Identitas Nasional (Pengertian dan Unsur Unsurnya)
Identitas Bangsa

Identitas Nasional (Pengertian dan Unsur Unsurnya)

Diposting pada

Identitas Nasional (Pengertian dan Unsur Unsurnya) – Sebuah negara pasti memiliki sebuah identitas bagi rakyat rakyatnya. Dalam sebuah negara yang berbentuk satu kesatuan tentunya seluruh rakyat saling berhubungan dan membentuk ikatan yang erat. Dengan begitu sebuah negara akan utuh dan hidup tentram. Contohnya saja negara Indonesia yang tersusun oleh beragam suku, agama, bahasa dan lain lain. Hal hal inilah yang menjadi idetitas sebuah negara. Lalu apa pengertian identitas nasional itu? Apa saja unsur unsur identitas nasional?

Identitas Nasional (Pengertian dan Unsur Unsurnya)
Identitas Bangsa

Identitas dalam sebuah negara tidak hanya terletak pada hal hal di atas saja. Tetapi bendera kebangsaan, lagu kebangsaan, letak geografis dan lain sebagainya juga dapat dikatakan sebagai identitas sebuah negara. Pada hakikatnya sebuah identitas negara (nasional) ialah wujud perkembangan dan pertumbuhan nilai budaya dalam berbangsa dan bernegara. Namun hal hal itu tidak lepas dari ciri khas negara tersebut. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian identitas nasional dan unsur unsur identitas nasional. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Identitas Nasional (Pengertian dan Unsur Unsurnya)

Identitas tersebut berguna untuk standar ukuran dalam menyatakan ciri khas sebuah bangsa. Tidak heran jika identitas ini berkaitan dengan adat istiadat, teknologi, norma, bahasa, dan lain sebagainya. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian identitas nasional dan unsur unsur identitas nasional. Berikut ulasan selengkapnya:

Pengertian Identitas Nasional

Pengertian identitas nasional ialah ciri khas atau jati diri sebuah bangsa yang tidak akan dimiliki oleh bangsa lainnya. Identitas tersebut tidak hanya berkaitan dengan individu saja, tetapi juga berhubungan dengan kelompok atau organisasi dalam sebuah negara. Kata identitas berarti “Identitu” yang artinya ialah jati diri, ciri dan tanda pada kelompok/individu tertentu yang dijadikan pembeda dengan kelompok/individu lainnya. Kemudian kata nasional tersebut memiliki arti ialah identitas yang berhubungan dengan persamaan fisik (bahasa, fisik, budaya dan agama) serta persamaan nonfisik (tujun, cita cita, dan keinginan) yang melekat dalam sebuah organisasi/kelompok besar.

Baca juga : Nilai Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila Sila 1, 2, 3, 4, dan 5

Berdasarkan pengertian identitas nasional di atas dapat kita simpulkan bahwa jati diri ini diwujudkan dalam bentuk tindakan yang dilakukan oleh organisasi dengan kelengkapan dan atribut atributnya. Identitas ini juga dapat disebut dengan identitas bangsa. Adapula pengertian identitas bangsa yakni perkembangan dan pertumbuhan dari sekumpulan nilai budaya yang berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan satu kesatuan bangsa. Misalnya saja bangsa Indonesia yang terbentuk dari ratusan suku dan budaya yang tetap dapat berkembang sesuai arah dengan berdasar pada Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Maka dari itu Identitas Nasional tidak dapat dijadikan sebagai cerminan dari kebekuan domatis dan normatis. Tetapi lebih cenderung bersifat terbuka dan bersemi terus menerus karena masyarakat memiliki hasrat untuk terus maju. Identitas bangsa ini juga mempunyai implikasi dan konsekuensi yang terbuka sehingga perkembangan kondisi aktual dalam masyarakat tetap berkembang dan memiliki makna baru yang sifatnya relevan.

Unsur Unsur Identitas Nasional

Unsur unsur identitas nasional menunjuk pada suatu bangsa yang sifatnya majemuk. Misalnya saja bangsa Indonesia. Kemajemukan tersebut adalah sekumpulan unsur yang digunakan dalam pembentukan identitas bangsa seperti:

Suku Bangsa

Unsur identitas nasional yang pertama ialah suku bangsa. Suku bangsa sendiri memiliki pengertian yaitu golongan sosial khusus yang bersifat ada sejak lahir (askriptif) seperti jenis kelamin dan golongan umur. Misalnya saja negara Indonesia yang tersusun oleh beraneka ragam kelompok etnis (suku bangsa) dengan ± 300 jenis dialek bahasa.

Agama

Unsur identitas nasional selanjutnya ialah agama. Masyarakat bangsa Indonesia dapat dikatakan sebagai masyarakat agamis dengan berdasar pada nilai nilai agama. Pemkembangan dan pertumbuhan agama di Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti agama Islam, Kong hu cu, Katholik, Hindu, Kristen dan Budha.

Baca juga : Faktor Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Kebudayaan

Unsur identitas nasional selanjutnya ialah kebudayaan. Manusia memiliki pengetahuan yang sifatna kolektif sebagai makluk sosial dengan berbagai model dan perangkat dalam mendukung penafsiran dan pemahaman akan lingkungan. Kebudayaan tersebut juga dijadikan sebagai pedoman dalam bertindak sesuai dengan kondisi lingkungannya.

Bahasa

Unsur identitas nasional selanjutnya ialah bahasa. Bahasa ialah lambang dan sarana interaksi antar manusia dalam bentuk bunyi ucapan secara arbiter. Bangsa Indonesia memiliki satu bahasa yang memersatukan negara yaitu bangsa Indonesia.

Berdasarkan unsur identitas nasional di atas dapat disimpulkan bahwa identitas ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti Identitas Fundamental, Instrumental dan Alamiah. Untuk kategori identitas fundamental dapat berupa Pancasila sebagai prinsip negara, ideologi negara maupun dasar negara. Kemudian untuk identitas instrumental dapat berupa UUD 1945 beserta penataannya. Dalam hal ini bangsa Indonesia memiliki satu bahasa (Bahasa Indonesia), lagu kebangsaan (Indonesia Raya), bendera (Merah Putih), dan lambang negara (Pancasila & Bhinneka Tunggal Ika). Sedangkan untuk identitas alamiah dapat berupa negara kepulauan dengan pluralisme agama, suku, budaya, kepercayaan dan bahasa.

Sekian penjelasan mengani pengertian identitas nasional dan unsur unsur identitas nasional. Identitas bangsa (nasional) ialah ciri khas atau jati diri sebuah bangsa yang tidak akan dimiliki oleh bangsa lainnya. Semoga arikel ini dapat menambah wawasan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *