Contoh Cerpen Singkat Beserta Pengertian, Ciri dan Strukturnya

Contoh Cerpen Singkat Beserta Pengertian, Ciri dan Strukturnya

Diposting pada

Contoh Cerpen Singkat Beserta Pengertian, Ciri dan Strukturnya – Cerpen atau cerita pendek merupakan perwujudan dari teks prosa naratif dan fiktif. Cerpen dibuat dengan padat, singkat dan memiliki tujuan yang panjang daripada jenis karya fiksi lainnya. Misalnya novel maupun novella. Contoh cerpen singkat tersebut selalu berpedoman pada pengertian cerpen, ciri ciri cerpen maupun struktur cerpennya. Pada umumnya contoh cerpen ini memiliki tema yang beragam seperti pendidikan, persahabatan, politik, dan sebagainya.

Contoh Cerpen Singkat Beserta Pengertian, Ciri dan Strukturnya
cerpen singkat

Cerpen atau cerita pendek merupakan karya sastra yang menjelasakan tentang kisah manusia beserta latarbelakangnya dan kemudian disajikan dalam bentuk tulisan singkat dan pendek. Ada yang berpendapat bahwa cerpen merupakan karangan fiktif yang berhubungan dengan kehidupan seseorang dan diceritakan dengan singkat dan ringkas. Kali ini saya akan membagikan contoh cerpen singkat beserta pengertian cerpen, ciri ciri cerpen dan struktur cerpen. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Cerpen Singkat Beserta Pengertian, Ciri dan Strukturnya

Cerpen atau cerita pendek memuat kata kurang dari 10.000 kata atau kurang dari 10 halaman saja. Dalam cerpen tersebut terdapat kesan tunggal yang hanya berfokus pada salah satu tokoh maupun salah satu situasi saja. Di bawah in terdapat contoh cerpen singkat beserta pengertian cerpen, ciri ciri cerpen dan struktur cerpennya.

Pengertian Cerpen

Sebelum membagikan contoh cerpen singkat, saya akan menjelaskan pengertian cerpen terlebih dahulu. Cerpen ialah cerita pendek yang disusun dengan kata yang jumlahnya kurang dari 10.000 kata atau kurang dari 10 halaman. Pada umumnya cerpen dibuat dengan kesan tunggal dan berfokus pada satu suasana dan satu tokoh saja. Cerpen singkat ini berisi kisah atau karangan fiktif mengenai kehidupan seseorang yang hanya berfokus pada satu tokoh saja.

Ciri Ciri Cerpen

Dalam pembuatan contoh cerpen singkat selalu berpedoman pada ciri ciri cerpennya. Berikut beberapa ciri ciri cerpen:

  1. Ceritanya singkat dan pendek.
  2. Jalan ceritanya pendek dan berasal dari kisah kisah novel.
  3. Jumlah kata dalam cerpen kurang dari 10.000 kata.
  4. Cerita singkatnya dapat berasal dari kehidupan sehari hari.
  5. Penggambaran tokoh hanya pada intinya saja karena tidak menjelaskan secara menyeluruh.
  6. Dalam cerpen tersebut, tokoh digambarkan memiliki masalah hingga penyelesaian dari masalah tadi.
  7. Menggunakan kata kata yang sederhana, ringan dan ekonomis sehingga mudah diterima oleh pembaca.
  8. Menceritakan satu perihal saja.
  9. Meninggalkan kesan yang mendalam sehingga seolah olah pembaca merasakan kejadian tersebut secara langsung.
  10. Contoh cerpen singkat memiliki kronologis lurus dan tunggal.
  11. Penokohannya singkat, tidak mendalam dan sederhana.

Struktur Cerpen

Selain ciri ciri cerpen, adapula struktur cerpen yang juga digunakan dalam pembuatan contoh cerpen singkat. Kerangka atau strukur dari cerpen tersebut meliputi koda, evaluasi, resolusi, abstrak, komplikasi, dan orientasi. Berikut beberapa struktur cerpen beserta penjelasannya :

Abstrak

Struktur cerpen yang pertama ialah abstrak. Jenis struktur ini harus ada dalam contoh cerpen singkat. Abstrak ialah inti cerita yang kemudian dapat dikembangkan menjadi serangkaian peristiwa. Abstrak juga sering disebut sebagai ringkasan cerita. Adapula yang menyebut struktur abstrak sebagai deskripsi awal dalam cerita.

Orientasi

Struktur cerpen selanjutnya ialah orientasi. Jenis struktur ini harus ada dalam contoh cerpen singkat. Orientasi ialah struktur cerpen yang berhubungan dengan waktu, suasana dan tempat dalam cerita. Dalam cerita cerpen tidak hanya terpaku pada satu latar, waktu dan suasana saja. Hal ini dikarenakan dalam cerita terdapat banyak sekali tokoh dan kejadian yang berbeda.

Baca juga: 12 Contoh Cerita Fabel Singkat Terbaru Beserta Strukturnya

Komplikasi

Struktur cerpen selanjutnya ialah komplikasi. Jenis struktur ini harus ada dalam contoh cerpen singkat. Komplikasi ialah serangkaian peristiwa yang terkandung dalam cerita. Dalam struktur kompilasi, para tokoh dapat memilih wataknya. Watak yang terlihat dalam jalan cerita berdasarkan kerumitan masalah yang dialami.

Evaluasi

Struktur cerpen selanjutnya ialah orientasi. Jenis struktur ini harus ada dalam contoh cerpen singkat. Evaluasi merupakan struktur yang terdiri dari serangkaian konflik yang mengarah pada klimaks permasalahan serta terdapat deskripsi dari penyelesaiannya. Struktur evaluasi tergolong struktur yang sangat penting, karena menentukan apakah cerpen menarik ataupun tidak. Dalam strukur inilah para penulis harus dapat menyajikan konfilk yang dapat membuat pembaca terbawa suasana. Seolah olah pembaca dapat merasakannya secara langsung.

Resolusi

Struktur cerpen selanjutnya ialah resolusi. Jenis struktur ini harus ada dalam contoh cerpen singkat. Resolusi ialah penyelesaian dari evaluasi. Resolusi inilah yang sering kali ditunggu para pembaca, karena didalamnya terdapat solusi dari penyelesaian masalah yang dialami oleh tokoh cerita.

Koda

Struktur cerpen yang terakhir ialah koda. Jenis struktur ini harus ada dalam contoh cerpen singkat. Koda ialah pesan moral dan amanat yang dapat diperoleh dalam cerita. Pembaca dapat mengetahui koda apabila telah memabaca ceritanya secara menyeluruh, mulai dari awal cerita hingga akhir ceritanya. Wujud dari koda tersebut ialah peringatan, nasehat ataupun pelajaran.

Contoh Cerpen Singkat

Dibawah ini terdapat beberapa contoh cerpen dengan tema yang berbeda beda. Berikut Contohnya :

Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan

“Mangsaku Sahabatku”

Siang itu ada seorang anak kecil yang menjadi kerumunan para anak didesa tersebut. Kerumunan tersebut membuat tidak tega untuk melihatnya. Ternyata anak tadi sedang dilempari dengan buah kersen. Anak tersebut tidak berdaya bahkan hanya bisa diam tanpa perlawanan. Kejadian malang yang menimpanya terjadi disuatu sore, tepatnya berada dilapangan pedesaan. Saat itu tidak ada penduduk yang lewat, hanya dia, tiga anak lainnya, dan aku. Aku yang tidak berani menolongnya karena kalah jumlah, hanya dapat melihatnya dari kejauhan.

Ketiga anak tersebut memang terkenal dengan kenakalannya. Bahkan tidak ada anak yang berani melawannya, termasuk juga aku. Anak yang sedang dibully tadi merupakan anak dari keluarga kurang mampu, sehingga hanya bisa menjadi bulan bulanan mereka. Anak tersebut mengenakan kacamata dengan model rambut yang disisir lurus ke arah kiri. Kepolosan dan ketidakberdayannya membuat dia menjadi bahan bullyan bagi mereka bertiga. Akupun merasa kasihan melihatnya, tetapi apa boleh buat, akupun juga tidak berani untuk melawan mereka.

Banyak buah persen yang menempel di baju dan tubuhnya. Dia hanya bisa berjongkok sambil menangis. Siapapun yang berani dengan ketiga anak itu maka akan mendapatkan balasan yang tidak dapat dibayangkan. Aku hanya dapat memandanginya dari jauh dan cuma bisa tutup mulut agar nasibku aman dari mereka bertiga. Ketika mereka bertiga puas membully, kemudian mereka meninggalkan anak malang tadi. Dia hanya bida membersihkan tubuh dan bajunya yang terkena buah kersen. Setelah itu ia bergegas untuk pulang.

contoh cerpen singkat tentang persahabatan

Anak malang tadi memang tidak memiliki banyak teman. Bahkan disekolahnya saja, ia hanya banyak menghabiskan waktunya ditempat tempat belajar, misalnya kelas, perpustakaan dan sebagainya. Ia pun tetap pergi kesana walaupun tidak ada guru pembimbing ataupun tidak ada jam kelas. Dia memang lebih senang membaca untuk mengisi waktu luangnya. Dia termasuk anak yang pendiam, maka tidak heran jika tidak banyak yang mengenalnya dan menyapanya.

Disuatu hari salah satu anak yang membully tadi jatuh sakit. Aku yang mungkin masih dapat dianggap wajar untuk menjenguknya. Tapi disaat aku menjenguknya, terlihat anak berkacamata datang untuk menghampiri anak yang sedang terbaring dirumah sakit itu. Akupun memperhatikannya dengan jelas dan ternyata anak itu adalah anak yang dibully mereka tempo hari. Akupun bertanya tanya, mengapa ia kesini? Apakah ia akan berbuat baik dengan anak ini walaupun dia pernah melukainya? atau apakah ia akan berbuat jahat?

Semua pertanyaanku terjawab, anak tadi berniat untuk menjenguknya dengan membawa sedikit buah buahan untuknya. Bahkan ia juga memberikannya dengan tulus kepada anak yang pernah membullynya. Anak itu menerima buah buahan tadi dengan lemasnya. Melihat kejadian tadi aku merasa sangat ironis. Kejahatan yang pernah ia perbuat dibalas dengan kebaikan. Dua minggu telah berlalu, anak itu telah sembuh dan kembali beraktivitas seperti biasa. Tetapi semua tidak berubah, anak berkacamata tadi tetap dibully oleh anak anak lainnya.

Namun saat itu terjadi kejadian unik dan membuat semua orang terheran heran. Ada seorang anak yang membela anak berkacamata tadi. Bahkan ia juga akan melawan anak lain yang berani menghina anak berkacamata itu. Ia berniat untuk melindunginya. Akibat kejadian tersebut akhirnya mereka bersahabat sampai sekarang, bahkan anak berkacamata tadi sudah tidak menutup diri dari khalayak umum dan anak tadi juga sudah tidak nakal lagi. Inilah bukti bahwa kejahatan yang dibalas dengan kebaikan akan berbuah manis.

-Tamat-

Contoh Cerpen Singkat Tentang Pendidikan

“Keikhlasan Guru Dalam Mendidik”

Suatu hari ada seorang guru yang senantiasa selalu mendidik kami dengan ketulusan dan keikhlasannya. Guru tersebut bernama Bu Mira. Beliau mengajar pelajaran Bahasa Indonesia diberbagai sekolah. Namun Bu Mira juga harus menguasai semua mata pelajaran karena hanya dialah guru yang terdapat didusun terpencil ini.

Bu Mira ialah sosok guru yang baik dan menjadi panutan kami. Ketulusan dan keikhlasannya memberikan semangat yang tak pernah pudar untuk murid muridnya. Bu Mira tetap mengajar dan membimbing kami walaupun sebenarnya tidak ada bayaran untuk kerja kerasnya. Didusun ini tidak terdapat sekolah satupun. Jika ingin bersekolah dengan formal, harus menempuh jalan berkilo kilo meter agar dapat bersekolah.

Menuju sekolah tersebutpun tidak mudah, kami harus melewati hutan rimba, sungai deras dan membutuhkan waktu yang cukup panjang. Namun sosok guru yang satu ini dengan ikhlas dan rela tinggal didusun kami. Jika ditanya disini makan apa, kami hanya dapat makan singkong bakar, tempat tinggal hanya seadanya dan bahkan mandipun disungai. Dari situlah terlihat jelas ketulusan dari guru tersebut.

Penduduk penduduk disini sering melihat Bu Mira beserta murid muridnya belajar dengan alas seadanya, terkadang mereka juga belajar dirumah warga ataupun disawah sekalipun. Bagi kami semua itu bukan masalah, karena kami telah bersyukur dapat mendapatkan ilmu selayaknya didusun lainnya. Seiring berjalannya waktu, Bu Mira dapat mendirikan sekolah dasar didusun kami. Tentunya semua itu membtuhkan perjuangan yang panjang dan tidak mudah. Sampai akhirnya listrik dapat masuk ke dusun kami. Semua itu hasil kerja keras Bu MIra yang patut dipuji dan diacungi jempol.

Teringat ketika saat pertama kali Bu Mira mengajar didusun kami. Beliau rela membawakan buku tulis, buku pelajaran dan papan bor untuk mengajarnya sendiri. Kedatangan guru tersebut disambut hangat oleh anak anak disini. Awalnya murid Bu Mira hanya 10 anak saja. Ia juga berjuang agar kami semua mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak pada umumnya. Murid murid Bu Mira pada saat itu beragam seperti anak yang kumisan, anak anak kecil, bahkan anak anak yang masih dikawal oleh orang tuanya.

Semua itu tidak menjadi masalah bagi Bu Mira. Karena yang terpenting ia dapat memberikan pendidikan bagi kami. Bu Mira memiliki harapan yang cukup mulia yaitu melihat kami tumbuh dewasa dan memajukan negara serta dusun yang kami tinggali sekarang ini. Itulah Bu Mira yang menjadi sosok guru yang ikhlas, tulus dan baik yang dpat mendidik kami sampai seperti ini.

-Tamat-

Inilah contoh cerpen singkat beserta pengertian cerpen, ciri ciri cerpen dan struktur cerpen yang dapat saya jelaskan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *