Dampak Perubahan Sosial (Positif dan Negatif) Terlengkap
Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial

Dampak Perubahan Sosial (Positif dan Negatif) Terlengkap

Diposting pada

Dampak Perubahan Sosial (Positif dan Negatif) Terlengkap – Di dalam setiap kehidupan manusia terdapat salah satu unsur yang tidak kalah penting yaitu perubahan sosial. Perubahan sosial adalah perubahan dalam masyarakat yang terjadi di berbagai lembaga kemasyarakatan sehingga berpengaruh terhadap sistem sosial, pola perilaku, sikap sosial dan nilai sosial di antara kelompok masyarakat. Perubahan sosial tersebut bahkan memiliki dampaknya sendiri, baik dampak positif perubahan sosial maupun dampak negatif perubahan sosial. Lantas apa saja dampak dari perubahan sosial itu? Apa saja dampak positif dan negatif perubahan sosial?

Dampak Perubahan Sosial (Positif dan Negatif) Terlengkap
Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial

Perubahan sosial dalam masyarakat yang terjadi memiliki dampak secara garis besar terlihat seperti regres atau progres serta kemajuan atau kemuncuran. Dampak dalam perubahan sosial sendiri tidak selalu bersifat negatif  ataupun positif. Perubahan sosial yang dialami oleh masyarakat memiliki kondisi pengalaman yang bergantung pada ukuran objektif dan perspektif dari dampak yang dilakukan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaksan tentang dampak perubahan sosial terlengkap, baik dampak positif perubahan sosial maupun dampak negatif perubahan sosial. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Dampak Perubahan Sosial (Positif dan Negatif) Terlengkap

Proses perubahan kehidupan tradisional menjadi modern tidak dapat dilihat sebagai proses yang baik begitu saja, walaupun dapat dinamakan dengan progress. Progres, kemajuan dan modernisasi tidak sama dengan arti kehidupan yang lebih baik. Sebuah perubahan sosial memiliki dampak yang menimbulkan tatanan baru di masyarakat tersebut. Di bawah ini terdapat dampak positif perubahan sosial dan dampak negatif perubahan sosial yaitu meliputi:

Baca juga : Faktor Pendorong dan Penghambat Integrasi Nasional

Dampak Positif Perubahan Sosial

Dampak perubahan sosial yang pertama saya jelaskan ialah dampak positifnya. Dampat positif dari perubahan sosial merujuk pada kemajuan yang menimbulkan kesejahteraan dan keadilan dalam masyarakat. Inilah yang menjadi keinginan bagi masyarakat. Di bawah ini terdapat dampak positif dalam perubahan sosial yaitu meliputi:

Munculnya Norma dan Nilai Baru

Dampak positif perubahan sosial yang pertama ialah munculnya nilai dan norma baru. Terkadang kebutuhan manusia dianggap belum bisa dipenuhi dengan norma dan nilai karena menjadi semakin kompleks. Untuk itu perubahan sosial yang terdapat di masyarakat ini diharapkan dapat mendorong norma dan nilai baru dapat muncul sesuai dengan ketentuan perkembangan zaman.

Adanya Hubungan dan Struktur Sosial Baru

Dampak perubahan sosial selanjutnya ialah adanya hubungan dan struktur sosial baru. Dampak ini lebih berfokus pada rasa menghormati atas HAM (Hak Asasi Manusia).

Upaya Mewujudkan Kesetaraan Gender dan Memberdayakan Perempuan

Dampak positif perubahan sosial selanjutnya ialah terdapat upaya mewujudkan kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan. Pemberdayaan perempuan sendiri dapat berbentuk susunan gender related development yakni anggaran pendidikan dan kesehatan lebih ditambah. Maka dari itu porsi yang layak bagi perempuan sudah dapat dipastikan, khususnya berhubungan dengan peningkatan beasiswa dan pelayanan kesehatan untuk pelajar perempuan. Selain itu peranan perempuan dalam kegiatan ekonomi lebih diharmonisasikan dengan setara agar taraf hidupnya menjadi semakin meningkat. Kemudian diharapkan para perempuan juga lebih leluasa dalam mengembangkan dan menggali sumber daya serta potensi yang terdapat di dalam dirinya.

Menimbulkan Diferensiasi Struktural

Dampak perubahan sosial selanjutnya ialah menimbulkan diferensiasi struktural. Pengertian diferensiasi struktural ialah lembaga sosial baru yang berkembang sehingga berbagai jenis kebutuhan para anggota masyarakat dapat dipenuhi meski sudah semakin kompleks. Maka dari itu kebutuhan tersebut dapat dipenuhi fungsinya dengan lebih baik.

Tercipta Budaya Ilmuan

Dampak positif perubahan sosial selanjutnya ialah tercipta budaya ilmuan. Pelaksanaan masing masing gejala non sosial dan sosial mengarah pada deskripsi ilmiah. Maka dari itu harus melakukan observasi dan penalaran yang tepat sehingga dapat digunakan sebagai alat penelitian pengetahuan ilmiah.

Baca juga : Pengertian Mobilitas Sosial Beserta Bentuk Bentuknya

Semakin Tingginya Kesadaran Politik

Dampak perubahan sosial selanjutnya ialah semakin tingginya kesadaran politik. Kesadaran politik yang semakin tinggi dibuktikan dengan adanya partisipasi praktik politik menjadi lebih meningkat. Lapisan bawah masyarakat telah dicapai oleh pendidikan politik sehingga kesadaran akan pentingnya menggunakan hak politik menjadi lebih berkembang.

Penguasaan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Meningkat

Dampak positif perubahan sosial selanjutnya ialah penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan meningkat. Penelitian ilmiah yang muncul membuat manusia semakin sadar akan pentingnya menguasai IPTEK sehingga taraf hidupnya lebih meningkat.

Semakin Merata dan Tinggi Tingkat Pendidikan Formal

Dampak perubahan sosial selanjutnya ialah semakin merata dan tinggi tingkat pendidikan formal. Di berbagai jenjang pendidikan formal memang semakin berkembang sehingga peningkatan akses pendidikan bagi anggota masyarakat juga semakin banyak dan beragam, mulai dari segi biaya ataupun jurusan.

Industrialisasi Semakin Berkembang

Dampak positif perubahan sosial selanjutnya ialah industrialisasi semakin berkembang. Perkembangan tersebut menimbulkan signifikasi dalam nilai tambah dan produktivitas sehingga peluang ekspor lebih meningkat serta banyak tenaga kerja yang terserap.

Peluang Mobilitas Semakin Terbuka

Dampak perubahan sosial selanjutnya ialah peluang mobilitas semakin terbuka. Sekarang ini semakin berkurang hambatan dalam pelaksanaan mobilitas. Untuk itu kesempatan dalam melakukan mobilitas sosial menjadi semakin terbuka di berbagai strata.

Dampak Negatif Perubahan Sosial

Setelah membahas tentang dampak positif perubahan sosial, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang dampak negatif dari perubahan sosial. Dampat negatif dalam perubahan sosial merujuk pada kemunduran yang berupa konflik sosial, tindak kriminalitas, deviasi sosial dan sebagainya. Hal tersebut yang menjadi titik jenuh perubahan sosial dalam masyarakat. Berikut beberapa dampak negatif yang ditimbulkan karena adanya perubahan sosial yaitu meliputi:

Terdapat Disorientasi Norma dan Nilai

Dampak negatif perubahan sosial yang pertama ialah terdapat disorientasi norma dan nilai. Kebutuhan akan independensi dan kebebasan otoritas tradisional yang semakin tinggi mengakibatkan nilai dan normanya menjadi lebih terabaikan.

Perubahan Tingkah Laku

Dampak perubahan sosial selanjutnya ialah perubahan tingkah laku. Tingkah laku yang semakin berubah tersebut mengarah pada tindakan menyimpang. Jika tindakan tidak sesuai dengan norma dan nilai sosial di masyarakat maka akan dianggap sebagai perilaku menyimpang.

Baca juga : Pengertian Interaksi Sosial Asosiatif dan Disosiatif Beserta Bentuknya

Semakin Besarnya Budaya Konsumtif

Dampak negatif perubahan sosial selanjutnya ialah semakin besarnya budaya konsumtif dalam masyarakat. Sebuah barang dikonsumsi oleh individu karena disebut sebagai simbol status.

Sifat Individualisme Semakin Berkembang

Dampak perubahan sosial selanjutnya ialah sifat Individualisme semakin berkembang. Masyarakat sekarang ini lebih mengutamakan kepentingan pribadi, sehingga kepentingan hukum lebih sering dikesampingkan. Pada dasarnya antar manusia memiliki hubungan yang serba terbatas sehingga bersifat sekunder di bidang kehidupan tertentu.

Timbulnya Konflik Sosial Horizontal dan Vertikal

Dampak negatif perubahan sosial selanjutnya ialah timbulnya konflik sosial horizontal dan vertikal. Perubahan sosial dihadapi dengan kepentingan dan sikap yang berbeda sehingga muncul konflik dan kekerasan.

Banyak Pengangguran

Dampak perubahan sosial selanjutnya ialah banyak pengangguran. Kesempatan kerja dan peluang usaha seharusnya banyak tercipta di era Industrialisasi sekarang ini. Tetapi terdapat sebagian masyarakat yang kurang siap dalam menyesuaikan dirinya terhadap pola Industrialisasi. Maka dari itu jumlah pengangguran menjadi semakin meningkat.

Adanya Kesenjangan Sosial

Dampak negatif perubahan sosial selanjutnya ialah adanya kesenjangan sosial. Perubahan tertentu yang dapat disesuaikan oleh anggota masyarakat akan membuat taraf hidupnya menjadi semakin meningkat. Tetapi jika masyarakat tidak dapat menyesuaikannya, maka kualitas hidupnya akan menurun dan semakin terbelakang lama kelamaan. Kesenjangan sosial yang semakin lebar terkait terjadinya perubahan mengakibatkan hubungan antar dua kondisi saling berkebalikan.

Sekian penjelasan mengenai dampak perubahan sosial terlengkap, baik dampak positif perubahan sosial maupun dampak negatif perubahan sosial. Perubahan sosial merupakan perubahan dalam masyarakat yang terjadi di berbagai lembaga kemasyarakatan sehingga berpengaruh terhadap sistem sosial, pola perilaku, sikap sosial dan nilai sosial di antara kelompok masyarakat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *