Pengertian dan Sifat Sifat Cahaya
Cahaya Merambat Lurus

Pengertian dan Sifat Sifat Cahaya

Diposting pada

Pengertian dan Sifat Sifat Cahaya – Siapa yang tidak kenal dengan cahaya? Dalam kehidupan sehari hari kita selalu bergantung dengan cahaya. Cahaya merupakan energi yang bentuknya gelombang elektromagnetik yang sifatnya kasat mata. Panjang dari gelombang elektromagnetik cahaya yaitu 380 sampai 750 nm. Pengertian cahaya menurut ilmu fisika ialah radiasi elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang kasat mata ataupun tidak kasat mata. Cahaya sering disebut sebagai paket partikel yang bernama Foton. Partikel ini memiliki sifat sifat cahaya yang berbeda beda.

Pengertian cahaya diatas merupakan bukti sifat dari cahaya yang bersamaan atau dualisme gelombang partikel. Cahaya cahaya yang berkumpul membentuk paket tersebut kemudian di apresiasi oleh indera penglihatan secara visual dan di ubah menjadi warna. Bidang studi yang membahas tentang cahaya dinamakan “Optika”. Optika juga dapat disebut sebagai daerah penelitian utama pada ilmu fisika modern. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian cahaya dan sifat sifat cahaya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Sifat Sifat Cahaya

Kita dapat melihat benda benda sekeliling karena cahaya telah memantul pada benda tersebut. Dengan begitu, cahaya merupakan faktor penting yang dibutuhkan oleh kita. Kita dapat melihat benda disekitar jika cahaya telah mengenai benda tersebut. Kemudian cahaya akan dipantulkan dari benda menuju mata. Walaupun cahaya telah mengenai benda namun terhalang oleh sesuatu maka benda tadi tidak dapat dilihat oleh mata. Contohnya benda dibalik tembok ataupun tirai. Semua itu akan saya jelaskan dalam pengertian cahaya dan sifat sifat cahaya dibawah ini:

Pengertian Cahaya

Pengertian cahaya ialah energi kasat mata yang bentuknya berupa gelombang elektromagnetik dengan panjang sekitar 380 sampai 750 nm. Seperti yang kita tahu bahwa cahaya membantu kita dalam melihat suatu benda. Benda tersebut dapat terlihat jika cahaya dapat memantul pada benda tanpa halangan apapun. Cahaya dapat dibagi menjadi dua jenis menurut sumbernya, yakni :

  1. Cahaya yang asalnya dari benda itu sendiri, misalnya lilin, lampu, senter, dan matahari.
  2. Cahaya yang berasal dari pancaran benda/pantulan cahaya menuju benda, misalnya ketika melihat warna kuning, maka benda tersebut dapat memantukan cahaya berwarna kuning.

Pengertian cahaya tersebut juga dapat membagi benda menjadi dua jenis berdasarkan bisa tidaknya benda memancarkan cahaya, yakni :

  1. Benda yang menjadi sumber cahaya, misalnya nyala api, matahari dan lampu.
  2. Benda gelap (tidak dapat memancarkan cahaya), misalnya kertas, batu, dan kayu.

Sifat Sifat Cahaya

Cahaya merupakan gelombang yang bentuknya elektromagnetik dengan bebeberapa sifat. Sifat inilah yang memberikan manfaat bagi kehidupan makhluk hidup. Berikut beberapa sifat sifat cahaya beserta penjelasannya:

Cahaya Merambat Lurus

Sifat sifat cahaya yang pertama ialah cahaya dapat merambat lurus. Peninjauan sifat cahaya merambat lurus ini dapat dilihat melalui bisa tidaknya suatu cahaya dalam meneruskan cahaya. Suatu benda dapat meneruskan cahaya jika sifatnya tembus cahaya. Benda tersebut termasuk kedalam jenis benda sumber cahaya, misalnya kaca. Kemudian benda yang memiliki sifat tidak tembus cahaya, tidak dapat menembuskan cahaya yang telah mengenainya. Benda tersebut akan membentuk sebuah bayangan dan termasuk kedalam benda gelap. Maksudnya benda tersebut tidak bisa menciptakan cahaya sendiri. Misalnya kayu, karton, tembok, tripleks. dan sebagainya.

Berikut contoh cahaya merambat lurus:

Pengertian dan Sifat Sifat Cahaya
Cahaya Merambat Lurus

Cahaya Dapat Dipantulkan

Sifat sifat cahaya selanjutnya ialah cahaya dapat dipantulkan. Pemantulan cahaya dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu pemantulan teratur dan pemantulan baur/pemantulan difus. Pemantulan teratur ialah jenis pemantulan yang terjadi ketika cahaya mengenai permukaan benda yang licin, rata dan mengkilap. Contohnya cahaya yang dipantulkan ke cermin datar maka akan menghasilkan pantulan cahaya yang teratur. Sedangkan untuk pemantulan bias merupakan jenis pemantulan yang terjadi ketika cahaya mengenai permukaan benda yang tidak rata maka arah pantulannya tidak akan beraturan. Benda yang memiliki sifat dapat memantulkan cahaya secara teratur ialah cermin. Cermin tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam yakni cermin datar dan cermin lengkung (baik cermin cembung maupun cermin cekung). Berikut penjelasan masing masing jenis cermin tersebut:

Cermin Datar

Cermin datar ialah jenis cermin yang memiliki permukaan rata atau tidak melengkung. Jenis cermin ini memiliki sifat sifat cahaya seperti cahaya dapat dipantulkan. Setiap hari kita selalu menggunakan cermin dalam beberapa kepentingan seperti merias wajah. Cermin datar tersebut memiliki sifat khusus yaitu memiliki ukuran benda dan ukuran bayangan yang sama, cermin datar memiliki bayangan yang sifatnya maya atau semu, memiliki jarak benda dan jarak bayangan ke cermin yang sama, dan pada cermin datar bayangannya bersifat tegak serta datar. Berikut pembentukan bayangan pada cermin datar:

Pengertian dan Sifat Sifat Cahaya
Pembentukan Bayangan Pada Cermin Datar

Cermin Cembung

Cermin cembung ialah jenis cermin yang memiliki permukaan dengan bentuk melengkung keluar. Jenis cermin ini memiliki sifat sifat cahaya seperti cahaya dapat dipantulkan. Cermin cembung memiliki sifat maya atau semu (bayangan bisa dilihat namun tidak bisa ditangkap oleh layar). Berikut pembentukan bayangan pada cermin cembung:

Pengertian dan Sifat Sifat Cahaya
Pembentukan Bayangan Pada Cermin Cembung

Cermin Cekung

Cermin cekung ialah jenis cermin yang memiliki permukaan melengkung ke dalam. Jenis cermin ini memiliki sifat sifat cahaya seperti cahaya dapat dipantulkan. Cermin cekung memiliki sifat bayangan maya, tegak, diperbesar. Jika letak bendanya jauh dengan cermin maka akan membentuk bayangan yang nyata dan terbalik. Cermin cekung biasanya digunakan sebagai reflektor lampu mobil, sendok, lampu senter dan lain lain. Berikut pembentukan bayangan pada cermin cekung:

Pengertian dan Sifat Sifat Cahaya
Pembentukan Bayangan Pada Cermin Cekung

Cahaya Dapat Dibiaskan

Sifat sifat cahaya selanjutnya ialah cahaya dapat dibiaskan. Pembiasan ialah kejadian pembelokan arah cahaya yang merambat. Perambatan cahaya tersebut terjadi pada dua zat yang memiliki kerapatan berbeda. Jika datangnya cahaya berasal dari zat yang kerapatannya kurang menuju zat yang kerapatannya lebih maka akan melakukan pembiasan cahaya menuju garis normal. Berikut contoh kejadian kejadian dalam pembiasan cahaya:

  • Kolam yang memiliki air jernih akan terlihat seperti dangkal.
  • Pensil yang diletakkan ke dalam gelas berisi air, maka akan membuat pensil terlihat seperti bengkok.
  • Melihat bintang dimalam hari mengguakan teleskop.

Di bawah ini terdapat contoh sifat cahaya yang dapat dibiaskan:

Pengertian dan Sifat Sifat Cahaya
Cahaya Dapat Dibiaskan

Cahaya Dapat Diuraikan

Sifat sifat cahaya selanjutnya ialah cahaya dapat diuraikan. Penguraian cahaya juga dapat disebut sebagai dispersi. Dasar dalam pembiasan cahaya adalah cahaya putih yang diuraikan menjadi cahaya yang warnanya bervariasi. Contoh penguraian cahaya dapat terjadi pada:

  • Titik titik air hujan atau air yang berada di awan.
  • Pemutaran cakram warna yang akan memberikan gambaran warna putih.
  • Terjadinya pelangi.

Di bawah ini terdapat contoh sifat cahaya yang dapat diuraikan:

Pengertian dan Sifat Sifat Cahaya
Cahaya Dapat Diuraikan

Cahaya Dapat Menembus Benda Bening

Sifat sifat cahaya yang terakhir ialah cahaya dapat menembus benda bening. Contoh cahaya yang dapat menembus benda bening misalnya:

  • Bayangan yang terjadi pada seseorang ketika ia berjalan di siang hari. Hal ini membuktikan bahwa cahaya tidak akan menembus benda tidak bening sehingga akan membentuk sebuah bayangan saja.
  • Cahaya yang menembus kaca jendela sehingga masuk ke dalam rumah. Hal ini membuktikan bahwa cahaya dapat menembus benda bening. Tetapi jika kaca jendela ditutup dengan tirai hitam maka cahaya tidak akan masuk ke dalam rumah.

Di bawah ini terdapat contoh sifat cahaya yang dapat menembus benda bening:

Pengertian dan Sifat Sifat Cahaya
Cahaya Dapat Menembus Benda Bening

 

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian cahaya dan sifat sifat cahaya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • GAMBAR PERCOBAAN SEDERHANA SIFAT-SIFAT BENDA IPA sd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *