Jenis Jenis Statistik Beserta Manfaat dan Tujuan Terlengkap
Statistik

Jenis Jenis Statistik Beserta Manfaat dan Tujuan Terlengkap

Diposting pada

Jenis Jenis Statistik Beserta Manfaat dan Tujuan Terlengkap – Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis jenis statistik lengkap dengan manfaat statistik dan tujuan statistik. Apa statistik itu? Pengertian statistik adalah kumpulan beberapa angka yang dapat menjelaskan sesuatu, baik susunan angka ataupun angka acak yang terdapat dalam sebuah daftar grafik. Menurut bahasa latin, kata statistik berarti “Status” yang artinya sesuatu hal yang berkaitan dengan ketatanegaraan. Untuk itu penggunaan dari ilmu ini cukup beragam.

Jenis Jenis Statistik Beserta Manfaat dan Tujuan Terlengkap
Grafik Statistik

Adapula pengertian statistik lainnya yaitu kumpulan dari beberapa aturan dan cara dalam menganalisa, menafsirkan, mengumpulkan dan mengolah data data angka. Statistik ini berisi sekumpulan angka yang menggambarkan hasil pengamatan maupun sifat data itu sendiri. Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis jenis statistik beserta manfaat statistik dan tujuan statistik terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jenis Jenis Statistik Beserta Manfaat dan Tujuan Terlengkap

Pengertian statistik dalam arti sempit ialah ringkasan data yang bentuknya kuantitatif. Namun dalam arti luas, statistik adalah ilmu yang mempelajari tentang cara analisis data, pengumpulan, pengambilan kesimpulan dan penyajian data yang secara umum berasal dari hasil seluruh penelitian yang ada. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai jenis jenis statistik beserta manfaat statistik dan tujuan statistik. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Rumus Mencari Harga Jual, Harga Beli, Untung dan Rugi

Manfaat Statistik

Sebelum menjelaskan tentang jenis jenis statistik, saya akan menjelaskan tentang manfaat statistik terlebih dahulu. Adapun beberapa peran dan manfaat dari statistik yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai penyedia keterangan atau bahan berbagai hal untuk ditafsirkan dan diolah (dalam kehidupan sehari hari).
  • Sebagai penyedia alat untuk menemukan dan mengungkapkan kembali terkait keterangan yang seakan akan angkanya tersembunyi (dalam penelitian ilmiah).
  • Sebagai alat interpretasi diri dan analisis data kuantitatif terkait ilmu pengetahuan sehingga data dapat disimpulkan (dalam ilmu pengetahuan).

Selain manfaat statistik diatas, statistik tersebut juga memiliki beberapa fungsi . Adapun beberapa fungsi statistik yaitu sebagai berikut:

Fungsi Deskriptif

Jenis jenis statistik tentunya memiliki fungsi yang sama. Adapun fungsi statistik sebagai deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan, memahami, mengumpulkan data sebuah penelitian, menyelidiki, menerangkan data sehingga pengambilan keputusan terkait populasi yang diteliti dapat diperoleh.

Fungsi Inferensial

Jenis jenis statistik juga memiliki fungsi inferensial. Adapun fungsi statistik secara inferensial yaitu untuk mengontrol dan meramal populasi atau keseluruhan data beserta peristiwa yang terdapat dalam sebuah penelitian. Tidak heran jika statistika ini berawal dari adanya ekstimasi hipotesis.

Tujuan Statistik

Setiap jenis statistik pada dasarnya memiliki tujuan yang sama. Adapun beberapa tujuan statistik yaitu diantaranya:

  • Untuk menerangkan dan mendeskripsikan data terkait populasi yang diteliti.
  • Untuk mengurangi jumlah populasi dalam lingkup yang luas sehingga mudah untuk dipahami ukurannya.

Baca juga : Menghitung Persentase Bunga Bank Beserta Contoh Soal

  • Untuk menetapkan keadaan hipotesis yang bagus agar dapat membantu atau digunakan dalam sesuatu hal.
  • Sebagai penyedia model atau ekstimasi terkait data yang diteliti karena belum diketahui nilainya.
  • Sebagai penyedia ekstimasi karena dampak penerimaan hipotesis untuk menjalankan keputusan yang telah dibuat sebelumnya.

Jenis Jenis Statistik

Selanjutnya saya akan membahas tentang jenis jenis statistik menurut bentuk parameternya dan ruang lingkup penggunanya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak penjelasan berikut ini:

Berdasarkan Bentuk Parameternya

Hal yang pertama akan saya bahas ialah jenis jenis statistik berdasarkan bentuk parameternya. Menurut bentuk parameternya, statistik dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu statistik parametrik dan statistik nonparametrik. Berikut penjelasan selengkapnya:

Statistik Parametrik

Jenis statistik berdasarkan bentuk parameter yang pertama ialah statistik parametrik. Statistik parametrik ialah bagian data parameter (sebenarnya) dari populasi statistik yang menyertai distribusi tertentu dan memiliki varian homogen, seperti halnya pada distribusi normal.

Statistik Nonparametrik

Jenis statistik berdasarkan bentuk parameter selanjutnya ialah statistik nonparametrik. Statistik nonparametrik ialah bagian data parameter (sebenarnya) dari populasi statistik yang tidak disertai distribusi tertentu dan memiliki varian yang tidak homogen, seperti halnya pada distribusi bebas.

Berdasarkan Ruang Lingkup Penggunanya

Selanjutnya saya akan membahas tentang jenis jenis statistik berdasarkan ruang lingkup penggunanya. Adapun beberapa jenis dari statistik dan penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Statistik Sosial

Jenis statistik berdasarkan ruang lingkup pengguna yang pertama ialah statistik sosial. Statistik sosial ialah statistik yang penggunaan dan penerapannya dalam ilmu sosial.

Baca juga : Rumus Volume Prisma Segitiga Beserta Luas Permukaannya

Statistik Ekonomi

Jenis statistik berdasarkan ruang lingkup pengguna selanjutnya ialah statistik ekonomi. Statistik ekonomi ialah statistik yang penggunaan dan penerapannya dalam ilmu ekonomi.

Statistik Pendidikan

Jenis statistik berdasarkan ruang lingkup pengguna selanjutnya ialah statistik pendidikan. Statistik pendidikan ialah statistik yang penggunaan dan penerapannya dalam ilmu pendidikan.

Statistik Kesehatan

Jenis statistik berdasarkan ruang lingkup pengguna selanjutnya ialah statistik kesehatan. Statistik kesehatan ialah statistik yang penggunaan dan penerapannya dalam ilmu kesehatan.

Statistik Perusahaan

Jenis statistik berdasarkan ruang lingkup pengguna selanjutnya ialah statistik perusahaan. Statistik perusahaan ialah statistik yang penggunaan dan penerapannya dalam ilmu perusahaan.

Statistik Pertanian

Jenis statistik berdasarkan ruang lingkup pengguna selanjutnya ialah statistik pertanian. Statistik pertanian ialah statistik yang penggunaan dan penerapannya dalam ilmu pertanian.

Sekian penjelasan mengenai jenis jenis statistik lengkap dengan manfaat statistik dan tujuan statistik. Statistik adalah kumpulan beberapa angka yang dapat menjelaskan sesuatu, baik susunan angka ataupun angka acak yang terdapat dalam sebuah daftar grafik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *