Macam Macam Lapisan Atmosfer Beserta Fungsi
Lapisan Lapisan Atmosfer

Macam Macam Lapisan Atmosfer Beserta Fungsinya

Diposting pada

Macam Macam Lapisan Atmosfer Beserta Fungsinya – Dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terutama Geografi terdapat materi mengenai atmosfer. Atmosfer merupakan lapisan gas atau udara yang menyelimuti seluruh bumi. Dalam atmoster terdapat beberapa bagian/lapisam yang memiliki fungsi masing masing. Macam macam lapisan atmosfer tersebut meliputi  stratosfer, termosfer, troposfer, eksosfer, dan mesosfer. Pembagian lapisan atmosfer tersebut berdasarkan penelitian para ahli meteorologi.

Menurut bahasa Yunani, Atmosfer berasal dari kata “Atmos” yang artinya uap air dan “Sphaira” yang artinya selimut. Penghitungan lapisan atmosfer bumi dimulai dari permukaan bumi hingga atmosfer bumi paling luar. Lapisan atmosfer bumi memiliki ketebalan sekitar 1000 km. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai macam macam lapisan atmosfer beserta fungsinya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Lapisan Atmosfer Beserta Fungsinya

Sebelum membahas mengenai macam macam lapisan atmosfer, saya akan menjelaskan mengenai manfaat lapisan atmosfer bagi kehidupan manusia. Berikut beberapa manfaat lapisan atmosfer:

  1. Melindungi makhluk hidup (manusin, hewan dan tumbuhan) dari radiasi ultra violet/sinar matahari. Hal ini dikarenakan sinar UV dapat berbahaya bagi kulit dan menyebabkan kanker kulit jika mempunyai intensitas tinggi.
  2. Menjaga suhu siang hari dan malam hari tetap stabil. Dengan begitu suhu keduanya tidak akan mengalami perbedaan yang terlalu jauh.
  3. Sebagai pelindung bumi jika terdapat meteor yang jatuh. Sebelum mencapai atmosfer, meteor tersebut akan habis terbakar.
  4. Sebagai media komunikasi seperti handphone, radio maupun televisi.
  5. Menyediakan oksigen dan karbondioksida bagi makhluk hidup.
  6. Penyebar air hujan ke seluruh penjuru bumi.

Selanjutnya saya akan menjelaskan macam macam lapisan atmosfer beserta fungsinya. Berikut penjelasannya:

Macam Macam Lapisan Atmosfer Beserta Fungsi
Lapisan Lapisan Atmosfer

Troposfer

Macam macam lapisan atmosfer yang pertama ialah troposfer. Troposfer ialah lapisan pertama atmosfer yang terletak dibagian paling bawah. Lapisan ini memiliki ketinggian sekitar 0 km – 10 km. Tetapi ketinggian troposfer pada daerah khatulistiwa hanya mencapai 16 km. Udara yang kita hirup (oksigen) berasal dari lapisan troposfer ini. Dengan kata lain, troposfer merupakan lapisan udara yang berada disekeliling kita.

Stratosfer

Macam macam lapisan atmosfer selanjutnya ialah stratosfer. Stratosfer ialah lapisan kedua atmosfer yang letaknya diatas troposfer. Lapisan tersebut memiliki tinggi sekitar 10 km – 40 km. Lapisan stratosfer mengalami kondisi angin yang sangat kencang. Maka dari itu, lapisan stratosfer biasanya digunakan untuk jalur lalu lintas pesawat terbang. Semakin atas tingginya maka semakin dingin udaranya hingga mencapai 18ᵒC jika tingginya mencapai 40 km.

Mesosfer

Macam macam lapisan atmosfer selanjutnya ialah mesosfer. Mesosfer ialah lapisan ketiga atmosfer yang terletak di atas stratosfer. Lapisan ini memiliki ketinggia sekitar 40 km – 70 km. Lapisan mesosfer hanya mengandung sedikit materi gas. Lapisan tersebut berfungsi untuk melindungi bumi dari meteor yang jatuh. Jika meteor sampai pada lapisan ini maka akan terbakar habis. Namun jika meteor yang jatuh berukuran besar maka masih terdapat kemungkinan meteor masih ada yang jatuh menuju bumi.

Baca juga: Contoh Ancaman Militer dan Non Militer di Indonesia

Termosfer

Macam macam lapisan atmosfer selanjutnya ialah termosfer. Termosfer ialah lapisn keempat atmosfer yang memiliki ketinggian sekitar 70 km – 400 km. Lapisan termosfer berguna untuk melindungi bumi dari meteor yang jatuh. Meteor yang jatuh dan dapat sampai ke bumi dinamakan meteorit. Kita dapat melihat lapisan ini ketika terjadi Aurora di kutub utara.

Eksosfer

Macam macam lapisan atmosfer yang terakhir ialah eksosfer. Eksosfer ialah lapisan paling tinggi pada atmosfer. Ketinggian lapisan ini mencapai 400 km dari permukaan bumi. Lapisan eksosfer memiliki suhu udara yang sangat tinggi. Selain itu, lapisan eksosfer berbatasan langsung dengan luar angkasa yang hampa udara. Maka dari itu materi gasnya sangat sedikit. Lapisan eksosfer berfungsi untuk melindungi bumi dari meteor yang jatuh sekaligus mengorbit satelit agar berjalan dengan baik.

Demikianlah penjelasan tentang macam macam lapisan atmosfer beserta fungsinya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *