Nilai Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila Sila 1, 2, 3, 4, dan 5

Diposting pada

Nilai Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila Sila 1, 2, 3, 4, dan 5 -Negara Indonesia memiliki ideologi yang berupa Pancasila. Pancasila mengandung lima sila yang menjadi  dasar fundamental sebuah negara. Hal ini dikarenakan terdapat nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sila 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk mewujudkan rakyat yang adil, makmur dan sejahtera. Nilai dasar Pancasila tersebut meliputi nilai ketuhanan, nilai persatuan, nilai keadilan, nilai kemanusiaan, dan nilai kerakyatan.

Nilai Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila Sila 1, 2, 3, 4, dan 5
Nilai nilai yang terkandung dalam pancasila

Nilai ialah sesuatu yang berharhga, berkualitas, dan bermutu untuk digunakan oleh manusia. Pada dasarnya Indonesia memiliki ideologi terbuka yang berupa UUD 1945 dan Pancasila. Dalam pembukaan Undang Undang Dasar 1945 pada alenia ke 4 dijelaskan bahwa pancasila merupakan niilai dasar yang dijabarkan secara fundamental. Lalu apa saja nilai nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila? Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sila 1, 2, 3, 4, dan 5. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Nilai Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila Sila 1, 2, 3, 4, dan 5

Nilai nilai Pancasila atau nilai instrumental tetap berpedoman pada nilai dasar yang telah dijabarkan (ada) sebelumnya. Maka dari itu penjabaran dari nilai nilai dalam Pancasila tidak diperbolehkan menyimpang dari nilai dasar yang telah dijabarkan sebelumnya. Di bawah ini terdapat penjabaran nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sila 1, 2, 3, 4, dan 5.

Baca juga: Contoh Ancaman Militer dan Non Militer di Indonesia

Sila 1 Pancasila (Nilai Ketuhanan)

Dalam Pancasila, sila pertama berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Didalam sila tersebut terdapat nilai Ketuhanan yang maknanya seluruh rakyat Indonesia memiliki kebebasan untuk menganut dan menjalankan agamanya masing masing. Berikut nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sila 1 yaitu:

  1. Memiliki keyakinan bahwa Tuhan ada dan bersifat sempurna.
  2. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.
  3. Memiliki sikap saling menghormati dan toleransi terhadap agama lain.
  4. Mempunyai kebebasan dalam melakukan dan menjalankan ibadah sesuai ajaran agama masing masing.

Sila ke 2 Pancasila (Nilai Kemanusiaan)

Dalam Pancasila, sila kedua berbunyi “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”. Didalam sila tersebut terdapat nilai Kemanusiaan yang maknanya seluruh rakyat Indonesia harus diberlakukan sebagaimana mestinya dan diakui harkat serta martabatnya sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Dalam sila ini dijelaskan bahwa setiap manusia memiliki kewajiban, derajat, hak dan martabat yang sama. Berikut nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sila ke 2 yaitu:

  1. Setiap manusia memiliki martabat yang sejajar dan hak yang sama.
  2. Adanya pengakuan bahwa Manusia ialah makhluk sosial yang diciptakan dengan sempurna.
  3. Adanya perlakukan yang adil antara sesama manusia dengan menjunjung tinggi nilai nilai kemanusiaan.
  4. Memiliki sifat tenggang rasa dan rasa solidaritas tinggi antar sesama manusia sehingga dalam melakukan sebuah tindakan tidak seenaknya sendiri.

Nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sila ke 2 harus diamalkan oleh setiap manusia. Jika tidak diamalkan, maka akan meningkatan nilai kriminalitas dalam masyarakat. Misalnya pembunuhan, perampokan, dan lain lain.

Sila ke 3 Pancasila (Nilai Persatuan)

Dalam Pancasila, sila ketiga berbunyi “Persatuan Indonesia”. Didalam sila tersebut terdapat nilai Persatuan yang artinya sebagai bentuk keutuhan dan tekat yang kuat dalam berbagai segi kehidupan dengan satu tujuan dan tergabung dalam satu bangsa yaitu bangsa Indonesia. Berikut nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sila ke 3 yaitu:

  1. Menempatkan keselamatan, kesatuan, kepentingan dan persatuan bangsa diatas kepentingan golongan maupun diri sendiri.
  2. Memiliki rasa cinta terhadap bangsa, negara dan tanah air serta rela berkorban untuk kepentingan negaranya sendiri.
  3. Mengakui seluruh suku bangsa beserta keanekaragaman budayanya di setiap wilayah Indonesia. Dengan begitu akan tercipta rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Sila ke 4 Pancasila (Nilai Kerakyatan)

Dalam Pancasila, sila keempat berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Didalam sila tersebut terdapat nilai Kerakyatan yang maknanya segala keputusan dapat diambil melalui kesepakatan dan musyawarah bersama. Selain itu sila keempat juga menjelaskan bahwa segala urusan pemerintahan ditujukan untuk rakyat, oleh rakyat dan dari rakyat. Berikut nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sila ke 4 yaitu:

  1. Setiap rakyat Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama.
  2. Berpedoman pada asas kekeluargaan untuk mencapai mufakat dalam musyawarah.
  3. Mementingkan kepentingan bersama dan bangsa dibandingkan kepentingan golongan dan diri sendiri.
  4. Dalam mengambil keputusan banyak orang dilakukan secara musyawarah.

Sila ke 5 Pancasila (Nilai Keadilan)

Dalam Pancasila, sila kelima berbunyi “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Didalam sila tersebut terdapat nilai Keadilan yang maknanya terdapat keseimbangan hak dan kewajiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap rakyat juga diharuskan untuk menghormati hak orang lain, suka menolong sesama dan bersikap adil. Berikut nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sila ke 5 yaitu:

  • Setiap manusia mempunyai derajat yang sama dalam hukum.
  • Mendukung seluruh kegiatan pembangunan yang bertujuan untuk memajukan bangsa.
  • Tidak membeda bedakan derajat dan golongan setiap manusia.
  • Bijaksana dan adil dalam melakukan segala tindakan.

Demikinlah nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sila 1, 2, 3, 4, dan 5 yang dapat saya jelaskan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • kandungan pancasila alenia 4
  • sila 1 2 3 4 dan 5 pacasila dan contoh sikap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *