4 Contoh Teks Eksposisi (Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Lingkungan)

4 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya Tentang Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Lingkungan

Diposting pada

4 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya Tentang Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Lingkungan – Pada postingan kali ini saya akan menyajikan beberapa contoh teks eksposisi dengan tema pendidikan, hukum, ekonomi dan lingkungan. Teks eksposisi ini sengaja saya sajikan dalam empat tema agar anda dapat lebih memahami mengenai jenis teks yang satu ini. Pemilihan tema tersebut saya sesuaikan dengan banyak pencarian yang dilakukan oleh pembaca. Sebelum membahas lebih lanjut lagi, yang paling anda ketahui ialah struktur teks eksposisi. Hal tersebut dikarenakan struktur teks eksposisi merupakan hal terpenting dalam pembuatan contoh teks eksposisi.

4 Contoh Teks Eksposisi (Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Lingkungan)
Contoh Teks Eksposisi tentang Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Lingkungan

Materi teks eksposisi sudah diajarkan pada kita bahkan semenjak jenjang SMP. Dalam beragam kesempatan pun kita juga sering membaca contoh teks eksposisi tentang berbagai tema. Hanya saja kita tidak menyadarinya karena kurangnya pengetahuan tentang cara mengidentifikasi teks eksposisi tersebut. Dengan memahami struktur teks eksposisi serta kaidah kebahasaanya kita tidak akan lagi keliru ketika membaca teks ini. Berikut contoh teks eksposisi singkat tentang pendidikan, hukum, ekonomi dan lingkungan.

4 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya Tentang Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Lingkungan

Teks eksposisi sering kali kita temukan digunakan untuk kepentingan pemberitaan misalnya saja dalam majalah, surat kabar, atuapun koran. Eksposisi sendiri merupakan gaya bahasa atau penyampaian dengan maksud memberikan penjabaran dan mengekspose suatu objek secara jelas. Contoh teks eksposisi sendiri berasal dari bahasa serapan yakni ekspose yang artinya memaparkan (memberi pemaparan).

Penggunaan teks eksposisi sendiri tidak terbatas sebuah hal secara spesifik saja melainkan mencakup skala yang luas. Semua hal bisa diekspose sesuai dengan kode etik serta kaidah pemaparan yang berlaku. Sampai disini saya anggap kalian sudah paham tentang prinsip, pengertian teks eksposisi, serta kaidah kebahasaanya. Namun jika kalian kurang memahaminya silahkan simak artikel sebelumnya yang membahas materi teks eksposisi singkat.

Contoh teks eksposisi ini saya sajikan dalam bentuk singkat namun tetap memenuhi syarat dalam teks eksposisi tersebut.  Setiap contoh akan disajikan dalam bentuk per bagian dengan berdasar pada struktur teks eksposisi. Saya sengaja membuatnya perbagian, agar memudahkan anda dalam memahami jenis teks ini. Berikut contoh teks eksposisi yang saya sajikan untuk anda. Selamat membaca.

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan

Berbagai problematika tentang pendidikan memiliki nilai tersendiri untuk diekspose dan diangkat ke publik. Mengapa demikian? Karena pendidikan adalah sektor penting yang perlu diawasi dan dikontrol. Sering kali permasalahan dalam dunia pendidikan menimbulkan pro dan kontra yang wajib diketahui oleh masyarakat luas. Melalui contoh teks eksposisi singkat maka pendidikan bisa dipantau perkembangannya.

Lantas seperti apa bentuk pemaparan tentang pendidikan di Indonesia? Dalam sesi pertama saya akan memberikan contoh teks eksposisi beserta strukturnya secara singkat. Tema yang akan saya angkat adalah tentang perubahan kurikulum di indonesia. Seperti yang kita ketahui setiap periode pemerintahan kurikulum selalu berubah ubah. Meskipun perubahan tersebut bersifat baik namun dilain sisi malah membuat guru sebagai komponen pengajar menjadi bingung. Dari sini kita bisa menilai seolah pemerintah plin-plan dan tidak bisa menetapkan standar pendidikan yang sesuai.

“Perubahan Kurikulum Pendidikan Indonesia”

Tesis

Pendidikan di Indonesia sekarang ini tengah mengalami pergantian yang cukup berasa. Dunia pendidikan di Indonesia memang tengah mengalami pergantian kurikulum yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

Kurikulum 2006 yang awalnya digunakan telah diganti dengan kurikulum 2013. Sebenarnya kurikulum 2006 memiliki umur yang cukup lama dalam dunia pendidikan. Namun walaupun begitu, sekarang kurikulum tersebut telah diganti dengan kurikulum baru. Namun tidak semua sekolah menerapkan kurikulum 2013 ini.

Argumentasi

Berdasarkan pernyataan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud, kurikulum 2013 diharuskan untuk diterapkan kepada sekolah yang memiliki akreditasi A atau bertaraf Internasional. Penerapan kurikulum 2013 juga harus diterapkan kepada sekolah yang berada didaerah terjangkaunya distribusi buku buku pelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud juga menyatakan bahwa kurikulum 2013 dibentuk untuk memajukan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan tingkah laku siswa yang berpedoman pada pendekatan ilmiah.

Baca juga: Contoh Teks Anekdot (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan)

Kurkulum 2013 juga digunakan sebagai penghubung proses pendidikan agar dapat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan karunia yang cukup besar untuk memanfaatkan dan mengolah alam semesta ini. Kurikulum baru ini berguna untuk memajukan proses belajar mengajar yang dilakukan dengan cara mengamati, menalar, mencoba, dan bertanya.

Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa Kurikulum 2013 memprioritaskan praktek daripada mengafal. Hal tersebut dikarenakan proses menghafal sekarang ini tengah membebani siswa dalam belajar dan menghambat kreativitas para siswa. Tujuan pemerintah mengganti kurikulum ialah demi menciptakan anak bangsa yang kreatif, afektif, inovatif dan aktif produktif. Para siswa diharapkan memiliki keterampilan, pengetahuan, tingkah laku dan karakter sikap yang baik melalui Kurikulum 2013 ini.

Berdasarkan pendapat Meutia Hatta (Anggota Dewan Pertimbangan Presiden) menyatakan bahwa Kurikulum 2013 yang digunakan dalam sistem pendidikan mempunyai visi dan misi untuk menciptakan generasi muda yang berkarakter, cinta tanah air, dan berkualitas. Tidak hanya itu, Kurikulum 2013 juga memprioritaskan peran siswa yang aktif dalam proses belajar mengajar tanpa meninggalkan jati diri sebagai anak bangsa yang berkualitas.

Penegasan Ulang

Pergantian Kurikulum 2013 tidak semua golongan masyarakat menerimanya. Hal tersebut karena pergantian ini dianggap memaksa dan tiba tiba. Bahkan ada yang berpendapat bahwa Kurikulum 2013 kurang fokus karena memadukan dua mata pelajaran dalam substansi yang berbeda. Walaupun sistem pengajaran dikemas sederhana namun pengetahuan dan pemahaman sswa dalam menyerap pelajaran akan menurun. Hal ini dikarenakan setiap mata pelajaran tidak diajarkan secara menyeluruh dan terpisah pisah.

Contoh Teks Eksposisi Hukum

Indonesia adalah negara hukum yang menjunjung tinggi keadilan diatas segalanya. Namun pada penerapannya masih banyak sekali kegagalan serta permasalahan hukum yang terjadi. Lebih ironisnya lagi masyarakat merasakan kalau hukum ibarat pisau yang tumpul diatas dan tajam ke bawah. Apakah opini ini benar? kita perlu mengkajinya lewat serangkaian fakta di lapangan.

Munculnya teks eksposisi yang menyorot hukum sangatlah penting untuk kita semua. Melalui pemaparan yang disajikan kita bisa mengetahui berbagai fakta menarik tentang hukum yang ditegakkan di Indonesia. Sebagai referensi saya akan memberikan contoh teks eksposisi beserta strukturnya yang mengangkat tema hukum.

“Fakta Hukum di Negara Indonesia”

Tesis

Penetapan hukum di Negara Indonesia telah tercantum dalam Undang Undang bahwa akan dikenakan sanksi tegas bagi pelaku tindak kriminal. Meskpun begitu, pemberian sanksi yang dilakukan terkadang tidak diwujudkan dengan adil. Kenyataan ini sering kali merugikan banyak pihak. Hukum memang tegas tetapi dapat berubah menjadi tumpul dalam sekejab ketika adanya tindak pidana korupsi. Hal inilah yang sering terjadi saat ini.

Argumentasi

Sudah bukan rahasia umum bahwa pelaku Korupsi di Indonesia hanya mendapatkan hukuman yang tingkatnya tidak berat. Bahkan para koruptor memiliki tunjangan fasilitas yang mewah walaupun telah dianggap sebagai penyebab kerugian negara.

Baca juga: 4 Contoh Karangan Deskripsi Tentang Keindahan Alam Terbaru

Sering kali kita menyaksikan berita penjambret, maling dan pencopet yang dikeroyok massa hingga meninggal. Namun belum pernah mendapatkan berita koruptor Indonesia yang keroyok massa hingga meninggal. Sungguh miris melihatnya.

Penegasan Ulang

Hukum di Indonesia dapat dikatakan tegas ketika dihadapkan pada rakyat rakyat kecil. Seperti pada kasus yang menimpa Nenek Asyani.

Beliau hanya dituduh mencuri kayu dan harus menerima hukuman selama 5 tahun penjara. Terus terang masalah ini membuat ironis dan tidak adil bagi orang yang melihatnya. Apalagi hukuman yang diberikan hampir setara dengan pelaku koruktor.

Contoh Teks Eksposisi Ekonomi

Dalam beberapa kesempatan saya pernah mendegar kalau ekonomi adalah roda penggerak suatu negara. Negara tidak akan berjalan tanpa adanya perekonomian. layaknya manusia yang memerlukan uang untuk bertahan hidup sehari hari, begitu juga dengan sebuah negara. Pemaparan tentang kondisi perekonomian juga dianggap penting mengingat ekonomi memberikan peran besar di masyarakat.

Dalam kehidupan sehari hari banyak sekali contoh teks eksposisi singkat tentang ekonomi. Misalnya saja berita yang mengangkat tema ekspor impor barang ataupun nilai saham yang fluktuatif. Dua hal tersebut bisa menjadi contoh simpel tentang pemaparan ekonomi. Dalam pembahasan ini pun saya akan memberikan contoh teks eksposisi beserta strukturnya tentang perekonomian.

“Perkembangan Ekonomi di Indonesia”

Tesis

Keadaan ekonomi dunia tengah mengalami krisis, namun tidak memiliki pengaruh banyak dalam perkembangan ekonomi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil peninjauan ekonomi yang tetap menunjukkan hasil efektif. Peningkatan ekonomi yang terjadi di Indonesia sekitar 6,4% lebih baik daripada tahun lalu. Peningkatan tersebut dilihat dalam catatan suku tahun yang mencatat 57,5% ekonomi berkembang di pulau Jawa. Hasil tersebut membuat Pulau Jawa sebagai pusat perkembangan ekonomi di Indonesia. Apabila data tersebut dikumpulkan, sekitar 6,3% perkembangan semester 1 tahun 2016 lebih baik dibandingkan semester 1 tahun 2015.

Argumentasi

Meskipun begitu perkembangan ekonomi di Indonesia sedang mengalami ketidaknormalan. Salamuddin Daeng selaku peneliti ekonomi Indonesia for global justice berpendapat bahwa perkembangan ekonomi di Indonesia tidak diimbangi dengan adanya pengembangan kesejahteraan rakyat. Selain itu, perkembangan ekonomi yang tidak stabil ini juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti bertambahnya hutang Indonesia demi pengembangan ekonomi rakyat. penguasaan sumber daya alam Indonesia oleh negara asing melalui tanam modal, dan daya konsumsi masyarakat yang berlebihan, serta meningkatnya daya ekspor bahan mentah keluar negeri.

Adapula A. Tony Prasetiantono (peneliti ekonomi dari Universitas Gajah Mada) yang berpendapat bahwa perekonomian Indonesia hanya ditopang oleh wilayah dalam negeri saja. Bahkan mengakibatkan penurunan angka perdagangan Indonesia pada suku ketiga dan keempat tahun ini akibat krisis global. Beliau juga mengatakan donatur ekspor PDB juga memiliki jumlah angka yang sedikit.

Penegasan Ulang

Perkembangan ekonomi di Indonesia dapat didukung dengan tingkat biaya yang besar dan aspirasi pemerintah yang cepat sesuai dengan pendapat A. Tony Prasetiantono. Perubahan ekonomi tersebut akan memiliki indikator kurang dari 5%. Apabila taraf inflamasi mengalami penurunan maka jumlah tunjangan akan mengalami peningkatan.

Contoh Teks Eksposisi Lingkungan

Pembahasan terakhir adalah pemaparan informasi tentang lingkungan. Meskipun orang jarang memperhatikannya namun lingkungan tetap memegang kunci utama kehidupan manusia. Tanpa lingkungan yang sesuai manusia akan kesulitan bertahan hidup. Namun pada kenyataanya kita sering lalai dalam menjaga serta melestarikan lingkungan disekitar kita. Contoh teks eksposisi singkat kali ini saya dedikasikan khusus dengan mengangkat tema lingkungan.

“Menjaga Lingkungan Rumah Tetap Bersih”

Tesis

Kebersihan lingkungan rumah merupakan faktor penting dalam menciptakan lingkungan rumah dan lingkungan sekitar tetap nyaman. Setiap desa selalu diberikan penyuluhan dalam menjaga kebersihan lingkungan rumah masing masing. Bahkan setiap rukun desa juga diadakan perlombaan kebersihan demi meningkatkan kepedulian warga akan kebersihan lingkungan. Menjaga kebersihan lingkungan tersebut dapat dilakukan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, membersihkan selokan sekitar rumah, dan lain lain.

Argumentasi

Setiap minggu selalu diadakan kerjabakti untuk pembersihan lingkungan rumah dan lingkungan sekitar. Setiap Ketua RT diharapkan dapat menghimbau warganya agar berperan serta dalam kerjabakti tersebut. Namun tidak hanya itu saja, setiap warga juga diharapkan dapat menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya. Dengan begitu setiap warga dapat bekerja sama dalam menjaga lingkungannya tetap bersih sehingga tercipta lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman.

Penegasan Ulang

Kebersihan lingkungan rumah ialah sesuatu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan bermasyarakat karena sangat penting dalam menunjang kenyamanan sekitar. Kebersihan rumah juga akan menjamin adanya kenyamanan dan kesehatan bagi setiap warga. Kebersihan tidak dapat disamakan dengan kemewahan, karena kebersihan ialah usaha manusia dalam menjaga lingkungan agar tetap sehat dan terawat sepanjang waktu.

Inilah contoh teks eksposisi pendidikan, hukum, ekonomi dan lingkungan yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *