4 Contoh Teks Narasi Pengalaman Pribadi Bahasa Indonesia

Diposting pada

4 Contoh Teks Narasi Pengalaman Pribadi Bahasa Indonesia – Teks narasi ialah jenis karangan Bahasa Indonesia yang menjelaskan tentang berbagai kejadian atau peristiwa berdasarkan urutan waktu. Peristiwa yang diceritakan dalam teks narasi tersebut dapat berupa khayalan (imajinasi) maupun pengalaman yang benar benar terjadi (pengalaman pribadi). Namun peristiwa peristiwa atau kejadian disekeliling kita sering diungkapkan dalam bentuk contoh teks narasi pengalaman pribadi. Teks ini disajikan dengan alur dan gaya bahasa yang baik. Dengan begitu para pembaca dapat merasakan alur ceritanya dan seolah olah merasakan langsung kejadian tersebut.

4 Contoh Teks Narasi Pengalaman Pribadi Bahasa Indonesia
4 Contoh Narasi Pengalaman Pribadi Bahasa Indonesia

Setiap orang pasti memiliki kenangan tersendiri yang berkesan dalam hidupnya. Entah itu kesan yang bersifat baik ataupun buruk bisa menjadi contoh teks narasi singkat. Sering kali kita mendapatkan tugas menulis narasi ketika menginjak semester baru setelah liburan panjang. Untuk menceritakan pengalaman pribadi sebenarnya tidak terlalu sulit namun tetap saja kita harus memiliki pedoman penulisan yang ada. Pedoman tersebut mencakup struktur teks narasi beserta kaidah kebahasaanya.

Contoh teks narasi singkat maupun teks narasi tentang pengalaman pribadi dapat kita temukan dalam kehidupan sehari hari. Topik yang dapat digunakan dalam teks ini pun beragam seperti pendidikan, fantasi, pengalaman pribadi, lingkungan, dongeng dan lain lain. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh teks narasi pengalaman pribadi lengkap. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Teks Narasi Pengalaman Pribadi Bahasa Indonesia

Secara umum teks narasi dapat diartikan sebagai sebuah karya tulis yang ditulis dengan gaya bahasa bercerita. Tujuannya tidak lain adalah untuk menghibur pembaca melalui rangkaian kegiatan yang ada. Namun tidak sedikit pula pembaca bisa menggali informasi dari cerita tersebut. Karena teks narasi termasuk kategori karangan dengan demikian sifatnya pun bisa dibilang fiksi. Penulis bisa membuat cerita berdasarkan kejadian nyata maupun mengarang ceritanya sendiri menggunakan alur serta plot yang jelas.

Banyak sekali contoh teks narasi tentang pengalaman pribadi yang ditulis melalui blog pribadi. Akses internet pun memberikan kita berbagai kemudahan untuk mencari informasi misalnya saja menemukan contoh teks yang sedang kita cari. Nah, untuk anda yang sedang mendapatkan tugas menulis narasi singkat tentang pengalaman pribadi maka silahkan simak beberapa struktur serta kaidah kebahasaan teks narasi yang harus dipenuhi.

Struktur Teks Narasi

Kita akan membahas contoh teks narasi pengalaman pribadi di akhir sesi. Untuk sesi awal saya akan memberikan sedikit gambaran apa saja yang harus diperhatikan ketika menulis sebuah cerita menggunakan gaya penulisan naratif. Berikut ini sturktur teks narasi yang harus dipenuhi oleh seorang penulis:

Orientasi

Oerientasi merupakan paragraf yang menjadi pembukaan sekaligus mengawali cerita narasi. Umumnya bagian orienstasi berisi perkenalan tokoh cerita, alur cerita, latar peristiwa dalam cerita dan unsur unsur cerita lainnya. Pambuatan orientasi pada teks narasi tidak dipatok harus panjang atau pendek melainkan fleksibel (Seperlunya saja).

Awal Permasalahan

yakni struktur teks narasi yang berisi benih benih permasalahan yang nantinya akan membuat pertikaian didalam cerita. Penulis bisa menceritakan awal mula permasalahan yang nantinya permasalahan tersebut akan menuju pada klimaksnya. Rumusan permasalahan pun bisa ditulis secara bertahap menggunakan kronologi sebab akibat.

Klimaks

Klimaks merupakan bagian dimana permasalahan dalam cerita telah mencapai puncaknya. Umumnya pada sesi ini penulis akan menceritakan rangkaian permasalahan yang dialaminya dan berusaha mencari solusi dari permasalahan tersebut. Pemilihan solusi yang dilakukan dapat mempengaruhi hasil akhir dari cerita narasi.

Antiklimaks

Antilkimaks merupakan bagian akhir dari masalah yang dihadapi tokoh. Biasanya antiklimaks juga diikuti dengan resolusi serta rangkaian peristiwa yang menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penulis bisa menceritakan hasil akhir yang baik maupun buruk berdasarkan struktur teks narasi pada bagian sebelumnya.

Ciri-Ciri Teks Narasi

Selain struktur teks diatas adapula ciri ciri teks narasi yang digunakan dalam membuat contoh teks narasi pengalaman pribadi. Dengan memahami karakteristik inilah kita bisa membedakan teks cerita bergaya naratif dengan jenis teks lainnya. Adapun ciri ciri sebuah cerita narasi antara lain adalah:

  • Didalamnya terdapat konflik cerita.
  • Peristiwa yang terdapat dalam teks narasi dapat berupa imajinasi ataupun peristiwa yang benar benar terjadi.
  • Didalamnya terdapat nilai estetikanya.
  • Susunan ceritanya bersifat kronologis.

Contoh Teks Narasi Tentang Pengalaman Pribadi

Tibalah kita pada akhir pembahasan dimana saya telah menyediakan contoh teks narasi pengalaman pribadi secara singkat. Anda tidak perlu menyalin cerita dibawah secara detil melainkan anda bisa mengembangkannya. Dalam menyusun cerita narasi cobalah untuk membuat kerangka strukturnya terlebih dulu lalu menuliskan alurnya secara perlahan. Simaklah contoh cerita narasi di bawah ini sebagai referensi penulisan.

Contoh Teks Narasi Perkemahan Yang Menyenangkan

Waktu itu sedang liburan semester pertama. Saat itu, sekolah kami mengadakan perkemahan dari kelas 7 sampai kelas 8. Saya bersama rombongan sekolah SMP Pertiwi Bandung berangkat pukul 7 pagi dengan menggunakan 2 bus. Perjalanan ini kami tempuh dengan waktu sekitar 2,5 jam lamanya.

Setelah sampai ditempat tujuan, kami mencari tempat untuk mendirikan tenda. Setiap titik kami telusuri untuk mendapatkan tempat yang layak dan aman dalam mendirikan tenda. Pencarian tempat tersebut membutuhkan waktu sekitar 1 jam dan pada akhirnya kami menemukan tempat yang sesuai. Kami mendirikan tenda dikaki gunung Tangkuban Perahu. Tempat yang digunakan untuk mendirikan tenda ini memiliki pemandangan yang indah. Selain itu tekstur tanahnya juga datar sehingga kami lebih mudah untuk mendirikan tenda.

Baca juga: Contoh Teks Diskusi Terbaru (Kenakalan Remaja, Anak Anak, Teknologi, Narkoba)

Hari kedua kami berkemah dilanjutkan dengan kegiatan pendakian gunung Tangkuban Perahu. Meskipun melelahkan tetapi kami sangat menikmatinya. Rasanya menyenangkan dan seru sekali karena dapat berkemah dengan teman teman. Disepanjang perjalanan, kami melihat hamparan kebun teh yang sangat indah. Udaranyapun juga segar bahkan adapula burung dan gemercik air yang mengiringi perjalanan kami.

Saat saat yang paling menyenangkan dalam acara berkemah ini adalah dapat tiba di kawah Tangkuban Perahu. Perasaan lelah dan keringat ini seakan hilang karena tergantikan dengan keindahan dan rasa puas kami. Kami tidak menyangka dapat melihat dan menyaksikan langsung kehindahan alam ini. Sungguh indah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga: Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Contohnya

Keesokan paginya, kami bersiap siap untuk kembali kesekolah lagi. Kami membongkar tenda dan merapikan barang bawaan untuk dibawa pulang. Setelah semuanya siap, kamipun menaiki bus dan melakukan perjalanan pulang. Banyak diantara kami yang tertidur pulas ketika perjalanan pulang. Adapula yang melihat lihat foto kegiatan saat perkemahan. Sesampainya disekolah, ternyata orang tua kami sudah menunggu dan menjemput.

Perkemahan yang diadakan tahun ini membuat perasaan senang dan puas. Tempat yang kami datangi memberikan pengajaran dan keindahan bagiku beserta teman teman.

Contoh Teks Narasi Kesiangan Bangun

Kemarin malam aku bermain game sampai larut malam. Keesokan harinya, aku telat bangun dan membuatku merasa tergesa gesa berangkat sekolah. Jam kamarku sudah menunjukkan pukul 6.30 pagi. Aku langsung bergegas mandi dan bersiap siap untuk sekolah. Karena terburu buru aku sampai lupa sarapan. Diperjalanan aku hampir saja jatuh karena terburu buru.

Setelah sampai disekolah, ternyata upacara benderapun sudah dimulai beberapa menit sebelumnya. Aku bergegas untuk bergabung kebarisan kelasku. Namun ternyata aku harus bergabung ke tempat anak anak yang terlambat dan atributnya kurang. Setelah upacara selesai, aku ditegur karena rambutku dianggap sudah panjang. Akupun lupa untuk memotong rambut padahal sebelumnya sudah diperingatkan. Akhirnya rambutku pun dipotong oleh guru BK tersebut. Anak anak yang atributnya kurang dan anak anak yang datang terlambat, termasuk aku diberikan pengarahan agar lebih disiplin dan menaati tata tertib sekolah.

Setelah selesai, aku kembali ke kelas. Entah apa yang aku pikirkaan, ternyata PR yang harus dikumpulkan hari ini lupa aku kerjakan. Akhirnya aku harus menerima hukuman dengan membuat kliping iklan yang berasal dari koran. Waktu pulang sekolahpun tiba, jam menunjukkan pukul 3 sore. Rambut yang sudah tidak karuan bercampur dengan perasaan menyesal atas apa yang aku lakukan hari ini. Rasanya hari ini sangat berat. Namun hal tersebut membuat pelajaran tersendiri buatku.

Setelah sampai dirumah, aku bergegas untuk memotong rambut disalon. Setelah itu, aku menyelesaikan tugas kliping yang diberikan oleh guru. Aku akan berusaha untuk lebih disiplin dan tidak mengulangi perbuatanku tadi.

Inilah beberapa contoh teks narasi pengalaman pribadi yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • contoh narasi pengalaman pribadi
  • tulislah paragraf narasi dngn tema pengalaman pribadi yg menyenangkan
  • buatlah teks narasi berdasarkan pengalaman pribadi
  • contoh karangan narasi tentang pengalaman pribadi singkat
  • Teks naratif penga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *