Pengertian Dioda, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya
Gambar Dioda dan Simbolnya

Pengertian Dioda, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Diposting pada

Pengertian Dioda, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya – Dalam elektronik terdapat salah satu komponen penting yang berupa dioda. Apa yang dimaksud dioda itu? Apa saja fungsi dioda? Apa saja jenis jenis dioda itu? Bagaimana cara kerja dioda? Dioda pada umumnya terdiri dari beberapa tipe yang memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda beda. Dioda tersebut termasuk dalamm golongan semi konduktor dengan komponen yang paling sederhana. Dalam ilmu elektronika biasanya para siswa akan diberikan soal terkait simbol dioda dan hal hal yang berkaitan dengannya.

Pengertian Dioda, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya
Gambar Dioda dan Simbolnya

Istilah dioda berasal dari kata “Dua Elektroda”. Dioda sendiri terdiri dari kata “Di” yang maknanya dua dan “Oda” yang maknanya elektroda. Untuk itu dioda dapat diartikan sebagai dua lapisan katoda (elektroda N) dan anoda (lapisan P). N disini berarti Negatif dan P berarti Positif. Dioda dapat dibagi menjadi beberapa bagian seperti dioda silikon, dioda zener dan germanium. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dioda, fungsi dioda, jenis jenis dioda dan cara kerja dioda. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Dioda, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Definisi dioda ialah komponen elektronika aktif yang berasal dari bahan jenis semi konduktor. Dioda banyak digunakan untuk menghantarkan arus listrik secara satu arah, sedangkan untuk arah sebaliknya terdapat arus listrik yang dihambat. Dioda dalam ilmu Fisika biasanya terdapat dalam rangkaian elektronika sehingga arahnya dapat diseimbangkan. Dalam komponen elektronika tersebut terdapat dua kutub yaitu kutub negatif atau katoda dan kutub positif atau anoda. Anoda memiliki prinsip kerja menggunakan teknologi semikonduktor untuk mempertemukan positif dengan negatif. Maka dari itu arus listrik dapat dihantarkan oleh anoda untuk kemudian diteruskan menuju katoda. Tetapi arah arus listrik yang dihantarkan tidak dapat berasal dari arah katoda ke anoda.

Baca juga : Rumus Daya Beserta Pengertian, Satuan dan Contoh Soal

Secara garis besar tentunya anda telah mengetahui pengertian dioda tersebut. Di pasaran banyak ditemukan dioda dengan berbagai bentuk dan jenis. Contohnya ada yang salah satu sisinya memiliki gelang, ada yang bentuknya silinder hitam dan sebagainya. Apabila dibandingkan dengan komponen elektronika lainnya, maka cara kerja dioda tersebut tergolong lebih mudah.

Fungsi Dioda

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang fungsi dioda. Dioda secara umum memiliki beberapa fungsi seperti di bawah ini:

  • Sebagai alat pemeriksa panas, contohnya amplifier.
  • Untuk pengaman atau saklar (sekering).
  • Untuk menambahkan partikel DC pada rangkaian clamper yang terdapat dalam sinyal AC.
  • Untuk membuat tegangan voltage regulator menjadi stabil.
  • Sebagai alat penyearah.
  • Sebagai indikator.
  • Sebagai alat pengganda tegangan.
  • Sebagai alat pemeriksa cahaya seperti dioda photo.

Selain pengertian dioda dan fungsi dioda di atas. Adapula simbol dioda yang perlu anda perhatikan. Dioda secara umum memiliki simbol seperti di bawah ini:

Pengertian Dioda, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya
Sumbol Dioda

Dalam gambar simbol dari dioda di atas terdapat bentuk yang sederhana. Simbol positif pada dioda menandakan anoda atau aliran positif, sedangkan simbol negatif menandakan katoda atau aliran negatif.

Baca juga : Contoh Soal Suhu dan Kalor Beserta Pembahasan Lengkap

Jenis Jenis Dioda

Dioda dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis jenis dioda yaitu sebagai berikut:

  • Dioda LED ialah dioda yang digunakan untuk lampu penerangan atau lampu indikator.
  • Dioda Bridge (Dioda Penyearah) ialah jenis dioda yang berguna untuk menyearahkan arus AC menjadi DC.
  • Dioda Schottky ialah dioda yang berguna untuk mengendalikan sesuatu.
  • Dioda Zener ialah jenis dioda yang berguna untuk menstabilkan tengangan dan mengamankan rangkaian.
  • Dioda Photo ialah dioda yang berguna untuk sensor cahaya.
Pengertian Dioda, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya
Gambar Macam Macam Dioda Beserta Simbolnya

Cara Kerja Dioda

Setelah membahas tentang pengertian dioda, fungsi dioda dan jenis jenis dioda. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara kerja dioda tersebut. Satu arus searah hanya dapat dilewati oleh dioda semikonduktor. Ketika arus sudah diperoleh dioda maka akan diteruskan secara forward bias atau satu arah. Kemudian konduktor tipe N dan P akan bertemu karena terdapat junction dalam dioda. Keadaan seperti ini tergolong dalam proses kecil dalam konduksi penghantar. Namun dioda tidak dapat bekerja apabila diberikan Reverse bias (bias mundur) karena arus sulit mengalir sebab tahanan yang dimiliki oleh dioda menjadi lebih tinggi.

Jika arus AC mengaliri dioda silicon, maka hanya satu arah saja yang mengalir sehingga akan terbentuk arus DC pada arus output diodanya. Keadaan seperti ini membuat kegunaan dioda terbatas seperti untuk Full Wave Rectifier (penyearah gelombang penuh), Half Wave Rectifier (penyearah setengah gelombang) dan sebagainya. Pada umumnya dioda memiliki beberapa karakteristik. Adapun karakteristik dioda yaitu berupa dioda di bias maju dan dioda di bias mundur.

Sekian penjelasan mengenai pengertian dioda, fungsi dioda, jenis jenis dioda dan cara kerja dioda.  Dioda merupakan salah satu komponen elektronika yang memiliki bentuk sederhana. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca materi dioda di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *