Contoh Kutipan Langsung Kurang Dari 4 Baris Lengkap

Contoh Kutipan Langsung Kurang Dari 4 Baris Lengkap

Diposting pada

Contoh Kutipan Langsung Kurang Dari 4 Baris Lengkap – Kutipan ialah sebuah kata yang dipinjam dari majalah atau buku yang berisi pendapat maupun ucapan dari seseorang yang terkenal. Dalam kutipan tersebut terdapat sumber penulis dalam mengutip sebuah pendapat. Hal ini dimaksudkan agar pembaca dapat mengetahui keaslian dari kutipan tersebut. Kita mungkin sering kali menjumpai contoh kutipan langsung lebih dari 4 baris namun adapula contoh kutipan langsung kurang dari 4 baris. Dalam sebuah tulisan tidak hanya berisi satu kutipan saja melainkan terdiri dari banyak kutipan yang berbeda. Etika dalam menulis kutipan dengan benar ialah tidak diperkenankan untuk menyerupai keseluruhan kalimat dalam pendapat seseorang.

Contoh Kutipan Langsung Kurang Dari 4 Baris Lengkap

Pada dasarnya kutipan dalam Bahasa Indonesia dapat dibagi menjadi dua kategori yakni kutipan langsung maupun kutipan tidak langsung. Untuk jenis kutipan langsung mempunyai pengertian yaitu sebuah kata yang dipinjam dari teks aslinya secara lengkap, mulai dari kata hingga kata maupun kalimat higga kalimat. Sedangkan pengertian kalimat tidak langsung ialah sebuah kata yang berasal dari pendapat seseorang dan berisi pokok utama dari pendapat tersebut. Nah kali ini saya akan membagikan contoh kutipan langsung kurang dari 4 baris lengkap. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Kutipan Langsung Kurang Dari 4 Baris Lengkap

Kutipan langsung dengan kutipan tidak langsung memiliki perbedaan dalam hal penulisan dalam sebuah teks. Kutipan langsung ditulis dalam sebuah kartu dan tidak diwajibkan untuk menggunakan tanda kutip. Sedangkan kutipan tidak langsung ditulis tanpa diapit dengan tanda kutip. Hal ini membedakan penulis dalam membuat sebuah kutipan. Menulis contoh kutipan langsung kurang dari 4 baris harus memperhatikan beberapa cara yang telah ditentukan. Berkut cara menulis kutipan langsung kurang dari 4 baris dengan benar :

  1. Kutipan tersebut berhubungan langsung dengan teks.
  2. Jarak antara satu baris dengan baris lainnya ialah dua spasi.
  3. Penulisan kutipannya diapit dengan tanda kutip.
  4. Kutipan yang telah selesai ditulis, diberikan nomor urut dengan ukuran setengah spasi menuju ke atas. Selain itu juga ditambahkan tanda kurung yang berisi nomor halaman kutipan tersebut diambil, nama pengarang singkat, dan tahun terbitnya.

Baca juga : 6 Contoh Karangan Persuasi Tentang Lingkungan

Contoh Kutipan Langsung Kurang Dari 4 Baris

Dibawah ini terdapat contoh kutipan langsung kurang dari 4 baris.

Guru dalam mengajar murid muridnya tidak memperhatikan secara langsung mengenai perkembangan setiap muridnya. Dalam seminar pada bulan Agutus 1953 yang bertempat di Nuwara Eliya, Sailan  yang bertajuk “The Teaching of Modern Language” menurut pendapat sekretariat UNESCO mengatakan “Because of the very special nature of language, teaching us well on general educational grounds, it is vital that classes should be small” (hal 50). Yang artinya karena sifat bahasa yang sangat khusus, mengajarkan kita dengan baik tentang dasar-dasar pendidikan umum, sangat penting bahwa kelas harus kecil dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Berdasarkan kutipan yang diapit tanda kutip di atas terdapat pengetikan kurang dari empat baris. Maka dari itu termasuk ke dalam contoh kutipan langsung kurang dari 4 baris. Hal ini harus digabungkan dengan teks yaitu membaurkan spasi ke dalam baris atau ditambahkan dengan spasi rangkap dan tanda kutip. Anda juga dapat membaurkan kutipan tersebut kedalam teks dengan cara menambahkan halaman (dalam kurung), nama pengarang dan tahun terbit.

Adapula contoh kutipan langsung kurang dari 4 baris lainnya yang saya sajikan untuk anda. Berikut contohnya:

Baca juga : 10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Sekolah, Alam dan Lingkungan)

Jerawat merupakan permasalahan wajah pada laki laki dan perempuan yang sering dialami. Seperti halnya pendapat dari Kigmann (1995), “Tidak ada seorangpun yang tidak mengalami jerawat dalam melewati masa hidupnya”. Hal ini menyatakan bahwa tidak ada seorangpun yang tidak pernah mengalami permasalahan jerawat pada kulitnya. Berdasarkan pendapat Siregar (1991), “Jerawat atau Akne Vulgaris ialah radang kronis dari folisebasea yang diakibatkan oleh beberapa faktor penjelasan klinis yang khusus”. Penyebab dari jerawat ini berasal dari berbagai faktor. Misalnya sebum dikulit yang dipengaruhi oleh bakteri, tumpukan minyak dan masalah hormon. Berdasarkan pendapat Koko Nata (2001), “Saat sel sel kulit yang mati telah bercampur dengan kotoran dan debu lainnya akan menciptakan campuran lengket dan tebal sampai menyumbat kulit dan terbentuklah bintik putih/hitam dalam pori pori kulit. Kemudian berdasarkan pendapat Birnbaum (2003), “Pembengkakan pada kelenjar minyak akan menyebabkan peradangan yang berisi nanah (abses).

Demikianlah contoh kutipan langsung kurang dari 4 baris yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • contoh kutipan secara langsung kurang dari 4 baris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *