Contoh Teks Laporan Percobaan Beserta Kaidah Kebahasaannya
Membuat Teks Laporan Percobaan

Contoh Teks Laporan Percobaan Beserta Kaidah Kebahasaannya

Diposting pada

Contoh Teks Laporan Percobaan Beserta Kaidah Kebahasaannya – Ketika di bangku sekolah para siswa tentunya pernah melakukan percobaan. Percobaan yang dilakukan harus disertai dengan teks laporan ataupun teks rekamannya. Teks rekaman percobaan dibuat dengan cara mengamati gejala sebab dan akibat dari eksperimen yang dilakukan sebelumnya. Selain itu contoh teks laporan percobaan yang baik juga harus mengikuti beberapa kaidah kebahasaan yang ada. Eksperimen atau percobaan dilakukan untuk memperoleh hasil tertentu. Hasil inilah yang akan dilaporkan dalam bentuk teks. Teks tersebutlah yang dinamakan dengan teks laporan percobaan.

Contoh Teks Laporan Percobaan Beserta Kaidah Kebahasaannya
Membuat Teks Laporan Percobaan

Apa itu teks laporan/rekaman percobaan? Teks laporan/rekaman percobaan ialah sebuah teks yang berisi penelitian percobaan yang sebelumnya telah dilakukan. Teks ini pada dasarnya berguna untuk melaporkan hasil percobaan, laporan praktikum dan karya ilmiah. Apa tujuan contoh teks rekaman percobaan itu? Pembuatan teks ini bertujuan untuk memberikan orang lain informasi terkait percobaan yang dilakukan dengan hasilnya. Percobaan tersebut dapat dilakukan secara individual ataupun kelompok. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh teks laporan percobaan beserta kaidah kebahasaan teks laporan percobaan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Teks Laporan Percobaan Beserta Kaidah Kebahasaannya

Teks rekaman percobaan dapat diartikan sebagai sebuah teks yang berisi penjelasan proses, tujuan dan hasil dari pelaksanaan percobaan. Contoh teks laporan percobaan dibuat oleh seorang peneliti untuk memperoleh hasil eksperimen tertentu. Laporan hasil percobaan dalam bentuk teks tersebut bersifat universal atau umum. Adapun beberapa contoh teks rekaman percobaan dan penjelasannya yaitu meliputi:

Baca juga : 18 Contoh Karangan Liburan Sekolah di Rumah Lengkap

Cara Membuat Teks Laporan Percobaan

Contoh teks laporan percobaan dapat dibuat dengan mengikuti beberapa langkah cara. Jenis teks ini ditulis setelah percobaan dilakukan dan memperoleh hasil tertentu. Adapun beberapa langkah membuat contoh teks rekaman percobaan yaitu sebagai berikut:

Menulis Struktur Teks Laporan Percobaan

Langkah pertama dalam membuat contoh teks laporan percobaan ialah dengan menulis strukturnya terlebih dahulu. Alangkah lebih baik jika sebelum menulis laporan tersebut, anda membuat kerangka struktur teksnya terlebih dahulu. Adapun kerangkanya seperti diawali dengan tujuan percobaan, dilanjutkan dengan bahan dan alat yang digunakan, serta diakhiri dengan proses pelaksanaan percobaan mulai dari langkah awal sampai akhir. Hasil percobaan tersebut juga dapat ditulis dalam bentuk grafik, gambar, tabel , ataupun bagan sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca. Lalu tahap terakhir ialah dengan menulis kesimpulan percobaan yang dilakukan.

Pengembangan Kerangka Menjadi Teks

Langkah selanjutnya dalam membuat contoh teks laporan percobaan ialah pengembangan kerangka menjadi teks. Kerangka tersebut dikembangkan menjadi sebuah teks setelah melakukan beberapa seleksi. Anda juga harus memperhatikan beberapa penggunaan kaidah kebahasaan dalam teks rekaman percobaan tersebut.  Untuk itu teks percobaan ini dapat dengan mudah dimengerti.

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

Contoh teks laporan percobaan yang baik dan benar tidak terlepas dari penggunaan kaidah kebahasaannya. Adapun beberapa kaidah kebahasaan teks rekaman percobaan yaitu:

  • Menggunakan antonim dan sinonim.
  • Mengandung kata bilangan.
  • Mengandung kalimat perintah. Contohnya campurkan, sebaiknya, aduklah, satukan, lilitkan, hindari dan sebagainya.
  • Menggunakan konjungsi atau kata hubung. Contohnya jika, dan, apabila, meskipun, tetapi, saat, sehingga dan sebagainya.

Contoh Teks Laporan Percobaan

Membuat Slime Tak Berboraks

Tujuan

Mengembangkann kreativitas dan inovasi yang terdapat dalam diri kita. Cara membuat slime tersebut cukup mudah tanpa menggunakan biaya yang mahal.

Baca juga : 4 Contoh Teks Eksposisi (Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Lingkungan)

Alat dan Bahan

  • Deterjen bubuk (secukupnya)
  • Pembersih lantai (secukupnya)
  • Lem povinal (secukupnya)
  • Deterjen cair (secukupnya)
  • Air (secukupnya)
  • Wadah tempat slime (baskom dan sebagainya)
  • Alat pengaduk (sendok, tangan atau mixer)

Langkah Langkah

  1. Campurkan beberapa bahan ke dalam wadah slime seperti deterjen bubuk, lem povinal, air, pembersih lantai dan deterjen bubuk secukupnya. Campuran beberapa bahan ini dapat dinamakan dengan Aktivator.
  2. Kemudian aduk sampai bahan bahan tercampur rata.
  3. Masukkan lem povinal ke dalam tempat aktivator tadi.
  4. Lalu aduk kembali sampai bentuk dan strukturnya menggumpal.
  5. Masukkan adonak ke freezer selama 5 – 10 menit.
  6. Setelah 5 – 10 menit kemudian keluarkan dari freezer.
  7. Aduk kembali adonan hingga dapat dimainkan.
  8. Pembuatan slime telah selesai.

Hasil

Slime yang aman untuk anak dapat dibuat menggunakan bahan bahan yang tidak menggunakan boraks. Sekarang ini dikalangan anak anak sedang populer mainan bernama slime.

Kesimpulan

Kreativitas dan pengetahuan anak akan bertambah dengan membuat slime sendiri menggunakan bahan bahan yang aman. Bahan bahan yang digunakan lebih aman karena tidak menggunakan boraks. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga lebih hemat.

Contoh Teks Laporan Percobaan Lainnya

Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana

Tujuan

Makhluk kecil bersayap bernama nyamuk terus mengganggu kita ketika sedang tidur dimanapun dan kapanpun. Nyamuk ini dapat dikategorikan berbahaya ataupun tidak. Masalah seperti ini mungkin dianggap sepele oleh sebagian orang dan cara mengatasinya dapat dilakukan dengan menyemprotkan obat pembasmi nyamuk yang banyak dijual di pasaran. Apakah kalian tahu bahwa cairan pembasmi nyamuk itu berbahaya bagi tubuh karena mengandung bahan bahan kimia? Untuk permasalahan tersebut, solusinya ialah dengan membuat alat perangkap nyamuk sederhana sebagai alternatifnya. Perangkap tersebut dapat dibuat dengan bahan bahan yang mudah ditemui sehari hari serta menggunakan tahap tahap yang sederhana.

Alat dan Bahan

  • Air 200 ml
  • Ragi 1 gram
  • Botol plastik bekas berukuran 1,5 liter
  • Pisau
  • Gula merah 50 gram

Baca juga : 6 Contoh Teks Editorial Singkat (Lingkungan, Sosial, dan Pendidikan)

Langkah Langkah

  1. Belah botol plastik menjadi dua bagian tepat di tengah tengahnya. Kemudian bagian atas botol disimpan.
  2. Campurkan air panas dengan gula merah sampai dingin. Lalu tuangkan campuran ke potongan botol bagian bawah.
  3. Masukkan ragi ke dalamya tanpa diaduk. Hal ini bertujuan untuk menciptakan Karbon Dioksida.
  4. Pasang bagian atas potongan botol dengan letak terbalik menyerupai corong.
  5. Lapisi botol kecuali dibagian atas dengan sesuatu yang warnanya hitam. Kemudian taruh botol tersebut di sudut sudut rumah.

Hasil

Langkah langkah pembuatan alat perangkap nyamuk sederhana tersebut selesai dilakukan. Alat perangkap nyamuk ini cukup ampuh untuk menangkap nyamuk di pagi atau malam hari.

Kesimpulan

Jika dibandingkan dengan cairan pembasmi nyamuk, alat perangkap nyamuk sederhana ini tergolong lebih aman. Alat tersebut dapat ditempatkan di tempat timur ataupun di pojok kamar. Lihat botol seminggu kemudian, maka akan banyak nyamuk yang terperangkap didalamnya.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh teks laporan percobaan dan kaidah kebahasaan teks laporan percobaan terlengkap. Contoh teks rekaman percobaan akan mudah dipahami oleh pembacanya jika menggunakan kata kata yang baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Incoming search terms:

  • contoh analisis kaidah teks laporan percobaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *