Arti Bhineka Tunggal Ika yang Sebenarnya dan Contoh
Arti Sebenarnya dari Bhineka Tunggal Ika

Arti Bhineka Tunggal Ika yang Sebenarnya dan Contoh

Diposting pada

Arti Bhineka Tunggal Ika yang Sebenarnya dan Contoh – Di negara Indonesia terdapat rasa persatuan, kesatuan dan nasionalisme yang dipupuk menjadi arti bhineka tunggal ika. Maka dari itu dalam diri masyarakat Indonesia telah melekat semboyan Bhineka Tunggal Ika. Secara singkat kalimat Bhineka Tunggal Ika dapat diartikan sebagai semboyan atau moto dari negara Indonesia yang berasal dari frasa Bahasa Jawa Kuno dengan makna “Berbeda beda tetapi tetap satu jua“. Kata Bhineka sendiri dapat diartikan sebagai “Berbeda beda atau beraneka ragam”. Kemudian kata Tunggal memiliki arti yakni “Satu” dan kata Ika artinya “itu”. Lalu apa saja contoh sikap Bhineka Tunggal Ika itu?

Arti Bhineka Tunggal Ika yang Sebenarnya dan Contoh
Arti Sebenarnya dari Bhineka Tunggal Ika

Kalimat Bhineka Tunggal Ika jika digabungkan menjadi satu berarti “Beraneka ragam satu itu” menurut penggalan arti di setiap katanya. Maka dari itu meskipun bangsa Indonesia berbeda beda namun pada hakikatnya tetap dalam satu kesatuan. Dengan semboyan tersebut maka akan menciptakan bangsa Indonesia yang kuat karena merujuk pada kesatuan dan persatuan bangsa. Dari sinilah tercipta arti sebenarnya dari Bhineka Tunggal Ika. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang arti Bhineka Tunggal Ika yang sebenarnya beserta contoh sikap Bhineka Tunggal Ika. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Arti Bhineka Tunggal Ika yang Sebenarnya dan Contoh

Arti sebenarnya dari Bhineka Tunggal Ika ialah mewujudkan masyarakat yang memiliki rasa kesatuan dan persatuan meskipun berbeda beda. Pengertian Bhineka Tunggal Ika sendiri ialah semboyan atau moto bangsa Indonesia yang digunakan sebagai ciri khas dari negara tersebut. Dimana artinya ialah berbeda beda tetapi tetap satu jua. Semboyan bangsa Indonesia ini membuat negara tersebut menjadi semakin kuat dan tidak terpecah belah. Kita sudah sepatutnya mengamalkan semboyan Bhineka Tunggal Ika sebagai bagian dari bangsa Indonesia di kehidupan sehari hari. Apa saja contoh sikap Bhineka Tunggal Ika itu?

Baca juga : 6 Struktur Organisasi PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) dan Tugasnya

Bhineka Tunggal Ika mencakup seluruh bangsa Indonesia sehingga mempunyai arti yang luas. Namun arti bhineka tunggal ika yang sebenarnya ialah terwujudnya kesatuan dan persatuan seluruh warga Indonesia meskipun tempat tinggalnya terpisah dan berbeda beda. Mengapa semboyan bangsa Indonesia ialah Bhineka Tunggal Ika? Karena bangsa Indonesia dikelompokkan secara terpisah, maka dari itu diperlukan pemersatu yang menghilangkan jarak diantara warganya. Dari sinilah Bangsa Indonesia menerapkan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”.

Arti Bhineka Tunggal Ika yang Sebenarnya dan Contoh
Gambar Burung Garuda

Seperti yang telah kita ketahui bangsa Bhineka Tunggal Ika terdapat dalam Pancasila sebagai lambang dasar negara Indonesia. Seperti pada gambar di atas terdapat papan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang dicengkeram oleh kaki burung Garuda. Inilah bukti bahwa arti Bhineka Tunggal Ika memiliki kandungan yang sangat luhur sehingga tidak dapat dikesampingkan.

Contoh Sikap Bhineka Tunggal Ika

Setelah membahas tentang arti Bhineka Tunggal Ika yang sebenarnya. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh sikap yang mencerminkan bhineka tunggal ika. Sikap tersebut sebagai wujud kesatuan dan persatuan dalam berbangsa, bermasyarakat dan bernegara. Di bawah ini terdapat beberapa contoh sikap bhineka tunggal ika baik di lingkungan keluarga, masyarakat, negara maupun sekolah yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia), Fungsi, Ciri, Tujuan, dan Jenisnya

Lingkungan Keluarga

Dalam lingkungan keluarga terdapat arti Bhineka Tunggal Ika yang terjadi secara utuh, dinamis, rukun dan akrab di antara anggota anggotanya. Di bawah ini terdapat beberapa contoh sikap bhineka tunggal ika dalam lingkungan keluarga yaitu sebagai berikut:

  • Saling mencintai antar anggota keluarga.
  • Mengakui fungsi dan keberadaan dari setiap anggota keluarga.
  • Menumbuhkan sikap tepa slira dan tenggang rasa.
  • Tidak menuntut kehendak sendiri kepada orang lain.
  • Saling terbuka di antara anggota keluarga.

Dengan contoh sikap bhineka tunggal ika dalam lingkungan keluarga di atas. Maka kehidupan berkeluarga akan berlangsung secara harmonis dan tidak hanya itu saja tetapi juga harmonis dalam berbangsa dan bernegara. Maka dari itulah kesatuan dan persatuan akan terwujud dengan sendirinya.

Lingkungan Sekolah

Dalam lingkungan sekolah terdapat arti Bhineka Tunggal Ika yang diwujudkan dalam lembaga pendidikan dengan tujuan dan misi khusus seperti pendidikan nasional untuk seluruh generasi bangsa. Di bawah ini terdapat beberapa contoh sikap bhineka tunggal ika dalam lingkungan sekolah untuk mewujudkan kesatuan dan keutuhan bangsa yaitu sebagai berikut:

  • Mentaati dan mematuhi tata tertib peraturan di sekolah.
  • Menghindari pertengkaran atau perselisihan diantara warga sekolah.
  • Tidak membeda bedakan antar golongan, suku, agama, maupun ras.
  • Dalam pergaulan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik diantara warga sekolah.
  • Melindungi nama baik sekolah.
  • Mengikuti upacara bendera dengan disiplin dan khidmat.

Lingkungan Masyarakat

Dalam lingkungan masyarakat terdapat arti Bhineka Tunggal Ika yang berpengaruh besar terhadap pertumbuhan generasi mudanya. Hal ini dikarenakan kesatuan dan persatuan di lingkungan masyarakat itu sendiri dicerminkan dari perilaku para anak mudanya. Di bawah ini terdapat beberapa contoh sikap bhineka tunggal ika dalam lingkungan masyarakat yaitu sebagai berikut:

  • Menumbuhkan sikat kekeluargaan dan rukun di antara warga masyarakat.
  • Bersama sama memecahkan permasalahan sosial di antara warga masyarakat.

Baca juga : Pengertian Toleransi, Manfaat, dan Bentuknya

  • Tidak membeda bedakan aliran, suku, ras ataupun agama dalam melakukan pergaulan.
  • Dalam pergaulan antar suku bangsa menggunakan Bahasa Indonesia yang benar dan baik.
  • Menyelenggarakan bakti sosial di sekitar lingkungan masyarakat.

Lingkungan Negara

Adapula contoh sikap bhineka tunggal ika dalam lingkup negara untuk mewujudkan kesatuan dan persatuan diantara rakyatnya. Adapun contoh perilakunya yaitu sebagai berikut:

  • Mementingkan keperluan negara dan bangsa dibandingkan kepentingan golongan ataupun pribadi.
  • Setiap suku bangsa diberikan kesempatan yang sama dalam memberitahukan kesenian daerah masing masing.
  • Mengembangkan pergaulan agar kesatuan dan persatuan bangsa dapat terwujud.
  • Setiap suku bangsa diberikan kesempatan yang sama dalam memajukan kebudayaan daerah masing masing.

Demikianlah penjelasan mengenai arti bhineka tunggal ika yang sebenarnya dan contoh sikap bhineka tunggal ika. Arti sebenarnya dari Bhineka Tunggal Ika ialah terwujudnya kesatuan dan persatuan seluruh warga Indonesia meskipun tempat tinggalnya terpisah dan berbeda beda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *