Jenis Jenis Senjata Tradisional Jawa Barat dan Fungsinya Terlengkap
Kebudayaan Jawa Barat

Jenis Jenis Senjata Tradisional Jawa Barat dan Fungsinya Terlengkap

Diposting pada

Jenis Jenis Senjata Tradisional Jawa Barat dan Fungsinya Terlengkap – Senjata tradisional ialah salah satu bentuk kebudayaan dalam sebuah daerah yang menjadi produk di dalamnya dan melekat pada kehidupan masyarakat di dalam daerah tersebut. Untuk itu banyak sekali macam macam senjata tradisional di wilayah Indonesia. Salah satunya ialah macam macam senjata tradisional Jawa Barat tersebut. Setiap macam senjata tradisional di Jawa Barat ini memiliki nama dan fungsinya masing masing. Lantas apa fungsi senjata tradisional Jawa Barat itu? Apa nama senjata tradisional Jawa Barat itu?

Senjata tradisional pada zaman dahulu berguna untuk berburu, alat pelindung diri dan berkebun. Untuk itulah ragam jenisnya sangat banyak seperti jenis jenis senjata tradisional Jawa Barat ini. Setiap macam sentara tradisional Jawa Barat memiliki namanya masing masing. Nama senjata tradisional Jawa Barat tersebut memiliki makna dan artinya masing masing. Di Jawa Barat sendiri terdapat senjata tradisional yang mempunyai nilai filosofi tinggi dan unik. Selain itu fungsinya juga berbeda beda karena dari segi bentuk sudah berbeda

Jenis Jenis Senjata Tradisional Jawa Barat dan Fungsinya Terlengkap
Kebudayaan Jawa Barat

Sejak ribuan tahun lalu, wilayah Jawa Barat dan bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Banyak sekali pendatang dari penjuru dunia yang pergi ke Jawa Barat seperti India, Cina, Arab dan lain lain. Untuk itulah banyak budaya yang tercampur sampai memberikan pengaruhnya ke Indonesia ini. Misalnya saja keberagaman macam senjata tradisional Jawa Barat tersebut. Pada kesempatan kal ini saya akan menjelaskan tentang jenis jenis senjata tradisional Jawa Barat dan fungsi senjata tradisional Jawa Barat terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak penjelasan di bawah ini.

Jenis Jenis Senjata Tradisional Jawa Barat dan Fungsinya Terlengkap

Di kala itu wilayah Jawa Barat memang banyak dimasuki oleh budaya luar karena senjata luar diadaptasi oleh masyarakat lokal untuk membentuk senjata tradisionalnya sendiri. Misalnya saja desain, material senjata dan sebagainya. Walaupun begitu masih tergambar jelas budaya lokal yang berasal dari filosofi senjata tradisional di Jawa Barat tersebut. Tetapi macam macam senjata tradisional Jawa Barat itu masih ada sampai sekarang dan banyak difungsikan sebagai cindera mata ataupun untuk upacara adat.

Baca juga : Daerah yang Terkena Dampak Tanam Paksa Belanda Lengkap

Setiap nama senjata tradisional Jawa Barat memiliki filosofi dan fungsinya sendiri. Meskipun pada zaman dahulu kebanyakan digunakan untuk berladang, berburu dan kegiatan ekonomi lainnya. Senjata tradisional dari Jawa Barat tersebut membuat pekerjaan masyarakat menjadi lebih mudah. Di bawah ini terdapat jenis jenis senjata tradisional Jawa Barat dan fungsi senjata tradisional Jawa Barat yaitu sebagai berikut:

Kujang

Nama senjata tradisional Jawa Barat yang pertama ialah kujang. Pembuatan senjata kujang terjadi pada abad ke sembilan atau ke delapan. Senjata tradisional di Jawa Barat tersebut berasal dari bahan pamor, besi ataupun baja. Senjata ini memiliki panjang 20 – 25 cm. Selain itu didalamnya terdapat filosofi mengenai kehidupan masyarakat Sunda yang mengandalkan pertanian. Fungsi senjata tradisional Jawa Barat ini ialah untuk perlambang, alat pertanian, cindera mata dan hiasan.

Jenis Jenis Senjata Tradisional Jawa Barat dan Fungsinya Terlengkap
Gambar Senjata Kujang

Istilah Kujang secara bahasa berarti “Kadihyang” yang maknanya manusia. Di setiap bagian kujang pada dasarnya memiliki namanya sendiri sendiri. Misalnya congo atau papatuk di ujung senjata ini yang berbentuk panah. Kemudian adapula silih atau eluk yang bentuknya lekukan di bagian punggung. Lekukan atau tada yang dibagian perut lebih menonjol dan mata berupa lubang kecil tertutup perak atau emas. Macam senjata tradisional Jawa Barat tersebut memiliki keunikan dalam bentuk karakteristiknya. Selain itu bentuk dari senjata kujang ialah berpori, tipis, terdapat unsur logam mulia di dalamnya dan bahannya kering.

Balincong

Jenis Jenis Senjata Tradisional Jawa Barat dan Fungsinya Terlengkap
Gambar Senjata Balincong

Jenis jenis senjata tradisional Jawa Barat selanjutnya ialah balincong. Balincong merupakan nama senjata tradisional Jawa Barat yang mempunyai dua mata di depan dan belakang cukup tajam. Senjata balincong memiliki panjang 38 – 52 cm. Ganggangnya terletak di bagian tengah sehingga secara bergantian dapat menggunakan dua mata pisaunya. Fungsi senjata tradisional Jawa Barat ini cukup beragam seperti menggali tebing atau lembah dalam pembuatan irigasi, serta membajak sawah ketika musim kemarau. Senjata Balincong di Jawa barat terbuat dari stainless stel ataupun baja. Untuk itu balincong tidak dapat berkarat karena 100% terbuat dari stainless stel atau baja.

Baca juga : Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Beserta Gambar Lengkap

Patik

Jenis Jenis Senjata Tradisional Jawa Barat dan Fungsinya Terlengkap
Gambar Senjata Patik

Macam senjata tradisional Jawa Barat selanjutnya ialah patik. Fungsi patik ialah untuk babat alas atau menebang kayu. Patik sendiri populer dengan nama kapak. Senjata patik memiliki kelebihan yaitu bagian pangkalnya dibuat tebal dari besi baja dan besar. Maka dari itu senjata ini tergolong berat, namun awet. Masyarakat Sunda sekarang ini tetap menggunakan patik untuk kegiatan berkebun.

Bedog

Nama senjata tradisional Jawa Barat selanjutnya ialah bedog atau golok. Bentuk golok di Sunda cukup unik yaitu bagian ujung melengkung menuju mata senjatanya. Fungsi senjata tradisional Jawa Barat ini ialah untuk berburu, alat pelindung diri dan berkebun. Masyarakat Jawa Barat menggunakan bedog untuk kebutuhannya masing masing. Maka dari itu kita dapat menjumpai bedog dengan bentuk yang berbeda beda. Misalnya golok gagaplok yang berguna untuk memotong rumput. Kemudian adapula golok pameuncitan yang berguna untuk menyembelih hewan dan golok tani berfungsi untuk bertani.

Congkrang

Jenis Jenis Senjata Tradisional Jawa Barat dan Fungsinya Terlengkap
Gambar Senjata Congkrang

Jenis jenis senjata tradisional Jawa Barat selanjutnya ialah congkrang. Bentuk Congkrang menyerupai cangkul mini. Biasanya senjata tradisional ini digunakan oleh ibu rumah tangga untuk membantu pekerjaan suami di ladang maupun membersihkan rumput di halaman.

Sulimat

Macam senjata tradisional Jawa Barat selanjutnya ialah sulimat. Sulimat memang jarang ditemui pada daerah Jawa Barat. Bentuk senjata ini dibagian ujungnya runcing dan ditancapkan ke tanah. Fungsi senjata tradisional Jawa Barat tersebut ialah untuk mengupas kulit kelapa. Keberadaan senjata ini memang mulai tergeser karena zamannya telah berubah menjadi modern. Di jaman dahulu, senjata ini berguna untuk berjuang karena sangat ampuh. Selain itu juga digunakan untuk berkebun dan bertani.

Gacok

Nama senjata tradisional Jawa Barat selanjutnya ialah gacok. Bentuk dari gacok sendiri menyerupai garpu. Gacok menurut bahasa diartikan sebagai cangkul garpu. Kegunaan gacok ialah unttuk mengumpulkan rumput kering, jerami dan pekerjaan kebun lainnya.

Sekian penjelasan mengenai jenis jenis senjata tradisional Jawa Barat dan fungsi senjata tradisional Jawa Barat terlengkap. Jangan lupa untuk follow situs materiana.com untuk mendapatkan informasi terbaru seputar pendidikan. Setiap macam senjata tradisional dari Jawa Barat ini memiliki filosofi dan kegunaan yang berbeda beda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *