6 Contoh Teks Editorial Singkat (Lingkungan, Sosial, dan Pendidikan)

6 Contoh Teks Editorial Singkat (Lingkungan, Sosial, dan Pendidikan)

Diposting pada

6 Contoh Teks Editorial Singkat (Lingkungan, Sosial, dan Pendidikan) – Teks editorial sering disebut sebagai teks opini yakni suatu karangan yang didalamnya terkandung beberapa masalah yang sedang terjadi dan sedang hangat diperbincangkan banyak orang. Bentuk dari teks editorial sendiri berupa artikel pokok dalam media sosial seperti surat kabar. Contoh teks editorial singkat ini dapat digunakan sebagai pandangan peristiwa yang hangat diperbincangan ketika surat kabar tersebut terbit. Untuk pembuatan teks editorial memerlukan struktur teks yang dijadikan sebagai informasi aktual sebuah permasalahan, pentingnya permasalahan yang ditegaskan secara umum, serta opini dari orang lain, baik masyarakat luas maupun redaksi. Teks ini juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca.

6 Contoh Teks Editorial Singkat (Lingkungan, Sosial, dan Pendidikan)
Contoh Teks Editorial Singkat

Sebenarnya contoh teks editorial sering kita jumpai sehari hari dengan tema yang berbeda beda. Misalnya teks editorial pendidikan, teks editorial lingkungan, dan teks editorial sosial. Semua contoh teks tersebut memang memiliki tema yang berbeda namun tetap menggunakan struktur teks editorial yang sama. Kali ini saya akan membagikan beberapa contoh teks editorial singkat dengan tema lingkungan, sosial, dan pendidikan. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

6 Contoh Teks Editorial Singkat (Lingkungan, Sosial, dan Pendidikan)

Contoh teks editorial singkat memang mengacu pada hal hal yang bersifat opini karena asas dan unsur yang digunakan merujuk pada pandangan umum mengenai masalah tersebut. Teks editorial ini akan saya sajikan dengan tema lingkungan, sosial dan pendidikan. Selamat membaca.

Contoh Teks Editorial Singkat Lingkungan

Contoh teks editorial singkat yang pertama bertemakan lingkungan. Berikut contohnya:

“Banjir di Wilayah Indonesia”

Indonesia terkenal dengan alamnya yang indah dan mempesona. Namun Indonesia juga dikenal sebagai negara langganan banjir setiap tahunnya. Banjir tersebut sudah dianggap wajar bagi beberapa daerah. Bagaimana tidak? Hampir setiap tahun banjir menjadi masalah di negara ini. Banjir merupakan kejadian dimana aliran air memiliki jumlah yang berlebihan seiring terjadinya curah hujan. Banjir yang terjadi selama ini dapat disebabkan oleh ulah manusia ataupun kehendak alam. Banjir yang disebabkan oleh ulah manusia ialah kebiasan membuang sampah disungai ataupun aliran aliran air lainnya yang menyebabkan penyumpatan sehingga membuat banjir. Sedangkan banjir yang disebabkan oleh alam dikarenakan curah hujan yang tinggi membuat penampung air tidak dapat membendungnya lagi.

Baca juga: Contoh Teks Anekdot (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan)

Penyebab dari banjir yang perlu menjadi penanganan pemerintah ialah ulah ulah tangan manusia seperti kebiasaan membuang sampah, penggundulan hutan sebagai lahan baru dan sebagainya. Jika hal ini terus dibiarkan maka banjir akan mengakibatkan korban jiwa, timbulnya berbagai jenis penyakit dan rusaknya sarana maupun prasarana umum. Banjir harus diatasi agar setiap tahun bencana ini dapat berkurang dan tidak semakin parah. Menurut perkiraan hampir 70% wilayah Indonesia mengalami banjir. Kejadian banjir memang memberikan kerugian yang besar, namun juga memberikan hikmah tersendiri jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Baca juga: 6 Contoh News Item Text Singkat (Teks News Item) Beserta Strukturnya

Kejadian banjir tersebut memiliki maksud terpendam bagi manusia yaitu bagaimana manusia tersebut dapat belajar dari alam ini. Karena akibat dari manusialah yang mengakibatkan banjir terjadi setiap tahun bahkan bertambah parah. Bahkan manusia juga membuat masalah yang lebih besar dengan mengolah lahan lahan kosong menjadi bangunan bangunan beton yang menjulang tinggi. Dengan kejadian banjir, kesadaran manusia hanya datang dan mudah pergi pada saat itu juga. Ketika banjir sudah mereda, orang orang kembali ke kehidupannya yang normal bahkan seolah olah lupa akan bencana tadi. Seharusnya kita menyadari penyebab dari bencana banjir tersebut.

“Mari Lakukan Penanggulangan Banjir Bersama Sama. Hijaukan Bumi ini dan Hilangkan Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan”

Contoh Teks Editorial Singkat Hutan

Contoh teks editorial singkat ini juga bertemakan tentang lingkungan. Berikut contoh teksnya :

“Rusaknya Hutan Samosir”

Kerusakan lingkungan yang tinggi dirasakan oleh masyarakat Jambi karena mengganggu kehidupannya saat ini. Peningkatan dari gerakan melestarikan lingkungan dilakukan oleh Gereja Kristen Protestan Simalungun atau GKPS, Pematangsiantar, Sumatera Utara. Gerakan ini dilakukan sebagai wujud dukungan dari GKPS mengenai program pelestarian lingkungan, baik di tingkat internasional, nasional, maupun daerah.

Gerakan untuk melestarikan lingkungan dilakukan dengan menggelar ibadah khusus tentang lingkungan hidup dan melakukan tindakan penghijauan daerah kritis Simalungun, Sumatera Utara. Ibadah khusus yang bertemakan lingkungan hidup ini digelar dengan tujuaan membangkitkan semangat dan aksi umat GKPS untuk melestarikan lingkungan secara nyata.

Pada hari Jumat, 22 April 2016 yang bertepatan dengan Hari Bumi Sedunia, GKPS juga melakukan ibadah khusus yang berkaitan dengan lingkungan. Gerakan ibadah khusus untuk Hari Bumi tersebut dilaksanakan serentak pada 31 Pos Pekabaran Injil GKPS dan 627 gereja yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Pada hari tersebut ritual diadakan dengan serangkaian acara seperti nyanyian yang bertemakan upaya melestarikan lingkungan hidup, pengakuan dosa maupun refleksi.

Menurut pendapat Pdt Martin Rumanja Purba, MSi selaku Pimpinan Pusat GKPS berkata, GKPS ialah anggota Gereja Indonesia yang diharuskan untuk memelihara dan menjaga lingkungan hidup agar lestari. GKPS yang melakukan perannya harus ditingkatkan dalam melestarikan lingkungan hidup agar seluruh ciptaan Allah, baik flora dan fauna dapat selamat.

Seluruh umat GKPS diajak oleh Martin Rumanja Purba untuk melakukan tindakan nyata dalam melestarikan lingkungan hidup. Tindakan nyata tersebut dilakukan dengan melakukan penghijauan, tidak melakukan pemborosan sumber energi listrik dan air, mencegah pencemaran lingkungan, mengurangi pemakaian dari plastik, serta mendukung program pelestarian lingkungan hidup.

Contoh Teks Editorial Singkat Pendidikan

Selanjutnya saya akan membagikan contoh teks editorial singkat pendidikan. Berikut contoh teksnya:

“Kenyamanan Pendidikan di Sekolah”

Semestinya sekolah dijadikan sebagai rumah kedua bagi para siswa untuk tumbuh maupun berkembang. Namun banyak sekolah yang belum mempraktekkan dan menerapkan kegiatan mengajar yang menyenangkan sehingga menciptakan perasaan menyenangkan ketika bersekolah.

Salah satu PR bagi pengajar sekolah dan dinas pendidikan sekolah ialah menjadikan sekolah sebagai rumah kedua yang menyenangkan dan membahagiakan. Tidak sedikit sekolah di Indonesia yang menggunakan perspektif lama dalam melakukan kegiatan belajar dan mengajar. Perspektif tersebut mengutamakan siswa untuk lebih memahami pelajaran dan berperilaku disiplin.

Hal inilah yang melupakan faktor penting dalam pendidikan yaitu kesenangan siswa dalam belajar di sekolah. Akibat inilah yang harus diatasi dan disadari sekarang ini. Metode yang digunakan untuk belajar mengajar harus segera disegarkan. Dampak yang ditimbulkan jika siswa tidak menyenangi sekolah ialah siswa akan merasa trauma dan stress, bahkan mereka akan mencoba untuk membolos sekolah dan terus mengulanginya.

Salah satu faktor yang membuat situasi sekolah tidak menyenangkan ialah kejar jam tayang dari kurikulum. Maksudnya dalam satu semester para guru harus menyelesaikan materi yang sesuai dalam kurikulum tanpa memperhatikan apakah para murid dapat memahaminya ataupun tidak.

Jika hal tersebut terus berlangsung maka perlu disayangkan karena akan berdampak buruk bagi kegiatan belajar dan mengajar yang kurang menyenangkan. Bahkan para siswa tidak mengingat secara betul materi apa yang diajarkan, karena belajar merupakan kewajiban dan bukan kesenangan.

Hal hal yang telah diajarkan disekolah akan mudah dilupakan oleh siswa dalam hitungan minggu maupun bulan. Berbeda halnya jika pelajaran disenangi oleh siswa, mereka akan terus mengingatnya bahkan akan terus mempelajarinya dan mengembangkan ilmu ilmu yang diperolehnya. Pastinya hal inilah yang paling berharga daripada siswa dapat mengerjakan soal soal ujian yang ada.

Sudah semestinya kegiatan belajar mengajar yang nyaman dan menyenangkan lebih diperhatikan oleh instansi pendidikan. Hal tersebut akan mendorong siswa untuk mengikuti seluruh kegiatan dan aktivitas belajar di sekolah. Dengan begitu siswa tidak akan mengalami trauma dalam mendapatkan ilmu pengetahuan, melainkan siswa akan terdorong dan senang dalam belajar.

Contoh Teks Editorial Singkat Sosial

Contoh teks editorial singkat ini memiliki tema sosial. Berikut contohnya:

“Bahaya di Jalan Raya”

Di pulau Jawa setiap tahun jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat. Hal ini dikarenakan semakin bertambahnya pula jumlah penduduk tiap tahun dan permintaan atas kendaraan bermotor juga semakin bertambah, baik kendaraan roda empat ataupun roda dua. Hal ini membuat kondisi jalan raya semakin ramai dan macet.

Hampir  setiap tahun pula keadaan jalan raya diperbaruhi baik aspalnya maupun pelebaran jalannya, mengingat kendaraan yang lewat semakin bertambah. Selain itu, jalan raya yang dulunya dapat dilalui dua arah, sekarang dibuat menjadi satu arah untuk mengurangi kemacetan jalan raya. Peningkatan dari permintaan kendaraan tersebut tidak hanya berdampak pada kemacetan saja, melainkan juga peningkatan jumlah kecelakaan dijalan raya.

Menurut segi psikologis, kemacetan yang terjadi sekarang ini membuat para pengendara tidak sabar dan cendering saling mendahului. Di lampu merahpun banyak kita temui pengendara sepeda motor yang melebihi pemberhentian yang sudah disediakan. Bahkan adapula pengendara yang melaju terlebih dahulu sebelum lampu merah berubah menjadi hijau. Hal inilah yang tentunya membahayakan pengendara jalan dan salah satu faktor penyebab kecelakaan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari POLRI, jumlah angka kecelakaan terus meningkat setiap tahunnya. Jumlah korban meninggal karena kecelakaan pada tahun 2015 sebanyak 22.158 jiwa. Sedangkan untuk korban meninggal karena kecelakaan pada tahun 2016 sebanyak 23.683 jiwa atau sekitar naik 3% dari angka sebelumnya. Sementara untuk jumlah kejadian kecelakaan secara menyeluruh pada tahun 2015 ialah 87.878 kali dan pada tahun 2016 sebanyak 96.635 kali.

Kerugian yang dihasilkan dari kejadian tersebut tentunya tidak sedikit. Pihak pemerintah melakukan peningkatan jumlah pelayanan dan mutu transportasi umum seperti pesawat, bus ataupun kereta. Namun untuk alat transportasi seperti angkot dan bus kurang diminati oleh masyarakat karena kurang ekonomis dan praktis seperti kendaraan pribadi. Pemerintah bahkan memiliki PR dalam memobilitas permasalahan ini dan mengupayakan keselamatan masyarakat.

Masyarakat juga harus berperan aktif dalam mengutarakan ritik yang membangun agar pemerintah dapat melakukan pembaruan alat transportasi umum maupun melakukan penambahan kuota jalan di Indonesia. Apalagi sekarang untuk mendapatkan sepeda motor sangatlah mudah dengan cara kredit tanpa harus memberikan uang muka terlebih dahulu. Hal ini yang akan merubah mindset masyarakat untuk mengendari kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum.

Jika pemerintah melakukan solusi untuk menaikkan harga bahan bakar ataupun tarif pajak, tentunya tidak akan memberikan dampak yang terlalu banyak. Mestinya pemerintah mengurangi dan mempersulit pembelian kendaraan bermotor yang disertai dengan peningkatan mutu dan jumlah jalur kendaraan. Dengan begitu masyarakat akan lebih memilih kendaraan umum dalam bepergian seperti zaman dahulu.

Jalan raya yang semakin macet disebabkan oleh kendaraan yang semakin bertambah setiap tahun. Bahaya dijalan raya bukanlah hanya mitos belaka. Namun merupakan resiko untuk keselamatan bagi pengendara dan pengguna jalan raya. Terkadang berhati hati bukanlah jaminan karena ketika kita berada dijalan raya tentunya kita berhadapan dengan pengendara lainnya. Terkadang hal inilah yang membuat kecerobohan dalam berkendara.

 

Incoming search terms:

  • contoh teks editorial tentang lingkungan
  • contoh teks editorial tentang sosial
  • teks editorial tentang lingkungan sekitar
  • contoh teks lingkungan sosial
  • teks editorial singkat tentang pentingnya mengelola sampah
  • contoh teks editorial pentingnya menjaga lingkungan sekitar
  • teks opini tentang lingkungan singkat
  • Contoh teks editorial tentang di lingkungan sekolah dan di lingkungan tempat tinggal
  • contoh teks editorial singkat tentang lingkungan
  • contoh teks editorial lingkungn skolah com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *