4 Contoh Teks Narasi Pengalaman Pribadi Bahasa Indonesia

Diposting pada

4 Contoh Teks Narasi Pengalaman Pribadi Bahasa Indonesia – Teks narasi ialah jenis karangan Bahasa Indonesia yang menjelaskan tentang berbagai kejadian/peristiwa berdasarkan urutan waktu. Peristiwa yang diceritakan dalam teks narasi tersebut dapat berupa khayalan (imajinasi) maupun pengalaman yang benar benar terjadi (pengalaman pribadi). Namun peristiwa peristiwa atau kejadian disekeliling kita sering diungkapkan dalam bentuk contoh teks narasi pengalaman pribadi. Teks ini disajikan dengan alur dan gaya bahasa yang baik. Dengan begitu para pembaca dapat merasakan alur ceritanya dan seolah olah merasakan langsung kejadian tersebut.

Contoh teks narasi singkat maupun teks narasi tentang pengalaman pribadi dapat kita temukan dalam kehidupan sehari hari. Topik yang dapat digunakan dalam teks ini pun beragam seperti pendidikan, fantasi, pengalaman pribadi, lingkungan, dongeng dan lain lain. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh teks narasi pengalaman pribadi lengkap. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Teks Narasi Pengalaman Pribadi Bahasa Indonesia

Sebelum saya membagikan contoh teks narasi pengalaman pribadi, saya akan menjelaskan tentang struktur teks narasi terlebih dahulu. Beikut penjelasan mengenai struktur teks narasi:

1. Orientasi yakni struktur teks narasi yang berisi perkenalan tokoh cerita, alur cerita, latar peristiwa dalam cerita dan unsur unsur cerita lainnya.
  2. Awal Permasalahan yakni struktur teks narasi yang berisi benih benih permasalahan yang nantinya akan membuat pertikaian didalam cerita.
  3. Klimaks yakni struktur teks narasi yang berisi puncak permasalahan. Dalam struktur ini, terdapat deretan konflik yang dialami oleh tokoh cerita.
  4. Antiklimaks yakni struktur teks narasi yang berisi penyelesaian dari masalah yang dihadapi tokoh.

Selain struktur teks diatas adapula ciri ciri teks narasi yang digunakan dalam membuat contoh teks narasi pengalaman pribadi. Berikut ciri ciri teks narasi:

• Didalamnya terdapat konflik cerita.
  • Peristiwa yang terdapat dalam teks narasi dapat berupa imajinasi ataupun peristiwa yang benar benar terjadi.
  • Didalamnya terdapat nilai estetikanya.
  • Susunan ceritanya bersifat kronologis.

Contoh Teks Narasi

Dibawah ini telah saya sajikan beberapa contoh teks narasi dengan tema pengalaman pribadi. Berikut beberapa contoh teks narasi pengalaman pribadi:

Contoh Teks Narasi “Perkemahan Yang Menyenangkan”

Waktu itu sedang liburan semester pertama. Saat itu, sekolah kami mengadakan perkemahan dari kelas 7 sampai kelas 8. Saya bersama rombongan sekolah SMP Pertiwi Bandung berangkat pukul 7 pagi dengan menggunakan 2 bus. Perjalanan ini kami tempuh dengan waktu sekitar 2,5 jam lamanya.

Setelah sampai ditempat tujuan, kami mencari tempat untuk mendirikan tenda. Setiap titik kami telusuri untuk mendapatkan tempat yang layak dan aman dalam mendirikan tenda. Pencarian tempat tersebut membutuhkan waktu sekitar 1 jam dan pada akhirnya kami menemukan tempat yang sesuai. Kami mendirikan tenda dikaki gunung Tangkuban Perahu. Tempat yang digunakan untuk mendirikan tenda ini memiliki pemandangan yang indah. Selain itu tekstur tanahnya juga datar sehingga kami lebih mudah untuk mendirikan tenda.

Baca juga: Contoh Teks Diskusi Terbaru (Kenakalan Remaja, Anak Anak, Teknologi, Narkoba)

Hari kedua kami berkemah dilanjutkan dengan kegiatan pendakian gunung Tangkuban Perahu. Meskipun melelahkan tetapi kami sangat menikmatinya. Rasanya menyenangkan dan seru sekali karena dapat berkemah dengan teman teman. Disepanjang perjalanan, kami melihat hamparan kebun teh yang sangat indah. Udaranyapun juga segar bahkan adapula burung dan gemercik air yang mengiringi perjalanan kami.

Saat saat yang paling menyenangkan dalam acara berkemah ini adalah dapat tiba di kawah Tangkuban Perahu. Perasaan lelah dan keringat ini seakan hilang karena tergantikan dengan keindahan dan rasa puas kami. Kami tidak menyangka dapat melihat dan menyaksikan langsung kehindahan alam ini. Sungguh indah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga: Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Contohnya

Keesokan paginya, kami bersiap siap untuk kembali kesekolah lagi. Kami membongkar tenda dan merapikan barang bawaan untuk dibawa pulang. Setelah semuanya siap, kamipun menaiki bus dan melakukan perjalanan pulang. Banyak diantara kami yang tertidur pulas ketika perjalanan pulang. Adapula yang melihat lihat foto kegiatan saat perkemahan. Sesampainya disekolah, ternyata orang tua kami sudah menunggu dan menjemput.

Perkemahan yang diadakan tahun ini membuat perasaan senang dan puas. Tempat yang kami datangi memberikan pengajaran dan keindahan bagiku beserta teman teman.

Contoh Teks Narasi “Kesiangan Bangun”

Kemarin malam aku bermain game sampai larut malam. Keesokan harinya, aku telat bangun dan membuatku merasa tergesa gesa berangkat sekolah. Jam kamarku sudah menunjukkan pukul 6.30 pagi. Aku langsung bergegas mandi dan bersiap siap untuk sekolah. Karena terburu buru aku sampai lupa sarapan. Diperjalanan aku hampir saja jatuh karena terburu buru.

Setelah sampai disekolah, ternyata upacara benderapun sudah dimulai beberapa menit sebelumnya. Aku bergegas untuk bergabung kebarisan kelasku. Namun ternyata aku harus bergabung ke tempat anak anak yang terlambat dan atributnya kurang. Setelah upacara selesai, aku ditegur karena rambutku dianggap sudah panjang. Akupun lupa untuk memotong rambut padahal sebelumnya sudah diperingatkan. Akhirnya rambutku pun dipotong oleh guru BK tersebut. Anak anak yang atributnya kurang dan anak anak yang datang terlambat, termasuk aku diberikan pengarahan agar lebih disiplin dan menaati tata tertib sekolah.

Setelah selesai, aku kembali ke kelas. Entah apa yang aku pikirkaan, ternyata PR yang harus dikumpulkan hari ini lupa aku kerjakan. Akhirnya aku harus menerima hukuman dengan membuat kliping iklan yang berasal dari koran. Waktu pulang sekolahpun tiba, jam menunjukkan pukul 3 sore. Rambut yang sudah tidak karuan bercampur dengan perasaan menyesal atas apa yang aku lakukan hari ini. Rasanya hari ini sangat berat. Namun hal tersebut membuat pelajaran tersendiri buatku.

Setelah sampai dirumah, aku bergegas untuk memotong rambut disalon. Setelah itu, aku menyelesaikan tugas kliping yang diberikan oleh guru. Aku akan berusaha untuk lebih disiplin dan tidak mengulangi perbuatanku tadi.

Inilah beberapa contoh teks narasi pengalaman pribadi yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Incoming search terms:

• contoh karangan narasi pebgalaman
  • contoh karangan narasi pemgalaman
  • contoh narasi bahasa indonesia
  • contoh narasi pengalaman pribadi
  • contoh paragraf narasiPENGALAMAN
  • teks narasi pengalaman pribadi