Pengertian Klausa, Ciri Ciri dan Contoh Klausa

Pengertian Klausa, Ciri Ciri dan Contoh Klausa

Diposting pada

Pengertian Klausa, Ciri Ciri dan Contoh Klausa – Seperti yang kita ketahui, selain frasa adapula materi klausa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Klausa ini tidak kalah penting seperti frasa. Materi ini juga mencakup tentang pengertian klausa, ciri ciri klausa, dan contoh klausa. Semua itu merupakan hal hal penting yang terdapat dalam klausa.

Klausa merupakan satuan gramatikal yang sering kita jumpai dalam sebuah tata bahasa, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Berdasarkan bahasa Inggris, kata klausa berarti Clause yang juga mencakup pengertian klausa, ciri ciri klausa, dan contoh klausa seperti halnya yang terdapat dalam bahasa Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian klausa dan ciri ciri klausa lengkap dengan contoh klausanya. Berikut ulasan selengkapnnya.

Pengertian Klausa, Ciri Ciri dan Contoh Klausa

Di bawah ini terdapat pengertian klausa, ciri ciri klausa, dan contoh klausa yang saya kupas secara rinci dan detail. Pembahasan ini sengaja saya sajikan lengkap agar anda dapat memahami lebih dalam mengenai klausa. Saya juga menambahkan struktur klausa untuk pembuatan contohnya.

Pengertian Klausa, Ciri Ciri dan Contoh Klausa

Pengertian Klausa

Sudah saya jelaskan di atas bahwa pengertian klausa ialah satuan gramatikal yang sering kita jumpai dalam sebuah tata bahasa. Untuk susunan kata dalam klausa memang lebih lengkap tapi strukturnya tidak lengkap apabila dijadikan kalimat. Klausa tersebut membentuk sebuah kelompk kata yang tersusun oleh satu subjek dan satu predikat serta berpotensi untuk dijadikan kalimat. Mengapa klausa berpotensi dijadikan kalimat? Hal ini dikarenakan klausa hampir sama dengan sebuah kalimat. Tetapi dalam klausa tidak terdapat intonasi akhir yang umumnya terdapat dalam sebuah kalimat.

Baca juga: Contoh Cerpen Singkat Beserta Pengertian, Ciri dan Strukturnya

Berdasarkan struktur klausa yang terdiri dari Subjek dan Predikat dapat ditambahkan dengan Objek, Pelengkap dan Keterangan ataupun tidak. Unsur utama dalam sebuah klausa ialah Subjek dan Predikat sesuai pengertian klausa di atas. Namun adapula klausa yang Subjeknya dihilangkan seperti dalam kalimat majemuk (kalimat plural) dan kalimat yang dijadikan sebagai jawaban.

Struktur Klausa

Dalam pengertian klausa juga saya sertakan strukturnya sekaligus. Struktur klausa ini digunakan untuk melengkapi tata bahasanya agar lebih sempurna. Seperti yang kita ketahui bahwa klausa memiliki susunan kalimat yang tidak sempurna karena hanya memiliki satu subjek dan satu predikat saja. Pada dasarnya klausa sendiri juga memiliki objek, pelengkap dan keterangan, tetapi adapula beberapa klausa yang sengaja menghilangkan subjeknya, seperti dalam kalimat majemuk (kalimat plural).

Ciri Ciri Klausa

Selanjutnya terdapat ciri ciri klausa yang dijadikan sebagai pembeda dengan jenis tata bahasa lainnya. Berikut beberapa ciri ciri klausa :

  1. Dalam klausa hanya terdapat satu predikat saja.
  2. Klausa dapat dijadikan menjadi sebuah kalimat jika ditambahkan dengan intonesi akhir.
  3. Klausa termasuk kedalam kalimat jika kalimat tersebut merupakan kalimat plural.
  4. Klausa bersifat luas jika didalamnya terdapat atribut atibut khusus yang belum ditemukan dalam klausa pada umumnya.

Dalam pengertian klausa ini saya juga menyertakan jenis jenis klausa yang disajikan dalam bentuk singkat. Berikut jenis jenis klausa yaitu :

  • Jenis klausa berdasarkan kelengkapan unsurnya yaitu klausa lengkap dan klausa tidak lengkap.
  • Jenis klausa berdasarkan sifat predikatnya yaitu klausa negatif dan klausa positif.
  • Jenis klausa berdasarkan kategori predikatnya yaitu klausa verbal dan klausa non verbal.
  • Jenis klausa berdasarkan kemapanannya yaitu klausa tergabung dan klausa mandiri.

Contoh Contoh Klausa

Untuk lebih memahami mengenai pengertian klausa, ciri ciri klausa, struktur klausa dan jenis jenis klausa di atas, saya telah menyajikan beberapa contoh klausa secara umum. Berikut beberapa contohnya :

  1. Kondisinya semakin memburuk.
  2. Rumah itu sangat indah.
  3. Sudah mendingan kondisinya.
  4. Sangat megah kantor itu.
  5. Mobil itu sangat mewah.
  6. Keadaan semakin buruk setiap waktu.
  7. kenyang sekali hari ini.
  8. Pakai pakaian mewah.
  9. Belajar sambil bermain.
  10. Berenang itu sangat mengasyikan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian klausa, ciri ciri klausa, dan contoh klausa. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *