Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan

Diposting pada

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan – Perkembangbiakan vegetatif tumbuhan ialah cara tumbuhan untuk bereproduksi dengan tidak adanya peleburan sel jantan dan sel betina ataupun secara aseksual. Perkembangbiakan ini terjadi tanpa adanya perkawinan. Maka dari itu contoh perkembangbiakan vegetatif berasal dari bagian tubuh induk tumbuhannya. Jenis perkembangbiakan ini dapat terjadi secara alami ataupun buatan.

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan

Untuk jenis perkembangbiakan secara vegetatif hanya membutuhkan 1 induk tanaman saja. Hasil perkembangbiakan tersebut tentunya akan memiliki sifat yang sama persis dengan indukannya. Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangbiakan vegetatif tumbuhan dapat terjadi dengan cara alami ataupun buatan. Nah kali ini saya akan membahas mengenai contoh perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan baik secara alami ataupun buatan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan

Perkembangbiakan vegetatif dapat dilakukan dengan cara alami dan buatan. Namun untuk contoh perkembangbiakan vegetatif alami berbeda dengan vegetatif buatan. Berikut penjelasan dan contohnya masing masing.

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Alami

Perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan ialah sebuah perkembangbiakan aseksual yang tidak melibatkan campur tangan manusia atau pihak lain. Berikut beberapa contoh perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan:

Umbi Batang

Contoh perkembangbiakan vegetatif alami yang pertama terjadi pada umbi batang. Cara perkembangbiakannya dengan cara  pertumbuhan umbi dari batang tubuhnya yang terletak didalam tanah. Batang tersebut akan mengembang hingga membentuk umbi yang berguna sebagai tempat cadangan makanan (berbentuk karbohidrat). Ada beberapa tumbuhan yang termasuk ke dalam umbi batang yaitu bengkuang, ubi jalar, kentang dan sebagainya.

Umbi Lapis

Contoh perkembangbiakan vegetatif alami selanjutnya terjadi pada umbi lapis. Umbi lapis ialah tumbuhan yang pelepah daunnya berbentuk lapisan. Bagian atas daun tersebut akan terus tumbuh dan bagian bawahnya akan membentuk akar serabut. Contoh tumbuhan yang termasuk umbi lapis yaitu bawang putih, bunga tulip, bawang merah, dan bunga bakung.

Baca juga: Contoh Ancaman Militer dan Non Militer di Indonesia

Umbi Akar

Contoh perkembangbiakan vegetatif alami selanjutnya terjadi pada umbi akar. Umbi akar merupakan tumbuhan yang mempunyai tempat cadangan makanan di bagian akarnya. Contoh tumbuhan yang termasuk umbi akar yaitu wortel, lobak, tanaman dahlia, dan singkong.

Akar Tinggal

Contoh perkembangbiakan vegetatif alami selanjutnya terjadi pada akar tinggal. Akar tinggal ialah tumbuhan yang batangnya menjalar ke permukaan tanah. Contoh tanaman yang termasuk akar tinggal yaitu lengkuas, kunyit, kencur dan jahe.

Stolon atau Geragih

Contoh perkembangbiakan vegetatif alami selanjutnya terjadi pada stolon atau geragih. Stolon atau geragih ialah tumbuhan yang batangnya mendatar dipermukaan tanah. Kemudian bagian tumbuhan yang menyentuh tanah tadi akan tumbuh akar. Maka bagian yang ditumbuhi akar inilah yang dapat ditanam kembali. Contoh tanaman yang termasuk stolon atau geragih yaitu antanan, strawberry, rumput teki dan arbei.

Tunas

Contoh perkembangbiakan vegetatif alami selanjutnya terjadi pada tunas. Tunas ialah induk dari tumbuhan (bakal tumbuhan baru) yang dapat ditanam kembali. Contoh tumbuhan yang termasuk tunas yaitu tebu, bambu, dan pisang.

Tunas Adventif

Contoh perkembangbiakan vegetatif alami yang terakhir terjadi pada tunas adventif. Tunas adventif ialah tumbuhan yang tunasnya tumbuh dibagian tepi daun kemudian akan membentuk akar. Contoh tanaman yang termasuk tunas adventif yaitu tumbuhan cocor bebek.

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Buatan

Selanjutnya terdapat perkembangbiakan vegetatif tumbuhan dengan cara buatan. Perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan ialah sebuah perkembangbiakan aseksual yang melibatkan campur tangan manusia atau pihak lain. Berikut beberapa contoh perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan:

Mencangkok

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan

Contoh perkembangbiakan vegetatif buatan yang pertama ialah mencangkok. Mencangkok ialah usaha perkembangbiatan tumbuhan dengan cara membuat akar yang baru pada bagian batang tumbuhannya. Kemudian batang tumbuhan yang telah tumbuh akarnya akan dipotong dan ditanam kembali. Sampai pada akhirnya akan membentuk tumbuhan baru. Contoh tumbuhan yang perkembangbiakannya dicangkok yaitu jeruk, mangga, jambu, dan belimbing.

Stek

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan

Contoh perkembangbiakan vegetatif buatan selanjutnya ialah stek. Stek ialah usaha perkembangbiakan tumbuhan dengan cara menanam potongan atau bagian tertentu pada tumbuhan.

Merunduk

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan

Contoh perkembangbiakan vegetatif buatan selanjutnya ialah merunduk. Merunduk ialah usaha perkembangbiakan tumbuhan dengan cara membengkokan sebagian batang tumbuhan tersebut. Kemudian batang tadi akan dipendam didalam tanah. Contoh tumbuhan yang perkembangbiakannya secara merunduk yaitu bugenvil dan apel.

Okulasi atau Menempel

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan

Contoh perkembangbiakan vegetatif buatan selanjutnya ialah okulasi atau menempel. Okulasi atau menempel ialah usaha perkembangbiakan tumbuhan dengan cara menempelkan tunas yang masih muda pada batang tumbuhan induknya. Cara perkembangbiakan tersebut bertujuan untuk medapatkan tumbuhan yang lebih baik dari induknya (menggabungkan dua sifat menjadi satu tanaman). Contoh tumbuhan yang perkembangbiakannya secara menempel yaitu rambutan, jeruk dan durian.

Kopulasi atau Menyambung

Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan

Contoh perkembangbiakan vegetatif buatan yang terakhir ialah kopulasi atau menyambung. Kopulasi atau menyambung ialah usaha perkembangbiakan tumbuhan dengan cara menggabungkan batang bagian atas dengan bagian bawah dari tanaman lain. Penggabungan ini akan membentuk sebuah tanaman baru.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh perkembangbiakan vegetatif tumbuhan baik secara alami maupun buatan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • sebutkan tiga perkembang biakan tumbuhan secara vegetatif buatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *