Contoh Karangan Persuasi Tentang Narkoba Terbaru
Karangan Persuasi Tentang Narkoba

Contoh Karangan Persuasi Tentang Narkoba Terbaru

Diposting pada

Contoh Karangan Persuasi Tentang Narkoba Terbaru – Dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh karangan persuasi tentang narkoba terbaru. Jenis karangan Bahasa Indonesia ini termasuk paragraf yang berisi ajakan dan himbauan untuk mengajak para pembaca agar mengetahui apa yang penulis kehendaki. Untuk tema paragraf persuasi sendiri bermacam macam seperti narkoba, lingkungan, sampah dan sebagainya. Namun untuk tema yang saya ambil ialah narkoba, karena sekarang ini banyak sekali generai generasi muda yang terjerumus dalam barang haram ini. Narkoba merupakan barang haram yang sangat berbahaya.

Contoh Karangan Persuasi Tentang Narkoba Terbaru
Karangan Persuasi Tentang Narkoba

Terdapat pepatah mengatakan bahwa “Dunia Indah tanpa Narkoba”. Karena menghindari barang haram ini dapat membuat kehidupan kita lebih tentram dan nyaman. Dengan melalui contoh karangan persuasi tentang narkoba ini, diharapkan para generasi muda dapat menjauhi dan tidak menggunakan barang tersebut. Dengan begitu akan menciptakan generasi pemuda bangsa yang berkualitas. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak beberapa contoh di bawah ini.

Contoh Karangan Persuasi Tentang Narkoba Terbaru

Contoh karangan persuasi tentang narkoba tidak terlepas dari peran ciri ciri karangan persuasi yang ada. Ciri ciri utama karangan ini ialah kata kata atau kalimatnya berisi himbauan atau ajakan yang disertai dengan bukti, fakta, dan data yang memperkuat tulisannya. Dengan begitu para pembaca dapat percaya dan mengikuti apa yang dikehendaki oleh penulis. Berikut beberapa contoh paragraf persuasinya yaitu:

Contoh Karangan Persuasi Tentang Narkoba

Narkoba kepanjangan dari Narkotika dan Obat Berbahaya. Departemen Kesehatan Republik Indonesia  memperkenalkan istilah Narkoba dengan nama lain yaitu NAPZA atau Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif. Narkoba ialah zat atau bahan yang akan mengubah perilaku, pikiran, perasaan dan suasana hati seseorang jika masuk ke dalam tubuh, baik dengan cara disuntikan, diminum ataupun dihirup. Narkoba tersebut menyebabkan seseorang merasa ketergantungan secara psikologis ataupun fisik. Apapun obat yang tergolong dalam jenis NAPZA atau Narkoba merujuk pada sekumpulan zat yang menyebabkan para penggunanya beresiko kecanduan.

Baca juga : Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah Terbaru

Pendapat pakar kesehatan tentang Narkoba ialah obat yang digunakan penyakit tertentu atau psikotropika untuk membius pasien ketika akan dioperasi. Namun narkoba sekarang malah disalahgunakan penggunaannya karena dipakai dengan dosis yang berlebihan. Penyalahgunaan narkoba tersebut didasarkan pada beberapa alasan seperti ingin bersenang senang, lambing status social, coba coba, ikutan gaya/trend, ingin lupa dengan masalah dan sebagainya. Sifat kecanduan dalam menggunakan narkoba tersebut artinya ingin menggunakan obat secara berkelanjutan dan terus menerus.

Narkoba yang disalahgunakan tersebut dipengaruhi oleh pergaulan remaja yang sekarang ini telah bebas. Bahkan untuk menolak menggunakan narkoba tersebut jarang diucapkan karena gengsi dan dianggap tidak gaul jika belum mencicipinya. Apalagi sekarang ini narkoba yang berwujud bubuk putih tersebut mudah didapat dimana saja. Penyalahgunaan narkoba dapat memberikan dampat fatal bagi penggunanya karena dipakai secara berlebihan. Bahkan dapat berujung kematian. Pemakaian narkoba dapat menyebabkan 15.000 orang meninggal setiap tahunnya berdasarkan data BNN, dimana 78% diantaranya ialah berusia remaja. Narkoba yang disalahgunakan tersebut menyebabkan banyak dampak yang berbahaya. Untuk itu para remaja harusnya dapat berpikir bijaksana sebelum menggunakannya.

Para remaja pada dasarnya kurang memperhatikan dampak besar dari penyalahgunaan narkoba karena mental mereka masih labil. Mereka hanya berfikir bahwa narkoba dapat membuat kesenangan yang sesaat. Padahal sebenarnya dengan mengkonsumsi narkoba terus menerus dan dengan dosis yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti sistem saraf otak, jantung, ginjal, paru paru, pembuluh darah dan hati. Bahkan karena narkobalah, masa depan para remaja dapat rusak.

Dalam pasal 59 UU No 5 Tahun 1997 mengenai Psikotropika dan UU No 22 Tahun 1997 Mengenai Narkoba dijelaskan bahwa Narkoba yang disalahgunakan untuk keperluan diluar media tanpa pengawasan dari dokter akan termasuk pelanggaran hukum. Kemudian menurut Islam, penggunaan Narkoba maupun minum minuman beralkohol adalah dosa yang besar bagi para umatnya. Seperti yang tercatat dalam penjelasan Q.S. Al-Maidah, 5:91 dan Q.S. Al-Baqarah, 2:219. Sedangkan dalam H.R. Abdullah bin Umar.R.a terdapat penjelasan bahwa yang haram ialah minuman atau bahan, zat yang membuat akal seseorang melemah dan mabuk seperti minuman alkohol.

Penyebaran narkoba dikalangan pelajar pada dasarnya dapat dicegah. Pencegahan tersebut menjadi tanggung jawab semua orang, baik masyarakat, orang tua ataupun guru. Untuk itu para pelajar/remaja sekarang ini dapat diwaspadai mengenai ancaman bahaya narkoba tersebut. Orang yang menyalahgunakan narkoba dapat dikenakan hukuman, bahkan dapat berdampak pada kesehatan diri sendiri. Maka dari itu penyalahgunaan narkoba apapun alasannya akan membuat hidup orang tersebut rusak.

Baca juga : 4 Contoh Karangan Deskripsi Tentang Keindahan Alam Terbaru

Contoh karangan persuasi tentang narkoba di atas bertujuan untuk menghimbau dan mengajak para generasi muda agar tidak mencicipi atau menggunakan narkoba. Penyalahgunaan narkoba tersebut dapat menyebabkan kerusakan tubuh dan bahkan dapat memperoleh hukuman karena melanggar hukum. Karena dapat Undang Undang telah dijelaskan bahwa dilarang menggunakan Narkoba diluar keperluan medis dan harus memperoleh pengawasan dari dokter.

Contoh Karangan Persuasi Narkoba

Selain contoh karangan persuasi diatas, saya masih memiliki beberapa contoh karangan dan contoh paragraf persuasi yang pada intinya mengajak untuk menjauhi narkoba. Lalu seperti apa contoh persuasi tersebut?

Apa Narkoba itu?

Narkoba adalah obat Narkotika yang berbahaya. Obat ini memiliki nama lain yaitu NAPZA atau Narkotika, Psikotropika dan Zat Akdiktif yang membuat penggunanya kecanduan. Kemudian dalam rokok terdapat bahan zat adiktif yang dapat menyebabkan kecanduan pula. Pada dasarnya narkoba digunakan dalam ilmu kedokteran untuk membius pasien saat akan dioperasi. Namun penggunaan obat tersebut berubah dan disalahgunakan oleh orang orang yang tidak bertanggungjawab. Maka dari itu penggunaan narkoba yang salah tersebut sangat membahayakan tubuh.

Sejak dini para generasi muda sudah diberikan edukasi mengenai bahaya Narkoba. Dengan begitu para generasi muda tidak dapat dirusak oleh obat obat terlarang tersebut. Bangsa Indonesia dalam keadaan darurat Narkoba seperti yang sudah diberitakan oleh media sosial. Untuk itu hal ini pastinya akan menjadi ancaman serius untuk masa depan negara ini. Apabila penggunaan Narkoba tidak dicegah, maka akan berdampak buruk dan sangat fatal bagi bangsa Indonesia. Maka dari itu lebih baik mencegah daripada mengobati.

Baca juga : 30 Contoh Kalimat Menggunakan Kata Sandang Sang dan Si

Orang orang yang menyalahgunakan narkoba tentunya akan diberikan hukuman penjara. Namun didalam penjara sekalipun para pengedar narkoba masih dapat mengedarkan obat tersebut. Coba bayangkan? Bagaimana cara mengedarkan didalam penjara? Padahal didalamnya sudah di jaga oleh polisi. Tentunya mengerikan bukan? Sasaran yang sering dituju oleh pengedar ialah para pemuda. Hal ini dikarenakan pemuda memiliki pemikiran yang labil. Pada dasarnya tidak hanya pemuda saja tetapi masih ada sasaran lain yakni anak anak kecil.

Narkoba memang berbahaya, bahkan merusak masa depan penggunanya. Misalnya saja seorang pemuda yang berprofesi sebagai mahasiswa. Ia terlalu kecanduan dengan narkoba. Apa saja yang berkaitan dengannya menjadi kacau, baik kuliah ataupun kehidupannya. Bahkan untuk membeli lagi barang tersebut, mahasiswa itu rela menjadi pengedar. Bukan menjadi kebanggaan orang tuanya, mahasiswa tersebut malah menjadi aib bagi keluarganya. Lantas apakah hal seperti ini harus anda tiru? Jawabannya adalah TIDAK.

Korban yang menyalahgunakan Narkoba apakah akan dipenjara? Tidak! Lalu diapakan? Para korban tersebut akan di rehabilitasi hingga kemauan akan narkobanya yang kuat menjadi berkurang bahkan hilang. Namun adapula kasus korban yang sudah direhabilitasi kembali menggunakan narkoba setelah keluar dari rehab. Hal inilah yang sering terjadi. Namun pihak BNN telah mengeluarkan Gerakan Rehabilitasi 100.000 Penyalahguna Narkoba agar para korban nantinya benar benar sembuh. Kita sebagai warga negara yang baik tentunya harus mendukung gerakan tersebut demi kebaikan bersama, terutama bagi penyalahguna narkoba.

Badan Narkotika Nasional akan mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045 dengan menyukseskan gerakan merehabilitasi 100.000 penyalahgunaan narkotika dengan melaksanakan pemberantasan dan pencegahan peredaran serta penyalahgunaan gelap Narkotika atau P4GN pada tahun 2015 bersama dengan kementrian dan lembaga lainnya.

Untuk itu disetiap sekolah, baik dalam jenjang pendidikan sekolah telah diberikan sosialisasi terkait masalah Narkoba tersebut. Hal ini dikarenakan penyalahgunaan Narkoba dapat terjadi dimana mana dan mengancam siapa saja. Maka dari itu kita harus lebih hati hati seperti memilih sahabat, teman, waspada terhadap lingkungan sekitar dan sebagainya. Langkah ini menjadi solusi terbaik dalam mewaspadai bahaya Narkoba yang menjadi musuh semua orang karena dapat merusak generasi pemuda bangsa.

Sekarang ini bangsa kita dalam keadaan yang darurat Narkoba. Untuk itu akan lebih baik jika kita ikut berperan aktif dalam mencegah penyalahgunaan Narkoba yang sering terjadi. Sebagai penerus bangsa yang baik, janganlah menggunakan Narkoba atau anda tergiur untuk sekedar coba coba. Raihlah masa depan dan banggakan orang tua beserta orang orang disekitarmu. Tetaplah menjadi pribadi yang baik tanpa menggunakan Narkoba.

Contoh karangan persuasi tentang narkoba di atas bertujuan untuk menghimbau dan mengajak para generasi muda agar tidak menyalahgunakan Narkoba. Selain itu BNN telah melakukan gerakan Rehabilitasi 100.000 Penyalahgunaan Narkoba demi mensukseskan program kesembuhan dari kecanduan akan obat tersebut. Dengan begitu para korban penyalahgunaan Narkoba tidak akan menggunakan barang ini lagi setelah keluar dari rehab.

Sekian beberapa contoh karangan persuasi tentang narkoba terbaru yang dapat saya bagikan. Karangan ini bertujuan untuk menghimbau dan mengajak pembaca agar melakukan dan mengikuti apa yang penulis kehendaki sesuai konteks yang dibahas dalam karangan tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Incoming search terms:

  • karangan tentang bnn
  • karangan tentang rehabilitasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *