Faktor Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia
Keberagaman Indonesia

Faktor Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Diposting pada

Faktor Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia – Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia cukup beragam. Hal ini dapat kita amati disekeliling kita mulai dari lingkungan masyarakat, sekolah, rumah dan lain lain. Keberagaman tersebut mencakup gender, ras, agama, suku dan budaya. Negara Indonesia merupakan negara kesatuan yang berbentuk pulau pulau. Jumlah provinsi di Indonesia sebanyak 34 provinsi dengan tingkat keberagaman masyarakat yang bervariasi.

Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia di dasari pada perbedaan agama, ras, budaya, suku bangsa, ekonomi dan sebagainya. Perbedaan inilah yang menimbulkan keberagaman masyarakat sesuai semboyan Bhineka Tunggal Ika yang maknanya berbeda beda tetapi tetap satu jua. Semboyan ini menjelaskan bahwa meskipun Indonesia memiliki keberagaman masyarakat namun akan melebur menjadi satu bangsa yaitu Indonesia.

Ketika di bangku Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas. Kita juga dijelaskan mengenai keberagaman Indonesia yang disebabkan oleh perbedaan kondisi alam, letak geografis dan perbedaan lingkungan. Hal ini tentunya dikarenakan Indonesia terdiri dari berbagai pulau dengan budayanya masing masing. Kali ini saya akan membahas tentang faktor faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Faktor Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Di berbagai negara memang sudah terbiasa dengan keberagaman masyarakatnya. Bahkan di Indonesia, keberagaman tersebut dianggap indah karena masyarakat lebih berwarna dengan perbedaan yang mereka miliki. Tetapi adapula yang menganggap keberagaman dalam masyarakat sebagai wujud ancaman untuk memecah Indonesia. Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia inilah yang nantinya akan membuat rakyat semakin bersatu atau malahan semakin pecah belah. Apabila terjadi hasutan pihak luar yang menyebabkan kesalahpahaman suku dan budaya yang ada, nantinya akan membuat bangsa Indonesia menjadi terancam. Misalnya saja saat perang sampit yang melibatkan suku Madura dan suku Dayak.

Faktor Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia
Keberagaman Masyarakat Indonesia

Pada dasarnya faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia tersebut bukan penghalang untuk memecah belah kita. Sebenarnya keberagaman ini merupakan wujud tantangan kita untuk tetap bersatu meski dipisahkan oleh pulau pulau. Keberagaman ini dapat diatasi dengan cara saling menghormati antar umat beragama, antar suku dan saling rukun satu sama lain. Dengan begitu negara Indonesia akan menjadi sebuah negara yang penuh toleransi dan akan semakin berkembang.

Baca juga: Contoh Ancaman Militer dan Non Militer di Indonesia

Di bawah ini terdapat beberapa faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia. Berikut penjelasannya:

Indonesia sebagai Negara Kepulauan

Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia yang pertama dikarenakan Indonesia merupakan negara yang terdiri dari pulau pulau. Perbedaan pulau tersebut membuat kesenjangan komunikasi antar penduduk. Selain itu setiap pulau memiliki bahasa, kebudayaan dan agamanya masing masing. Hal inilah yang tentunya membuat masyarakat Indonesia menjadi beragam.

Letaknya Strategis

Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia selanjutnya dikarenakan memiliki letak yang strategis. Indonesia di apit oleh dua Benua yaitu Benua Australia dan Benua Asia, serta diantara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia dilalui jalur perdagangan Internasional karena letaknya yang geografis. Lintas perdagangan tersebut tidak hanya menimbulkan komoditas dagang saja melainkan membuat keberagaman masyarakat yang berpengaruh pada agama dan budaya luar. Selain itu banyak juga imigran yang datang ke Indonesia dengan perbedaan bangsa, ras, agama dan budaya.

Keadaan Alam yang Berbeda

Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia selanjutnya dikarenakan keadaan alamnya yang berbeda. Misalnya saya masyarakat lembah, pegunungan, pesisir pantai dan dataran tinggi tentunya memiliki kehidupan yang berbeda. Hal ini dikarenakan penduduk sekitar menyesuaikan hidupnya dengan kondisi alam. Selain itu perbedaan keadaan alam ini juga dapat mengakibatkan keberagaman budaya, ekonomi, mata pencaharian dan sebagainya.

Sarana dan Prasarana

Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia selanjutnya dikarenakan adanya perbedaan sarana dan prasarana. Setiap pulau di Indonesia memiliki alat transportasi yang berbeda. Alat ini juga dapat digunakan sebagai penunjang komunikasi antar pulau dan daerah. Transportasi setiap pulau dapat menggambarkan kemajuan dari suatu daerah itu. Hal inilah yang tentunya dapat membuat keberagaman masyarakat di Indonesia.

Kemajuan dan Perubahan

Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia yang terakhir dikarenakan adanya kemajuan dan perubahan. Faktor ini dapat dijadikan sebagai parameter sebuah negara dikatakan maju dan berkembang. Namun setiap daerah memiliki perbedaan kemajuan dan perubahan. Hal ini dikarenakan sikap dan tanggapan masyarakat yang berbeda dalam menerima perubahan baru ataupun tidak.

Pada dasarnya faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, melainkan harus dihadapi. Keberagaman dan perbedaan inilah yang nantinya akan dijadikan senjata untuk melawan ancaman dari luar. Dengan begitu kita akan memiliki sikap sailng toleransi, hidup rukun dan saling menghormati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *