Pengertian Apresiasi, Fungsi, Manfaat, Tujuan, dan Jenisnya
Bentuk Apresiasi

Pengertian Apresiasi, Fungsi, Manfaat, Tujuan, dan Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Apresiasi, Fungsi, Manfaat, Tujuan, dan Jenisnya – Apakah anda sering mendengar kata apresiasi? Kata ini sering kali muncul ketika seseorang yang melakukan sesuatu yang berkaitan dengan penilaian dan penghargaan. Pengertian apresiasi sendiri ialah bentuk atau proses penilaian dan penghargaan terhadap hal hal yang berkaitan dengan karya sastra dan karya seni. Maka dari itu banyak orang yang melakukan apresiasi seni dengan caranya masing masing. Selain pengertian adapula fungsi apresiasi, manfaat apresiasi, tujuan apresiasi dan bahkan jenis jenis apresiasi. Semua itu tidak terlepas dari wujud penghargaan dan penilaian seseorang terhadap sesuatu.

Pengertian Apresiasi, Fungsi, Manfaat, Tujuan, dan Jenisnya
Bentuk Apresiasi

Kata Apresiasi menurut etimologi berasal dari bahasa latin yakni “Apreciatio” yang berarti menghargai. Kemudian kata apresiasi menurut terminologi ialah proses penghargaan dan penilaian positif yang seseorang lakukan untuk sesuatu hal. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian apresiasi menurut para ahli, fungsi apresiasi, manfaat apresiasi, tujuan apresiasi, dan jenis jenis apresiasi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Apresiasi, Fungsi, Manfaat, Tujuan, dan Jenisnya

Sebelum menjelaskan tentang fungsi apresiasi, manfaat apresiasi, tujuan apresiasi, dan jenis jenis apresiasi. Saya akan menjelaskan tentang pengertian apresiasi menurut para ahli terlebih dahulu. Berikut penjelasan selengkapnya:

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian apresiasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah penghargaan, penilaian yang baik terhadap karya sastra dan karya seni.

Prayogi

Pengertian apresiasi menurut Prayogi ialah penghargaan sebagai wujud penilaian seseorang, hasil penggunaan dan peresapan terhadap seluruh aktivitas dalam sebuah karya seni atau karya sastra tertentu. Menurut pendapat Prayogi, Apresiasi juga merupakan wujud kekaguman dari peningmat karya sastra atau karya seni tertentu yang keluar dari dirinya sendiri.

S. E Effendi

Pengertian apresiasi menurut S. E Effendi ialah kegiatan mencampuri bentuk sastra yang sungguh sungguh sehingga menumbuhkan kepekaan pikiran kritis, pengertian, kepekaan perasaan dan penghargaan baik terhadap karya seni.

Verbeek

Pengertian apresiasi menurut Verbeek ialah penilaian karya seni yang secara sadar dilakukan melalui penghayatan dalam memberdayakan seluruh pribadi yang berhubungan dengan anggapan, perasaan, keinginan dan pengalaman seseorang.

Baca juga : Pengertian Seni Rupa Terapan, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Hornby

Pengertian apresiasi menurut Hornby ialah pemahanan, pernyataan, pengenalan, penilaian dan pertimbangan yang tepat sehingga dapat menciptakan sebuah penilaian.

Elliyati

Pengertian apresiasi menurut Elliyati ialah suatu kegiatan yang melekat erat dengan karya sastra sehingga penikmat sastra dapat sungguh sungguh menghayati, mengenali dan menghargainya dengan penjiwaan yang sungguh dalam.

Albert R. Candler

Pengertian apresiasi menurut Albert R. Candler ialah proses kesadaran dan menjelaskan tentang seluk beluk karya seni sepenuhnya serta menjadikannya lebih sensitif dalam segi artistik dan estetis sehingga dapat menilai dan menikmati karya tersebut sebagaimana mestinya.

Fungsi Apresiasi

Berdasarkan pengertian apresiasi di atas, dapat kita simpulkan bahwa secara umum apresiasi memiliki fungsi tertentu. Fungsi apresiasi secara umum ialah bentuk penghargaan dan ekpresi seseorang terhadap sebuah karya. Namun adapula fungsi dari apresiasi seni yaitu sebagai berikut:

  • Cara mengempati, menilai dan mengedukasi yang diberikan terhadap sebuah karya sastra atau karya seni.
  • Sarana peningkatan rasa peduli terhadap sesama dan rasa cinta masyarakat kepada karya karya anak bangsa.
  • Cara pengembangan dan peningkatan kemampuan manusia dalam beberapa hal.

Manfaat Apresiasi

Selain pengertian apresiasi dan fungsi apresiasi di atas. Adapula manfaat apresiasi terhadap karya sastra orang lain. Adapun beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut:

  • Memberikan pemahanan berbagai sisi dari sebuah karya seni.
  • Meningkatkan rasa cinta terhadap sesama manusia dan karya sastra/seni.
  • Sebagai sarana empati, edukasi, hiburan dan sebagainya.
  • Sebagai sarana pengembangan dan peningkatan karya seni agar dimasa mendatang dapat menjadi lebih baik.

Tujuan Apresiasi

Apresiasi terhadap orang lain tersebut memiliki tujuan tertentu. Tujuan apresiasi secara umum yaitu memberikan edukasi masyarakat agar mengetahui alasan, apa dan bagaimana penciptaan karya seni itu. Maka dari itu nilai estetika dari karya seni tersebut dapat dinilai, dikembangkan dan dihayati oleh masyarakat. Selain tujuan tersebut masih ada tujuan lain dari apresiasi yaitu sebagai berikut:

  • Pengembangan dan evaluasi karya seni dari segi estetikanya.
  • Media pengembangan dan peningkatan kemampuan imajinasi dan kreasi.
  • Sebagai media penyempurnaan karya seni agar lebih indah.

Baca juga : Pengertian Seni Teater, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Jenis Jenis Apresiasi

Apresiasi dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis jenis apresiasi beserta penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Apresiasi Empatik

Jenis apresiasi yang pertama ialah apresiasi empatik. Apresiasi empatik ialah kegiatan penghargaan dan penilaian karya seni yang hanya diterima indera saja.

Apresiasi Estetis

Jenis apresiasi selanjutnya ialah apresiasi estetis. Apresiasi estetis ialah aktivitas penghargaan dan penilaian karya seni yang berkaitan dengan penghayatan dan pengamatan mendalam.

Apresiasi Kritik

Jenis apresiasi selanjutnya ialah apresiasi kritik. Apresiasi kritik ialah kegiatan penghargaan dan penilaian karya seni yang berkaitan dengan deskripsi, evaluasi, analisis, dan klasifikasi.

Selain pengertian apresiasi, fungsi apresiasi, manfaat apresiasi, tujuan apresiasi dan jenis jenis apresiasi di atas. Adapula tahapan tahapan apresiasi ketika dipraktikan yaitu sebagai berikut:

  1. Pengamatan yakni proses yang dilakukan dengan menggunakan seluruh pribadi diri sendiri sehingga tidak hanya menggunakan indera saja.
  2. Aktivitas fisiologis yakni kegiatan nyata ketika pelaksanaan pengamatan.
  3. Aktivitas psikologis yakni kegiatan yang mendorong kreativitas seseorang karena interpretasi dari persepsi terhadap evaluasi yang ada.
  4. Aktivitas penghayatan yakni kegiatan mengamati karya seni yang mendalam.
  5. Aktivitas penghargaan yakni kegiatan evaluasi objek karya seni sehingga dapat memberikan masukan.

Sekian penjelasan mengenai pengertian apresiasi, fungsi apresiasi, manfaat apresiasi, tujuan apresiasi, dan jenis jenis apresiasi beserta tahapan tahapan apresiasi. Apresiasi dilakukan untuk memberikan penghargaan dan penilaian terhadap hasil karya sastra atau karya seni. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *