Sebuah Pendulum yang Mengalami Getaran

Cara Menghitung Frekuensi dan Periode Getaran Benda Beserta Contoh Soal

Diposting pada

Cara Menghitung Frekuensi dan Periode Getaran Benda Beserta Contoh Soal – Pengertian getaran ialah suatu gerakan kesetimbangan bolak balik yang terdapat disekitar kita. Sebuah benda yang mengalami getaran maka didalamnya terdapat frekuensi dan periodenya. Lantas bagaimana cara menghitung frekuensi getaran bendanya? Bagaimana cara menghitung periode getaran bendanya? Untuk menyelesaikan contoh soal frekuensi getaran tentunya diperlukan rumus frekuensi getarannya. Sedangkan untuk menyelesaikan contoh soal periode getarannya maka diperlukan rumus periode getarannya. Kedua rumus tersebut dapat dijadikan menjadi satu rumus hubungan antara frekuensi dan periode getaran bendanya.

Cara Menghitung Frekuensi dan Periode Getaran Benda Beserta Contoh Soal
Sebuah Pendulum yang Mengalami Getaran

Periode getaran memiliki arti yaitu waktu yang dibutuhkan dalam menjalankan satu kali getaran. Periode tersebut dilambangkan dengan huruf T dengan satuan sekon. Sedangkan frekuensi getaran memiliki arti yaitu jumlah getaran yang terdapat dalam setiap satu sekon. Frekuensi getaran dilambangkan dengan huruf f dengan satuan Hz (Hertz). Satu hertz bernilai sama dengan satu getaran per sekonnya. Penamaan satuan frekuensi tersebut merupakan bentuk penghormatan bagi fisikawan Jerman dalam bidang gelombang yang bernama Hendrich Rudolf Hertz. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menghitung frekuensi getaran benda dan cara menghitung periode getaran benda beserta contoh soalnya. Saya juga tidak lupa menjelaskan pula rumus frekuensi getaran dan rumus periode getarannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Menghitung Frekuensi dan Periode Getaran Benda Beserta Contoh Soal

Dalam pembahasan kali ini saya akan membaginya menjadi dua sub menu yakni frekuensi dan periode. Untuk kategori frekuensi terdapat cara menghitung frekuensi getaran benda, rumus frekuensi getaran dan contoh soal frekuensi getaran. Sedangkan untuk kategori periode getaran terdapat cara menghitung periode getaran benda, rumus periode getaran dan contoh soal periode getarannya. Selain itu saya juga akan membagikan rumus hubungan frekuensi dan periode getaran benda. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal Beserta Contoh Soal

Frekuensi Getaran

Hal pertama yang akan saya jelaskan ialah cara menghitung frekuensi getaran benda. Pengertian frekuensi getaran ialah jumlah getaran yang terdapat dalam setiap satu sekon. Frekuensi disimbolkan dengan huruf f dan memiliki Satuan Internasional berupa Hertz (Hz). Di bawah ini terdapat rumus frekuensi getaran yaitu sebagai berikut:

f = n/t

Keterangan :

f = Frekuensi getaran (Hertz)

n = Jumlah getaran

t = Waktu (sekon)

Agar anda lebih memahami bagaimana cara menghitung frekuensi getaran benda, maka saya akan membagikan contoh soal frekuensi getarannya. Adapun contoh soal terkait rumus frekuensi getaran di atas yaitu sebagai berikut:

Sebuah bandul digerakkan dengan jumlah getaran 80 kali selama 20 detik. Tentukan frekuensi getaran yang terdapat dalam bandul tersebut?

Pembahasan

Diketahui : n = 80 kali; t = 20 detik

Ditanyakan : f = ?

Jawab :

f = n/t

f = 80/20 = 4 Hertz

Jadi frekuensi getaran pada bandul adalah 4 Hertz.

Periode Getaran

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara menghitung periode getaran benda. Pengertian periode getaran ialah waktu yang dibutuhkan dalam menjalankan satu kali getaran. Periode disimbolkan dengan huruf T dan memiliki Satuan Internasional berupa sekon atau detik. Di bawah ini terdapat rumus periode getaran yaitu sebagai berikut:

T = t/n

Keterangan :

T = Periode getaran (sekon atau detik)

t = Waktu (sekon)

n = Jumlah getaran

Agar anda lebih memahami bagaimana cara menghitung periode getaran benda, maka saya akan membagikan contoh soal periode getarannya. Adapun contoh soal terkait rumus periode getaran di atas yaitu sebagai berikut:

Sebuah bandul melakukan gerakan bolak balik yang lintasannya 1 – 2 – 3 – 2 – 1. Apabila waktunya 3 detik untuk melakukan satu getaran. Berapakah periode getaran pada bandul?

Pembahasan

Diketahui : t = 3 detik; n = 1

Ditanyakan : T = ?

Jawab :

T = t/n

T = 3/1 = 3 sekon

Jadi periode getaran pada bandul adalah 3 sekon.

Baca juga : Rumus Cepat Rambat Gelombang Beserta Penjelasan

Hubungan Frekuensi dan Periode Getaran

Setelah menjelaskan tentang cara menghitung frekuensi getaran benda dan cara menghitung periode getaran benda di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang hubungan antara frekuensi dan periode getaran. Kedua unsur getaran ini memiliki rumus tertentu seperti di bawah ini:

f = 1/T

T = 1/f

Keterangan :

f = Frekuensi getaran (Hertz)

T = Periode getaran (sekon)

Contoh Soal Frekuensi dan Periode Getaran

Perhatikan gambar di bawah ini!

Cara Menghitung Frekuensi dan Periode Getaran Benda Beserta Contoh Soal
Gambar Contoh Soal Frekuensi dan Periode Getaran

Jika bandul bergerak dari P – Q – R dengan waktu 4 detik. Maka hitunglah frekuensi dan periode getarannya?

Pembahasan

Sebuah bandul ditarik dari titik P lalu dilepaskan. Kemudian bandul akan bergerak dati titik P menuju titik Q dan R, lalu bergerak ke titik Q dan P lagi. Untuk itu pola gerakan bandul akan berbentuk P – Q – R – Q – P dengan sebutan satu getaran yang utuh. Sebuah bandul akan membentuk setengah getaran jika polanya P – Q – R atau R – Q – P.

Jika bandul bergerak dengan pola P – Q – R (½ getaran) dengan waktu 4 detik. Maka dapat menggunakan rumus frekuensi getaran f = n/t untuk cara menghitung frekuensi getaran bendanya. Hasil perhitungannya akan seperti di bawah ini:

f = n/t

f = ½ getaran / 4 sekon = 0,125 Hertz

Selanjutnya kita menggunakan rumus periode getaran T = t/n untuk cara menghitung periode getaran bendanya. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini:

T = t/n

T = 4 sekon / ½ getaran = 8 sekon

Jadi besar frekuensi getaran dan periode getarannya adalah 0,125 Hertz dan 8 sekon.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung frekuensi getaran dan cara menghitung periode getaran beserta contoh soal. Pengertian frekuensi getaran ialah jumlah getaran yang terdapat dalam setiap satu sekon. Sedangkan pengertian periode getaran ialah waktu yang dibutuhkan dalam menjalankan satu kali getaran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung dimaterisiana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *