4 Contoh Cerita Fabel Singkat Beserta Struktur

12 Contoh Cerita Fabel Singkat Terbaru Beserta Strukturnya

Diposting pada

12 Contoh Cerita Fabel Singkat Terbaru Beserta Strukturnya – Cerita fabel merupakan jenis teks Bahasa Indonesia yang termasuk kedalam golongan teks cerita fiksi atau khayalan. Cerita tersebut memiliki sifat yang menghibur, maka dari itu tidak heran jika peminatnya cukup banyak. Para pembaca disuguhkan alur dan unsur cerita yang menghibur serta mengandung pesan moral yang bermanfaat. Pada dasarnya cerita Bahasa Indonesia tidak hanya cerita fabel saja, melainkan masih banyak lagi seperti contoh cerita mitos, contoh cerita dongeng dan sebagainya. Namun contoh cerita fabel inilah yang cukup banyak penggemarnya. Cerita fabel singkat dapat anda jumpai dalam bentuk buku cerita anak maupun cerita dari media online. Namun pembuatannya harus berdasarkan struktur cerita fabel tersebut, maka dari itu dalam mengarang sebuah cerita fabel tidak boleh sesuka hati.

4 Contoh Cerita Fabel Singkat Beserta Struktur
Contoh cerita fabel singkat terbaru beserta strukturnya

Teks cerita fabel ialah jenis teks yang menggambarkan kehidupan dan perilaku hewan yang menyerupai manusia. Cerita ini termasuk ke dalam cerita fiksi karena didalamnya tidak ada kaitannya dengan dunia nyata. Dengan kata lain cerita fabel berisi imajinasi penulis yang mengandung pesan moral atau amanat bagi pembaca. Cerita fabel memiliki alur kehidupan yang hampir mirip dengan manusia meskipun tokohnya para binatang. Kali ini saya akan membagikan beberapa contoh cerita fabel singkat beserta struktur cerita fabel. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Cerita Fabel Singkat Terbaru Beserta Strukturnya

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa contoh cerita fabel mengandung kemiripan dengan manusia, baik  karakter maupun sifatnya. Karakter maupun sifat tersebut dapat berupa keburukan atau kebaikan. Untuk sifat tokoh binatang yang baik (terpuji) seperti pintar, sopan, senang bersahabat, jujur dan lain lain. Sedangkan untuk sifat tokoh binatang yang buruk (tercela) seperti ingin menang sendiri, sombong, culas, suka menipu, licik dan lain lain. Cerita fabel juga dapat digunakan sebagai media pemberian pesan moral kepada orang banyak. Pembuatan cerita fabel harus berdasarkan struktur cerita fabel yang ada agar lebih menarik dan alurnya urut.

Baca juga : Contoh Teks Editorial (Pengertian, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaan)

Struktur Cerita Fabel

Contoh cerita fabel dibuat mengunakan struktur ceritanya seperti koda, orientasi, komplikasi dan resolusi. Berikut beberapa struktur cerita fabel beserta penjelasannya:

  1. Orientasi merupakan struktur cerita fabel yang terletak dibagian awal cerita. Struktur ini berisi perkenalan tokoh, latar tempat, background, dan waktu.
  2. Komplikasi merupakan struktur cerita fabel yang berisi permasalahan tokoh yang mencapai puncaknya (klimaks).
  3. Resolusi merupakan struktur cerita fabel yang mengandung pemecahan masalah dari tokoh cerita.
  4. Koda merupakan struktur cerita fabel yang terletak di bagian akhir cerita. Di dalam struktur ini terdapat pesan moral atau amanat bagi pembaca.

Contoh Cerita Fabel Singkat

Untuk lebih memahami mengenai cerita ini, saya akan membagikan beberapa contoh ceritanya. Berikut beberapa contoh cerita fabel:

Contoh Cerita Fabel “Tiga Ikan”

Disuatu pagi berkumpulah tiga ikan yang hidup di laut. Ikan ikan tersebut melihat sebuah perahu nelayan yang melewati mereka. Nelayan pun berbicara, “Ikan disini banyak sekali? Besuk kita akan memancing disini saja.” Kemudian nelayan nelayan tersebut pulang ke rumahnya. Para nelayan memancing ikan saat sore hari dan kembali saat pagi hari.

Mendengar perkataan nelayan tadi, ikan paling tua pun merasa cemas dan gelisah. Kemudian ia berkata kepada kedua ikan lainnya, “Apakah kalian dengar perkataan nelayan tadi? Kita harus segera pergi ketempat lain! Kalau tidak, kita akan tertangkap oleh mereka”. Ikan keduapun berfikiran seperti itu, namun ternyata ikan termuda diantara mereka malah tidak sependapat.

Baca juga : 4 Contoh Teks Narasi Pengalaman Pribadi Bahasa Indonesia

Ikan termuda hanya tertawa dan berkata, “Kenapa kita harus takut? Bertahun tahun kita disini, tapi tidak ada yang nelayan yang datang kesini. Saya akan tetap disini dan saya yakin akan baik baik saja karena keberuntungan bersamaku!” Akhirnya kedua ikan tadi pergi meninggalkan tempat itu bersama keluarganya. Namun ikan termuda hanya diam dan bersikeras tetap tinggal disana.

4 Contoh Cerita Fabel Singkat Beserta Struktur
Contoh Cerita Fabel Singkat Tentang Tiga Ikan

Dari kejauhan terlihat para nelayan yang datang ketempat tersebut dan berhasil menangkap serta membunuh ikan termuda. Keberuntungan tidak dapat menyelamatkan ikan termuda tersebut. Ikan yang cemas tadi dapat menyelamatkan diri bersama keluarganya. Tetapi ikan yang hanya mengandalkan keberuntungan dan tidak melakukan apa apa akhirnya tertangkap. Hal ini dapat berlaku dalam kehidupan kita.

Pesan moral dari Cerita Fabel “Tiga Ikan” yaitu Sebuah usaha dan tindakan tidak akan pernah menipu hasil. Karena sesuatu hal tidak akan datang meski hanya diam dan percaya saja.

Contoh Cerita Fabel Singkat “Tikus Yang Rakus”

4 Contoh Cerita Fabel Singkat Beserta Struktur
Contoh Cerita Fabel Tentang Tikus Yang Rakus

Pada suatu hari terdapat seekor tikus yang rakus dan tamak. Karena kerakusannya, ia dapat memakan segala hal yang ada didepannya seperti tanah, kartu KTP, ataupun sepotong daging sapi. Di ceritakan seekor tikus itu berkeinginan untuk memakan tiang listrik. Keinginan tikus tersebut memang sudah cukup lama. Hal ini dikarenakan tikus sudah bosan dengan makanannya sehari hari. Al kisah, tikus itu mencoba menggerogoti dan memakan tiang listrik yang letaknya dipinggir jalan. Namun tiang itu tidak berhasil digerogotinya bahkan hanya membuat gigi tikus tersebut patah. Sang tikus hanya bisa kesakitan dan meratapi kemalangannya itu. Sejak kejadian itu sang tikus tidak bersikap rakus lagi.

Pesan moral dari Cerita Fabel “Tikus Yang Rakus” yaitu Hendaknya melakukan segala hal yang semestinya dan tidak berlebihan. Karena segala hal yang berlebihan tersebut akan merugikan kita.

Contoh Cerita Fabel Pendek “Beruang dan Lebah”

Di suatu pagi terdapat seekor beruang yang mencari makanan di sepanjang hutan. Beruang tersebut berniat mencari makanan untuk beberapa hari, baik buah buahan maupun jenis makanan lainnya. Di perjalanan ia melihat sebuah pohon tumbang. Namun ternyata pohon tersebut telah dihuni leh sekumpulan lebah. Beruang itupun mendekat dan melihat sarang lebah karena penasaran.

Ia kemudian mengendus endus sarang lebah tersebut. Beruang itu juga ingin melihat ke dalam sarang lebah dan berharap tidak ada satupun lebah disana. Ia juga berniat untuk mengambil seluruh madu milik lebah. Namun naas, ketika ia ingin melihat sarang itu, ternyata ribuan lebah telah kembali dari pencarian sari makanannya. Kawanan lebah tersebut kemudian menyerang beruang tadi.

4 Contoh Cerita Fabel Singkat Beserta Struktur
Contoh Cerita Fabel Beruang dan Lebah

Beruang berusaha melawan dan berusaha kembali pulang untuk berlindung. Tetapi kawanan lebah sangat marah dan meminta bantuan kawanan lebah lain dihutan untuk membantu menyerang beruang dengan ganasnya. Akhirnya beruang tersebut harus menerima nasibnya untuk digigit para kawanan lebah.

Pesan moral dari Cerita Fabel “Beruang dan Lebah” yaitu Dalam melakukan sesuatu hal hendaknya tidak tergesa gesa dan tetap memperhatikan perasaan orang lain.

Contoh Cerita Fabel “Singa yang Melarikan Diri”

Di suatu hari lahirlah seekor anak singa jantan. Ia merupakan singa yang periang dan bersemangat. Terlebih lagi dengan hal hal yang baru. Pagi itu singa kecil itu ingin membangunkan Ayahnya untuk melihat lihat seluruh wilayah kekuasaan Ayahnya. Ayah singa tersebut membawa singa kecil untuk melihat seluruh kawasan hutan. Ia berkata, “Nak seluruh wilayah yang terkena matahari adalah kerajaan kita”. Singa kecil itupun bertanya, “Lalu ayah tempat yang tidak terkena sinar itu bagaimana?” Ayahnya menjawab, ” Tempat bayangan itu bukan wilayah kita, dan kamu tidak boleh pergi kesana!”

Baca juga : 10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Sekolah, Alam dan Lingkungan)

Perkataan ayahnya itupun membuat singa kecil semakin penasaran. Sebenarnya apa yang ada dikawasan itu dan mengapa ia tidak diperbolehkan kesana. Singa itupun bertekad untuk pergi melihat kawasan terlarang tanpa memberitahu ayahnya. Sesampainya disana, singa kecil melihat sekumpulan tulang tulang hewan mati. Ternyata kawasan itu merupakan tempat tinggal para Heina yang notabennya merupakan musuh para singa. Melihat singa kecil yang datang, para Heina berniat untuk memakannya. Tetapi Ayah singa datang untuk menyelamatkanya.

Namun malangnya, ayah singa yang ingin menyelamatkannya malah terbunuh oleh para Heina. Karena takut disalahkan atas kematian ayahnya, singa itupun melarikan diri menuju tempat lain. Berhari hari ia berjalan dan berlari, sampai akhirnya ia menemukan tempat tinggal lain di hutan. Meski ia sudah jauh dari kawasannya, singa kecil itupun tetap merasa bersalah dan terus mengingat kejadian yang menimpa ayahnya. Bertahun tahun kemudian, singa kecil itupun berubah menjadi singa dewasa. Ia mirip sekali dengan ayahnya.

4 Contoh Cerita Fabel Singkat Beserta Struktur
Contoh Cerita Fabel Singa Yang Melarikan Diri

Sosok ayahnya tidak akan pernah hilang dari pikirannya. Pada akhirnya ia memiliki keberanian untuk kembali kekerajaannya dan mengakui semuanya. Semua keluarga singa itupun menerima kejadian tersebut dan tidak menyalahkan singa tadi. Semuanya mengkhawatirnya singa kecil itu karena bertahun tahun tidak kembali. Akhirnya ia meneruskan kewajiban ayahnya dan menjadi raja hutan.

Pesan moral dari Contoh Cerita Fabel “Singa yang Melarikan Diri” yaitu Janganlah melarikan diri apabila melakukan kesalahan. Hadapi dan bertanggung jawablah dengan tindakan yang telah ia lakukan.

Inilah beberapa contoh cerita fabel singkat beserta struktur cerita fabel yang dapat saya bagikan. Cerita Fabel merupakan jenis cerita fiksi yang yang berisi pesan moral dan amanat untuk pembaca. Namun jenis cerita ini memiliki tokoh para binatang yang menyerupai manusia. Bahkan sifat dan karakter tokoh fabel mirip seperti manusia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah membaca cerita fabel ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *