Contoh Pelanggaran Pancasila (Sila 1 Sampai 5)
Contoh Pelanggaran Pancasila

Contoh Pelanggaran Pancasila (Sila 1 Sampai 5)

Diposting pada

Contoh Pelanggaran Pancasila (Sila 1 Sampai 5) – Dasar negara Indonesia ialah Pancasila dan UUD 1945. Dalam pancasila tersebut terdapat lima sila yang menjadi dasar penting bagi cita cita dan kepribadian bangsa Indonesia. Untuk itu hukum yang terdapat dalam negara Indonesia tersebut berpedoman pada Pancasila. Dasar hukum tersebut memuat beberapa contoh pelanggaran pancasila sila ke 1 sampai 5. Bahkan dalam masyarakat sering terjadi kasus pelanggaran pancasila sila ke 1, pelanggaran pancasila sila ke 2, pelanggaran pancasila sila ke 3, pelanggaran pancasila sila ke 4, dan pelanggaran pancasila sila ke 5.

Contoh Pelanggaran Pancasila (Sila 1 Sampai 5)
Contoh Pelanggaran Pancasila

Hal ini pastinya sangat disayangkan karena terdapat beberapa orang yang melakukan pelanggaran pancasila sila ke 1, pelanggaran pancasila sila ke 2, pelanggaran pancasila sila ke 3, pelanggaran pancasila sila ke 4, dan pelanggaran pancasila sila ke 5. Untuk itu kita harus mengetahui bentuk bentuk pelanggaran yang tercantum dalam dasar hukum Bangsa Indonesia ini (Pancasila) agar tidak melakukan tindakan yang menyimpang. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh pelanggaran Pancasila. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Pelanggaran Pancasila (Sila 1 Sampai 5)

Untuk pembahasan tentang contoh pelanggaran Pancasila ini akan saya bagi menjadi beberapa kategori. Adapun kategorinya yaitu bentuk pelanggaran pancasila sila ke 1, pelanggaran pancasila sila ke 2, pelanggaran pancasila sila ke 3, pelanggaran pancasila sila ke 4, dan pelanggaran pancasila sila ke 5. Berikut penjelasan selengkapnya:

Sila Pertama

Dalam Pancasila terdapat sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sila pertama ini berisi tentang kebebasan memeluk agama dan kepercayaan bagi setiap warga negara Indonesia. Dengan begitu akan menumbuhkan sikap toleransi kepada agama lainnya, karena Indonesia terkenal dengan keberagaman agamanya seperti Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan sebagainya. Meski begitu terdapat beberapa pelanggaran Pancasila sila ke 1 yang sering dijumlai dalam masyarakat, baik dengan sadar ataupun tidak. Berikut beberapa contoh pelanggaran Pancasilanya yaitu:

  • Tidak memiliki sikap toleransi terhadap agama lain
  • Gerakan Radikal mengatasnamakan agama yang dilakukan oleh kelompok tertentu.

Baca juga : Nilai Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila Sila 1, 2, 3, 4, dan 5

  • Merusak tempat tempat ibadah.
  • Memiliki sikap fanatisme yang anarki.

Selain contoh pelanggaran Pancasila diatas. Adapula beberapa kasus pelanggaran Pancasila sila ke 1 yang pernah terjadi. Contoh kasus pelanggarannya yaitu ketika bom bali pertama pada tahun 2002. Peristiwa terorisme tersebut termasuk aksi terbesar di Indonesia karena terjadi 3 peristiwa sekaligus. Kejadian bom bali ini memakan ratusan orang yang meninggal termasuk warga asing yang sedang berlibur.

Sila Kedua

Dalam Pancasila terdapat sila kedua yang berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Sila kedua ini berisi tentang keadilan dalam hakikat hidup sebagai warga negara Indonesia. Meski begitu terdapat beberapa pelanggaran Pancasila sila ke 2 yang sering dijumpai dalam masyarakat, baik dengan sadar ataupun tidak. Berikut beberapa contoh pelanggaran Pancasilanya yaitu:

  • Perbudakan.
  • Memperkerjakan anak yang di bawah umur.
  • Adanya ketidakadilan dalam bidang ekonomi.

Selain contoh pelanggaran Pancasila diatas. Adapula beberapa kasus pelanggaran Pancasila sila ke 2 yang pernah terjadi. Contoh kasus pelanggarannya yaitu ketidakadilan terhadap kalangan rakyat bawah, terutama karena masalah hutang. Pihak pemerintah memberikan kewajiban pembayaran pajak untuk semua kalangan. Hal ini tentunya membuat rakyat kecil menengah ke bawah merasa kesusahan dan kesulitan dalam melakukan pembayarannya. Dengan kata lain rakyat kecil berusaha memberikan subsidi kepada pengusaha kaya di Indonesia.

Sila Ketiga

Dalam Pancasila terdapat sila ketiga yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Sila ketiga ini berisi tentang tindakan memersatukan seluruh rakyat Indonesia, baik antar suku, budaya, agama dan ras. Meski begitu terdapat beberapa pelanggaran Pancasila sila ke 3 yang sering dijumpai dalam masyarakat, baik dengan sadar ataupun tidak. Berikut beberapa contoh pelanggaran Pancasilanya yaitu:

Baca juga : Faktor Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

  • Tindakan suku tertentu yang mengganggap suku sendiri lebih baik dibandingkan suku lain.
  • Perang yang terjadi antar suku.
  • Memiliki sikap provokator terhadap suku atau etnis tertentu.

Selain contoh pelanggaran Pancasila diatas. Adapula beberapa kasus pelanggaran Pancasila sila ke 3 yang pernah terjadi. Contoh kasus pelanggarannya yaitu ketika didirikannya Organisasi Papua Merdeka atau OPM. Organisasi ini berdiri pada tahun 1965 sampai sekarang. OPM melakukan beberapa gerakan dalam memisahkan Papua Barat dengan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sila Keempat

Dalam Pancasila terdapat sila keempat yang berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat/kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Sila keempat ini berisi tentang tindakan yang ditujukan untuk kepentingan masyarakat dan negaranya. Meski begitu terdapat beberapa pelanggaran Pancasila sila ke 4 yang sering dijumpai dalam masyarakat, baik dengan sadar ataupun tidak. Berikut beberapa contoh pelanggaran Pancasilanya yaitu:

  • Ketidakadilan dalam masyarakat.
  • Melarang seseorang dalam menyampaikan pendapat.
  • Melarang seseorang dalam memegang jabatan tertentu karena alasan agama, suku, ras dan sebagainya.

Selain contoh pelanggaran Pancasila diatas. Adapula beberapa kasus pelanggaran Pancasila sila ke 4 yang pernah terjadi. Contoh kasus pelanggarannya yaitu ketika terjadinya ketidakadilan dalam bidang hukum. Hal ini dibuktikan saat peristiwa pencurian semangka dan kakao seharga 2000 rupiah diwaktu silam. Saat itu pencurinya harus didekam dalam penjara selama 1 – 5 tahun. Namun untuk pejabat yang melakukan korupsi milyaran rupiah hanya dipenjara selama 1 – 2 tahun saja. Ironis bukan? Maka ada pepatah mengatakan bahwa “Tajam ke bahwa, Tumpul ke atas”.

Baca juga : Contoh Ancaman Militer dan Non Militer di Indonesia

Sila Kelima

Dalam Pancasila terdapat sila kelima yang berbunyi “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Sila kelima ini berisi tentang kehidupan yang adil untuk seluruh masyarakat di negara Indonesia. Meski begitu terdapat beberapa pelanggaran Pancasila sila ke 5 yang sering dijumpai dalam masyarakat, baik dengan sadar ataupun tidak. Berikut beberapa contoh pelanggaran Pancasilanya yaitu:

  • Penelantaran para veteran.
  • Ketidakadilan dalam keadaan tertentu.

Selain contoh pelanggaran Pancasila diatas. Adapula beberapa kasus pelanggaran Pancasila sila ke 5 yang pernah terjadi. Contoh kasus pelanggarannya yaitu saat kehidupan warga Ibukota berbeda dengan kehidupan warga Papua. Meskipun sama sama tinggal di Indonesia namun tetap saja terdapat perbedaan yang terlihat jelas. Di Jakarta terdapat pembangunan infrastruktur yang merata, sedangkan di Papua pembangunan infrastruktur yang tidak dilakukan secara merata bahkan masih banyak yang menggunakan koteka.

Sekian contoh pelanggaran Pancasila yang dapat saya bagikan. Kita sebagai warga negara Indonesia wajib mengetahui berbagai bentuk pelanggaran pancasila sila ke 1 sampai 5. Dengan begitu kasus kasus pelanggaran di atas tidak akan terulang kembali. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Incoming search terms:

  • maakalah tentang kasus sila pertama pancasila beserta solusi nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *