Contoh Ancaman Militer dan Non Militer di Indonesia

Contoh Ancaman Militer dan Non Militer di Indonesia

Diposting pada

Contoh Ancaman Militer dan Non Militer di Indonesia – Sebuah negara memiliki tingkat ancaman yang berbeda beda, baik ancaman militer maupun non militer. Ancaman negara merupakan sebuah usaha maupun kegiatan yang berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri yang membahayakan keutuhan wilayah, keselamatan rakyat, kedaulatan bangsa dan negara. Bentuk ancaman ini juga dapat dilihat dalam contoh ancaman militer di Indonesia maupun contoh ancaman non militer di Indonesia.

Kedua jenis ancaman tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Namun keduanya memiliki satu persamaan yaitu berbahaya bagi kedaulatan negara, keselamatan rakyat, maupun keutuhan dari negara itu sendiri. Contoh ancaman militer di Indonesia yang sering terjadi ialah adanya teroris yang membahayakan keselamatan rakyat disekitarnya. Kemudian adapula contoh ancaman non militer di Indonesia ketika Timor Leste hilang dari wilayah Indonesia karena perbedaan pandangan dan ideologi. Kejadian tersebut sangat merugikan Indonesia meski dalam lingkup non militer.

Untuk mengidentifikasi jenis ancaman yang terjadi cukup mudah dilakukan. Untuk ancaman dalam bentuk militer biasanya berkaitan dengan kekuatan militer yang disertai dengan senjata. Namun untuk ancaman non militer tidak berhubungan dengan kekuatan militer. Ancaman non militer ini dapat kita jumpai dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, ideologi maupun politik dalam negerti ataupun luar negeri. Nah kali ini saya akan membagikan beberapa contoh ancaman militer di Indonesia beserta contoh ancaman non militer di Indonesia. Berikut ulasan selengkapnya.

Contoh Ancaman Militer dan Non Militer di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan status masih berkembang. Dengan kata lain negara kita rentan terhadap ancaman maupun serangan di bidang militer dan non militer oleh negara lain. Maka dari itu menjaga keamanan dan stabilitas negara menjadi prioritas utama kita saat ini. deskripsi dari menjaga dan menstabilkan negara sendiri dapat diartikan menjadi beberapa jenis. Mengapa demikian? Karena ancaman terjadi tidak hanya di bidang militer saja melainkan terjadi juga pada sektor ekonomi, sosial budaya, hingga ideologi sekalipun.

Contoh ancaman militer di Indonesia maupun contoh ancaman non militer di Indonesia memiliki dampak yang sama. Hal ini dikarenakan keduanya mengancam keutuhan negara kita dengan memecah belah persatuan Indonesia. Bahkan keduanya saling berhubungan satu sama lain dalam membahayakan keselamatan rakyat Indonesia. Sebagai warga negara yang baik, harusnya kita mengetahui ancaman apa saja yang akan timbul. Dengan begitu akan muncul cara pencegahannya. Selain itu setiap warga Indonesia harus memiliki sikap bela negara dalam mempertahankan keutuhan negara serta keselamatan bangsa Indonesia.

Contoh Ancaman Militer dan Non Militer di Indonesia

Berbagai ancaman militer dan ancaman non militer tersebut perlu diatasi sejak dini. Namun bagaimana cara kita sebagai warna negara ikut andil mencegah terjadinya ancaman tersebut? mudah saja. Dalam artikel kali ini saya akan membagikan berbagai contoh ancaman militer dan non militer di berbagai bidang. Setelah menganalisa berbagai kemungkinan masalah yang timbul barulah kita bisa mencari solusi bersama.

Ancaman Militer di Indonesia

Hal pertama yang akan saya bagikan ialah contoh ancaman militer di Indonesia.  Ancaman militer merupakan jenis ancaman yang berkaitan dengan kekuatan militer beserta senjata senjatanya. Ancaman ini akan membahayakan keselamatan, keutuhan dan kedaulatan negara jika tidak diatasi. Ancaman militer tersebut dapat berupa pemberotakan negara, pelanggaran wilayah teritorial, aksi teror bersenjata, sabotase, agresi dan sebagainya.

Contoh ancaman militer di Indonesia yang paling nyata ketika peritiwa agresi militer belanda pasca Indonesia merdeka, baik agresi pertama maupun kedua. Perlawanan terhadap Belanda ini melibatkan kekuatan militer Indonesia karena NKRI ingin direbut kembali oleh Belanda meskipun sudah merdeka. Selain itu adapula bentuk ancaman lain seperti invasi yang hampir sama dengan agresi yaitu bentuk tindakan negara lain dalam mnguasai dan menjajah sebuah negara melalui serangan militer. Ancaman militer juga berbentuk sabotase karena memiliki tujuan untuk melemahkan kemananan negara dan merusak kedaulatan sebuah negara.

Pelanggaran wilayah teritorial

Pelanggaran zona wilayah maupun teritorial merupakan sebuah kesalahan fatal yang bisa mengakibatkan perang antar negara. Setiap negara memiliki batas wilayah tersendiri yang tidak boleh diterobos oleh negara lain. Wilayah tersebut biasanya masuk dalam zona ekonomi eksklusif maupun perbatasan baik di air dan didarat. Misalnya saja indonesia dengan laut natunanya yang kaya akan sumberdaya hewani (ikan). Wilayah ini sering kali diterobos oleh negara lain karena tergiur dengan banyaknya ikan yang bisa ditangkap.

Sebagai perlawanan indonesia pun sering kali meluncurkan kapal patroli maupun kapal perang untuk mengamankan zona ekonomi eksklusif natuna tersebut. Nah, negara yang secara sengaja menerobos wilayah tersebut bisa menjadi ancaman di bidang militer untuk indonesia jika peringatan tidak diindahkan.

Sabotase

Sabotase adalah tindakan mematikan dengan sengaja sebuah sistem maupun protokol negara. Hanya saja tindakan sabotase biasanya tidak diketahui dan menimbulkan berbagai kerugian. Bayangkan saja jika yang disabotase adalah sistem keamanan negara maupun alutsista militer. Sudah pasti akan terjadi kekacauan yang berpotensi menjadi ancaman militer untuk indonesia.

Invasi

Invasi merupakan tindakan militer yang dibuat dengan tujuan utama menguasai negara lawan. Kegiatan militer ini banyak sekali terjadi ketika perang dunia I dan II dimana banyak negara jatuh dalam peperangan. Indonesia pun pernah menjadi target invasi oleh negara-negara Eropa seperti portugis, jerman, inggris dan belanda. Jelas sekali invasi adalah sebuah pelanggaran dan bisa menjadi ancaman di bidang militer untuk Indonesia.

Agresi Militer

Agresi militer hampir mirip dengan invasi yakni sebuah operasi militer yang dilakukan untuk melumpuhkan pertahanan lawan. Agresi militer pernah terjadi dua kali pasca kemerdekaan Indonesia. Lebih tepatnya dahulu belanda melancarkan agresi militer 1 dan 2 untuk merebut kembali wilayah kekuasaannya. Namun rencana tersebut berhasil digagalkan oleh perlawanan masyarakat dibantu dengan mediasi PPB.

Terdapat banyak sekali pelanggaran lain yang bisa menjadi ancaman untuk indonesia di bidang militer. Sebagai contoh perang saudara yang terjadi antar suku bangsa maupun daerah di suatu negara. Aksi teror bersenjata yang dilakukan sekelompok orang hingga aksi spionase atau memata-matai sumber daya negara.

Ancaman Non Militer di Indonesia

Selain ancaman militer di atas, adapula contoh ancaman non militer di Indonesia. Ancaman non militer adalah bentuk ancaman yang tidak melibatkan senjata dan bentuknya non fisik karena merujuk pada kebijakan dan kekayaan negara tersebut. Biasanya ancaman non militer ini mengarah pada bidang sosial, budaya, politik, ideologi dan bidang ekonomi.

Contoh ancaman non militer di Indonesia ini jangan dipandang rendah meskipun tidak melibatkan kekuatan militer beserta persenjataannya. Hal ini dikarenakan ancaman non militer memiliki dampak yang sama besar dengan ancaman militer. Contohnya ketidakjujuran dalam bidang politik yang nantinya akan memecah belah pesatuan sebuah negara. Selain itu adapula contoh lain seperti perbedaan ideologi yang menimbulkan gerakan separatis, adanya nepotisme, kolusi, dan korupsi.

Dengan adanya contoh ancaman non militer ini, pihak pemerintahan Indonesia membetuk organisasi atau badan khusus dalam mengatasi ancaman yang muncul seperti KPK yang tugasnya memberantas segala tindakan korupsi di Indonesia. Adapula DPR (Dewan Permusyawaratan Rakyat) yang digunakan sebagai wadah aspirasi rakyat. Selain itu Indonesia juga memiliki beberapa menteri yang tugasnya mengatasi maslaah masalah negara.

Ancaman Ideologi

Ideologi merupakan sebuah sistem serta kepercayaan yang dipakai dalam sebuah negara. Bisa dibilang tanpa adanya ideologi yang jelas maka negara tersebut tidak akan bisa berjalan dan menjadi rentan terhadap serangan dari luar. Mengapa ancaman ideologi bisa berbahaya untuk kita? karena ancaman ideologi tidak berbentuk dan menyerang warga negara. Banyak sekali warga negara indonesia yang saat ini tidak peka dengan kondisi bangsa. Mereka mengabaikan prinsip hidup bermasyarakat serta ideologi pancasila yang selama ini kita anut.

Jika keadaan ini diteruskan maka lama-kelamaan indonesia akan jatuh pada ancaman ideologi yang sebenarnya. Untuk mencegah terjadinya bahaya tersebut ditingkatkanlah pendidikan karakter serta kewarganegaraan. Namun apakah itu sudah cukup? tentu saja belum. Masih banyak lagi tindakan yang bisa kita lakukan untuk mencegah ancaman non militer tersebut.

Ancaman di Bidang Politik

Salah satu ancaman non militer yang berbahaya untuk sebuah negara ada pada bidang politik. melalui kegiatan politik seluruh aspirasi serta gagasan bangsa dapat terserap dan direalisasikan. Bayangkan saja jika terjadi kegiatan politik tidak sehat seperti saling fitnah dan menjatuhkan antar partai. Rakyat tidak akan mudah percaya dan akan menghindari kegiatan politik apapun bentuknya. Di lain sisi negara lain sudah pasti akan memanfaatkan situasi tersebut dan ikut campur dalam politik negara Indonesia. Dengan ikut andilnya politik luar negeri tersebut negara indonesia bisa jatuh dalam cengkeraman hutang, kebijakan dan lain sebagainya.

Ancaman di Bidang Sosial

Ancaman non militer di bidang sosial tidak kalah berbaya dengan ancaman lainnya. Sebagai makhluk hidup kita sudah ditakdirkan saling berinteraksi satu sama lainnya. Ditambah lagi indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak sekali suku bangsa. Namun bayangkan saja jika dalam lingkup bernegara kita memiliki rasa saling tidak percaya dengan suku lainnya. Hal ini tentunya akan menimbulkan kekacauan serta menghambat pertumbuhan bangsa indonesia sebagai negara berkembang.

Contoh Ancaman Non Militer di Berbagai Bidang

Masih banyak sekali contoh ancaman yang bisa membahayakan kita dalam berbagai bidang. Dalam sesi terakhir ini saya akan memberikan sedikit gambaran seperti apa contoh ancaman dalam negeri yang mungkin menyerang indonesia:

  1. Kegiatan imigrasi yang ilegal
  2. Adanya KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme)
  3. Penangkapan ikan secara ilegal.
  4. Kemiskian dimana mana dan kurangnya pemerataan pendidikan.
  5. Adanya sikap saling curiga antar bangsa.

Contoh ancaman militer di Indonesia beserta contoh ancaman non militer di Indonesia tersebut dapat diatasi dengan membentuk dewan atau badan khusus yang memiliki tugas masing masing. Apalagi Indonesia termasuk negara yang berkembang, jadi tidaklah sulit untuk membentuk badan tertentu. Namun semua itu harus diimbangi dengan kesadaran masyarakat dalam mempertahankan kesatuan dan perstuan negara Indonesia. Maka dari itu, setiap rakyat harus memiliki sikap bela negara.

Incoming search terms:

  • Berikan empat contoh ancaman militer yang sering terjadi pada negara-negara di dunia !
  • question textbentuk ancaman non-militer yang sering digunakan oleh pihak-pihak lain untuk menekan negara lain seperti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *