Pengertian Musik Ansambel Lengkap Dengan Jenis dan Contohnya
Permainan Musik Ansambel

Pengertian Musik Ansambel Lengkap Dengan Jenis dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Musik Ansambel Lengkap Dengan Jenis dan Contohnya – Musik adalah suara yang disusun untuk menghasilkan sebuah nada, harmonisasi, lagu dan irama yang dihasilkan dari alat alat musik yang ada. Salah satu jenis musik ialah Ansambel. Apa pengertian musik ansambel? Apa saja jenis jenis musiknya? Apa saja contoh musiknya? Suara dalam sebuah musik tidak hanya dihasilkan oleh alat alat musik saja, melainkan juga dapat dikombinasikan dengan suara manusia. Dalam suara manusia tersebut terdapat ambitus untuk membuat sebuah aransemen vokal. Pengertian dari ambitus ialah jangkauan sebuah suara seseorang yang dapat dicapai untuk mengolah suatu vokal. Jumlah jangkauan nada yang dapat dijangkau oleh manusia tidak dapat melebihi empat oktaf.

Pengertian Musik Ansambel Lengkap Dengan Jenis dan Contohnya
Permainan Musik Ansambel

Dalam permainan ansambel biasanya terdiri dari beberappa komponen yang saling berkaitan satu sama lain. Untuk itu dalam menciptakan musik yang harmonis dibutuhkan kerjasama semua komponen yang ada. Selain itu permainan ansambel terdapat beberapa alat musik yang dimainkan secara bersama sama sehingga dapat menciptakan irama musik yang harmonis dan bagus. Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian musik ansambel lengkap dengan jenis dan contohnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Musik Ansambel Lengkap Dengan Jenis dan Contohnya

Dalam pembahasan ini saya akan menjelaskan tentang pengertian musik ansambel, jenis jenis dan contoh musiknya lengkap. Permainan ansambel tersebut terdiri dari beberapa alat musik yang dimainkan secara bersama sama. Dengan begitu akan tercipta sebuah harmonisasi musik yang bagus dan enak di dengar. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai ansambel yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Pengertian Apresiasi, Fungsi, Manfaat, Tujuan, dan Jenisnya

Pengertian Musik Ansambel

Menurut bahasa Perancis, kata ansambel sendiri memiliki pengertian yaitu rombongan musik. Kemudian adapula definisi ansambel yang sesuai dengan kamus musik yaitu kelompok alat musik yang melakukan kegiatan sama seperti sebutan didalamnya. Adapula pengertian musik ansambel adalah permainan beberapa alat musik secara bersama sama untuk memainkan sebuah lagu tertentu sesuai dengan kelompok alat musiknya.

Jenis Jenis Musik Ansambel

Jenis jenis musik ansambel dapat dikategorikan menjadi beberapa macam tergantung cara penyajiannya, fungsi dan peranannya, dan golongannya. Adapun penjelasan mengenai jenis jenis ansambel yaitu meliputi:

Menurut Penyajiannya

Jenis musik ansambel yang pertama dapat dibagi menurut cara penyajiannya. Adapun beberapa macam ansambel beserta penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Musik Ansambel Sejenis

Musik ansambel sejenis adalah bentuk musik yang disajikan dengan menggunakan alat alat musik yang sejenis. Adapun contoh ansambel sejenis yaitu ansambel rekorder.

Musik Ansambel Campuran

Musik ansambel campuran adalah bentuk musik yang disajikan dengan menggunakan beberapa jenis alat musik yang berbeda. Adapun contoh ansambel campuran yaitu triangel, tamborin, gitar, pianika, simbal, dan rekorder.

Menurut Fungsi dan Peranannya

Jenis musik ansambel selanjutnya dapat dibagi menurut fungsi dan peranannya. Adapun beberapa macam ansambel beserta penjelasannya yaitu meliputi:

Baca juga : Pengertian Seni Rupa Terapan, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Ansambel Melodis

Ansambel melodis adalah jenis musik ansambel yang menggunakan alat musik tertentu untuk memainkan serangkaian nada dalam melodi lagu. Adapun contoh ansambel melodis yaitu pianika, tamborin, piano, harmonica, biola, rekorder dan terompet.

Ansambel Ritmis

Ansambel ritmis adalah jenis musik ansambel yang menggunakan alat musik tertentu untuk mengatur sebuah irama dalam lagu. Adapun contoh ansambel ritmis yaitu drum set, gong, tamborin, gendang dan triangel.

Ansambel Harmonis

Ansambel harmonis adalah jenis musik ansambel yang menggunakan alat musik tertentu untuk mengatur irama lagu beserta memainkan sebuah melodi dalam lagu.

Menurut Golongannya

Jenis musik ansambel selanjutnya dapat dibagi menurut golongannya. Untuk jenis ansambel ini dapat dibagi lagi menjadi dua macam tergantung aspek sumber bunyi dan cara memainkannya. Adapun beberapa macam ansambel beserta penjelasannya yaitu meliputi:

Aspek Sumber Bunyi

Jenis musik ansambel menurut golongannya yang pertama ditinjau dari aspek sumber bunyinya. Berdasarkan sumber bunyinya, ansambel tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti:

  • Akrofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari adanya getaran udara. Adapun contoh akrofon yaitu terompet dan seruling.

Baca juga : Pengertian Seni Teater, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenisnya

  • Membranofon adalah alat musik ansambel yang sumber bunyinya berasal dari plastik. Adapun contoh membranofon yaitu drum, rebana dan gendang.
  • Kordofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari tali atau dawai. Adapun contoh kordofon yaitu biola, kecapi dan gitar.
  • Idiofon adalah alat musik ansambel yang sumber bunyinya berasal dari permainan alat musik itu sendiri. Adapun contoh idiofon yaitu gong dan angklung.
  • Elektrofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari tegangan listrik. Adapun contoh elektrofon yaitu organ listrik dan gitar listrik.

Cara Memainkannya

Jenis musik ansambel menurut golongan selanjutnya ditinjau dari aspek cara memainkannya. Berdasarkan cara memainkannya, ansambel tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti:

  • Alat musik yang dipukul seperti saron, bongo, drum dan gendang.
  • Alat musik yang dipetik seperti kecapi dan gitar.
  • Alat musik yang ditiup seperti klarinet, terompet dan seruling.
  • Alat musik yang digetarkan atau digoyangkan seperti angklung.
  • Alat musik yang digesek seperti selo, biola dan rebab.

Sekian penjelasan mengenai pengertian musik ansambel lengkap dengan jenis dan contohnya. Permainan ansambel adalah permainan musik yang dilakukan secara bersama sama dan menggunakan beberapa alat musik yang sejenis atau campuran. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *