20+ Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan Benar
Kalimat Tanggapan Yang Baik dan Benar

20+ Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan Benar

Diposting pada

20+ Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan Benar – Jenis kalimat Bahasa Indonesia terbagai menjadi beberapa macam. Salah satunya ialah kalimat tanggapan dalam diskusi. Di dalam pelaksanaan diskusi tentunya terdapat beberapa respon atau tanggapan orang lain terkait hal yang menjadi pembicaraan. Contoh kalimat tanggapan dalam diskusi tersebut dapat berupa kalimat tanggapan positif ataupun negatif. Untuk itu penyampaian dari kalimat tanggapan diskusi tersebut harus diungkapkan dalam bentuk kalimat yang baik dan benar. Apa itu kalimat tanggapan Bahasa Indonesia? Pengertian kalimat tanggapan adalah kalimat yang berbentuk komentar atau sambutan dari orang lain dalam diskusi terkait pernyataan yang ada.

20+ Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan Benar
Kalimat Tanggapan Yang Baik dan Benar

Kalimat tanggapan diskusi akan menghasilkan kesimpulan yang berguna untuk kepentingan seluruh anggota. Kata tanggapan sendiri memiliki pengertian yakni sambutan yang berupa ucapan seperti saran, komentar, kritik dan sebagainya. Tanggapan diskusi tersebut disampaikan dengan memperhatikan beberapa hal penting seperti materi, tata tulis, tata cara penyampaian maupun metode penyampaiannya. Jenis kalimat Bahasa Indonesia tersebut dapat berbentuk perintah, kritikan, pertanyaan, masukan dan lain lain. Pada pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

20+ Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan Benar

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa kalimat tanggapan diskusi harus memperhatikan beberapa hal penting. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dan benar yaitu meliputi:

  • Pemberian kalimat tanggapan harus disesuaikan dengan materi yang dibicarakan.
  • Bentuk kalimatnya efektif.
  • Kalimat tanggapan diskusi harus disampaian dengan urut.
  • Tanggapan dalam diskusi disampaikan dengan santun.

Baca juga : 40 Contoh Kalimat Ajakan Dalam Bahasa Indonesia Beserta Pengertian

Hal hal di atas merupakan beberapa hal penting dalam penyampaian contoh kalimat tanggapan diskusi yang baik dan benar. Kalimat ini merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah diskusi. Maka dari itu tanggapan diskusi tersebut dapat dijadikan sebagai jembatan interaksi antara beberapa anggota, selain komponen kritikan dan tanya jawab. Agar anda lebih memahami mengenai jenis kalimat Bahasa Indonesia ini. Maka saya akan membagikan beberapa contoh kalimat yang menanggapi sebuah diskusi. Berikut contoh kalimatnya :

  • Apa yang menjadi latarbelakang penelitian yang anda lakukan?
  • Apakah sampel tersebut telah mewakili populasi sesungguhnya?
  • Jelaskan kerangka teoritis yang menjadi dasar pedoman penelitian anda?
  • Seharusnya anda hanya cukup menunjukkan skema untuk gambaran topik pembahasannya.
  • Kami merasa sampel anda kurang lengkap untuk diberikan.
  • Apakah alasan anda untuk melakukan penelitian ini?
  • Seharusnya anda menulis daftar pustaka dengan urut dan benar.
  • Penyampaian penjelasan dari anda terlalu panjang. Akan lebih baik jika kalimat penjelasan tersebut lebih efektif agar waktu tidak terbuang sia sia.
  • Penelitian anda kurang efektif dari segi topiknya, maka dari itu belum merujuk pada hasil observasi yang dilakukan.

Baca juga : Contoh Karangan Persuasi Tentang Narkoba Terbaru

  • Saya kurang setuju dengan pendapat anda.
  • Penyampaian penjelasan anda sangat tepat. Saya merasa penjelasan anda telah mewakili semua masyarakat yang ada.
  • Sebaiknya contoh yang dijabarkan tersebut disertai dengan alasan sudut pandang yang berbeda.

Contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dan benar berisi sebuah kalimat penerimaan, penjelasan, saran maupun pembelaan. Untuk itu kata hubung yang digunakan dalam kalimat tanggapan diskusi dapat berupa “Akan tetapi” ataupun “Sebaiknya”. Untuk kata hubung “Sebaiknya” digunakan untuk menjelaskan pendapat yang berlawanan dengan pernyataan yang telah dijelaskan sebelumnya. Sedangkan kata hubung “Akan tetapi” berguna untuk menjelaskan kalimat pertentangan mengenai kondisi yang dijabarkan sebelumnya. Adapun beberapa contoh lain dari kalimat tanggapan yang baik dan benar yaitu meliputi:

  • Para pelaku korupsi akan ditindak tegas oleh pihak kepolisian. Akan tetapi, para pelaku korupsi kelihatannya tidak jera dan takut terhadap hukuman yang diberikan, bahkan mereka tidak terlalu peduli dengan itu. Selain itu tindak pidana korupsi terus dilakukan tanpa henti.
  • Perkampungan yang dilanda oleh bencana banjir tidak begitu dihiraukan oleh masyarakat sekitarnya. Bahkan mereka terus melakukan tindakan pembuangan sampah sembarangan di aliran sungai.
  • Kandidat Capres dan Cawapres melakukan kampanye di setiap wilayah dengan gencarnya. Bahkan mereka melakukan berbagai cara untuk mengambil hati para masyarakatnya. Akan tetapi, kehidupan orang orang yang jauh dari kecukupan kurang diperhatikan oleh mereka.
  • Hasil nilai ujian akhir para siswa SMP XXX kurang diperhatikan oleh para guru. Sebaliknya, para guru malah membiarkan murid muridnya yang memiliki nilai jelek.

Baca juga : Penulisan Judul Karangan/Karya Ilmiah/Makalah Sesuai PEUBI

  • Cara meningkatkan kesadaran masyarakat akan bencana banjir setiap tahunnya dilakukan dengan mencanangkan program kebersihan lingkungan. Selain itu program penanggulangan bencana banjir disertai dengan tindak lanjut dari pemerintahan. Akan tetapi, kebiasaan membuang sampah sembarangan sulit dihilangkan dari beberapa masyarakat.
  • Pemberdayaan keluarga kurang mampu telah diprogramkan oleh pemerintah. Untuk itu dikeluarkanlah peraturan pemerintah mengenai larangan pemberian uang kepada pengemis dan larangan untuk mengemis. Sebaliknya kepedulian akan peraturan tersebut tidak dilakukan oleh semua masyarakat. Hal ini terlihat dari beberapa masyarakat yang terus memberikan uang kepada pengemis.

Kalimat tanggapan diskusi pada dasarnya disampaikan dengan kosa kata yang baik dan benar. Penyampaian kalimat dalam diskusi yang baik dan benar tidak terlepas dari beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seperti kandungan elemen dalam topik yang dibahas, pemilihan kata yang digunakan dan masih banyak lagi. Demikianlah penjelasan dari beberapa contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan selamat belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *