Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis dan Astronomis

Diposting pada

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis dan Astronomis – Setiap negara di dunia mempunyai batas wilayah masing masing. Batas wilayah tersebut digunakan sebagai tanda daerah kekuasaan sebuah negara sehingga tidak dapat di akui oleh negara lain. Wilayah ini dapat dibatasi dalam bentuk tugu, sungai, pagar, laut dan sebagainya. Di negara Indonesia juga memiliki batas wilayahnya sendiri. Batas wilayah Indonesia dapat kita tinjau berdasarkan letak geografis maupun letak astronomisnya.

Indonesia dikenal dengan negara maritim yang sepertiga bagian dari wilayahnya terdiri dari lautan. Batas maritim (laut) Indonesia memiliki garis pantai yang panjangnya sekitar 81.900 km. Selain itu wilayah Indonesia juga dibatasi dengan batas darat atau kontinen. Untuk batas maritim dapat menghubungkan sekitar 10 negara. Sedangkan untuk batas kontinen hanya menghubungkan 3 negara saja. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang batas wilayah Indonesia secara geografis dan batas wilayah Indonesia secara astronomis. Berikut ulasan selengkapnya

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis dan Astronomis

Batas wilayah Indonesia dapat kita tinjau secara geografis maupun astronomis. Untuk batas wilayah yang ditinjau dari letak geografisnya, negara Indonesia diapit oleh 2 samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik) dan 2 benua (benua Asia dan benua Australia). Jika batas wilayah Indonesia tersebut dibuat garis maka akan menghasilkan bentuk garis silang. Garis silang ini akan membuat Indonesia sebagai persimpangan lalu lintas di dunia, baik melalui udara, laut, maupun darat.

Untuk batas wilayah negara Indonesia sendiri dapat kita tinjau melalui letak geografis dan letak astronomisnya. Di bawah ini telah saya sajikan penjelasan mengenai batas wilayah Indonesia secara geografis dan batas wilayah Indonesia secara astronomis.

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis

Batas wilayah Indonesia secara geografis dapat dibagi menjadi empat bagian yaitu batas wilayah bagian utara, batas wilayah bagian selatan, batas wilayah bagian timur dan batas wilayah bagian barat. Batas wilayah tersebut mencakup batas laut maupun batas darat. Berikut penjelasan batas wilayah Indonesia berdasarkan arah mata angin:

Batas Wilayah Indonesia Bagian Utara

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis
batas wilayah indonesia secara geografis

Batas wilayah Indonesia secara geografis yang pertama yaitu batas wilayah bagian utara. Untuk bagian utara Indonesia merupakan pulau Kalimantan. Dengan kata lain pulau Kalimantan berbatasan dengan Malaysia bagian timur. Perbatasan dengan Malaysia tersebut merupakan batas wilayah darat Indonesia. Namun untuk batas wilayah laut Indonesia mencakup lima negara sekaligus, yakni Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Timur

Batas wilayah Indonesia secara geografis selanjutnya yaitu batas wilayah bagian timur. Negara Indonesia bagian timur terdapat pulau Papua. Pulau Papua ini berbatasan langsung dengan Papua Nugini (batas darat) dan Samudra Pasifik (batas laut). Agar lebih mudah mengetahui batas wilayah Indonesia dengan Papua Nugini, kemudian kedua negara ini sepakat melakukan hubungan bilateral yang berisi batas wilayah laut dan batas wilayah darat.

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis
Batas Negara Indonesia Bagian Timur

Berdasarkan kesepakatan yang ada, batas wilayah Indonesia bagian timur meliputi Provinsi Papua yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini barat (Propinsi Barat/Fly dan Provinsi Sepik Barat/Sandaun).

Batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis
Batas Negara Indonesia Bagian Selatan

Batas wilayah Indonesia secara geografis selanjutnya yaitu batas wilayah bagian selatan. Batas wilayah darat bagian selatan Indonesia langsung berbatasan dengan Timor Leste. Sedangkan untuk batas lautnya berbatasan dengan Samudera Hindia dan Perairan Australia. Sebelum tahun 1999, Timor Leste pernah menjadi wilayah Indonesia yang dikenal dengan nama Provinsi Timor Timur.  Namun sejak tahun 1999, Timor Timur kemudian memisahkan diri dengan negara Indonesia dikarenakan ingin membentuk negaranya sendiri.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Barat

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis
Batas Negara Indonesia bagian Barat

Batas wilayah Indonesia secara geografis yang terakhir yaitu batas wilayah bagian barat. Untuk perbatasan wilayah bagian barat tidak melalui jalur darat, melainkan melalui jalur laut saja. Hal tersebut karena batas wilayah darat Indonesia jaraknya sangat jauh dengan batas wilayah darat negara India. Batas wilayah laut bagian barat tersebut meliputi Perairan India dan Samudera Hindia.

Baca juga: Contoh Ancaman Militer dan Non Militer di Indonesia

Berdasarkan batas wilayah Indonesia secara geografis di atas dapat kita simpulkan bahwa negara Indonesia (negara maritim) memiliki batas laut yang lebih banyak daripada batas daratnya. Hal tersebut terbukti dengan jumlah negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia. Untuk batas wilayah daratnya hanya terhubung dengan 3 negara saja, tetapi untuk batas lautnya terhubung dengan 10 negara. Untuk lebih memudahkan anda mengingat batas wilayah secara geografis, di bawah ini terdapat beberapa rangkuman dari batas wilayah Indonesia:

  1. Bagian utara, negara Indonesia berbatasan dengan negara : Samudera Pasifik, Vietnam, Thailand, Singapura,  Filipina, dan Malaysia.
  2. Bagian barat, negara Indonesia berbatasan dengan : negara India dan Samudera Hindia.
  3. Bagian Selatan, negara Indonesia berbatasan dengan : negara Timor Leste dan Samudera Hindia.
  4. Bagian timur, negara Indonesia berbatasan dengan : negara Papua Nugini.

Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Selanjutnya terdapat batas wilayah Indonesia ditinjau dari letak astronomisnya. Secara astronomis negara Indonesia dibatasi oleh garis bujur dan garis lintang. Garis lintang ialah garis khayal yang mengelilingi bumi secara horizontal. Garis bujur ialah garis khayal yang mengelilingi bumi secara vertical serta menghubungkan dua kutub yaitu kutub selatan dan kutub utara. Berdasarkan letak astronomisnya, Indonesia terletak diantara 6º LU (lintang utara) sampai 11º LS (lintang selatan), serta 95º BT (bujur timur) sampai 141º BT. Dikarenakan letak Indonesia yang mencakup lintang selatan dan lintang utara, maka negara ini juga dilalui oleh garis ekuator (garis khatulistiwa).

Batas wilayah Indonesia secara astronomis juga mempengaruhi zona iklimnya. Negara Indonesia memiliki iklim tropis karena dekat dengan garis ekuator/khatulistiwa. Kemudian adapula zona waktu yang terdapat di Indonesia yang dipengaruhi oleh letak garis bujurnya hingga 15º, yakni WIT (Waktu Indonesia Timur), WIB (Waktu Indonesia Barat), dan WITA (Waktu Indonesia Tengah).

Nah inilah penjelasan mengenai batas wilayah negara Indonesia yang ditinjau dari letak geografis dan letak astronomisnya. Batas wilayah sebuah negara digunakan untuk menandai wilayah negaranya masing masing. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *