Jenis Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia (Pengertian, Jenis dan Struktur Teks)

Jenis Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia (Pengertian, Jenis dan Struktur Teks)

Diposting pada

Jenis Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia (Pengertian, Jenis dan Struktur Teks) – Pelajaran bahasa selalu berkaitan dengan jenis jenis teks yang sering digunakan sehari hari. Jenis jenis teks dalam bahasa Indonesia pernah diajarkan ketika dibangku sekolah. Bahkan dalam pelajaran bahasa Inggris sekalipun terdapat jenis jenis teksnya juga. Teks tersebut merupakan karangan yang memaparkan dan menceritakan sebuah perstiwa berdasarkan tujuan dan konteksnya. Teks tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis dan masing masing jenis teks mempunyai ciri ciri yang berbeda beda.

Jenis Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia (Pengertian, Jenis dan Struktur Teks)
jenis jenis teks dalam bahasa indonesia

Menurut pendapat ahli, teks merupakan cara maupun media seseorang dalam mengungkapkan kejadian yang bersifat komunikatif. Jenis jenis teks dalam bahasa Indonesia juga memiliki strukturnya masing masing. Struktur tersebut digunakan untuk membedakannya dengan jenis teks lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai jenis jenis teks dalam bahasa Indonesia beserta pengertian, jenis dan struktur teksnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jenis Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia (Pengertian, Jenis dan Struktur Teks)

Sebelum membahas mengenai jenis jenis teks dalam bahasa Indonesia. Saya akan menjelaskan pengertian teks terlebih dahulu. Berdasarkan pendapat beberapa orang, teks merupakan media yang digunakan seseorang dalam mengungkapkan kejadian yang bersifat komunikatif. Teks tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis dan masing masing jenisnya mempunyai ciri ciri, struktur teks dan pedoman tertentu yang berbeda beda. Setiap teks bersifat objektif tergantung pengamatan dari seseorang. Cara membedakan jenis jenis teks dalam bahasa Indonesia cukup mudah yaitu dengan cara melihat struktur kalimatnya. Dibawah ini terdapat jenis jenis teks yang termasuk dalam bahasa Indonesia beserta penjelasannya.

Teks Narasi

Jenis teks dalam bahasa Indonesia yang pertama ialah teks narasi. Teks narasi ialah jenis karangan yang bersifat fiksi dan tidak nyata. Biasanya dalam teks ini menggambarkan sebuah kisah yang mempunyai tahapan waktu dan alur yang disesuaikan dengan keinginan penulis. Teks narasi tersebut mudah untuk dikenali karena jalan ceritanya bersifat fiksi. Tujuan pembuatan teks narasi ialah untuk menghibur atau sekedar menjadi bacaan bagi pembacanya.

Baca juga: Contoh Cerpen Singkat Beserta Pengertian, Ciri dan Strukturnya

Adapun struktur teks narasi yang meliputi :

  1. Orientasi yaitu struktur teks narasi yang berisi penjabaran karakter, tokoh, alur dan latar dari cerita tersebut.
  2. Komplikasi yaitu struktur teks narasi yang memaparkan konflik atau masalah yang tokoh alami dalam cerita.
  3. Resolusi yaitu struktur teks narasi yang berisi ending atau akhir cerita, baik akhir bahagia (happy ending) maupun akhir tidak bahagia (sad ending).
  4. Koda yaitu struktur teks narasi yang berisi pesan moral atau amanat yang terkandung dalam cerita tersebut.

Teks Deskripsi

Jenis teks dalam bahasa Indonesia selanjutnya ialah teks deskripsi. Teks deskripsi ialah jenis teks yang berisi penjelasan mengenai suatu objek berdasarkan sudut pandang tertentu agar pembaca dapat merasakan pengalamannya secara langsung, baik berupa objek hidup maupun mati. Tujuan dari teks deskripsi ialah komunikatif atau memberikan informasi suatu objek secara rinci dan detail.

Adapun struktur teks deskripsi yang meliputi :

  1. Identifikasi yaitu struktur teks deskripsi yang berisi pengenalan dan penjelasan objek secara umum dan terperinci.
  2. Deskripsi ialah struktur teks deskripsi yang berisi penjelasan secara rinci mengenai objek yang sedang dibahas. Misalnya mendeskripsikan jenis jenis hewan, tumbuhan, lingkungan hidup dan lain lain.

Teks Prosedur

Jenis teks dalam bahasa Indonesia selanjutnya ialah teks prosedur. Teks prosedur ialah jenis teks yang berisi langkah langkah (prosedur) dalam melakukan ataupun membuat sesuatu. Jenis teks tersebut banyak kita jumpai dalam bentuk tutorial, misalnya panduan menyalakan komputer, resep makanan, dan sebagainya. Teks prosedur tersebut bertujuan untuk memberikan petunjuk dan cara bagaimana membuat dan melakukan sesuatu secara rinci kepada pembaca.

Adapun struktur teks prosedur yang meliputi :

  1. Tujuan yaitu struktur teks prosedur yang berisi tujuan dari kegiatan yang akan dilakukan. Jenis teks ini mudah dikenali dengan melihat judul teksnya saja. Misalnya : Cara menjalankan…, Cara mengolah…,
  2. Bahan yaitu struktur teks prosedur berisi alat dan bahan yang digunakan dalam melakukan sesuatu.
  3. Langkah yaitu struktur teks prosedur yang berisi panduan dan cara melakukan sesuatu.

Teks Laporan

Jenis teks dalam bahasa Indonesia selanjutnya ialah teks laporan. Teks laporan ialah jenis teks yang berisi laporan dan informasi suatu objek secara umum. Teks laporan tersebut biasanya disajikan dalam bentuk pembahasan umum berdasarkan pengamatan sekilas saja. Jenis teks ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca secara umum.

Adapun struktur teks laporan yang meliputi :

  1. Klasifikasi umum yaitu struktur teks laporan yang didalamnya terdapat pengelompokan informasi yang ditinjau secara umum.
  2. Deskripsi yaitu struktur teks laporan yang memaparkan penjelasan utama dari sub informasi umum yang telah dipilah pilah.

Teks Eksposisi

Jenis teks dalam bahasa Indonesia yang terakhir ialah teks eksposisi. Teks eksposisi ialah jenis teks karangan yang menjelaskan tentang kejadian, pengetahuan, ataupun informasi secara padat, akurat dan singkat. Jenis teks yang satu ini memiliki sifat non fiksi dan ilmiah. Teks eksposisi bertujuan untuk memaparkan peristiwa maupun informasi dengan jelas kepada pembaca.

Adapun struktur teks eksposisi yang meliputi :

  1. Tesis yaitu struktur teks eksposisi yang berupa pengenalan atau pembuka dari informasi yang ingin disampaikan.
  2. Argumentasi yaitu struktur teks eksposisi yang memaparkan pokok bahasannya.
  3. Penegasan yaitu struktur teks eksposisi yang menegaskan inti bahasannya agar informasi dapat dipaparkan dengan kuat.

Inilah jenis jenis teks dalam bahasa Indonesia yang dapat saya jelaskan. Setiap jenis teks memiliki pengertian, struktur dan ciri ciri masing masing. Selain itu penggunaannya juga berbeda beda tergantung jenis teksnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *