6 Contoh Karangan Persuasi Tentang Lingkungan

6 Contoh Karangan Persuasi Tentang Lingkungan

Diposting pada

6 Contoh Karangan Persuasi Tentang Lingkungan – Karangan persuasi ialah jenis karangan yang mengandung ajakan serta memberikan pengaruh kepada pembaca agar mengikuti dan meyakini apa yang telah dipaparkan oleh penulis, Karangan tersebut biasanya digunakan dalam beberapa hal seperti saat kampanye politik, iklan layanan masyarakat, iklan komersil, advertorial, dan lain lain. Pada umumnya contoh karangan persuasi digunakan oleh seseorang maupun kelompok untuk mengajak maupun mempengaruhi orang lain agar ikut bergabung dengannya.

6 Contoh Karangan Persuasi Tentang Lingkungan

Karya tulis yang bersifat persuasif tidak hanya bisa ditemukan dalam sebuah karangan saja. Melainkan persuasi bisa digunakan dalam berbagai media misalnya saja poster, pamflet, dan lain sebagainya. Kalimatnya yang bersifat meyakinkan dirasa cukup efektif untuk mengajar pembacanya untuk berpikiran sama ataupun melakukan hal sesuai ajakan tersebut. Untuk bisa mengajak pembaca maka karangan persuasi biasanya menggunakan sajian data yang akurat. Data inilah yang nantinya dapat digunakan untuk mensugesti pembaca untuk setuju dengan apa yang ditulis dalam karangan persuasi tersebut.

Karangan persuasi dapat diidentifikasi dengan mudah karena kata kata yang digunakan bersifat mengajak. Contohnya ayolah, oleh karena itu, marilah, dan sebagainya. Ditambah lagi ajakan dalam karangan persuasi bersifat seperti memaksa dengan cara yang meyakinkan sehingga membuatnya menjadi mudah diingat. Nah kali ini saya akan membagikan beberapa contoh karangan persuasi dengan tema lingkungan. Silahkan simak seluruh contoh dibawah dan pelajarilah pola kalimat yang digunakan dalam teks persuasi tersebut.

6 Contoh Karangan Persuasi Tentang Lingkungan

Ditangan yang tepat, karangan persuasi bisa dijadikan media untuk kegiatan positif. Misalnya saja membersihkan serta merawat lingkungan di sekitar kita. Kasus pencemaran lingkungan serta pembangunan yang tidak terbendung mengharuskan kita berperan aktif. Padahal lingkungan sangatlah penting untuk kelangsungan hidup umat manusia. Untuk menyadarkan orang disekeliling kita maka diperlukanlah tindakan persuasif melalui sebuah karangan.

Terdapat banyak sekali contoh karangan persuasi yang bisa kita ambil bahkan dalam konteks kehidupan sehari hari. Seperti memberikan tanda peringatan di bantaran sungai yang intinya mengajak mayarkatan untuk buang sampah pada tempatnya. Ajakan untuk menanam pepohonan di hutan maupun lereng gunung yang sudah mulai gundul dan lain sebagainya.

Sebagai referensi sekaligus contoh konkret maka saya sudah menuliskan karangan persuasi tentang lingkungan singkat. Tema lingkungan yang saya angkat pun juga bervariasi sehingga anda bisa menggali berbagai informasi darinya. Analisalah penggunaan kalimat ajakan serta penyajian data yang saya gunakan membuat karangan persuasi di bawah.

Contoh Karangan Persuasi Lingkungan

Kota Trenggalek merupakan perkotaan yang terkenal dengan kondisi lingkungannya yang cukup memprihatinkan. Masalah masalah lingkungan kota ini mengakibatkan dampak yang tidak baik bagi masyarakat. Masalah lingkungan tersebut meliputi pencemaran sungai akibat kebiasaan membuang sampah sembarangan serta limbah rumah tangga yang dibuang tidak pada tempat yang semestinya. Selain itu adapula masalah lain seperti penebangan liar yang semakin banyak hingga pencemaran udara karena banyaknya asap kendaraan. Beberapa tahun yang lalu, kota Trenggalek terendam banjir karena hutan hutan sekitarnya yang telah gundul.

Baca juga: Contoh Teks Editorial (Pengertian, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaan)

Semua masalah tersebut mengganggu kelangsungan hidup masyarakat di kota Trenggalek. Keindahan kota menjadi tercemar, banyaknya bibit bibit penyakit, dan terganggunya sistem pernapasan. Maka dari itu, warga kota Trenggalek harus bekerja sama dalam melestarikan dan menjaga lingkungan hidup melalui berbagai usaha dan cara. Misalnya saja membuang sampah pada tempatnya, membuat taman kota, tidak mengalirkan limbah rumah tangga ke sungai, melarang pembuangan sampah sembarangan dan melakukan penghijauan. Hal hal inilah yang nantinya akan membuat kota menjadi lebih nyaman, indah dan bersih.

Contoh Karangan Persuasi Kebersihan Lingkungan

Hal terpenting dalam kehidupan ialah kebersihan, terutama kebersihan lingkungan. Seluruh masyarakat memiliki tugas untuk menjaga lingkungan tanpa terkecuali. Dunia ini akan dipenuhi sampah jika kita tidak menjaga kebersihan. Banyak sekali penyakit yang mengganggu kelangsungan hidup manusia. Namun dengan adanya kebiasaan menjaga kebersihan maka senantiasa akan memberikan kesehatan untuk kita. Dalam islampun diajarkan bahwa seluruh umatnya harus menjaga kebersihan diri serta lingkungannya. Menjaga lingkungan tetap bersih dan melakukan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya akan memberikan dampak dan manfaat yang baik untuk kita.

Sampah merupakan masalah lingkungan yang tidak akan ada habisnya. Masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan membuat masalah ini semakin buruk. Misalnya saja, sungai sungai yang terdapat di kota Jakarta, banyak sekali sampah sampah yang tergenang didalamnya. Akibatnya saat musim hujan tiba, sungai akan meluap dan menyebabkan bencana banjir. Selain itu adapula kali, selokan, dan gorong gorong juga dipenuhi dengan sampah. Aliran air akan tersumbat dan akan menjadi keruh serta baunya tidak sedap. Hal ini dikarenakan telah tercampur dengan sampah sampah yang menumpuk.

Marilah jaga lingkungan sendiri, mulai dari membuah sampah pada tempatnya. Kemudian membersihkan sampah yang berserakan. Dengan begitu akan menumbuhkan kebiasaan masyarakat untuk hidup bersih. Menjaga kebersihan tersebut akan membuat hidup senantiasa sehat dan nyaman.

Contoh Karangan Persuasi Pencemaran Lingkungan

Lingkungan dikatakan bersih dan sehat apabila jauh dari polusi dan sampah. Didaerah perkotaan sulit sekali kita jumpai lingkungan yang bersih dan bebas polusi dari asap kendaraan. Namun kita tetap dapat menjumpai lingkungan yang asri di pedesaan, karena jarang ditemukan kendaraan bermotor dan pabrik pabrik.

Untuk memperoleh lingkungan bersih, kita dapat melakukan beberapa usaha seperti gotong royong dan bekerja sama dalam membersihkan lingkungan dan melakukan penghijauan dengan cara menanam pohon. Dengan begitu oksigen yang akan dihasilkan menjadi semakin banyak. Pohon ataupun tanaman tadi juga dapat menahan tanah longsor.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa sedia payung sebelum hujan. Hal inilah yang membuat masyarakat menjadi lebih tanggap dan tergerak untuk menjaga lingkungan. Ayolah sama sama menjaga ingkungan sekitar agar menjauhkan kita dari bencana bencana yang ada, terutama bencana banjir. Jaga dan lestarikanlah lingkungan untuk menciptakan jiwa yang kuat dan lingkungan yang sehat.

Contoh Karangan Persuasi Tentang Lingkungan

Tempat tinggal yang bersih merupakan tempat yang memiliki lingkungan yang bebas sampah, limbah pabrik dan pencemaran udara. Polusi udara sering kita jumpai terutama dikota kota besar. Selain itu diperkotaan juga banyak sekali limbah pabrik yang mencemari sungai. Bahkan sampah sampah juga banyak berserakan dan tergenang dialiran sungai. Hal inilah yang terkadang membuat orang menjadi miris untuk melihatnya.

Diperkotaan besaar telah disediakan banyak tempat sampah, namun kesadaran dan kebiasaan masyarakat membuang sampah pada tempatnya lebih minim. Kepedulian mereka terhadap sampahpun juga kurang. Sampah sampah yang semakin banyak dan berserakan inilah yang nantinya akan mengakibatkan pencemaran alam dan bencana alam. Mulai dari bencana banjir karena sampah menutupi aliran sungai dan air, hingga lapisan ozon yang semakin menipis akibat pencemaran udara dari asap kendaraan dan pabrik.

Maka dari itu kita harus melestarikan dan menjaga lingkungan alam sekitar. Hal hal kecil yang kita lakukan akan memberikan dampak yang besar bagi alam. Misalnya saja membuah sampah pada tempatnya, mendaur ulang sampah kompos, dan memisahkan sampah organik dan non-organik.

Sekian contoh karangan persuasi yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Memabahas teks dengan gaya penulisan persuasif memang sangat menyenangkan. Kita sebagai kalangan berpendidikan harus tau bahwa karangan persuasi tentang lingkungan harus digunakan sebagaimana mestinya.

Incoming search terms:

  • nu vot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *