Contoh Teks Berita (Pengertian, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaan)

Contoh Teks Berita (Pengertian, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaan)

Diposting pada

Contoh Teks Berita (Pengertian, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaan) – Berita sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Bahkan kita dapat menjumpai berita melalui media sosial baik secara online ataupun dari majalah/koran. Diera kemajuan jaman seperti sekarang ini memberikan kemudahan kita dalam mengakses berita dimanapun, apapun dan kapanpun. Ketika dibangku sekolah kita juga telah diajarkan mengenai pengertian teks berita, ciri ciri teks berita, struktur teks berita, dan kaidah kebahasaan teks berita. Bahkan kita juga disuruh untuk membuat contoh teks berita agar lebih memahami jenis teks yang satu ini.

Contoh Teks Berita (Pengertian, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaan)

Sekarang ini kita dapat melihat perkembangan berita dimana saja dengan menggunakan gadget/handphone. Jika berita sudah melekat dalam kehidupan sehari hari, tentu anda sudah mengerti apa itu teks berita?Pembuatan berita tidak hanya menggunakan bahasa, struktur, dan isi yang bebas. Tetapi harus mencakup beberapa ketentuan yang terdapat dalam teks ini. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian teks berita, ciri ciri teks berita, struktur teks berita, dan kaidah kebahasaan teks berita lengkap dengan contoh teks beritanya. Berikut ulasan selengkapnya.

Contoh Teks Berita (Pengertian, Ciri, Struktur dan Kaidah Kebahasaan)

Dalam pembahasan ini akan saya bagi menjadi beberapa sub menu yang meliputi pengertian teks berita, ciri ciri teks berita, struktur teks berita, kaidah kebahasaan teks berita, dan contoh teks berita. Untuk contoh dalam teks berita dapat dibagi menjadi beberapa topik seperti pendidikan, politik, dan sebagainya.

Pengertian Teks Berita

Pengertian teks berita ialah jenis teks yang berisi berbagai hal yang berkaitan dengan dunia ini dan dipublikasikan dalam bentuk siaran radio, media cetak, unggahan situs, maupun disiarkan melalui televisi, Teks berita bersifat faktual/nyata namun tidak semua hal yang fakta dapat dijadikan sebagai sebuah berita. Maka dari itu contoh teks berita belum tentu semua hal yang sifatnya nyata.

Struktur Teks Berita

Selanjutnya terdapat struktur teks berita yang digunakan sebagai pedoman dalam pembuatan contoh teks berita. Struktur teks ialah gambaran teks yang digunakan untuk membangun sebuah karangan. Struktur teks berita meliputi orientasi berita, peristiwa berita, latarbelakang kejadian, dan sumber berita yang didapatkan. Berikut penjelasannya:

Orientasi Berita

Struktur teks berita yang pertama ialah orientasi berita. Orientasi berita ialah tahap pembukaan teks yang berkaitan dengan peristiwa yang akan diberitakan.

Peristiwa

Struktur teks berita selanjutnya ialah peristiwa yang akan dikabarkan. Peristiwa ialah bagian utama dalam sebuah berita. Pada struktur ini, perstiwa dipaparkan dengan mencakup beberapa fakta.

Sumber Berita

Struktur teks berita selanjutnya ialah sumber berita. Untuk bagian sumber berita harus dicantumkan namun peletakannya bersifat fleksibel. Maknanya dapat berada didalam beritanya, sehingga tidak harus diletakkan diakhir berita.

Ciri Ciri Teks Berita

Contoh teks berita harus mencakup ciri ciri teksnya. Ciri ciri teks berita ini digunakan sebagai pembeda dengan jenis teks lainnya. Berikut beberapa ciri ciri teks berita:

  1. Sifatnya Faktual dan dapat dipercaya.
  2. Beritanya jelas.
  3. Beritanya menarik.
  4. Kalimatnya sederhana.
  5. Beritanya aktual dan terkini.
  6. Beritanya segera disampaikan.
  7. Diterima dalam masyarakat.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Selanjutnya terdapat kaidah kebahasaan teks berita yang juga menjadi pedoman dalam pembuatan contoh teks berita. Di bawah ini terdapat beberapa kaidah kebahasaan teks berita yang meliputi :

  • Menggunakan keterangan.
  • Menggunakan Verba Pewarta.
  • Menggunakan Verba Transitif.
  • Mengandung 5W + 1H (What, Where, When, Why, Who dan How).

Contoh teks berita dengan topik apapun seperti politik, pendidikan dan sebagainya harus ditulis dengan menarik dan sesuai ketentuan teksnya. Dalam penulisan teks berita harus menggunakan rumus 5W + 1H. Apa itu 5W + 1 H? 5W + 1 H ialah singkatan dari What, Where, When, Why, Who dan How. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia maknanya apa, dimana, kapan, mengapa, siapa dan bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi.

What : Peristiwa apa yang akan disampaikan.

Where : Dimana peristiwa tersebut terjadi.

When : Kapan peristiwa tersebut terjadi.

Why : Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi.

Who : Siapa yang terlibat dalam peristwa itu.

How : Bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi.

5W + 1H diatas kemudian disusun hingga membentuk contoh teks berita yang menarik, aktual dan faktual.

Contoh Teks Berita

Untuk lebih memahami mengenai jenis teks ini, saya juga menyertakan contoh teks berita dengan beberapa topik yang berbeda. Berikut beberapa contoh dari teks berita:

Contoh Teks Berita Tentang Banjir

Pada tanggal 2 Januari 2018, Sungai Ciliwung meluap hingga menyebabkan banjir dengan ketinggian 2 meter. Banjir tersebut merendam 2 Desa disekitarnya.

Peluapan sungai Ciliwung diduga karena hujan lebat yang melanda Jakarta pada pukul 18.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB. Banyak keluarga dari 2 desa yang telah diungsikan ke kampung sebelah. Diperkirakan terdapat 135 kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggalnya.

Baca juga: Pengertian Teks Cerita Fantasi Beserta Ciri Ciri, Struktur dan Contoh

Melihat bencana banjir ini, pihak pemerintah segera memberikan bantuan kepada korban banjir berupa air bersih, minuman, obat obatan, pakaian, dan makanan.

Sekitar dua tahun lahu, banjir pernah melanda desa ini. Namun banjir yang terjadi ditahun ini lebih besar dari pada tahun sebelumnya. Penyebab banjir tersebut diduga karena kebiasaan masyarakat Ciliwung yang membuang sampah sembarangan. Hal inilah yang tentunya dapat mengakibatkan banjir ketika musim hujan datang.

Contoh Teks Berita Tentang Politik

Disekitar wilayah Jakarta sedang terjadi persaingan pencalonan Gubernur yang memanas. Beberapa bulan lagi, Wilayah DKI Jakarta akan memilih Gubernur baru karena masa jabatan Gubernur sebelumnya telah habis.

Kandidat dari Calon Gubernur DKI jakarta berasal dari partai politik dan Independent. Hal ini membuat persaingan menjadi semakin memanas. Salah satu kandidat calon gubernur ialah Basuki Tjahaja Purnama atau kita kenal dengan nama Pak Ahok. Beliau kembali mencalonkan diri sebagai kandidat Gubernur Jakarta yang baru.

Adapula kandidat lain yaitu Anies Baswedan yang dulunya merupakan Menteri Pendidikan serta kandidat selanjutnya yaitu Agus Harimurti Yudhoyono yang dulunya mengabdi sebagai anggota TNI. Persaingan yang terjadi diantara ketiga calon guberbur tersebut sangat sengit. Ketiga calon Gubernur DKI Jakarta itu merupakan orang orang yang berasal dari golongan berprestasi.

Baca juga: 6 Contoh Spoof Text Singkat Beserta Arti dan Strukturnya

Di media masa telah bertebaran perang visi misi dan gagasan antara ketiga calon. Untuk itu kita hanya tinggal menunggu Gubernur periode 2017-2022 selanjutnya antara ketiga calon tadi.

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

UN diulang? Soal Bocor!

Ujian nasional tingkat SMP akan dilaksnakan pada hari Senin, 24 April 2017 terpaksa diulang dikarenakan soal UN telah bocor. Hal ini mengakibatkan berita besar dalam pelaksanaan UN tahun ini. Anies Baswedan selaku Menteri Pendidikan akan mengusut pembocoran soal UN tersebut. Ia juga berkata bahwa pelaku pembocoran soal UN akan dihukum sesuai pasal yang berlaku.

Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud atau PUSPENDIK mengkonfirmasi telah terdapat 30 buklet soal dari 11.730 yang telah terunggah di media internet secara ilegal.

Menteri Pendidikan segera berkoordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informasi terkait laporan tersebut. Beliau meminta agar konten ilegal yang terdapat di tautan Google segera diblokir. Upaya pemblokiran konten tersebut dilakukan dengan bantuan kerjasama dari pihak Google.

Kebocoran soal UN tahun ini diduga melibatkan pihak percetakan negara yang bertugas dalam mencetak semua soal UN. Pihak percetakan tersebut digeledah secara internal agar mengetahui pelaku yang sebenarnya. Kejadian pembocoran soal UN tersebut menjadi pertimbangan Menteri Pendidikan dalam pelaksanaan ujian nasional ulang ataupun tidak. Namun kemungkinan ujian nasional tidak akan diulang. Keputusan tersebut berhubungan dengan pertimbangan biaya pembuatan soal yang baru.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian teks berita, ciri ciri teks berita, struktur teks berita, kaidah kebahasaan teks berita, beserta contoh teks berita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • Teks eksplanasi pengertian ciri struktur dan kaidah kebahasaan
  • menentukan struktur dan kaidah berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *