Cara Menulis Resensi Novel Dengan Baik dan Benar

Cara Menulis Resensi Novel Dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Cara Menulis Resensi Novel Dengan Baik dan Benar – Resensi novel hampir sama dengan resensi buku non fiksi. Namun untuk bagian isinya memilik perbedaan. Resensi novel dibuat untuk menarik perhatian dan minat pembaca agar membeli novel tersebut. Cara menulis resensi novel yang baik dan benar ialah memperhatikan isi novelnya. Biasanya dalam resensi ini disertakan identitas buku, kelebihan buku, sinopsis buku, latarbelakang buku dan kelemahan buku. Lalu apa itu resensi novel? Berdasarkan bahasa Latin, resensi berarti recensie/revidere yakni menilai, menimbang, atau melihat kembali.

Cara Menulis Resensi Novel Dengan Baik dan Benar

Pengertian resensi menurut KBBI ialah ulasan atau pandangan tentang buku yang telah diterbitkan. Maka dari itu pengertian resensi secara umum ialah ulasan dari sebuah majalah, buku, film, novel, maupun drama yang telah disebarkan oleh media sosial dan bersifat singkat. Seseorang yang melakukan resensi terhadap buku maknanya ia menilai, mengkritik, mengulang kembali isi buku, ataupun membahas buku tersebut. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menulis resensi novel dengan baik dan benar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Menulis Resensi Novel Dengan Baik dan Benar

Sebelum membuat resensi, terlebih dahulu harus memahami cara menulis resensi novel dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan resensi berupa informasi mengenai kualitas dari objek yang telah diulas, baik kelebihan maupun kekurangan objeknya. Dalam menulis resensi novel harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini yaitu.

Baca juga: 12 Contoh Cerita Fabel Singkat Terbaru Beserta Strukturnya

Identitas Novel

Cara menulis resensi novel diawali dengan mengulas identitas novelnya. Identitas novel tersebut meliputi judul novel, nama penerbit, tahun terbit, tempat dan nama pengarang.

Jenis Novel

Cara menulis resensi novel selanjutnya mengulas tentang jenis novel yang telah diterbitkan. Novel tersebut termasuk kedalam buku fiksi ataupun non fiksi. Hal ini harus diperhatikan sebelum menulis resensi.

Keunggulan Novel

Cara menulis resensi novel selanjutnya mengulas tentang keunggulan novel. Keunggulan novel tersebut berkaitan dengan unsur unsur menarik yang terdapat didalam buku. Hal hal yang harus diulas yaitu:

  1. Organisasi buku yang terdiri dari hubungan antara bab dan kerangka buku.
  2. Isi buku yang terdiri dari berbagai hal yang terdapat didalam buku tersebut. Misalnya resensi buku sastra maka didalamnya terdapat unsur ekstrinsik dan intrinsiknya.
  3. Bahasa yang digunakan dalam buku novel tersebut.

Kelemahan Novel

Cara menulis resensi novel selanjutnya mengulas tentang kelemahan novel. Kelemahan novel tersebut terdiri dari kelemahan konsep, jalan cerita, pembahasan buku dan cacat fisik buku.

Penilaian Novel

Cara menulis resensi novel yang terakhir yaitu memberikan penilaian novel. Penilaian tersebut berasal dari perbandingan dengan presensi novel lain yang sejenis.

Baca juga: 6 Contoh Spoof Text Singkat Beserta Arti dan Strukturnya

Hal hal diatas merupakan pokok pokok dalam membuat resensi novel. Selanjutnya saya akan menyajikan langkah/cara menulis resensi novel dengan baik dan benar yaitu:

  1. Membaca buku keseluruhan dan memahami isi buku yang akan diresensi.
  2. Menyampaikan hal hal fisik buku, misalnya pengarang, penerbit, judul, tahun terbit, jumlah halaman dan harga buku.
  3. Menjelaskan seluruh isi buku, tujuan dan maksud dari penulisan buku di setiap babnya.
  4. Mengkritik bagian fisik buku yang terdiri dari desain grafis (ukuran huruf, pemilihan huruf dan point font), redaksi, sampul buku, dan lay out buku.
  5. Memberikan pendapat mengenai kelemahan dan keunggulan isi buku. Jika buku yang diresensi bersifat fiksi maka terdiri dari unsur intrinsik (tokoh, alur, tema, penokohan, amanat, bahasa dan latar) dan unsur ekstrinsiknya (pendidikan pengarang, pandangan hidup, nilai budaya dan sosial pengarang).
  6. Mengulas manfaat membaca novel serta mengajak pembaca agar membeli buku tersebut.

Inilah beberapa cara menulis resensi novel yang dapat saya bagikan. Membuat resensi buku harus memperhatikan hal hal di atas agar hasilnya baik dan benar. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *