10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Sekolah, Alam dan Lingkungan)

10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Sekolah, Alam dan Lingkungan)

Diposting pada

10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Sekolah, Alam dan Lingkungan) – Contoh teks laporan hasil observasi dapat dibagi menjadi beberapa topik seperti tentang alam, sekolah, lingkungan dan sebagainya. Contoh teks tersebut dibuat dengan berdasar pada kaidah 5W+1H dan struktur teksnya. Lalu apa itu teks laporan hasil observasi? Teks laporan hasil observasi ialah jenis teks Bahasa Indonesia yang berisi penjelasan informasi mengenai sesuatu hal, baik berupa tumbuhan, hewan, alam, fenomena alam, hasil karya manusia, maupun fenomena sosial yang sifatnya nyata disertai klasifikasi sub kelas dan kelas yang sesuai dengan penelitian/observasi.

10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Sekolah, Alam dan Lingkungan)

Teks laporan hasil observasi memiliki seluruh jenis klasifikasi sesuatu hal menurut kriterianya, baik sifatnya universal maupun global. Pengertian teks laporan hasil observasi secara singkat ialah jenis teks Bahasa Indonesia yang menunjukan hasil penelitian berdasarkan fakta dan sifatnya objektif ataupun sistematik. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh teks laporan hasil observasi dengan topik sekolah, alam, dan lingkungan. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Sekolah, Alam dan Lingkungan)

Dalam membuat contoh teks laporan hasil observasi, sebelumnya harus melakukan penelitian/observasi terlebih dahulu. Tujuan dari melakukan penelitian tersebut ialah untuk memecahkan permasalahan hipotesis sebagai hasil pengamatan dan untuk memberikan informasi mengenai klasifikasi sesuatu hal sesuai dengan faktanya. Kemudian pembuatan teks laporan hasil observasi juga memiliki tujuan tertentu yang meliputi :

  1. Untuk mengatasi suatu persoalan atau permasalahan tertentu.
  2. Untuk mengambil keputusan yang efektif.
  3. Untuk memperoleh cara dan teknik terbaru yang belum pernah ditemukan.
  4. Untuk melihat perkembangan masalah yang ada.
  5. Untuk memperbaiki dan mengawasi sesuatu hal.

Dalam contoh teks laporan hasil observasi mencakup tiga bagian/struktur penting yaitu definisi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat. Selain itu adapula kaidah teks laporan hasil observasi yang menjadi ciri khas tersendiri dalam teks ini. Berikut beberapa kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi yakni:

  • Sifatnya universal.
  • Menggunakan kata bahasa Indonesia yang sesuai dengan KBBI yang benar.
  • Hasil dari sebuah penelitian dan pengamatan terbaru.
  • Tidak memiliki bagian penutup dari penulis.
  • Membahas objek yang sifatnya tunggal.

Contoh Laporan Hasil Observasi

Dalam contoh teks laporan hasil observasi ini akan saya sajikan dengan topik yang berbeda beda yaitu topik alam, sekolah dan lingkungan.

Contoh Laporan Hasil Observasi Alam dan Lingkungan

“Sampah”

Sampah ialah hasil akhir sebuah proses yang berupa material sisa. Sumber sampah tersebut beragam seperti dari manusia, alam, nuklir, pertambangan, konsumsi maupun industri. Sampah ini akan selalu bertambah jika kegiatan tersebut masih dilakukan, baik oleh manusia maupun alam. Menurut perkiraan, dinegara Indonesia terdapat jumlah sampah sekitar 11.330 ton per hari. Sampah ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis menurut bentuk dan sifatnya. Menurut sifatnya, sampah dapat dibagi menjadi dua jenis yakni sampah organik dan sampak anorganik.

Baca juga: Contoh Teks Diskusi Terbaru (Kenakalan Remaja, Anak Anak, Teknologi, Narkoba)

Sampah organik ialah jenis sampah yang dapat terurai atau membusuk. Contoh sampah yang termasuk organik yaitu sayuran, daun kering, makanan dan lain lain. Sedangkan sampah anorganik ialah jenis sampah yang tidak dapat terurai/tidak dapat membusuk. Contoh sampah yang termasuk anorganik yaitu kayu, kaleng, plastik, kaca dan lain lain. Untuk mengurangi jumlah sampah anorganik maka dilakukan daur ulang rumahan sehngga dapat digunakan sebagai peluang usaha.

Kemudian sampah dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis menurut bentuknya yaitu sampah cair, manusia, padat, radioaktif, konsumsi dan alam. Sampah padat ialah jenis sampah yang bentuknya padat. Jenis sampah yang termasuk padat meliputi plastik, gelas, sampah dapur, metal, sampah kebun, dan sebagainya. Sampah organik dan sampah anorganik juga termasuk dalam jenis sampah padat. Berdasarkan penguraian alamnya, sampah padat dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu sampah padat non-biodegradable atau sampah yang tidak dapat terurai melalui proses biologi dan sampah padat biodegradable atau sampah yang dapat terurai melalui proses biologi. Jenis sampah padat non biodegradable masih dapat dibagi lagi menjadi non-recyclable (sampah yang tidak bisa diolah kembali) dan sampah recyclable (sampah yang bisa diolah kembali).

Selanjutnya terdapat sampah cair yang merupakan jenis sampah yang berbentuk cairan limbah. Limbah merupakan sampah cair yang berasal dari sisa sisa industri. Limbah tersebut dapat digolongkan menjadi dua kategori yaitu limbah rumah tangga dan limbah hitam. Limbah hitam ialah sampah cair yang berbahaya karena berasal dari toilet dan mengandung zat patogen. Sedangkan limbah rumah tangga ialah sampah cair yang berasal dari tempat cucian, dapur dan kamar mandi.

Kemudian adapula sampah alam yakni jenis sampah yang berasal dari alam dan dapat terurai melalui daur ulang alami. Contoh sampah yang berasal dari alam yaitu daun kering dari hutan yang kemudian diuraikan hingga menjadi tanah. Adapula sampah manusia yang merupakan jenis sampah dari hasil pencernaan manusia seperti urin maupun feses. Jenis sampah yang satu ini memberikan dampak negatif yaitu mengganggu kesehatan karena terdapat bakteri dan virus yang terkandung didalamnya.

Baca juga: Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Jenis, Struktur dan Contohnya

Sampah konsumsi yakni jenis sampah yang berasal dari aktivitas manusia dalam mengkonsumi makanan. Jumlah sampah konsumsi lebih sedikit dibandingkan jumlah sampah industri. Sampah radioaktif yakni jenis sampah nuklir yang berasal dari fusi dan fisi nuklir hingga menghasilkan thorium dan uranium. Jenis limbah radioaktif memiliki dampak yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Bahaya yang ditimbulkan berupa radiasi radioaktif.

Contoh Laporan Hasil Observasi Minuman

“Macam Macam Minuman”

Minuman ialah cairan yang dikonsumsi untuk menghilangkan rasa haus dalam tubuh. Macam macam minuman dapat dibagi menurut penggunaan warna, produksinya dan khasiatnya sebagai obat ataupun tidak.

Minuman dapat digunakan sebagai penghilang rasa haus sekaligus berkhasiat untuk tubuh. Minuman yang dapat berkhasiat untuk tubuh biasanya berasal dari buatan sendiri. Umumnya terbuat dari buah buahan maupun sayuran, kemudian diblender dan dijadikan sebagai jus. Jus tersebut akan mengandung serat dan vitamin baik untuk kesehatan tubuh. Sedangkan untuk minuman yang hanya dapat menghilangkan rasa haus biasanya berupa minuman kemasan maupun air putih namun didalamnya tidak terdapat serat ataupun vitamin.

Adapula minuman yang mengandung banyak warna. Warna yang digunakan tersebut berasal dari pewarna buatan maupun pewarna alami. Pewarna alami ialah jenis pewarna yang berasal dari bahan bahan alami, misalnya kunyit untuk menghasilkan warna kuning. Kunyit tersebut banyak digunakan dalam pembuatan jamu. Pewarna buatan ialah jenis pewarna yang berasal dari bahan kimia, misalnya pewarna tartrazin untuk menghasilkan warna kuning. Jenis pewarna ini banyak digunakan untuk minuman yang berasal dari produksi pabrik secara massal.

Dipasaran telah banyak jenis minuman yang beredar, baik dari industri rumahan maupun dari produksi pabrik secara massal. Jenis minuman yang berasal dari industri pabrik memiliki kemasan yang menarik serta tertera kode produksi dan nama pabriknya. Sedangkan untuk jenis minuman yang berasal dari produksi rumahan memiliki kemasan yang sederhana dan tidak memiliki kode produksi bahkan tanggal kadaluarsanya tidak tertera.

Contoh Laporan Hasil Observasi Sekolah

“SMPN 25 Jaya Pertiwi”

SMPN 25 Jaya Pertiwi ialah sekolah menengah pertama yang terletak di Jalan pertiwi, Bandung. Di SMPN 25 Jaya Pertiwi terdapat dua jenis lingkungan yaitu lingkungan abiotik (benda mati) dan lingkungan biotik (benda hidup). Lingkungan abiotik tersebut terdiri dari properti sekolah, peralatan belajar dan gedung sekolah. Sedangkan untuk lingkungan biotik terdiri dari halaman depan sekolah hingga taman kelas yang terdapat tanaman hias dan tumbuhan hijau. Tanaman hias yang terdapat di SMPN 25 Jaya Pertiwi sangatlah beragam yaitu bunga sepatu, bunga kenanga, bunga mawar, bunga bougenville, bunga lily, bunga amarilis, bunga anggrek, bunga alamanda dan bunga asoka.

Di lingkungan SMPN 25 Jaya Pertiwi juga terdapat beberapa jenis pepohonan yaitu bambu kuning, beringin karet, beringin putih, beringin, pohon mangga, pohon asam jawa, pohon bambu jepang kecil, pohon jeruk dan pohon cemara. Dibelakang kelaspun terdapat pekarangan kelas yang kecil untuk menanam beberapa tumbuhan perkebunan seperti jagung dan singkong. Pekarangan ini juga digunakan sebagai bahan praktikum Biologi dan dapat dikonsumsi bersama sama saat ekskul Pramuka dan sebagainya. Di samping kebun terdapat kolam kecil yang berisi ikan gurame dan ikan mas. Kemudian adapula kandang kecil sebagai tempat pemeliharaan marmut dan kelinci.

Setelah itu untuk kategori benda mati seperti gedung sekolah terdiri dari beberapa ruangan seperti ruang kelas siswa, ruang UKS, ruang guru, gedung serba guna, kamar mandi, ruang tata usaha, gudang, mushola dan perpustakaan. Peralatan sekolahnya juga beragam seperti papan tulis, kursi, lemari buku, meja, globe, layar LCD proyektor, penggaris besar, dan sebagainya. Adapula peralatan olahraga yang meliputi bola tenis, jaring voli, bola basket, jaring tenis meja, bola voli, dan jaring tenis meja. Untuk praktek olahraga renang disertai dengan kolam renang kecil.

Inilah hasil observasi mengenai SMPN 25 Jaya Pertiwi yang berkaitan dengan jenis lingkungan sekolah yang berupa lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. Kedua jenis lingkungan tersebut membuat sekolah SMPN 25 Jaya Pertiwi menjadi lebih harmoni dan asri. Untuk menjaga kelestariannya maka diperlukan kesadaran dan ketekunan dalam merawat lingkungan tersebut.

Incoming search terms:

  • contoh laporan hasil observasi lingkungan sekolah
  • contoh laporan hasil observasi lingkungan sekolah beserta strukturnya
  • contoh teks lho tema lingkungan sekolah
  • contoh teks observasi di sekolah dan strukturnya
  • membuat teks laporan hasil observasi tentang lingkungan sekolah
  • teks laporan hasil observasi tentang lingkungan sekolah
  • Teks laporan tentang sekolahku
  • Teks lho tentang lingkungan Sekolah
  • teks lho ttg sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *