Pengertian Masyarakat Madani, Ciri, Karakteristik, Syarat dan Unsurnya

Pengertian Masyarakat Madani, Ciri, Karakteristik, Syarat dan Unsurnya

Diposting pada

Pengertian Masyarakat Madani, Ciri, Karakteristik, Syarat dan Unsurnya – Pengertian masyarakat madani secara umum ialah kelompok masyarakat yang makmur karena memiliki sikap menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan norma yang ada, baik dalam perwujudan ilmu pengetahuan maupun teknologi. Masyarakat madani pertama kali dicetuskan oleh Anwar Ibrahim selaku Perdana Menteri Malaysia dikala itu. Masyarakat ini memiliki konsep dasar untuk membuat sistem sosial yang mencakup asas hak asasi manusia demi kestabilan masyarakatnya. Ciri ciri masyarakat madani dan karakteritik masyarakat madani dapat dilihat melalui pola hidup masyarakatnya. Selain itu adapula syarat masyarakat madani dan unsur masyarakat madani.

Pengertian Masyarakat Madani, Ciri, Karakteristik, Syarat dan Unsurnya

Sekelompok masyarakat dikatakan madani dan beradap jika masyarakatnya menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan norma norma yang berlaku. Masyarakat madani menurut bahasa inggris bernama “Civil Society” yang artinya masyarakat beradap yang menjalankan dan membangun kehidupannya sesuai hukum dan norma yang berlaku. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian masyarakat madani, ciri ciri masyarakat madani, karakteristik masyarakat madani, syarat masyarakat madani dan unsur masyarakat madani. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Masyarakat Madani, Ciri, Karakteristik, Syarat dan Unsurnya

Pada pembahasan ini akan saya jelaskan menjadi beberapa sub menu yaitu pengertian masyarakat madani, ciri ciri masyarakat madani, karakteristik masyarakat madani, syarat masyarakat madani dan unsur masyarakat madani. Berikut penjelasannya:

Pengertian Masyarakat Madani

Dibawah ini terdapat pengertian masyarakat madani menurut beberapa ahli seperti:

  1. Pengertian masyarakat madani menurut Thomas Payne yaitu tempat pengembangan kepribadian dan kreativitas seseorang tanpa adanya paksaan agar lebih maju lagi.
  2. Pengertian masyarakat madani menurut Nurcholish Madjid yaitu penerapan aturan hukum dan nilai moral yang terdapat dalam masyarakat umat Islam pasca Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.
  3. Pengertian masyarakat madani menurut Rahardjo yaitu cerminan dari kehidupan masyarakat yang saling bekerja sama dalam membangun hubungan sosial dan solidarits antar warga dengan berdasar integrasi sosial.
  4. Pengertian masyarakat madani menurut Muhammad A.S Hikam yaitu sekelompok masyarakat yang kehidupannya dapat terorganisasi dengan baik. Dalam hal ini berkaitan dengan kemandirian, keswasembadaan, dan kesukarelaan masyarakat terhadap negaranya sesuai aturan dan nilai moral yang berlaku.
  5. Pengertian masyarakat madani menurut PBB yaitu sekelompok masyarakat yang menjunjung tinggi nilai demokrasi, menghargai HAM dan menjunjung tinggi norma yang ada.

Ciri Ciri Masyarakat Madani

Pengertian masyarakat madani tentunya tidak luput dari ciri ciri dan karakteristik yang membedakannya dengan jenis masyarakat lainnya. Maka dari itu kita juga perlu mempelajari ciri ciri dan karakterisitik masyarakat madani. Di bawah ini terdapat ciri ciri masyarakat madani sebagai berikut:

Memiliki Nilai Sosial dan Norma

Ciri masyarakat madani yang pertama ialah memiliki nilai sosial dan norma. Setiap masyarakat selalu menjunjung tinggi hak asasi manusia. Hal ini sesuai dengan nilai nilai kehidupan yang berlaku untuk mewujudkan norma dan nilai sosial.

Baca juga: Pengertian Seni Rupa Terapan, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Peradabannya Maju

Ciri masyarakat madani selanjutnya ialah mempunyai peradaban yang maju.  Hal ini dibuktikan dengan adanya kemajuan teknologi dan Ilmu pengetahuan sekarang ini.

Memberi Ruang Bebas Untuk Publik

Ciri masyarakat madani selanjutnya ialah memberi ruang bebas untuk publik. Masyarakat madani memang selalu menjunjung tinggi nilai hukum dan norma yang berlaku. Oleh karena itu terciptalah demokrasi yang diwujudkan dalam bentuk pemberian ruang publik agar dapat menyampaikan pendapatnya.

Baca juga: Pengertian Interaksi Sosial Asosiatif dan Disosiatif Beserta Bentuknya

Berdasarkan ketentuan UUD 1945 mengenai kebebasan berpendapat dijelaskan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama dalam menyampaikan pendapatnya ke publik. Namun kebebasan ini harus sesuai dengan hukum dan tidak boleh dilanggar agar tidak timbul perpecahan dalam masyarakat.

Mempunyai Supremasi Hukum

Ciri masyarakat madani selanjutnya ialah mempunyai supremasi hukum. Supremasi hukum artinya menunjuk hukum sebagai kekuasaan tertinggi. Apabila sebuah pemerintahan dikuasai oleh hukum maka keadilan dan kedaulatannya dapat tercapai dengan baik. Hal ini dikarenakan hukum akan berlaku adil dan netral serta tidak memihak kelompok atau orang tertentu.

Memiliki Partisipasi Sosial

Ciri masyarakat madani selanjutnya ialah memiliki pastisipasi sosial. Setiap masyarakat akan saling bersosialisasi dan aktif sehingga dapat mempengaruhi kemajuannya dimasa depan. Untuk membuat partisipasi sosial berjalan dengan baik maka dapat menyelaraskan hak dan kewajiban setiap warga masyarakat.

Karakteristik Masyarakat Madani

Di bawah ini terdapat karakteristik masyarakat madani menurut Bahmueller yaitu:

  • Individu dan kelompok dapat disusun menjadi kelompok sosial.
  • Memiliki kekuasaan alternatif yang berguna untuk kepentingan masyarakat bersama.
  • Mempunyai program pembangunan untuk masyarakat.
  • Memiliki lembaga khusus yang dapat menampung kepentingan masyarakat dan kemudian disampaikan ke pemerintaha.
  • Inovasi dan kreativitas masyarakat selalu berkembang seiring majunya jaman.
  • Memiliki rasa solidaritas dan kesetiaan antar warga masyarakat. Melindungi kebebasan masyarakat dari lembaga kemasyarakatan yang tidak berwenang.

Syarat Masyarakat Madani

Di bawah ini terdapat beberapa syarat masyarakat madani diantaranya:

  • Semakin majunya Human Capital dan Sosial Capital yang kondusif.
  • Tidak ada deskriminasi sosial antar berbagai bidang seperti bidang pelayanan publik.
  • Memiliki lembaga masyarakat khusus dalam mengambil keputusan bersama sesuai kemauan, kesempatan dan hak masing masing demi kemajuan peradaban.
  • Kehidupan masyarakat saling berkesinambungan meski memiliki perbedaan budaya, suku, ras dan agama.
  • Memiliki raya percaya masyarakat terhadap pemerintah serta adanya jaminan dan perlindungan dari pemerintah.
  • Memiliki pemerintahan dan lembaga sosial yang aktif dan produktif.

Unsur Unsur Masyarakat Madani

Sebuah masyarakat tidak dapat terbentuk dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan terdapat proses yang perlu dilalui. Di bawah ini terdapat unsur unsur masyarakat madani yang meliputi:

  • Memiliki sarana publik dan wilayah yang luas dalam menyampaikan pendapat.
  • Memiliki Demokrasi antar masyarakat.
  • Memiliki sikap menghormati dan rasa toleransi karena perbedaan antar setiap warga masyarakat.
  • Dampat menerapkan dan membedakan antara hak dan kewajiban.
  • Dapat hidup berdampingan meski berbeda kebudayaan, agama dan adat istiadat.

Sekian penjelasan tentang pengertian masyarakat madani, ciri ciri masyarakat madani, karakteristik masyarakat madani, syarat masyarakat madani dan unsur masyarakat madani. Bangsa Indonesia dapat dikatakan masyarakat madani karena telah memenuhi syarat syarat seperti diatas. Selain itu negara ini juga menjunjung tinggi hukum hukum yang berlaku. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *