Jaring Jaring Kerucut Lengkap Dengan Unsur Unsurnya
Gambar Bangun Ruang Kerucut

Jaring Jaring Kerucut Lengkap Dengan Unsur Unsurnya

Diposting pada

Jaring Jaring Kerucut Lengkap Dengan Unsur Unsurnya – Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang jaring jaring kerucut lengkap dengan unsur unsur kerucut. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kerucut adalah salah satu macam bangun ruang Matematika. Bangun ruang ini memiliki rumus, jaring jaring, unsur unsur dan ciri khasnya sendiri. Bangun ruang kerucut memiliki bentuk yang hampir sama dengan limas istimewa dengan alas berbentuk segi n beraturan. Kerucut sendiri memiliki jumlah 1 rusuk dan 2 sisi.

Jaring Jaring Kerucut Lengkap Dengan Unsur Unsurnya
Gambar Bangun Ruang Kerucut

Pembentukan bangun ruang kerucut dilakukan dengan memutar segitiga siku siku sebanyak satu putaran penuh dengan sudut 360 derajat. Untuk itu pusat putaran dalam bangun kerucut terdapat pada sisi siku sikunya. Jaring jaring kerucut lebih sederhana dan lebih sedikit dibandingkan bangun ruang lainnya. Meski begitu terdapat beberapa unsur unsur kerucut yang terdapat didalamnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jaring Jaring Kerucut Lengkap Dengan Unsur Unsurnya

Jaring jaring kerucut tidak begitu banyak dibandingkan bangun ruang Matematika pada umumnya. Hal ini dikarenakan bentuk bangun kerucut cukup relatif. Adapun gambar jaring jaring pada kerucut yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Rumus Volume Kerucut dan Luas Permukaan Kerucut

Jaring Jaring Kerucut Lengkap Dengan Unsur Unsurnya
Gambar Jaring Jaring pada Kerucut

Selain gambar jaring jaring kerucut di atas, adapula unsur unsur dalam kerucut. Adapun beberapa unsur unsur kerucut yaitu meliputi :

Bidang Alas

Unsur kerucut yang pertama adalah bidang alas. Bidang alas adalah sisi yang berbentuk lingkaran dan berada dibagian bawah kerucut. Pusat bidang alas tersebut terletak di tengah titik puncak pada kerucut. Contohnya titik O (titik pusat) dalam gambar kerucut di bawah ini.

Jaring Jaring Kerucut Lengkap Dengan Unsur Unsurnya
Kerucut

Baca juga : Rangkuman Materi Aritmatika Sosial Beserta Contoh Soal

Diameter Bidang Alas

Unsur kerucut selanjutnya adalah diameter bidang alas. Diamater bidang alas ialah ruas garis antara 2 titik lingkaran yang saling terhubung melalui titik pusat pada lingkaran tersebut. Perhatikan jaring jaring kerucut di atas. Adapun contoh diameter bidang alas pada gambar tersebut ialah ruas garis AB.

Jari Jari

Unsur kerucut selanjutnya adalah jari jari. Jari jari ialah jarak titik pada sisi lingkaran dengan pusat lingkaran atau jarak titik tengah dengan titik sebelah kanan/kiri. Perhatikan gambar kerucut di atas. Adapun contoh jari jari pada gambar tersebut ialah ruas garis OA ataupun ruas garis OB.

Tinggi Kerucut

Unsur kerucut selanjutnya adalah tinggi kerucut. Tinggi kerucut ialah jarak puncak kerucut dengan sudut pusat bagian bawah (simetri putar)pada kerucut tersebut. Perhatikan jaring jaring kerucut di atas. Adapun contoh tinggi kerucut pada gambar tersebut ialah ruas garis TO.

Selimut Kerucut

Unsur kerucut selanjutnya adalah selimut kerucut. Selimut kerucut ialah sisi yang menyeliuti kerucut berbentuk sisi melengkung di bagian kanan dan kiri. Selimut kerucut dapat dinamakan dengan sisi lengkung kerucut. Perhatikan gambar kerucut di atas. Adapun contoh tinggi kerucut pada gambar tersebut ialah ruas garis TA ataupun ruas garis TB.

Sekian penjelasan mengenai jaring jaring pada kerucut lengkap dengan unsur unsur kerucut. Jaring jaring kerucut adalah beberapa bangun datar yang membentuk sebuah bangun bernama kerucut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Incoming search terms:

  • contoh jaring jaring kerucut
  • jaring jaring kerucut
  • gambar jaring jaring kerucut
  • ruas garis kerucut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *