Macam Macam Metode Penelitian Dengan Penjelasannya Terlengkap
Langkah Langkah Metode Penelitian

Macam Macam Metode Penelitian Dengan Penjelasannya Terlengkap

Diposting pada

Macam Macam Metode Penelitian Dengan Penjelasannya Terlengkap – Dalam sebuah laporan tentunya dilengkapi dengan metode penelitian seperti dalam laporan sains, laporan skripsi dan sebagainya. Apa pengertian metode penelitian itu? Apa saja macam macam metode penelitian? Sebuah penelitian memang memiliki beberapa metode yang dikategorikan menjadi beberapa jenis. Setiap jenis metode penelitian memiliki maksud dan tujuan yang berbeda beda. Untuk itu penggunaannya pun sedikit berbeda, meskipun konsepnya hampir sama. Dalam ilmu sains, metode yang digunakan dalam meneliti biasanya menerapkan ilmu metodologi. Secara etimologi, pengertian metodologi ialah ilmu yang mempelajari tentang metode dalam penelitian.

Macam Macam Metode Penelitian Dengan Penjelasannya Terlengkap
Langkah Langkah Metode Penelitian

Pengertian metodologi penelitian ialah prinsip atau strategi dalam sebuah penelitian untuk digunakan agar data dapat diperoleh dengan mudah. Pengertian metode penelitian tidak hanya secara umum saja, namun juga menurut beberapa ahli. Pada umumnya jenis metode penelitian dapat dikategorikan menjadi dua yakni penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam metode penelitian terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Metode Penelitian Dengan Penjelasannya Terlengkap

Dalam pembahasan kali ini, saya tidak hanya menjelaskan tentang macam macam metode penelitian saja. Tetapi saya juga menjelaskan tentang definisi metode penelitian secara umum maupun pengertian metode penelitian menurut para ahli. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Cara Reproduksi Ascomycota dan Zygomycota Beserta Ciri Cirinya

Pengertian Metode Penelitian

Definisi metode penelitian secara umum ialah serangkaian kegiatan kerja dalam penelitian yang berdasar pada asumsi dasar, pernyataan, pandangan filosofis, isu maupun ideologi yang sedang dihadapi ataupun dikembangkan. Serangkaian kegiatan kerja dalam penelitian tersebut merupakan prosedur langkah langkah atau urutan yang dilakukan ketika meneliti seperti cara pengolahan, pemerolehan dan kesimpulan. Data yang disajikan dalam penelitian tersebut harus sesuai fakta dan bersifat objektif. Serangkaian kerja tadi memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan nantinya, tepat dan juga baik. Selain itu penelitian yang dilakukan menghasilkan solusi pemecahan masalah terkait observasinya.

Adapula pengertian metode penelitian lainnya yaitu pemilihan sebuah cara atau proses dalam menyelesaikan masalah secara spesifik dengan mengajukan sebuah riset. Macam macam metode penelitian yang dilakukan nantinya berdasar pada ilmu metodologi yang ada. Didalamnya terdapat metodologi penelitian yang mengandung beberapa langkah sistematis seperti:

  • Perumusan atau identifikasi masalah
  • Menyusun kerangka pemikiran
  • Merumuskan hipotesis
  • Membahas masalah
  • Membuat kesimpulan serta saran

Metodologi penelitian dilakukan oleh para peneliti dengan tujuan untuk memperoleh hasil penelitian yang mencakup solusi, dapat dipertanggungjawabkan, dan tepat. Apapun macam macam metode penelitian yang dilakukan tentunya hasilnya nanti harus dapat dipertanggungjawabkan oleh pembuatnya. Selain pengertian secara umum, adapula pengertian metode penelitian menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Pengertian dan Sifat Sifat Cahaya

Prof. Dr. Sugiyono

Pengertian metode penelitian menurut Prof. Dr. Sugiyono ialah sebuah cara ilmiah untuk memperoleh data dengan kegunaan dan tujuan tertentu.

Muhidin Sirat

Definisi metode penelitian menurut Muhidin Sirat ialah sebuah cara yang digunakan untuk menentukan judul riset dan memilih topik permasalahan.

Prof. M. E. Winarno

Pengertian metode penelitian menurut Prof. M. E. Winarno ialah sebuah kegiatan ilmiah yang dijalankan menggunakan teknik sistematik dan teliti.

Heri Rahyubi

Definisi metode penelitian menurut Heri Rahyubi ialah sebuah cara yang dilakukan dengan model kegiatan belajar mengajar untuk mendapatkan proses pembelajaran yang lebih baik.

Muhammad Nasir

Pengertian metode penelitian menurut Muhammad Nasir ialah metode utama yang digunakan dalam menentukan jawaban permasalahan yang diberikan dan untuk memperoleh tujuan oleh para peneliti.

Macam Macam Metode Penelitian

Selanjutnya saya akan membahas tentang jenis jenis metode penelitian. Adapun jenis jenis dan penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Penelitian Kuantitatif

Macam macam metode penelitian yang pertama ialah penelitian kuantitatif. Pengertian metode penelitian kuantitatif ialah jenis penelitian yang dilakukan secara terencana, spesifik, terstruktur, dan sistematis dari awal sampai memperoleh kesimpulan. Penelitian ini lebih memfokuskan pada angka angka yang digunakan sehingga terkesan lebih spesifik. Selain itu penelitiannya juga menggunakan data pendukung seperti grafik, tabel maupun diagram. Metode penelitian kuantitatif didukung oleh beberapa cara seperti ekspos, deskriptif, survei, korelasi, perbandingan (komparatif), dan penelitian tindakan.

Baca juga : Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan

Penelitian Kualitatif

Jenis metode penelitian selanjutnya ialah penelitian kualitatif. Pengertian metode penelitian kualitatif ialah sebuah penelitian riset yang sifatnya cenderung analisis dan deskriptif. Penelitian ini lebih menonjolkan proses yang dilakukannya. Selain itu juga menggunakan landasan teori yang menekankan pada pelaksanaan penelitiannya. Jenis penelitian ini tergolong lebih subyektif jika dibandingkan dengan penelitian kuantitatif. Selain itu metode yang digunakan juga tergolong baru. Maka dari itu metode penelitian kualitatif dapat dinamakan dengan metode naturalistik karena pelaksanaan penelitian dalam keadaan alamiah. Adapula yang menyebut metode ini sebagai metode Etnographi karena penggunaannya banyak dilakukan dalam pengamatan antropologi atau kebudayaan.

Penelitian Survei

Macam macam metode penelitian selajutnya ialah penelitian survei. Pengertian metode penelitian survei ialah metode yang banyak digunakan dalam mendapatkan informasi yang berbentuk pendapat atau opini orang banyak yang berkaitan dengan apa yang ingin diobservasi secara langsung. Jenis penelitian ini memiliki tujuan utama yaitu untuk memperoleh gambaran umum mengenai sebuah populasi melalui sampel dari orang orang. Karakter utama dalam metode penelitian survei yaitu meliputi:

  • Kumpulan informasi yang didapatkan dari kelompok besar.
  • Pemerolehan informasi dengan cara mengajukan pertanyaan kepada beberapa sampel orang.
  • Pemerolehan informasi dari sebuah sampel dan bukan dari populasi.

Penelitian Ekspos Facto

Jenis metode penelitian selanjutnya ialah penelitian ekspos facto. Pengertian metode penelitian ekspos facto ialah metode penelitian yang berkaitan dengan sebab akibat dalam sebuah observasi. Sebab akibat dalam metode penelitian ini akan menciptakan bukti baru yang akan dijadikan sebagai pedoman dalam meneliti. Pelaksanaan penelitian biasanya mencakup program, kegiatan atau kejadian yang telah atau sedang terjadi.

Penelitian Deskriptif

Macam macam metode penelitian selajutnya ialah penelitian deskriptif. Pengertian metode penelitian deskriptif ialah penelitian yang dilakukan dengan maksud untuk memaparkan berbagai kejadian fenomena yang berlangsung di masa lampau atau sedang terjadi di masa sekarang. Jenis penelitian ini memiliki sifat yang sederhana, namun seiring terjadinya pengamatan feomena ini dapat membuat perkembangan secara luas. Metode deskriptif banyak digunakan dalam kasus yang sering terulang atau berkepanjangan karena metode ini berguna untuk mengembangkan fakta fakta baru yang ingin dicari lagi. Jenis metode penelitian deskriptif dapat dibagi menjadi dua macam yakni metode penelitian dalam waktu tertentu (Cross Sectional) dan metode penelitian sepanjang waktu (Longitudinal).

Demikianlah penjelasan mengenai macam macam metode penelitian terlengkap. Pengertian metode penelitian ialah pemilihan sebuah cara atau proses dalam menyelesaikan masalah secara spesifik dengan mengajukan sebuah riset. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca jenis jenis metode penelitian di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *