Pengertian Ikatan Ion, Ikatan Kovalen dan Ikatan Logam Lengkap
Ikatan Kimia Antar Atom

Pengertian Ikatan Ion, Ikatan Kovalen dan Ikatan Logam Lengkap

Diposting pada

Pengertian Ikatan Ion, Ikatan Kovalen dan Ikatan Logam Lengkap – Dalam ilmu Kimia terdapat sebuah ikatan yang terdiri dari beberapa ikatan lain di dalamnya. Ikatan ini dinamakan dengan ikatan kimia. Apa pengertian ikatan kimia itu? Ikatan kimia adalah gabungan dua atom atau lebih yang membentuk senyawa kimia. Senyawa ini akan tergolong stabil apabila energi yang dimiliki oleh energi kombinasi total lebih rendah dibandingkan pemisahan atomnya. Ikatan kimia dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu ikatan ion, ikatan kovalen dan ikatan logam. Apa pengertian ikatan ion itu? Apa pengertian ikatan kovalen itu? Apa pengertian ikatan logam itu?

Pengertian Ikatan Ion, Ikatan Kovalen dan Ikatan Logam Lengkap
Ikatan Kimia Antar Atom

Ikatan kimia pada dasarnya berguna untuk menentukan sebagian sifat zat yang terdapat diantara pembentuk atom atomnya. Selain itu adapula pengertian ikatan kimia lainnya yaitu gaya tarik menarik diantara beberapa atom tertentu yang kuat di dalam zat. Terjadinya reaksi kimia atau perubahan kimia disebabkan oleh atom atom yang berpisah atau bergabung dengan cara tertentu sehingga zat yang lebih stabil menjadi terbentuk. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian ikatan ion, pengertian ikatan kovalen dan pengertian ikatan logam lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Ikatan Ion, Ikatan Kovalen dan Ikatan Logam Lengkap

Sebelum menjelaskan tentang pengertian ikatan ion, pengertian ikatan kovalen dan pengertian ikatan logam, saya akan membahas sedikit tentang reaksi kimia terlebih dahulu. Reaksi kimia menghasilkan molekul dan kristal dengan bentuk tertentu sehingga zat hasilnya dapat ditentukan sifat sifatnya. Namun tidak semua jenis atom dapat membentuk senyawa karena belum tentu atom atom tersebut bisa bergabung dengan jenis atom lainnya.

Ikatan Ion

Pengertian ikatan ion ialah ikatan yang berasal dari gaya tarik menarik ion positif dengan ion negatif secara elektrostatis. Ion positif akan mudah dibentuk oleh atom yang memiliki energi ionisasi rendah karena elektron dilepaskan. Setelah itu atom dengan afinias elektron besar akan menangkap elektron tersebut karena elektron mudah diterima sehingga terbentuklah ion negatif. Dari proses ini akan membentuk senyawa netral dari peristiwa gaya tarik menarik di kedua ion (positif dan negatif). Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan gambar berikut:

Pengertian Ikatan Ion, Ikatan Kovalen dan Ikatan Logam Lengkap
Contoh Ikatan Ion pada Senyawa NaCl

Baca juga : Macam Macam Metode Penelitian Dengan Penjelasannya Terlengkap

Ikatan ion di atas terjadi pada senyawa NaCl. Untuk itu ikatan ion di senyawa NaCl dapat ditulis reaksi kimianya seperti berikut:

Pengertian Ikatan Ion, Ikatan Kovalen dan Ikatan Logam Lengkap
Persamaan Ikatan Ion pada Senyawa NaCl

Dari persamaan di atas dapat kita ketahui bahwa penyusunan ion positif dan ion negatif dalam senyawa memiliki jumlah tertentu. Seperti halnya pada senyawa NaCl dimana struktur kubus yang dibentuk sebenarnya berupa kristal. Ion Cl- mengelilingi setiap ion Na+ yang jumlahnya 6 ion. Senyawa ion tersebut memiliki beberapa sifat seperti dapat mengantarkan arus listrik, dapat menciptakan kristal meskipun rapuh, dapat larut dalam air dengan sangat mudah, serta tingginya titik leleh dan titik leburnya.

Ikatan Kovalen

Setelah membahas tentang pengertian ikatan ion, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pengertian ikatan kovalen. Ikatan Kovalen dapat diartikan sebagai ikatan dari sepasang elektron yang digunakan secara bersamaan. Selain itu adapula ikatan kovalen koordinasi yang diartikan sebagai ikatan dari satu atom yang bersama sama menggunakan pasangan elektron. Misalnya molekul Hidrogen. Ikatan kovalen dapat dibentuk oleh molekul hidrogen karena didalamnya terdapat ikatan antara dua atom hidrogen di dalamnya. Setiap atom hidrogen akan melepaskan 1 elektron miliknya sehingga ikatan pada pasangan elektron akan terbentuk dan bersama sama dapat digunakan.

Selain itu adapula contoh ikatan kovalen pada senyawa lainnya yaitu SO3, O2, NH3, dan lain lain. Senyawa kovalen tersebut akan memiliki ikatan kovalen tunggal di dalamnya. Selain itu adapula ikatan kovalen rangkap dua di dalam senyawa kovalen. Bahkan ikatannya sampai berbentuk ikatan kovalen rangkap tiga. Kemudian penyimpangan kaidah oktet juga sering disebabkan oleh ikatan kovalen. Terjadinya penyimpangan ini dapat berlangsung pada senyawa PCl5, BF3 dan CO. Senyawa senyawa itu memiliki eklektron yang disusun secara oktet dan bukan duplet. Maka dari itu antar senyawa satu dengan senyawa lainnya memiliki perbedaan struktur.

Baca juga : Penjelasan Faktor yang Mempengaruhi Pengeluaran Keringat Terlengkap

Ikatan Logam

Setelah membahas tentang pengertian ikatan kimia, pengertian ikatan ion dan pengertian ikatan kovalen. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pengertian ikatan logam. Ikatan logam ialah jenis ikatan kimia yang dapat digunakan sebagai kawat, dapat ditempa dengan mudah, dapat menghantarkan arus listrik dan panas, serta memiliki sifat ulet. Pada suatu atom terdapat ikatan logam yang terbentuk dari adanya perbedaan afinitas elektron dengan energi ionisasinya.

Pada lautan elektron terdapat ion logam positif yang dimiliki oleh ikatan logam. Lautan elektron sendiri ialah atom atom yang saling bertumpang tindih dan membentuk valensi elektron. Elektron tersebut dapat mengelilingi inti dan bergerak di dalam kristal dengan bebas. Elekron yang dapat bergerak dengan bebas ini dinamakan dengan elektron dislokasi. Sedangkan ikatan logam dapat terjadi karena diantara atom atom terdapat gaya tarik menarik. Maka dari itu logam dapat digunakan sebagai penghantar arus listrik dan kalor (panas) karena didalamnya terdapat elektron yang bergerak dengan bebas. Tidak heran jika logam banyak digunakan untuk pembuatan alat rumah tangga dan alat listrik.

Sekian penjelasan mengenai pengertian ikatan ion, pengertian ikatan kovalen, dan pengertian ikatan logam lengkap. Ketiga ikatan ini merupakan jenis ikatan kimia yakni gabungan dua atom atau lebih yang membentuk senyawa kimia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *