10 Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Pengertian dan Strukturnya
Contoh Teks Sejarah

10 Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Pengertian dan Strukturnya

Diposting pada

10 Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Pengertian dan Strukturnya – Apakah anda pernah mendengar atau menemui contoh cerita sejarah? Teks cerita sejarah sendiri merupakan salah satu jenis teks Bahasa Indonesia yang berisi cerita di masa lalu. Menurut para ahli, pengertian teks cerita sejarah memiliki makna yaitu teks yang mengandung penjabaran fakta dimana unsur dan asal usulnya berasal dari masa lampau. Lantas apa saja struktur teks cerita sejarah? Struktur atau unsur teks cerita sejarah tersebut berisi orientasi di awal paragrafnya, kemudian dilanjutkan dengan urutan kejadian dan diakhiri dengan struktur reorientasi.

Contoh teks cerita sejarah tentunya mengandung kaidah kebahasaan seperti halnya jenis teks Bahasa Indonesia lainnya. Adapun kaidah kebahasaannya yakni meliputi kata yang memaparkan kejadian, kata ganti, maupun penggunaan konjungsi temporal. Jenis teks sejarah ini tanpa kita sadari atau tidak, sering ditemukan di kehidupan sehari hari terutama ketika di bangku sekolah.

10 Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Pengertian dan Strukturnya
Contoh Teks Sejarah

Teks sejarah disusun dengan berdasar pada kaidah kebahasaan teksnya. Adapun kaidah kebahasaan teks cerita sejarah yaitu mengandung prinsip 5W + 1H yang meliputi What,Who, When, Why, Where dan How. Prinsip 5W + 1H tersebut berguna agar informasi dalam teks cerita sejarah menjadi tidak terputus putus dan lebih lengkap. Selain itu contoh cerita sejarah yang telah dibuat berisi sumber kutipan dan fakta dari cerita tersebut.

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa teks cerita sejarah sering kita jumpai seperti melakukan kunjungan menuju tempat wisata peninggalan kuno ataupun museum yang sebenarnya adalah tempat tempat cerita sejarah. Sebenarnya teks sejarah yang sering kita jumpai berisi asal mula sejarah, deskripsi kejadian awal sejarah dan penegasan ulang sejarah itu sendiri. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang contoh teks cerita sejarah beserta pengertian teks cerita sejarah dan struktur teks cerita sejarah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

10 Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Pengertian dan Strukturnya

Dalam pembahasan kali ini saya akan memberikan penjelasan lengkap terkait contoh teks cerita sejarah beserta pengertian teks cerita sejarah dan struktur teks cerita sejarah. Teks sejarah ini sebenarnya dapat dengan mudah kita temui seperti di tempat wisata bersejarah ataupun di sekolah. Bahkan contoh teks sejarah tersebut juga sering kita dengar tanpa disadari seperti mendengar atau membaca deskripsi peristiwa atau sejarah suatu tempat. Hal hal seperti inilah yang merujuk pada pembahasan contoh cerita sejarah.

Baca juga : Contoh Teks Laporan Percobaan Beserta Kaidah Kebahasaannya

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Sebelum membagikan tentang contoh teks cerita sejarah, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian dari teks sejarah. Teks cerita sejarah diartikan sebagai sebuah teks yang berisi cerita dan penjelasan mengenai kejadian dan fakta dengan latar belakang nilai nilai sejarah di masa lalu. Dari pengertian inilah kita tahu bahwa contoh teks sejarah mencakup hal hal dan kejadian yang pernah terjadi di masa lampau.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Contoh teks cerita sejarah yang lengkap harus berisi struktur teks didalamnya. Struktur teks sejarah tersebut digunakan untuk menyusun sebuah cerita bersejarah yang apik dan lengkap. Di bawah ini terdapat beberapa struktur teks cerita sejarah yaitu meliputi:

  • Orientasi yaitu struktur teks sejarah yang berisi pembukaan dan perkenalan dari sejarah tersebut.
  • Urutan kejadian yaitu struktur cerita sejarah yang mengandung urutan kronologis dari rekaman pertistiwa yang terjadi dalam sejarah.
  • Reorientasi ialah struktur teks cerita sejarah yang berisi pendapat mengenai cerita kejadian dan peristiwa sejarah oleh penulisnya. Bagian ini dapat disertakan ataupun tidak. Hal ini dikarenakan sesuai dengan kehendak penulis teks sejarah itu sendiri.

Contoh Teks Cerita Sejarah Bahasa Indonesia

“Teknologi Internet”

Orientasi:

Sekitar tahun 1969 merupakan awal terbentuknya jaringan komputer bernama Internet hasil produksi dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Internet ini pada awalnya dibentuk untuk keperluan militer saja. Mereka mencoba perangkat keras dan lunak untuk didemostrasikan menggunakan sistem operasi UNIX agar dapat melakukan komunikasi yang lebih dari jarak sambungan telepon sehingga jarak tempuhnya tidak terjangkau.

Percobaan dan demostrasi dari Advanced Research Project Agency Network (ARPANET) tersebut terdiri dari kapasitas informasi yang bisa dipindahkan, ketangkasan jaringan serta bentuk jaringannya. Kemudian ARPANET dijadikan sebagai standar ketentuan pembangunan protokol baru setelah melakukan beberapa kali percobaan yang sekarang ini dinamakan dengan TCP/IP atau Transmission Control Protocol/Internet Protocol.

Baca juga : 18 Contoh Karangan Liburan Sekolah di Rumah Lengkap

Sebenarnya Internet diciptakan hanya untuk kepentingan pertahanan militer. Namun Departemen pertahanan Amerika Serikat dikala itu meletakkan beberapa komputer di titik vital dalam berbagai daerah dan dihubungkan dengan jaringan Internet. Hal ini digunakan untuk memberikan informasi terpusat dan mengantisipasi serangan nuklir yang nantinya mungkin saja terjadi.

Urutan Peristiwa:

ARPANET pada awalnya hanya memiliki 4 situs saja yang dihubungkan dan tidak lebih dari itu seperti standford research instittute, university of utah, santa barbara dan university of california. Pada tahun 1969, keempat situs ARPANET dijadikan sebagai suatu jaringan terpadu. Kemudian pada bulan Oktober 1972 terdapat peluncuran ARPANET secara garis besar dan resmi. Tanpa membutuhkan waktu lama, jaringan ini berkembang pesat sampai di berbagai penjuru daerah yang terdapat di Amerika Serikat. Selain iu jaringan ARPANET juga membangkitkan antusias bagi berbagai universitas karena ingin bergabung dan bahkan sampai membuat kewelahan bagi Departemen Pertahanan.

Setelah itu fenomena ini dapat ditanggapi dengan cara memisahkan ARPANET menjadi dua bagian, yaitu untuk pengaturan kepentingan militer saja menggunakan Milnet dan untuk keperluan non militer menggunakan Arpanet baru. Misalnya keperluan universitas tadi. Kedua sistem tadi kemudian digabungkan dengan nama DARPA Internet. Namun namanya menjadi “Internet” saja setelah mengalami beberapa perkembangan jaman yang ada.

Reorientasi:

Sekarang ini dijaman yang modern, internet semakin dianggap penting oleh banyak orang dalam sistem penggunaannya. Misalnya saja dalam memperoleh dan mencari informasi bagi siswa sekolah yang tidak ditemukan di perpustakaan sekolah. Dapat mempermudah komunikasi siswa dengan siswa atau siswa dengan guru dengan jangkauan yang jauh. Semua itu dapat diakses menggunakan jaringan Internet.

Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat

“Terbentuknya Instagram”

Orientasi:
Kata instagram tentunya sudah tidak asing lagi untuk banyak orang. Fungsi aplikasi instagram ialah untuk memungkinkan pengguna dalam berbagi video dan foto yang telah diambilnya serta dapat memberikan efek dan filter digital sebelum dipublikasikan dalam jejaring sosial. Jejaring sosial yang dimaksud ialah instagram.

Kata instagram dapat dibagi menjadi dua kata yaitu “Insta” yang maknanya “Instan” dan “Gram” yang maknanya “Telegram”. Makna instan tersebut mengarah pada foto instan pada kamera jenis polaroid, sedangkan telegram merujuk pada alat untuk mengirim informasi dengan cepat kepada seseorang.

Urutan Peristiwa:

Perusahaan start up teknologi bernama Burbn Inc melakukan pembuatan dan pengembangan aplikasi yang notabennya hanya berfokus pada telepon genggam pada tahun 2010. Burbn Inc pada awalnya hanya berkonsentrasi pada seluruh bahasa pemprograman yang diperdalam fungsinya seperti HTML5. Tetapi Ceo perusahaan Burbn Inc bernama Kevin Systorm dan Mike krieger, seiring berjalannya waktu hanya lebih berfokus pada satu pilihan saja.

Mereka terus mencari gagasan baru hingga seminggu lamanya, sampai pada akhirnya memperoleh provit yakni berhasil membentuk versi instragram yang pertama. Tetapi versi instragram yang pertama ini mempunya kelemahan sistem yang cukup banyak seperti halnya prototype lainnya. Versi Intagram ini terus dikembangkan dan diujicoba menggunakan perangkat iphone dan akhirnya terbentuklah versi burbn yang lebih sempurna. Tetapi versi instagram ini tetap mengandung kategori yang tidak baik sehingga fitur fitur yang tersedia kurang sesuai.

Pengaturan fitur yang ada seluruhnya memang sulit diatur ulang oleh Mike dan Kevin. Pada akhirnya mereka memulai kembali semuanya dari awal lagi. Kemudian Kevin dan Mike memilih untuk lebih berkonsentrasi pada komentar foto, menyukai foto maupun fitur foto saja. Hal inilah yang menjadi dasar pembentukan instagram sebagai jejaring sosial yang terus berkembang sampai sekarang. Pada tannggal 9 April tahun 2012 terdapat pengumuman besar yang berisi pengambil alihan facebook dan saha dengan saham dan uang tunai bernilai 1 miliar dollar oleh Mark Zuckerberg sebagai pemilik dari facebook tersebut.

Baca juga : 4 Contoh Teks Eksposisi (Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Lingkungan)

Reorientasi:

Sampai sekarang banyak sekali yang berminat dengan instagram, baik dari kalangan anak muda hingga orang tua. Bahkan instagram tersebut dari tahun ke tahun semakin populer karena kecanggihan fitur dan kemudahannya dalam penggunaan. Jejaring sosial instagram tersebut bahkan dapat digunakan untuk sekedar melihat video, foto atau seluruh aktiivias yang dilakukan oleh teman kita sendiri.

Contoh Teks Cerita Sejarah Terbaru

“Gempa Bumi”

Provinsi Balukistan Pakistan telah dilanda oleh bencana alam gempa bumi dengan kekuatan 7,8 skala richter. Gempa tersebut berpusat dari kedalaman 23 kilometer yang terjadi pada tanggal 24 September 2013 silam dengan menelan korban jiwa sekitar 500 orang lebih, kerusakan bangunan yang parah sekitar ribuan bangunan dan korban luka sebanyak 842 orang. Gempa ini bahkan sampai terasa di wilayah yang jaraknya cukup jauh dari pusat gempa seperti di Gwadar, Kzuhdar dan Karachi.

Gempa ini juga terasa sampai ke New Delhi India saking dasyatnya guncangan yang terjadi. Terdapat laporan bahwa setelah gempat terjadi beberapa jam ternyata ada sebuah pulau baru yang muncul di pesisir Gwadar Pakistan. Pembentukan pulau itu diduga berasal dari sekumpulan lapisan tanah dengan panjang 35 meter, tinggi 19 meter dan lebar 80 meter dari kawah lumpur. Setelah gempa tersebut terjadi, kemudian lima hari setelahnya terjadi gempa dengan kekuatan 6,7 skala richter yang kembali melanda provinsi ini.

Sekitar 96%, gempa kali ini berpusat di laut awaran bagian timur dengan kedalaman 14 kilometer. Bencana kedua ini menyebabkan korban jiwa semakin bertambah sekitar 23 orang, ditambah dengan belasan ribu bangunan dan rumah yang hancur luluh lantah. Banyak sekali evakuasi yang dilakukan, tetapi karena kurangnya infrastruktur, jauhnya lokasi korban di satu kota dengan kota lainnya serta terkendala dengan kerusakan yang ada membuat evakuasi sulit dilakukan. Bahkan dalam daerah tersebut terdapat kelompok separatis yang juga menjadi kendala bagi tim penyelamat untuk melakukan evakuasi. Bahkan untuk menghadapinya, para tim evakuasi harus mempertaruhkan nyawanya.

Inilah penjelasan lengkap mengenai pengertian teks cerita sejarah, struktur teks cerita sejarah dan contoh teks cerita sejarah. Contoh teks sejarah tersebut mengandung beberapa unsur dan kaidah kebahasaan yang ada didalamnya. Selain itu adapula makna teks sejarah sendiri yang merupakan sebuah teks yang berisi cerita dan penjelasan mengenai kejadian dan fakta dengan latar belakang nilai nilai sejarah di masa lalu. Semoga artikel ini dapat menambah wawasam anda dan terima kasih telah membaca materi teks cerita sejarah di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *