Akibat Jika Tidak Memiliki Dasar Negara TerlengkapAkibat Jika Tidak Memiliki Dasar Negara Terlengkap

Akibat Jika Tidak Memiliki Dasar Negara Terlengkap

Diposting pada

Akibat Jika Tidak Memiliki Dasar Negara Terlengkap – Jika membahas tentang negara tentunya memiliki sebuah pedoman atau dasar yang digunakan untuk memerintah rakyatnya. Hal inilah yang dinamakan dengan dasar negara. Namun bagaimana jika sebuah negara tidak memiliki dasar negara? Apa akibat tidak memiliki dasar negara? Pemerintah tidak memiliki dasar negara ibarat rumah tanpa pondasi. Negara tanpa dasar negara dapat disebut dengan negara tanpa ideologi. Sementara itu ideologi berguna untuk menetapkan visi, arah, misi, cita cita dan tujuan negara semenjak awal pendiriannya.

Akibat Jika Tidak Memiliki Dasar Negara TerlengkapAkibat Jika Tidak Memiliki Dasar Negara Terlengkap
Akibat Negara Tanpa Ideologi

Seperti yang telah saya katakan di atas jika negara tanpa memiliki ideologi ibarat sebuah rumah tanpa pondasi. Jika hal ini terus terjadi maka akan mudah roboh, meskipun terkena goncangan kecil saja. Hal seperti inilah yang dapat dinamakan dengan akibat tidak memiliki dasar negara. Akibat negara tidak memiliki dasar negara dapat memungkinkan segala hal dapat terjadi seperti halnya datangnya ancaman, baik dari luar negeri, dalam negeri ataupun berbentuk bencana alam. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang akibat jika tidak memiliki dasar negara terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Akibat Jika Tidak Memiliki Dasar Negara Terlengkap

Pembangunan sebuah negara pada dasarnya memiliki penentu awal yang berupa dasar negara. Maka dari itulah akibat tidak memiliki dasar negara dapat diibaratkan tidak memiliki sebuah pondasi yang membuat negara tersebut tetap berdiri dengan kokoh. Jika pondasi negara dibuat semakin lebar, maka negara tersebut akan semakin kokoh dan bahkan dapat berkembang. Inilah yang menjadikan ideologi sangat penting dalam sebuah negara. Lantas apa bentuk dasar negara itu?

Baca juga : Arti Bhineka Tunggal Ika yang Sebenarnya dan Contoh

Dasar negara dapat berbentuk ideologi sesuai dengan logika dan rasio. Selain itu bentuk dasar negara juga dapat berupa nilai nilai dalam negara di semua lapisan masyarakatnya. Jika dasar negara memuat kedua hal ini maka akan membuat semua sendi kehidupan dapat diayomi oleh negara tersebut dan bukan hanya memihak kepentingan satu golongan saja. Hal inilah yang bertolak belakang dengan akibat jika tidak memiliki dasar negara. Akibat negara tidak memiliki dasar negara akan dirasakan oleh seluruh warganya, tanpa terkecuali.

Di bawah ini terdapat beberapa akibat yang terjadi jika sebuah negara tidak memiliki dasar negara. Berikut penjelasan selengkapnya:

Negara Tidak Mempunyai Pedoman Penyelenggaraan Kehidupan Bernegara

Akibat tidak memiliki dasar negara yang pertama ialah negara tidak akan mempunyai pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan dalam bernegara. Dasar negara yang dimaksud disini ialah suatu ideologi dan perangkat ideologisnya untuk membuat patokan bernegara dalam penyelenggaraan kehidupan masyarakatnya. Apabila negara tidak memiliki dasar negara, maka negara tersebut tidak dapat mengusung kehidupan bersama yang mencakup nilai nilai, pandangan dan cita cita di dalamnya. Kehidupan masyarakat tidak dapat dibawa ke arah manapun jika tidak memiliki pedoman. Meskipun di negara tersebut memiliki ideologi atau paham yang buruk sekalipun, namun didalamnya terdapat tujuan yang digunakan untuk memberi arahan lebih baik pada kehidupan rakyatnya. Maka dari itu negara tanpa ideologi akan mengakibatkan negara ini dalam waktu dekat bisa berakhir atau berada di satu titik.

Negara Tidak Mempunyai Dasar Hukum Kuat

Akibat jika tidak memiliki dasar negara selanjutya ialah negara tidak akan mempunyai dasar hukum yang kuat. Dasar negara merupakan pijakan dalam dasar hukum. Hal ini dikarenakan di dalam negara tesebut tidak akan terjadi pertentangan antara Undang Undang dan produk hukum dengan ideologi negaranya. Namun negara sebenarnya dapat membuat perangkat hukum dan Undang Undang negara apabila tidak mempunyai dasar negara. Meski begitu keabsahan dari produk hukum dan Undang Undang akan dipertanyakan. Contohnya: Apakah kehidupan masarakat dapat diwakili dengan produk tersebut?

Disisi lain hukum berfungsi untuk membatasi dan mengatur tindakan masyarakat agar tidak bebas. Apabila produk tidak sesuai dengan dasar negara, maka semua bentuk tindakan dalam masyarakat tidak dapat dilindungi oleh produk hukum tersebut. Lantas penggunaannya mencakup dasar apa? Dari manakah pengambilan nilai nilai itu? Akibat negara tidak memiliki dasar negara akan membuat produk hukum yang dilatarbelakangi oleh ikatan konseptual menjadi tidak kuat.

Baca juga : Tugas Pengawas Koperasi Beserta Wewenangnya Terlengkap

Negara Tidak Mempunyai Dasar Acuan

Akibat tidak memiliki dasar negara selanjutya ialah negara tidak akan mempunyai dasar acuan. Dasar acuan yang dimaksud disini ialah referensi dalam menciptakan visi misi kehdupan bernegara. Dasar negara terdahulu akan menciptakan sebuah visi dan misi negara sehingga negara dapat didirikan dengan tegak dan kehidupan bernegara dapat diselenggarakan karena berguna sebagai pondasi utamanya. Dasar negara yang berupa ideologi mempunyai misi, arah dan visi masing masing sehingga satu sama lain berbeda. Contohnya ideologi kapitalis sebagai dasar negara di sebuah negara akan mengutamakan kekuatan kapitalnya dalam pembangunan kehidupan di masyarakat.

Selain itu adapula kesetaraan sosial yang difokuskan oleh ideologi komunis serta semua perbedaan di masyarakat akan diseragamkan menjadi satu nilai mutlak oleh ideologi agama radikal tanpa pembantahan apapun meskipun bentuknya kebenaran. Setiap negara memiliki kelebihan dan kelemahan ideologi yang berbeda beda. Meski demikian namun sebuah negara yang memiliki dasar negara tentunya dapat membangun kehidupan menggunakan visi dan misi yang baik berdasarkan setiap idealismenya. Dari sinilah kita tahu bahwa akibat jika negara tidak memiliki dasar negara akan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakatnya.

Negara Rawan Krisis Kemanusiaan dan Sosial

Akibat jika tidak memiliki dasar negara selanjutya ialah negara dapat rawan dengan krisis kemanusiaan dan sosial. Krisis sosial dapat muncul karena disebabkan oleh kekuatan yang tidak dimiliki negara tersebut seperti semua instrumen kenegaraan sehingga situasi sosial yang diciptakan lebih kondusif. Krisis sosial dapat menjadi akibat jika negara tidak memiliki dasar negara karena komunitas masyarakat dengan latar belakang yang berbeda menjadi terbentur satu sama lain, sehingga kasus kekerasan dan kejahatan akan meningkat.

Baca juga : Penjelasan Fungsi Hukum Pidana Terlengkap

Akibat negara tidak memiliki dasar negara dapat berupa benturan dari perbedaan yang menjadi ancaman nyata, meskipun ideologi yang dimiliki negara tersebut cukup bagus. Misalnya di masa lalu sebelum bangsa kolonial datang ke berbagai wilayah Indonesia terdapat persaingan untuk saling menguasai wilayah lain, bahkan wilayahnya ingin diperlebar oleh satu kerajaan, serta penakhlukkan wilayah lain dapat digunakan sebagai cara memperoleh kekuasaan. Kejadian ini disebabkan oleh kesepakaan sistem pemerintahan yang tidak dapat dijunjung oleh bersama. Akibatnya bangsa kolonial dapat masuk ke Indonesia karena keadaan wilayah yang terpecah pecah. Maka sampai tahun ke 1945, bangsa Indonesia masih dikuasai oleh bangsa kolonial. Namun kemudian bangsa Indonesia dapat disatukan oleh dasar negara yang berupa Pancasila.

Negara Tidak Mempunyai Identitas di Mata Dunia yang Jelas

Akibat tidak memiliki dasar negara selanjutya ialah di mata dunia negara tidak mempunyai identitas yang jelas. Dasar negara dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk karakter di sebuah negara, dimana gunanya untuk landasan utama kehidupan bernegara dan berbangsa. Maka dari itu dalam masyarakat terdapat nilai nilai tertentu yang ditanamkan dengan menggunakan dasar negara ini. Kemudian kehidupan masyarakat akan ditentukan oleh negara sesuai jalur ketentuannya dan membentuk karakter masyarakat sedemikian rupa. Berdasarkan karakter masyarakat tersebut akan membentuk identitas sebuah negara yang berciri khas dari kebudayaannya.

Negara Rentan Akan Kehancuran

Akibat jika tidak memiliki dasar negara selanjutya ialah rentannya negara akan kehancuran. Sebuah negara dapat hancur karena beberapa faktor seperti bencana alam, faktor internal dan fakktor eksternal. Apabila acuan negara tidak memiliki dasar negara, maka visi dan misi serta cita cita negara tersebut juga tidak ada. Bahkan mekanisme kenegaraan dan dasar hukumnya tidak jelas sehingga rakyat tidak sejahtera dan melemahnya berbagai hal di negara tersebut. Inilah yang membuat jumlah pelaku kekerasan dan kejahatan meningkat hingga menimbulkan kerusuhan. Selain itu komunitas masyarakat akan banyak yang kecewa dan tidak puas dalam tata negara yang ada dan terselenggara. Kemudian gerakan radikal akan bermunculan sampai kekuasaan negara digulingkan. Dalam hal ini, kehidupan masyarakat yang diselenggaraan oleh negara dianggap gagal karena tidak dapat diayomi sebagaimana mestinya.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa akibat jika negara tidak memiliki dasar negara terlengkap. Akibat negara tidak memiliki dasar negara akan berdampak pada kehidupan rakyatnya. Maka dari itulah dasar negara dianggap penting sebagai acuan penyelenggaraan dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi akibat tidak memiliki dasar negara di atas.

Incoming search terms:

  • apa yang akan terjadi jika negara tidak memiliki hukum
  • apa yang terjadi jika tidak ada dasar negara
  • bagaimana jika indonesia tidak ada undang undang dasar
  • jika negara tidak punya dasar negara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *