

Tiada harga yang cukup untuk membayarnya

Ilmu akan terus ada dan diingat sepanjang masa

Pengetahuanmu tak akan hilang dimakan waktu

Buku…

Meskipun tubuhmu sudah tak berbentuk

Namun pengetahuan dan ilmumu tak kan pernah hilang

Terima kasih buku

Karena telah memberikan ilmu dan pengetahuan.

Contoh puisi pendidikan di atas bertemakan tentang buku yang merupakan sumber dari ilmu pengetahuan. Kemudian contoh puisi tentang pendidikan juga dapat ditujukan untuk para guru. Guru ialah seseorang yang menjadi teladan dan membimbing kita selama mempelajari kehidupan, baik dalam lingkup sekolah ataupun diluar sekolah. Sosok guru tersebut dapat kita temui dimana saja, baik dalam lingkup keluarga ataupun masyarakat. Adapun contoh puisi bertemakan pendidikan tentang guru dapat anda simak di bawah ini:

Baca juga : 18 Contoh Karangan Liburan Sekolah di Rumah Lengkap

“Guruku Teladanku”

Guruku…

Engkaulah sosok tauladanku

Sosok pembimbingku

Disetiap jalanku

Bangsamu sangat berhutang padamu

Karena jasa jasa yang engkau berikan

Meski jalanmu tak mudah

Namun engkau selalu membagikan ilmumu

Ilmu bagi setiap anak di dunia

Yang telah engkau anggap anak kandungmu

Guruku…

Jasamu begitu besar

Pengganti orang tua kami disekolah

Dengan segala kesabaran dan kegigihanmu

Hingga membentuk kami seperti ini

Guruku…

Tiada kata yang cukup kami haturkan

Tiada maaf yang patut kami ucapkan

Hanya terimakasihlah yang mampu mengungkapkan segalanya

Terima kasih guru

Karena telah mendidik dan membimbing kami

Contoh puisi tentang pendidikan di atas memberikan gambaran tentang jasa jasa seorang guru. Pada dasarnya masih banyak sekali contoh puisi pendidikan yang ada untuk menjelaskan tentang pendidikan di negara ini. Seperti halnya contoh puisi bertemakan pendidikan di negeriku ini. Pada dasarnya kualitas pendidikan di sebuah negara dapat diungkapkan dalam bentuk puisi tersebut. Untuk itu banyak penyair dan sastrawan yang membuat berbagai kumpulan puisi dengan tema sistem pendidikan di negara tersebut. Seperti halnya Chairil Anwar adalah seorang sastrawan terkenal yang hingga kini puisinya tetap digunakan dan dikenang oleh para pengagumnya.

“Pendidikan Bagi Negeriku”

Negeriku…

Pendidikan untukmu

Demi generasi generasi mudamu

Yang menyambung masa depan dan kehidupanmu

Meski didepanku banyak bertitel sarjana

Namun negeriku terlihat miris dilihatnya

Pendidikan demi negeriku ini

Terus mengalami kemajuan

Berkembang di segala penjuru

Tapi mengapa ?

Mengapa banyak penerus bangsa putus sekolah

Hanya demi sesuap nasi

Terus mencari kebutuhkan keluarga

Tanpa memikirkan betapa pentingnya bersekolah

Negeriku

Berilah generasi generasi mudamu ilmu

Pendidikanmu hingga anak cucumu

Baca juga : 10 Jenis Puisi Modern Lengkap Dengan Pengertian dan Contoh

Contoh puisi pendidikan ini tidak lengkap jika hanya membahas tentang buku, guru dan pendidikan untuk negeri saja. Maka dari itu saya akan membagikan contoh puisi tentang pendidikan dengan tema seorang murid. Murid atau siswa ialah elemen yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan ilmu dan pengetahuan dari seorang guru akan diberikan dan diwariskan kepada murid muridnya. Untuk itulah berikut contoh puisi bertemakan pendidikan siswa yaitu meliputi:

“Keteguhanmu Untuk Berilmu”

Langkah langkah kecilmu

Terus maju tanpa letihnya

Tiada kata yang mampu mengungkapkan keteguhanmu

Untuk memperoleh ilmu

Engkau terus bersemangat mencari ilmu

Disemua penjuru

Keteguhan dan semangat berilmumu

Patut menjadi tauladan bagi anak bangsa

Engkau terus menggali ilmu

Meski jalanmu penuh batu

Teruslah maju

Untuk meraih cita cita dan masa depanmu

Berjuanglah dan terus semangat

Contoh contoh puisi tentang pendidikan di atas memang menggunakan judul dan topik yang berbeda beda. Namun contoh puisi pendidikan ini memiliki tema yang sama. Kemudian contoh puisi bertemakan pendidikan yang akan saya bagikan selanjutnya merupakan gambaran tentang hancurnya masa depan anak karena tidak memperoleh pendidikan. Adapun contohnya yaitu meliputi:

“Hancurnya Masa Depan”

Ketika masa depan di ujung tombak

Harapanlah jalan terakhirnya

Hancurnya masa depanmu

Berada ditanganmu

Masa depan tak berilmu

Akan menjeruskanmu kelubang hitam

Carilah pendidikan setinggi langit

Demi masa depan cerahmu

Hancurnya masa depan tiada tersisa

Hanya meninggalkan luka

Sewaktu masih muda

Janganlah lupa mencari pendidikan

Karena pendidikan akan menuntunmu

Ke jalan yang lebih baik

Tanpa harus merusak masa depanmu

Ataupun menghancurkan masa depanmu

Pemimpinku

Pemerintahku

Negeriku

Akankah engkau melihat banyak masa depan hancur

Karena kurangnya pendidikan generasi muda

Harapanku

Pendidikan dinegeriku terus maju

Diseluruh pelosok anak bangsa

Tanpa ada bedanya

Demi masa depan mereka

Contoh puisi tentang pendidikan di atas hanya sepenggal dari contoh contoh puisi pendidikan yang ada di luar sana. Karena pada dasarnya puisi bertemakan pendidikan tersebut masih banyak bertebaran di luar sana. Banyak anak bangsa yang mengeluarkan karyanya sebagai ungkapan perasaan dan ekspresinya terhadap pendidikan pendidikan di negara di dunia. Pendidikan anak bangsa tersebut sangat penting demi kelangsungan hidup bangsa dan negaranya.

Sekian beberapa contoh puisi tentang pendidikan yang dapat saya bagikan. Contoh puisi pendidikan diatas ditujukan untuk guru, siswa, media pendidikan dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca puisi bertemakan pendidikan yang telah saya bagikan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *