Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terlengkap
Demokrasi Menurut Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada abad ke 5 SM istilah demokrasi pertama kali disampaikan di negara Athena Kuno. Negara ini merupakan negara yang pertama kali menerapkan sistem hukum demokrasi yang modern. Tidak heran jika istilah demokrasi tersebut awalnya dari Yunani Kuno. Meski begitu arti demokrasi ini memiliki perubahan seiring berjalannya waktu. Sejak abad ke 18, arti demokrasi menurut ahli tersebut telah berkembang dan berevolusi. Perkembangan sistem demokrasi ini didasarkan pada perkembangan yang terjadi di berbagai negara di dunia. Lalu apa pengertian demokrasi menurut para ahli?

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terlengkap
Pengertian Demokrasi Menurut Ahli

Demokrasi terdiri dari kata Demos yang artinya “Rakyat” dan Kratos yang artinya “Pemerintahan”. Maka dari itu ada yang mengartikan demokrasi menurut ahli yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Bahkan dalam ilmu politik terdapat dasar penting yang sering digunakan yaitu demokrasi. Tidak heran jika demokrasi dianggap penting dalam perkembangan politik sebuah negara. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian demokrasi menurut para ahli terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Pada dasarnya posisi demokrasi sangat penting dalam pelaksanaan pembagian kekuaaan sebuah negara sesuai dengan prinsip dan konsep trias politika. Negara tersebut memiliki kekuasaan yang berguna untuk memakmurkan dan menyejahterakan rakyat. Hal ini dikarenakan kekuasaan tersebut memang berasal dari rakyat. Seiring berkembangnya jaman terdapat beberapa teori teori demokrasi menurut para ahli sehingga sistem ini terus mengalami perkembangan, baik berupa arti demokrasi menurut ahli ataupun yang lainnya. Di bawah ini terdapat beberapa pengertian demokrasi menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

H. Harris Soche (Yogyakarta : Hanindita 1985)

Pengertian demokrasi menurut para ahli yang pertama dikemukakan oleh H. Harris Soche. Berdasarkan pendapat H. Harris Soche, arti demokrasi ialah bentuk dari sebuah pemerintahan rakyat. Maka dari itu pemerintah memiliki kekuasaan yang tidak terlepas dari diri banyak orang atau rakyat sehingga rakyat memiliki hak dalam mempertahankan, melindungi dan mengatur dirinya dari pemerkosaan ataupun paksaan badan/orang lain yang telah diberikan tanggung jawab untuk memerintah.

Baca juga : Nilai Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila Sila 1, 2, 3, 4, dan 5

Hanny B. Mayo

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Hanny B. Mayo. Berdasarkan pendapat Hanny B. Mayo, arti demokrasi ialah kebijakan umum para wakil yang memperoleh pengawasan dari rakyat  sehingga penentuannya didasarkan pada mayoritas melalui pemilihan sesuai dengan konsep persamaan politik serta penyelenggaraannya dilakukan sesuai dengan kebebasan politik yang ada.

International Commission of Jurist

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh International Commission of Jurist. Berdasarkan pendapat International Commission of Jurist, arti demokrasi ialah bentuk pemerintahan dimana warga negara dapat menjalankan berbagai keputusan politik melalui wakil yang telah mereka pilih dan melalui pemilihan bebas sehingga dapat bertanggung jawab kepada mereka.

C. F. Strong

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh C. F. Strong. Berdasarkan pendapat C. F. Strong, arti demokrasi ialah sistem pemerintahan yang memberikan jaminan dalam pertanggungjawaban atas tindakan mayoritas anggota dewan dari masyarakat dalam keikutsertaannya di dunia politik.

Samuel Huntington

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Samuel Huntington. Berdasarkan pendapat Samuel Huntington, arti demokrasi ialah sistem pemerintahan yang memberikan kebebasan bersaing bagi para calon suara dan diselenggarakan pemilihan umum secara berkala, jujur dan adil sehingga semua penduduk dewasa dapat memberikan suara dan menciptakan pembuat keputusan kolektif yang terkuat.

Merriam, Webster Dictionary

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Merriam, Webster Dictionary. Berdasarkan pendapat Merriam Webster Dictionary, arti demokrasi ialah pemerintahan oleh rakyat (mayoritas) dan rakyat memegang kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan, baik melalui perwakilan langsung ataupun tidak langsung untuk penyelenggaraan pemilu berkala secara periodik.

Yusuf Al Qordhawi

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Yusuf Al Qordhawi. Berdasarkan pendapat Yusuf Al Qordhawi, arti demokrasi ialah wadah masyarakat dalam memilih seseorang yang mampu mengatur dan mengurus kepentingan mereka. Hal ini dikarenakan mereka memiliki hak atas tanggungjawab dari penguasa jika salah, mereka tidak melakukan tindakan yang bukan peraturan dan mereka tidak membenci pimpinannya. Selain itu mereka juga tidak boleh disangkut pautkan dalam sistem politik, sosial, ekonomi dan budaya yang tidak disukai ataupun tidak dikenal serta mereka dapat memecatnya apabila melakukan penyelewengan.

Baca juga : Faktor Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Abdul Ghani Ar Rahhal

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Abdul Ghani Ar Rahhal. Berdasarkan pendapat Abdul Ghani Ar Rahhal dalam bukunya Al Islamiyyin wa Sarah Ad Dimuqrathiyyah, arti demokrasi ialah kekuasaan rakyat oleh rakyat. Dengan kata lain sumber kekuasaannya diperoleh dari rakyat. Selain itu Abdul Ghani Ar Rahhal juga mengungkapkan bahwa Plato ialah orang yang pertama kali menyampaikan teori tentang demokrasi. Plato mengungkapkan sumber kekuasaan ini berasal dari keinginan majemuk dan bukan hanya satu. Ungkapan tersebut juga tertulis dalam buku Madzahib Fikriyyah Mu’ashirah karangan Muhammad Quthb.

Hans Kelsen

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Hans Kelsen. Berdasarkan pendapat Hans Kelsen, arti demokrasi ialah pemerintahan untuk rakyat dan oleh rakyat. Wakil wakil yang telah dipilih rakyat memiliki tanggungjawab dalam melaksanakan berbagai kekuasaan negara. Rakyat telah yakin bahwa kekuasaan negara dilaksanakan sesuai dengan kehendak dan kepentingannya.

John L Esposito

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh John L Esposito. Berdasarkan pendapat John L Esposito, arti demokrasi ialah kekuasaan dari rakyat dan untuk rakyat. Maka dari itu semua pihak dapai ikut aktif terlibat dan berpartisipasi dalam mengontrol kebijakan pemerintah yang telah dikeluarkan. Kemudian lembaga pemerintah resmi tersebut memiliki unsur pemisahan jelas antara lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif.

Sidney Hook

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Sidney Hook. Berdasarkan pendapat Sidney Hook, arti demokrasi ialah bentuk pemerintahan yang keputusan langsung ataupun tidaknya didasarkan pada kebebasan rakyat dewasa untuk mencapai kesepakatan bersama (mayoritas).

Affan Gaffar

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Affan Gaffar. Berdasarkan pendapat Affan Gaffar, arti demokrasi ialah demokrasi yang ingin mewujudkan negara ideal (demokrasi normatif) dan demokrasi yang ingin mewujudkan dunia politik (demokrasi empirik).

Abdul Wadud Nashruddin

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Abdul Wadud Nashruddin. Berdasarkan pendapat Abdul Wadud Nashruddin, arti demokrasi ialah suatu sistem kehidupan dimana prioritas pengambilan kebijakan yang utama yakni pendapat dari rakyat sesuai dengan kriteria hukum, menjungjung tinggi kemaslahatan bersama, agama dan susila. Rakyat yang berpendapat tersebut memiliki komitmen positif dan rasa tanggungjawab dalam melaksanakan tindakan sehingga dapat mencapai kebutuhan bersama melalui evalasi terus menerus. Demokrasi berperan sebagai tata masyarakat dalam bidang sosial, ekonomi, budaya dan bukan hanya sebagai alat politik saja. Penyaluran pendapat masyarakat akan didengar jika pendapat tersebut dapat dipertanggungjawabkan dan dipahami masyarakat, baik dalam segi syar’i, keilmuan dan sosial.

Yeni R. Lukiswara dan Sumarno AP

Baca juga : Pengertian Masyarakat Madani, Ciri, Karakteristik, Syarat dan Unsurnya

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Yeni R. Lukiswara dan Sumarno AP. Berdasarkan pendapat Yeni R. Lukiswara dan Sumarno AP, arti demokrasi ialah pemerinthan rakyat yang didasari pada deklarasi kemerdekaan oleh rakyat, dari rakyat dan untuk rakyat.

Charles Costello

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Charles Costello. Berdasarkan pendapat Charles Costello, arti demokrasi dari segi kontemporer ialah sistem pemerintahan politik dan sosial yang kekuasaannya dibatasi oleh kebiasaan dan hukum dalam menjaga hak perorangan setiap warga negara.

Joseph A. Schumpeter

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Joseph A. Schumpeter. Berdasarkan pendapat Joseph A. Schumpeter, arti demokrasi ialah sistem politik dalam mengatur keputusan kolektif yang diperoleh melalui pemilu periodik sehingga semua orang dewasa dapat melakukan pemilihan. Dengan kata lain demokrasi berkaitan dengan partisipasi dan persaingan.

Ranny

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Ranny. Berdasarkan pendapat Ranny, arti demokrasi ialah bentuk pemerintahan yang disusun dan ditata sesuai dengan prinsip persamaan politik, aturan  mayoritas, kedaulatan rakyat dan konsultasi dengan rakyat.

Philippe C. Schmitter

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Philippe C. Schmitter. Berdasarkan pendapat Philippe C. Schmitter, arti demokrasi ialah sistem yang membuat negara dapat tanggap terhadap kepentingan dan kebutuhan warga negaranya. Selain itu setiap warga harus berperan dalam merumuskan kebutuhan yang bebas dan aktif dalam menyampaikan kepentingannya. Setiap warga negara harus ikut terlibat dalam perjuangan politik sehingga jelas mempunyai pengertian akan kepentingannya sehingga dapat dipertimbangakan oleh penguasa.

Sarjen

Pengertian demokrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Sarjen. Berdasarkan pendapat Sarjen, arti demokrasi ialah keterlibatan warga negara atau wakil pilihannya pada lembaga tertentu dalam membuat keputusan politik, baik secara langsung ataupun tidak.

Abraham Lincoln

Pengertian demokrasi menurut para ahli yang terakhir dikemukakan oleh Abraham Lincoln. Berdasarkan pendapat Abraham Lincoln, arti demokrasi ialah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Maka dari itu rakyat memegang kekuasaan tertinggi dan memiliki suara, hak, serta kesempatan yang sama dalam mengatur kebijakan pemerintahan. Dengan begitu keputusan dalam sistem demokasi diperoleh dari suara terbanyak.

Sekian penjelasan mengenai pengertian demokrasi menurut para ahli terlengkap. Demokrasi berarti pemerintah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat sesuai dengan pendapat para ahli di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *