Contoh Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Tentang Budaya
Contoh Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia

Contoh Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Tentang Budaya

Diposting pada

Contoh Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Tentang Budaya – Pengertian teks eksplanasi secara sederhana ialah sebuah teks yang menjelaskan tentang serangkaian peristiwa “Bagaimana” dan “Mengapa” dapat terjadi. Adapun peristiwa yang dijelaskan mencakup aspek aspek budaya, sosial, ilmu pengetahuan, alam dan lain lain. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh teks eksplanasi budaya dalam Bahasa Indonesia. Contoh teks ini mengandung unsur unsur budaya yang akan saya jelaskan nantinya. Selain itu, jenis teks ini juga disertai dengan beberapa unsur didalamnya.

Contoh Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Tentang Budaya
Contoh Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia

Contoh teks eksplanasi budaya menggunakan beberapa struktur dan kaidah kebahasaan yang sama seperti contoh eksplanasi lainnya. Yang membedakan disini ialah penerapan tema yang digunakan. Contoh eksplanasi budaya tersebut mengandung unsur unsur peristiwa kebudayaan di dalamnya. Selain itu didalamnya juga mengandung proses dan hubungan sebab akibat dari peristiwanya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Tentang Budaya

Sebelum membagikan beberapa contoh teks eksplanasi budaya, saya akan menjelaskan beberapa struktur teksnya terlebih dahulu. Berikut beberapa struktur teks eksplanasi yaitu meliputi:

  • Pernyataan umum yakni struktur teks yang mengandung penjelasan umum seperti perkenalan peristiwa.
  • Sebab akibat atau deretan penjelas yakni struktur teks eksplanasi yang berupa penjelasan dari kejadian peristiwa tersebut.
  • Penutup atau interpretasi yakni struktur teks yang berisi kalimat penutup dari peristiwa yang dijelaskan. Bagian penutup dalam teks eksplanasi sendiri dapat ditambahkan ataupun tidak dalam teksnya.

Baca juga : Contoh Teks Laporan Percobaan Beserta Kaidah Kebahasaannya

Setelah memahami mengenai struktur teks eksplanasi di atas. Tentunya anda telah mengetahui gambaran umum mengenai contoh teks eksplanasi budaya. Berikut beberapa contoh teks dan strukturnya yaitu:

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

“Perubahan dalam Budaya”

Pernyataan Umum

Hal hal yang berhubungan dengan unsur tradisional tidak selamanya dapat dikatakan budaya. Contohnya seperti makanan khas, pakaian, kesenian, bahasa dan sebagainya.

Meskipun istilah “Budaya” sering terdengar di telinga kita, namun apa yang akan terlintas di pikiran kita? Di pikiran kita tentunya akan terlintas sebuah lambang dari kebudayaan negara atau daerah. Misalnya bahasa, bentuk bangunan, tari tarian, pakaian, musik makanan, adat istiadat dan lain lain.

Bagian Penjelasan

Budaya dapat di artikan sebagai perkembangan cara hidup bersama yang terdapat dalam sekelompok orang. Dari generasi ke generasi sudah diwariskan macam macam budaya masing masing. Maka dari itu terdapat perbedaan budaya di daerah yang satu dengan daerah lainnya.

Budaya menghasilkan beberapa macam hal yang dapat dikelompokkan menjadi sebuah estetika, kepercayaan dan pengetahuan. Ketiga hasil budaya tersebut saling mempengaruhi satu sama lain sehingga dapat membentuk sebuah hasil berupa bahasa, teknologi, makanan, hukum, tempat tinggal, adat istiadat, pakaian, dan sebagainya.

Mengapa seiring berjalannya zaman membuat budaya berubah? Mengapa terjadi perkembangan budaya? Hal ini dapat terjadi karena dipengaruhi oleh faktor faktor di bawah ini:

  • Hubungan manusia yang satu dengan manusia lainnya di setiap daerah, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Perkembangan teknologi sekarang ini sangat mudah mempengaruhi satu budaya dengan budaya lainnya.
  • Perkembangan yang terjadi dalam diri manusia mengakibatkan perubahan dalam kebutuhan hidup, cara hidup dan lain lain. Maka dari itu dapat mempengaruhi budaya sehingga dapat merubahnya.
  • Lingkungan yang mengalami perubahan yang cukup ekstrim.

Berdasarkan faktor di atas, kita dapat memperoleh kesimpulan bahwa budaya tidak mungkin jika tidak mengalami perubahan. Sedangkan sebuah wacana dalam melestarikan budaya sendiri hanya berupa wacana simbolis saja. Hal ini dikarenakan manusia sudah pasti tidak dapat menggunakan cara hidup lama dalam menjalankan kehidupannya.

Kita sebagai generasi muda harus tetap memperhatikan kebudayaan lama yang telah ada. Hal ini dikarenakan budaya baru akan tercipta dengan berpedoman pada budaya lama sebelumnya. Dengan begitu hasil modifikasi dari budaya lama dapat dinyatakan sebagai budaya baru yang baik dan benar.

Baca juga : 18 Contoh Karangan Liburan Sekolah di Rumah Lengkap

Bagian Penutup

Perubahan budaya tidak selamanya dapat dikatakan buruk. Meskipun beberapa hal dari budaya lama yang cukup disayangkan karena telah hilang ataupun punah. Selain itu juga terdapat peristiwa yang sangat disayangkan ketika budaya lama yang menghilang menjadi sebuah ironi. Namun disisi lain terdapat ketidaksanggupan manusia untuk bertahan di satu titik saja.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Beserta Struktur

“Budaya Jawa Wayang”

Pernyataan Umum

Wayang adalah pertunjukan Indonesia asli yang sangat pesat berkembang di Pulau Bali dan Jawa. Wayang tidak hanya berkembang di kedua daerah tersebut, namun juga populer di Semenanjung Malaya dan Sumatera. Namun di daerah ini pengaruh dari budaya wayang berpedoman pada kebudayaan Hindu dan Jawa.

Bagian Penjelasan

Pada tanggal 7 November 2003, UNESCO selaku lembaga kebudayaan dunia telah menetapkan wayang sebagai warisan dunia dari maha karya seni bertutur yang tidak ternilai dan merupakan pertunjukan bayangan boneka di Indonesia yang cukup terkenal.

Pertunjukan wayang sampai sekarang masih dapat kita peroleh. Namun ada salah satu pertunjukan wayang awal yang menggunakan bunyi si Galigi mawayang pada abad ke 6 dari Prasasti Balitung. Ketika Indonesia dimasuki oleh agama Hindu, maka pada saat itu pula budaya sudah ada penyesuaian. Untuk menyebarkan agama ini pada dasarnya menggunakan media efektif berupa wayang tersebut. Wayang yang dipertunjukkan mengandung cerita Ramayana dan Mahabharata.

Kedatangan Islam dimulai ketika muncul pertunjukan boneka wayang yang berasal dari kulit sapi hanya untuk membentuk bayangan saja. Jenis wayang ini mulai terikenal dengan nama wayang kulit. Kemudian adapula penyebaran Islam yang menggunakan wayang sadat dalam memperkenalkan berbagai nilai dalam Islam itu sendiri.

Pada tahun 1960, Bruder Timotheus L. Wignyosubroto selaku minionaris Katolik melakukan penyebaran agama katolik sebagai pelaksanaan misinya. Penyebaran tersebut menggunakan Wayang Wahyu yang jalan ceritanya berasal dari Alkitab.

Bagian Penutup

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa masyarakat diajak untuk menjalankan kebaikan sesuai dengan filosofi nilai nilai yang terkandung dalam pewayangan. Selain itu juga mengajak masyarakat untuk menanamkan semangat amar ma’ruf nahi mungkar dan menjauhi kejahatan.

Ajakan untuk berbuat kebaikan ini dapat disebut “memayu hayuning bebrayan agung” dalam istilah pewayangan yang berdasar pada kepercayaan dan ajaran agama masing masing.

Baca juga : 4 Contoh Teks Eksposisi (Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Lingkungan)

Kita sebagai generasi muda anak bangsa harus ikut membantu melestarikan kebudayaan wayang yang telah ada. Dengan masing masing kemampuan kita diharapkan dapat membantu melestarikan wayang. Maka dari itu budaya wayang akan tetap ada dan terus lestari.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Singkat

“Penyebab Budaya Indonesia Semakin Luntur”

Pernyataan Umum

Semakin hari di Indonesia semakin banyak masyarakat yang tidak memiliki kesadaran dalam budaya. Maka dari itu komunikasi budaya dan pembelajaran budayanya semakin berkurang. Karena sekarang ini lebih banyak orang memilih kebudayaan asing yang sesuai perkembangan jaman dan lebih praktis sehingga dapat dikatakan cukup drastis penurunannya.

Budaya asing selalu kita anggap lebih keren dan praktis dalam beberapa hal. Namun sebenarnya tidak selamanya dapat dianggap benar. Sebenarnya budaya luar banyak mengandung beberapa hal yang tidak sesuai dengan budaya dan jati diri Indonesia meskipun beberapa orang menganggap keren budaya luar itu sendiri.

Bagian Penjelasan

Pada akhirnya menciptakan kebudayaan yang hasilnya perlahan lahan menghilang, di klaim negara lain dan bahkan tidak terurus lagi. Agar peristiwa ini tidak terjadi, maka kita harus dapat memiliki kemampuan komunikasi budaya yang baik dan benar. Karena hal inilah yang sangat penting untuk kita anut dalam diri sendiri. Komunikasi yang berkurang akan mempengaruhi persatuan dan kesatuan antar sukunya karena adanya pertikaian.

Selain itu komunikasi antar masyarakat juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Maka dari itu tujuan dalam mempertahankan kebudayaan hidup dari generasi ke generasi akan tetap ada. Bahkan antara budaya satu dengan budaya lainnya juga dapat diperkenalkan satu sama lain.

Kesimpulan

Sedikit demi sedikit budaya kita semakin menghilang karena kurangnya pembelajaran budaya. Maka dari itu sejak usia dini, alangkah lebih baik jika sudah mempelajari tentang budaya. Bahkan di sekolah sekolah sekarang ini telah ada mata pelajaran mengenai kebudayaan. Namun sayangnya materi tentang budaya tersebut sering tidak dianggap penting oleh banyak orang.

Di era Globalisasi sekarang ini, kita dapat mempertahankan dan membangun budaya lokal dengan melalui pelajaran budaya tersebut. Karena sebenarnya banyak cara yang digunakan untuk menjaga budaya Indonesia. Salah satunya ialah mengajarkan anak anak generasi muda bangsa mengenai budaya.

Inilah beberapa contoh teks eksplanasi Bahasa Indonesia yang dapat saya bagikan. Dengan melalui contoh teks eksplanasi budaya di atas, diharapkan dapat menyadarkan banyak orang akan pentingnya menjaga kebudayaan bangsa Indonesia agar tidak punah dan hilang di telan zaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung dimaterisiana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *