Contoh Bahan Pewarna Alami dan Buatan Lengkap

Contoh Bahan Pewarna Alami dan Buatan Lengkap

Diposting pada

Contoh Bahan Pewarna Alami dan Buatan Lengkap – Bahan pewarna sering digunakan sebagai pewarna makanan, baik bersifat alami ataupun buatan. Bahan pewarna makanan merupakan sebuah benda yang memberikan warna kepada benda lainnya dengan kandungan afinitas kimia. Pada dasarnya bahan pewarna yang digunakan memiliki tekstur yang cair dan dapat larut dengan air. Bahan pewarna telah digunakan sejak 5000 tahun yang lalu berdasarkan bukti arkeolog dari India dan Timur Tengah. Contoh bahan pewarna tersebut ada yang bersifat alami maupun buatan? Lalu apa saja contoh bahan pewarna alami? Apa saja contoh bahan pewarna buatan.

Contoh Bahan Pewarna Alami dan Buatan Lengkap
contoh pewarna buatan dan contoh pewarna alami yang mudah ditemukan

Untuk jenis bahan pewarna yang bersifat alami biasanya berasal dari minral, pewarna organik, tumbuhan maupun hewan. Pewarna alami ini pertama kali ditemukan oleh Mauveine. Sedangkan untuk bahan pewarna buatan pertama kali ditemukan pada tahun 1856 oleh William Henry Perkin. Saat itulah mulai beredar bahan pewarna buatan atau sintetik. Bahan pewarna tersebut mulai menggantikan peran pewarna alami dalam memberikan warna pada makanan. Hal ini dikarenakan bahan pewarna sintetik memiliki jenis warna yang bervariasi, harganya murah serta hasil warna yang diberikan lebih baik dibandingkan bahan alami. Nah kali ini saya akan membagikan beberapa contoh bahan pewarna alami dan contoh bahan pewarna buatan. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Bahan Pewarna Alami dan Buatan Lengkap

Pada dasarnya bahan pewarna tersebut tidak hanya digunakan untuk mewarnai makanan saja. Melainkan dapat digunakan sebagai pewarna benda plastik, kulit maupun kain. Namun untuk jenis pewarna makanan lebih tergolong zat aditif makanan serta memiliki standar tinggi dalam produksinya. Maka dari itu pewarna makanan berbeda dengan pewarna pada industri. Penggunaan pewarna makanan juga dikontrol penuh oleh hukum dan dapat berupa vat, direct maupun mordant. Dibawah ini terdapat beberapa contoh bahan pewarna alami dan contoh bahan pewarna buatan pada makanan.

Bahan Pewarna Alami pada Makanan

Hal pertama yang akan saya bahas ialah contoh bahan pewarna alami pada makanan. Bahan pewarna tersebut berasal dari alam, baik dari tumbuhan, hewan, maupun buah buahan. Bahan pewarna alami memiliki beberapa kelebihan seperti menyehatkan tubuh seseorang yang mengkonsumsinya dan aman dikonsumsi. Contoh bahan pewarna makanan yang berasal dari tumbuhan seperti kunyit. Kunyit tersebut akan membuat tubuh terasa lebih segar apabila dikonsumsi serta memberikan dampak baik bagi tubuh.

Baca juga: Contoh Cerpen Singkat Beserta Pengertian, Ciri dan Strukturnya

Kemudian adapula contoh bahan pewarna makanan yang berasal dari buah buahan seperti buah naga. Buah tersebut memberikan warna merah hati dan pastinya akan membuat tubuh menjadi lebih baik karena mengandung banyak vitamin. Di bawah ini terdapat beberapa contoh bahan pewarna alami lainnya yaitu:

  1. Warna Biru berasal dari Buah Murbei dan Buah Anggur.
  2. Warna Kuning berasal dari Mangga dan Kunyit.
  3. Warna Orange berasal dari Wortel.
  4. Warna Merah berasal dari Buah Naga.
  5. Warna  Hitam berasal dari Arang.
  6. Warna Hijau berasal dari Daun Pandan.
  7. Warna Cokelat berasal dari Gula kelapa dan Kakau.

Bahan Pewarna Buatan pada Makanan

Selanjutnya saya akan membahas mengenai contoh bahan pewarna buatan. Bahan pewarna buatan ialah bahan pewarna yang berasal dari bahan kimia. Bahan pewarna tersebut memiliki beberapa keunggulan seperti warnanya lebih pekat, warnanya awet, warnanya lebih bervariasi, harganya murah dan lebih praktis. Namun bahan pewarna buatan juga memiliki beberapa kekurangan seperti mengganggu kesehatan manusia jika pembuatannya tidak diperhatikan serta terkadang masih diragukan dalam hal keamanannya.

Bahan pewarna buatan ini dapat bersifat aman dikonsumsi maupun tidak aman dikonsumsi. Contoh bahan pewarna buatan yang tergolong aman seperti Tartrazin untuk pewarna kuning pada minuman ataupun makanan. Sedangkan untuk pewarna buatan yang tidak aman misalnya Rhodamin B untuk pewarna merah. Pewarna tersebut mengandung zat karsinogen sebagai pemicu kanker.

Dibawah ini terdapat beberapa contoh pewarna buatan lain yaitu:

  1. Untuk warna Merah dapat menggunakan Amaranth, Carmoisine, dan Ponceau 4R.
  2. Untuk warna Kuning dapat menggunakan Methanil Yellow dan Tartrazine.
  3. Untuk warna Hijau dapat menggunakan Malachite Green.
  4. Untuk warna Biru dapat menggunakan Indigo Carmine

Demikianlah contoh bahan pewarna alami dan contoh bahan pewarna buatan pada makanan yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dalam memilih pewarna yang aman. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *