Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah TerbaruContoh Karangan Persuasi Tentang Sampah Terbaru
Karangan Persuasi Tentang Sampah

Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah Terbaru

Diposting pada

Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah Terbaru – Dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat materi pembelajaran mengenai karangan persuasi. Jenis karangan ini pastinya tidak asing lagi bagi anda yang terjun dalam dunia kepenulisan. Apalagi sejak anak dibangku sekolah sudah diajarkan mengenai jenis karangan atau paragraf persuasi. Apa pengertian karangan persuasi? Bagaimana ciri ciri karangan persuasi? Bagaimana cara membuat contoh karangan persuasi? Karangan atau paragraf persuasi merupakan alah satu jenis paragraf Bahasa Indonesia yang pembuatannya berdasarkan ciri ciri yang ada didalamnya.

Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah TerbaruContoh Karangan Persuasi Tentang Sampah Terbaru
Karangan Persuasi Tentang Sampah

Seperti yang kita ketahui bahwa paragraf Bahasa Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah paragraf persuasi. Jenis karangan ini dapat dibuat atau dijabarkan dengan tema yang berbeda beda seperti bertemakan sampah, lingkungan hidup, pendidikan dan masih banyak lagi. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan contoh karangan persuasi tentang sampah terbaru. Saya juga akan menyertakan penjelasan tentang pengertian karangan persuasi maupun ciri ciri karangan persuasi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah Terbaru

Pengertian karangan persuasi ialah karangan yang berisi tentang kata kata rayuan, ajakan, bujukan dan himbauan dari penukis agar pembacanya mengikuti apa yang diinginkannya. Karangan ini memerlukan beberapa bukti dan fakta yang kuat serta akurat sehingga dapat mengajak atau mempengaruhi pembaca agar melakukan apa yang penulis kehendaki. Hal ini tentunya digunakan untuk menunjang sebuah paragraf persuasi yang berisi himbauan dan ajakan. Dengan kata lain contoh karangan persuasi tentang sampah haruslah disertai dengan ulasan sehingga karangan atau tulisan yang dibuat tersebut dapat dipercaya oleh para pembacanya. Setelah kepercayaan para pembaca diperoleh, kemudian akan mudah mengajak pembaca untuk melaksanakan apa saja yang anda inginkan.

Baca juga : 4 Contoh Karangan Deskripsi Tentang Keindahan Alam Terbaru

Karangan persuasi memiliki konten tulisan yang bersifat subjektif. Artinya karangan tersebut berisi kata kata yang murni dari hasil pandangan penulis pribadi tentang topik yang dibahas. Sebelum membagikan beberapa contoh karangan persuasi tentang sampah, saya akan menjelaskan tentang tujuan karangan tersebut. Adapun tujuan karangan persuasi ialah mengajak pembaca agar melakukan apa yang diiginkan oleh penulis. Misalnya pembaca diajak oleh penulis untuk membeli dengan produk tertentu.

Ciri Ciri Karangan Persuasi

Pembuatan contoh karangan persuasi tentang sampah tidak terlepas dari adanya ciri ciri paragraf tersebut. Ciri ciri paragraf persuasi tersebut digunakan untuk membedakannya dengan paragraf/karangan Bahasa Indonesia lainnya. Adapun beberapa ciri ciri karangan persuasi yaitu meliputi:

  • Tulisannya mengandung konten yang bersifat mengajak sehingga pembaca dapat melakukan dan mengikuti apa yang penulis inginkan.
  • Karangannya disertai dengan fakta, data dan argumen sehingga dapat memperkuat tulisan. Dengan begitu pembaca dapat yakin terhadap tulisan yang dibuat oleh penulis dan mengikuti apa yang dikehendakinya.
  • Bertujuan untuk menghimbau dan mengajak sehingga menggunakan kata ajakan seperti laksanakanlah, ayo, marilah dan sebagainya.
  • Menggunakan bahasa yang tidak kontroversial.
  • Menciptakan karangan yang diyakini dan dipercayai oleh para pembaca.

Contoh Karangan Persuasi

Setelah membahas tentang pengertian karangan persuasi dan ciri ciri karangan persuasi. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh karangan persuasi tentang sampah. Karangan ini memang bertemakan tentang sampah sehingga pembaca dapat lebih peduli terhadap sampah disekitarnya. Adapun beberapa contoh paragraf persuasi yaitu sebagai berikut:

Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah

Baca juga : 30 Contoh Kalimat Menggunakan Kata Sandang Sang dan Si

“Ayolah Kurangi Sampah”

Disekitr kita selalu ada kalimat sederhana yang berbunyi,”Buanglah sampah pada tempatnya!”. Kita dapat menemukannya diberbagai tempat. Meski banyak tempat yang dipasangi oleh kalimat tersebut, namun masalah sampah yang menumpuk tetap tidak dapat dikurangi ataupun dipecahkan. Sampah sampah di sekeliling kita terus menumpuk hingga menyebabkan bau yang tidak sedap serta pemandangan yang buruk.

Jumlah sampah setiap harinya terus bertambah. Bahkan dalam buku berjudul “Mengelola Sampah Kota” karya Prof. H. R. Sudrajat menjelaskan bahwa setiap hari timbunan sampah selalu meningkat. Apalagi di kota kota besar di Indonesia yang berpotensi untuk membuat sampah semakin menumpuk karena jumlah penduduknya yang semakin meningkat pula. Coba bayangkan jika penumpukan sampah terus terjadi maka bumi akan penuh dengan sekumpulan sampah.

Peningkatan sampah akan memberikan dampak yang buruk untuk kehidupan dan lingkungan manusia jika tidak segera ditangani, terlebih lagi bagi kesehatan kita. Sampah sampah tersebut akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Lantas, apa cara terbaik untuk mengatasinya?

Masalah ini dapat diatasi dengan berawal dari kesadaran diri kita sendiri. Diri kita harus dibiasakan untuk membuang sampah ditempatnya. Dengan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya tersebut, kita dapat membantu melakukan pengurangan terhadap volume sampah yang menumpuk.

Dimanapun kita berada harus membuang sampah pada tempatnya, baik ditempat umum, sekolah ataupun rumah. Ini adalah cara pertama yang dapat kita lakukan. Kita bahkan tidak diperbolehkan membuang sampah sembarangan, meskipun tempat sampahnya tidak dapat ditemukan. Akan lebih baik jika sampah ini disimpan sampai menjumpai tempat sampah.

Langkah kedua ialah memilah milah sampah sesuai dengan jenisnya. Sampah tersebut dapat dipisahkan menjadi tiga jenis yakni sampah kimia, sampah organik dan sampah anorganik. Dengan begitu pengelolaan sampah sesuai dengan jenisnya dapat dilakukan dengan mudah. Sampah akan dimusnahkan jika tidak dapat di daur ulang dan sampah akan dimanfaatkan kembali jika dapat di daur ulang.

Langkah terakhir ialah mengurangi pembelian barang dan penggunaan barang yang berbahan dasar plastik. Pengurangan volume sampah plastik ini harus dilakukan karena plastik adalah sampah yang tidak dapat diuraikan. Kemudian produksi plastik tersebut juga menyebabkan polusi udara dan asap yang tinggi. Dengan kita melakukan pengurangan dalam menggunakan plastik. Kita dapat melakukan pencegahan terhadap terjadinya polusi udara.

Lingkungan akan semakin sehat dan bersih jika pelaksanaan pengurangan sampah dapat berjalan sebagaimana mestinya. Maka dari itu, untuk menangani masalah sampah ini kita harus melakukan beberapa cara di atas sehingga kondisi penumpukan sampah tidak semakin memprihatinkan.

Contoh karangan persuasi di atas bertujuan untuk mengajak pembaca agar lebih memperhatikan masalah masalah sampah yang sering terjadi. Bahkan kita dapat mengurangi masalah penumpukan sampah dengan melakukan hal hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya. Kita harus menciptakan kesadaran diri sendiri agar orang lain dapat melakukan apa yang kita lakukan. Maka dari itu bumi dapat kita jaga dan lestarikan, serta sampah sampah dibumi ini semakin berkurang.

Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah Terbaru

Di dunia ini hampir seluruh masyarakat memiliki budaya konsumtif terhadap penggantian barang barang lama menjadi barang baru. Salah satu contohnya ialah barang barang elektronik yang sering kali diganti ganti oleh sebagian orang. Pemicu atau alasan utama akan kebiasaan konsumtif ini adalah mengikuti keluaran produk elektronik yang semakin canggih dan baru. Sebenarnya kebiasaan konsumtif ini dapat menyebabkan sampah elektronik semakin banyak dan meningkat. Bahkan disetiap negara mempunyai masalah yang sama terhadap puluhan ton sampah elektronik yang terus menumpuk, termasuk negara Indonesia. Maka dari itu kita harusnya membeli barang barang elektronik yang diperlukan saja. Meskipun barang yang kita miliki tergolong ketinggalan jaman, namun kita harus mengurangi peningkatan sampah elektronik dengan mengoptimalkan barang barang yang sudah ada.

Baca juga : 10 Jenis Puisi Modern Lengkap Dengan Pengertian dan Contoh

Kita dapat mengkreasikan barang barang elektronik tersebut dengan naluri kreatifitas yang tinggi hingga menciptakan barang barang baru yang berguna. Apabila barang tersebut memang harus dibuang maka kita sumbangkan saja kepada pengumpul barang bekas. Dengan begitu sampah elektronik dapat diolah menjadi barang barang yang berguna dan baru lagi. Maka dari itu di Indonesia maupun di dunia, anda tidak menjadi salah satu pendonor sampah elektronik.

Contoh karangan persuasi di atas bertujuan untuk mengajak pembaca agar lebih mengoptimalkan penggunaan barang barang elektronik. Dengan begitu sampah elektronik dapat dikurangi dan tidak semakin menumpuk lagi. Sampah sampah elektronik tersebut dapat anda ubah menjadi barang baru dan berguna dengan kreatifitas anda atau dapat anda sumbangkan kepada para pengumpul barang bekas. Maka dari itu sampah elektronik dapat diolah sebagaimana mestinya dan tidak menimbulkan masalah sampah yang semakin memburuk.

Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah

Di  sekitar lingkungan pemukiman penduduk sering kali kita jumpai sampah yang berserakan. Masalah sampah ini lagi lagi menjadi masalah yang sulit untuk ditanggulangi. Walaupun terdapat beberapa petugas khusus yang menanggulangi sampah dipemukiman tersebut. Tetapi volume sampah tetap meningkat dan tidak berkurang. Hal ini dikarenakan masyarakat kurang memiliki kesadaran akan perlunya membuang sampah ditempat yang semestinya. Bahkan disekitar lingkungan pemukiman telah dilaksanakan program Bank Sampah untuk menanggulangi masalah yang ada. Bebagai macam sampah dikumpulkan oleh setiap warga untuk kemudian dipilah pilah sesuai dengan jenis sampahnya. Kemudian ditempatkan pada Bank Sampah yang nantinya akan diberikan kepada pengepul atau pengrajin sampah.

Bank Sampah tersebut dikelola oleh warga atau orang yang secara sukarela dapat mengelola tempat pemilahan sampah tersebut. Kemudian akan diberikan buku menyerupai buku tabungan bank bagi orang orang atau warga yang menyetor sampah. Program Bank sampah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan yang bersih dan membantu meringankan para pengepul sampah. Bahkan kerajinan sampah ataupun pupuk dari sampah tersebut dapat dijual kembali sehingga memberikan nilai ekonomis bagi warganya. Maka dari itu lingkungan masyarakat yang memiliki masalah sampah tersebut dapat direkomendasikan untuk melakukan program Bank Sampah ini.

Contoh karangan persuasi di atas bertujuan untuk mengajak pembaca untuk melakukan program Bank Sampah bagi lingkungan pemukimannya yang banyak sekali sampah. Dengan pelaksanaan program tersebut, diharapkan masyarakat lebih sadar mengenai pentingnya penanggulangan sampah dan memberikan keringanan terhadap para pengepul sampah.

Sekian beberapa contoh karangan persuasi tentang sampah terbaru yang dapat saya bagikan. Banyak sekali tema yang dapat digunakan untuk membuat contoh paragraf persuasi. Namun paragraf ini dibuat berdasarkan ciri ciri karangan persuasi dan pengertian karangan persuasi yang ada. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Incoming search terms:

  • contoh karangan persuasi tentsang sampah
  • Contoh karangan tentang sampah
  • persuasi temtang sampah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *