Pengertian Konduktor, Isolator dan Semikonduktor Beserta Contoh Lengkap
Contoh Benda Konduktor, Isolator dan Semikonduktor

Pengertian Konduktor, Isolator dan Semikonduktor Beserta Contoh Lengkap

Diposting pada

Pengertian Konduktor, Isolator dan Semikonduktor Beserta Contoh Lengkap – Kita tahu bahwa panas dan listrik dapat dihantarkan oleh benda benda yang sifatnya konduktor maupun semikonduktor. Kemudian untuk kategori benda yang sulit menghantarkan panas atau listrik biasanya bersifat isolator. Lantas apa definisi konduktor itu? Apa pengertian semikonduktor? Apa pengertian isolator? Apa saja benda yang termasuk contoh konduktor? Apa saja contoh semikonduktor? Apa saja contoh isolator itu?

Pengertian Konduktor, Isolator dan Semikonduktor Beserta Contoh Lengkap
Contoh Benda Konduktor, Isolator dan Semikonduktor

Konduktor, isolator dan semikonduktor merupakan sebuah bahan yang dapat menghantarkan panas/listrik maupun tidak. Ketiga bahan ini memiliki klasifikasi yang berbeda beda, mulai dari segi pengertian sampai contoh bendanya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian konduktor, pengertian isolator, pengertian semikonduktor, contoh konduktor, contoh isolator, dan contoh semikonduktor lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Konduktor, Isolator dan Semikonduktor Beserta Contoh Lengkap

Bahkan di jejang SMP pun kita tentu pernah mendengar materi konduktor dan isolator. Ini merupakan materi dasar dalam ilmu pengetahan alam yang mempelajari benda apa saja yang bisa dialiri listri. Dalam kehidupan kita sehari hari pun benda bersifat konduktor isolator dan semikonduktor dapat dengan mudah kita temukan. Misalnya saja seperti logam pada pisau, karet gelang, dan lain sebagainya. Karena dianggap sangat penting akhirnya materi konduktor dan isolator pun masuk kedalam silabus pembelajaran kurikulum 2013 yang saat ini kita pakai.

Baca juga : Contoh Soal Suhu dan Kalor Beserta Pembahasan Lengkap

Pada umumnya arus listrik dapat dihantarkan oleh sebuah penghantar yang berupa zat padat, zat gas ataupun zat cair. Penghantar yang mengalirkan arus listrik tersebut akan mengalami tahanan atau batasan didalamnya. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai definisi konduktor, pengertian isolator, pengertian semikonduktor, contoh konduktor, contoh isolator, dan contoh semikonduktor yaitu sebagai berikut.

Konduktor

Pengertian konduktor ialah bahan atau material yang mudah menghantarkan listrik maupun kalor/panas tanpa melalui perantara apapun. Adapun contoh konduktor bisa menyerupai tembaga, baja, besi, alumunium dan jenis logam lainnya. Konduktor tersebut biasanya tidak hanya mampu menghantarkan panas saja melainkan juga mampu menghantarkan arus listrik. Benda benda konduktor biasanya dimanfaatkan untuk bahan pembuatan alat dapur yang mudah dipanaskan seperti panci, setrika, wajan, kabel (penghantar listrik) dan lain lain.

Pengertian Konduktor, Isolator dan Semikonduktor Beserta Contoh Lengkap
Penerapan Konsep Konduktor dan Isolator Dalam Perabot Ruimah Tangga

Isolator

Pengertian isolator ialah material atau bahan atau benda yang sulit atau tidak bisa menghantarkan kalor (panas) maupun listrik. Adapun contoh isolator yaitu jaket, baskom, spatula plastik dan lain lain. Benda benda isolator biasanya dimanfaatkan untuk pegangan dari benda benda konduktor seperti pegangan wajan, pegangan setrika, pegangan panci dan sebagainya. Apapun jenis benda yang tidak dapat menghantarkan panas (kalor) maupun arus listrik maka termasuk dalam jenis benda isolator.

Baca juga : Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal Beserta Contoh Soal

Semikonduktor

Setelah membahas tentang pengertian konduktor dan pengertian isolator di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pengertian semikonduktor. Semikonduktor dapat diartikan sebagai material atau bahan yang daya hantar listrik atau panasnya berada ditengah tengah bahan isolator maupun konduktor. Adapun contoh semikonduktor yaitu germanium, berbagai oksida logam dan silikon.

Benda benda semikonduktor biasanya akan menghantarkan listrik tetapi hanya sampai ke tanah saja karena listrik akan mencari jalan paling pendek. Bahkan tubuh kita dapat menjadi konduktor listrik yang baik karena tubuh kita memiliki 60% air di dalamnya. Contohnya sebuah kabel listrik mengenai pohon. Jika kita menyentuh pohon tersebut maka tubuh akan dapat tersengat listrik karena dijadikan sebagai konduktor atau jalan dari aliran listrik menuju tanah. Namun tidak perlu khawatir tersengat listrik karena sekarang ini kabel listrik diberikan insulator yang berupa plastik ataupun karet. Dengan begitu karet akan membatasi kawat listrik sehingga lebih tertutup dan jalannya listrik akan dipaksa mengikuti jalur kabel tembaga ataupun alumunium.

Sekian penjelasan mengenai pengertian konduktor, pengertian isolator, pengertian semikonduktor, contoh konduktor, contoh isolator, dan contoh semikonduktor lengkap. Konduktor secara singkat dapat diartikan sebagai penghantar panas atau listrik yang baik, isolator merupakan penghantar panas atau listrik yang buruk, dan semikonduktor merupakan penghantar panas atau listrik yang berada di tengah tengah konduktor maupun isolator. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Incoming search terms:

  • pengertian konduktor beserta contoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *