20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan
Kebudayaan Jawa Timur

20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan

Diposting pada

20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan – Indonesia terkenal dengan berbagai kesenian dan budayanya. Salah satunya ialah tari tradisional Jawa Timur. Tarian adat Jawa Timur sendiri berbeda dengan tarian adat yang terdapat di wilayah Jawa Tengah ataupun wilayah lain di Indonesia. Masing masing jenis tari tradisional Jatim tersebut memiliki ciri khas yang berbeda beda. Bahkan kegunaan masing masing jenis tarian adat Jatim sendiri juga berbeda. Lantas apa saja tarian adat tradisional Jawa Timur itu? Provinsi Jawa Timur memiliki kebudayaan yang tetap dilestarikan sampai sekarang yakni tarian tradisional maupun rumah adat yang terdapat di wilayah tersebut. Misalnya saja daerah Surabaya dan Malang yang dijadikan sebagai kota yang terus menjaga nilai nilai budaya dari Jawa Timur itu sendiri.

20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan
Kebudayaan Jawa Timur

Kebudayaan Jawa Timur pada dasarnya diselenggarakan dalam bentuk kampanye budaya lokal untuk kegiatan daerah seperti tarian adat Jawa Timur tersebut. Dengan melalui tarian tradisional Jatim ini, diharapkan para generasi muda dapat mengetahui dan terus melestarikan kebudayaan kebudayaan di Indonesia. Bentuk tarian adat tradisional Jawa Timur dapat dibagi menjadi beberapa macam beserta pola lantainya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa macam tari tradisional Jawa Timur beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan

Jenis jenis tarian adat Jawa Timur mengandung makna dan sejarahnya masing masing. Kita sebagai generasi muda memang sudah sepatutnya untuk mengetahui berbagai jenis tarian adat tradisional Jawa Timur agar dapat terus kita lestarikan. Dengan begitu budaya budaya di Indonesia tidak diakui oleh negara lain. Jangan sampai budaya Indonesia diakui oleh negara lain lagi. Di bawah ini terdapat beberapa tari tradisional Jawa Timur beserta penjelasan yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Pengertian Musik Ansambel Lengkap Dengan Jenis dan Contohnya

Tari Remo

20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan
Gambar Tari Remo

Jenis tari tradisional Jawa Timur yang pertama ialah tari Remo. Tari Remo merupakan tarian adat Jawa Timur yang berasal dari Jombang. Penciptaan tarian adat Jatim ini berasal dari seorang pengamen, kemudian mulai dikembangkan dan digemari oleh masyarakat sekitarnya. Bahkan dalam pertunjukan Ludruk Jawa Timur, tari remo sering digunakan sebagai tarian pembuka.

Tarian adat tradisional Jawa Timur seperti tari Remo ini memiliki keunikan tersendiri jika dilihat dari gerakan kakinya yang energik. Tarian ini hadir dengan nuansa yang bahagia dan ceria. Kemudian tari remo juga menggunakan kostum atau busana yang dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti Gaya Sawunggaling, Gaya Surabayan, dan Gaya Jombangan.

Tari Jaranan Kepang

20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan
Gambar Tari Jaranan Kepang

Jenis tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari jaranan kepang. Tarian adat Jawa Timur ini mengandung makna yakni jenis tarian adat yang penarinya menggunakan kuda tiruan dari anyaman bambu untuk seakan akan dinaiki. Tari jaranan ini berisi cerita tentang sosok pahlawan, dimana terdapat seorang prajurit gagah perkasa yang sedang menunggang kuda. Namun jenis tarian adat Jatim ini selalu mengundah kehebohan dalam atraksinya. Salah satunya ialah sering terjadi peristiwa kesurupan yang dialami oleh para penarinya. Hal ini membuktikan bahwa kebudayaan dan kesenian Indonesia masih kental dengan nilai spiritual dan magis.

Tari Gandrung

20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan
Gambar Tari Gandrung

Jenis tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari gandrung. Tari Gandrung ialah jenis tarian adat Jawa Timur yang berasal dari Banyuwangi. Gandrung sendiri memiliki makna yakni terpesona. Maka dari itu tarian adat tradisional Jawa Timur ini menjelaskan tentang keterpesonaan masyarakat Banyuwangi kepada Dewi Padi (Dewi Sri) yang telah menyejahterakan masyarakatnya dikala itu. Maka dari tu ketika panen raya telah tiba, pasti akan diselenggarakan pertunjukan tari gandrung tersebut.

Tari Gandrung adalah jenis tari tradisional Jatim yang disajikan dengan iringan musik dari kombinasi budaya Bali dengan Jawa. Tarian adat Jawa Timur ini dilakukan oleh seorang penari wanita profesional bersama Pemaju (tamu pria).

Baca juga : Pengertian Apresiasi, Fungsi, Manfaat, Tujuan, dan Jenisnya

Tari Ambarang

20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan
Gambar Tari Ambarang

Jenis tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari ambarang. Tari ambarang ialah jenis tarian adat Jawa Timur yang berasal dari Tulungagung. Jenis tarian adat tradisional Jawa Timur ini mengandung pesan tentang cerita pengamen jalanan yang terdapat di Tulungagung.  Tari Jaranan sendiri terdiri dari tari Jaranan Pegon, Jaranan Serentewe, Jaranan Jawa, dan Jaranan Campursari.  Namun untuk pedoman dasar tari ambarang berasal dari Jaranan Serentewe. Hal ini dikarenakan jenis tariannya mengandung gerakan yang cukup agresif.

Tari Batik Pace

20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan
Gambar Tari Batik Pace

Jenis tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari batik pace. Konon tarian adat Jawa Timur ini memperoleh inspirasi dari perjuangan pendiri kota Pacitan yang gemar meminum sari buah Mengkudu atau Pace. Tari Batik Pace diiciptakan oleh pendiri Sanggar Blarak Pacitan yang bernama Anang. Tarian Batik Pace ini sebenarnya terakomodasi dari karya khas kebutuhkan Batik Pace yang ingin diperkenalkan serta mengandung sejarah dari buah Pace sendiri.

Tari Bedoyo Wulandaru

20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan
Gambar Tari Bedoyo Wulandaru

Jenis tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari bedoyo wulandaru. Tari Bedoyo Wulandaru adalah jenis tarian adat Jawa Timur yang berasal dari Banyuwangi. Tarian adat tradisional Jawa Timur ini adalah jenis tarian sambutan untuk kedatangan tamu besar sebagai wujud kebahagiaan yang dirasakan oleh masyarakatnya. Menurut sejarah, tarian bedoyo wulandaru digunakan sebagai sambutan masyarakat Blambangan akan kedatangan dari rombongan Mahapatih Gajahmada dan Prabu Hayam Wuruk ke daerah mereka. Dengan kata lain tarian adat Jatim ini dijadikan sebagai wujud kegembiraan akan tamu agung yang datang ke daerah Blambangan.

Tari Boran

20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan
Gambar Tari Boran

Jenis tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari boran. Tari Boran adalah jenis tarian adat Jawa Timur yang berasal dari Lamongan. Tari Boran berisi cerita kehidupan para penjual botan yang berinteraksi dengan pembelinya serta ketika menjajakan dagangannya. Jenis tari tradisional Jawa Timur seperti tari Boran ini mengandung nilai filosofis, nilai sosial budaya dan nilai seni di dalamnya. Dengan pertunjukan seni seperti tari Boran tersebut, diharapkan makanan khas Lamongan, Jawa Timur dapat diperkenalkan kepada orang banyak. Makanan khas Lamongan tersebut ialah Nasi Boran.

Tari Caping Ngancak

20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan
Gambar Tari Caping Ngancak

Jenis tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari caping ngancak. Tari Caping Ngancak ialah jenis tarian adat Jawa Timur yang berasal dari Lamongan. Jenis tarian adat tradisional Jawa timur ini menceritakan kehidupan bertani di sawah. Bahkan para penarinya mengenakan beberapa properti bertani seperti topi atau caping selayaknya seorang petani. Keberadaan tari caping ngancak akan terus relevan selama masih ada petani yang bertani di sawah Indonesia. Untuk itu pemerintah sudah selayaknya menghapus kebijakan impor beras dari luar negeri. Dengan begitu para petani tetap dapat mengembangkan kreativitasnya dalam membentuk swasembada beras.

Tari Gandrung Marsan

20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan
Gambar Tari Gandrung Marsan

Jenis tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari gandrung marsan. Tari Gandrung Marsan adalah tari tradisional Jatim yang berasal dari Banyuwangi. Asal mula perkembangan tarian adat Jatim ini berasl dari kesenian tahun 1890. Tari Gandrung Marsan diperankan oleh sekelompok pria sekitar usia 7 sampai 14 tahun serta diiringi oleh alat musik rebana maupun Gendang.

Dalam pertunjukan tari Gandrung Marsan sering disisipkan pesan propaganda dalam perjuangan menghadapi penjajah. Konon pada jaman penjajahan dulu, hasil dari pertunjukan tari ini digunakan unuk membeli kebutuhan alat perang dan lainnya.

Tari Giri Gora Dahuru Daha

20+ Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Penjelasan
Gambar Tari Giri Gora Dahuru Daha

Jenis tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari Giri Gora Dahuru Daha. Tari Giri Gora Dahuru Daha merupakan tarian adat Jawa Timur yang mengisahkan tentang Calon Arang. Calon Arang sendiri adalah seorang perempuan jahat yang merasakan sakit hati karena tidak ada satupun orang yang mau meminang anaknya. Tari Giri Gora Dahuru Daha tersebut memiliki beberapa peran di dalamnya seperti peran sebagai Calon Arang, Raja Airlangga, Mpu Baradah, Ratna Manggali, dan Daha. Kostum Tradisional yang dikenakan oleh para penari berasal dari Jawa Timur dengan ciri khas warnanya yang terang. Selain itu tarian ini mengandung beberapa babak didalamnya seperti datangnya teluh, penyelesaian dari Mpu Baradah dan kondisi awal masyarakat Daha.

Baca juga : Pengertian Seni Teater, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Tarian Adat Tradisional Jawa Timur Lainnya

Selain tari tradisional Jawa Timur di atas, ternyata masih ada beberapa jenis tarian adat lainnya. Berikut beberapa macam tarian adat dari Jawa Timur yaitu diantaranya:

  • Tari Taledhek
  • Tari Tayub
  • Tari Jejer
  • Tari Seblang
  • Tari Kethek Ogleng
  • Tari Lahbako
  • Tari Lenggang
  • Tari Muang Sangkal
  • Tari Petik Pari
  • Tari Singo Ulung
  • Tari Sparkling Surabaya
  • Tari Topeng Malangan
  • Tari Reog Ponorogo
  • Tari Jaranan Buto
  • Tari Reog Kendang
  • Tari Glipang
  • Tari Gembu/Gambu
  • Tari Beskalan
  • Tari Sri Panganti
  • Tari Tanduk Majeng

Sekian beberapa jenis tari tradisional Jawa Timur yang dapat saya bagikan. Berbagai jenis tarian adat Jatim mengandung gerakan dan makna yang berbeda beda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca materi tari tradisional dari Jawa Timur di atas.

Incoming search terms:

  • tari sparkling surabaya pola lantainya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *