Pengertian Seni Teater, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Pengertian Seni Teater, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Seni Teater, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenisnya – Indonesia terkenal dengan ragam seninya seperti seni teater, seni terapan, dan lain sebagainya. Salah satu jenis seni yang cukup populer dikalangan masyarakat ialah seni teater. Jenis seni ini memiliki pengertian seni teater, unsur seni teater, fungsi seni teater, maupun jenis jenis seni teaternya. Seni teater sering disebut sebagai seni drama namun pada dasarnya jenis seni ini memiliki pengertian yang lebih luas daripada drama pada umumnya. Seni teater merupakan jenis seni yang ditampilkan untuk publik dengan mencakup beberapa proses pemilihan naskah drama, penggarapan dan proses penafsiran. Maka dari itu dalam membuat seni drama harus melalui proses teater yang cukup panjang.

Ketika di bangku sekolah, kita juga dijelaskan mengenai pengertian seni teater, unsur seni teater, fungsi seni teater, maupun jenis jenis seni teater. Bahkan pelajaran ini sering dijadikan sebagai bahan ekstrakulikuler maupun materi kuliah jurusan kesenian.

Baca juga: Contoh Teks Diskusi Terbaru (Kenakalan Remaja, Anak Anak, Teknologi, Narkoba)

Kita juga sering menjumpai pentas seni yang melibatkan sekelompok orang dengan alur dan naskah yang berbeda beda kemudian ditampilkan dengan adegan adegan yang membentuk sebuah cerita. Dalam pementasan tersebut kita juga diajak untuk memahami apakah jenis seni yang ingin disampaikan. Seni teater dapat digolongkan menjadi seni drama, musikalisasi puisi, maupun seni teater. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian seni teater, unsur seni teater, fungsi seni teater, maupun jenis jenis seni teater lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Seni Teater, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan satu persatu tentang pengertian seni teater, unsur seni teater, fungsi seni teater, dan jenis jenis seni teater. Jenis seni ini hampir sama dengan drama namun telah diperbarui menjadi lebih menarik dan modern. Pementasannya juga menganut unsur drama dengan naskah dan alur yang lebih menarik.

Pengertian Seni Teater

Berdasarkan bahasa Perancis, kata seni teater maksudnya  “Teatre”, dalam bahasa Yunani maksudnya “Teatron”. dan dalam bahasa Inggris maksudnya “Teater”. Meskipun setiap negara memiliki kata yang berbeda namun pengertian seni teaternya sama yaitu pementasan seni yang dilakukan di atas panggung serta ditujukan untuk kalangan umum atau publik. Namun berdasarkan etimologis, seni teater artinya gedung atau tempat pertunjukan.

Jenis seni ini mempunyai pengertian secara luas maupun sempit. Pengertian seni teater secara sempit ialah pementasan seni yang dilakukan di atas panggung dan didepan banyak orang (umum) sesuai dengan naskah yang telah ditulis sebelumnya. Sedangkan menurut pengertian luasnya, seni teater ialah pementasan seni yang dilakukan di depan orang banyak tanpa adanya naskah tertulis sehingga timbul improvisasi dari pemainnya. Misalnya dagelan, ketoprak, sulap, janger dan lain sebagainya.

Baca juga: Contoh Teks Anekdot (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan)

Pengertian seni teater menurut perkembangan jaman maknanya adalah drama. Tetapi dari segi katanya berbeda, karena kata drama menurut bahasa Perancis berarti “Drame” yang maknanya perbuatan atau tindakan yang dilakukan oleh orang orang menengah. Kata drama berdasarkan bahasa Yunani Kuno berarti “Draomai” yang maknanya bertindak atau berbuat. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa seni teater berkaitan dengan pementasan seni yang diadakan di atas panggung dan didepan umum, sedangkan drama merupakan jenis unsur yang ada dalam seni teater.

Fungsi Seni Teater

Fungsi seni teater semakin meluas seiring berkembangnya jaman. Jaman dahulu seni teater hanya berfungsi untuk tontonan umum saja. Tetapi sekarang seni teater dapat difungsikan sebagai sarana pendidikan, sarana afektif masyarakat, hiburan, dan masih banyak lagi. Dibawah ini terdapat beberapa fungsi dari seni teater beserta penjelasannya:

Sarana Upacara

Fungsi seni teater yang pertama ialah sebagai sarana upacara adat. Biasanya jenis seni ini digunakan sebagai sarana persembahan dewa Dyonesos dan dewa Apollo. Bahkan didalam daerah tertentu, seni teater berfungsi sebagai upacara kedatangan seseorang. Dalam pementasan seni ini tidak membutuhkan penonton karena mereka sudah merupakan peserta dari upacara tersebut. Seni teater yang digunakan sebagai sarana upacara dapat disebut sebagai Teater Tradisional.

Media Ekspresi

Fungsi seni teater selanjutnya ialah sebagai media ekspresi. Seni teater dapat digunakan sebagai media ekspresi siswa untuk menyalurkan bakatnya. Jenis seni ini lebih mengutamakan gerakan tubuh yang sesuai dengan peran dan ucapannya. Berbeda dengan seni musik yang mengutamakan tarian atau gerakan tubuh yang sesuai dengan irama yang ada. Dalam pementasan seni teater biasanya terdapat tokoh yang memerankan perannya dengan penuh penghayatan jiwa.

Media Hiburan

Fungsi seni teater selanjutnya ialah sebagai media hiburan. Dengan adanya seni teater, para penoton dapat merasa terhibur setelah melihat pementasannya. Bahkan sebelum pementasan, para pemain harus mempersiapkan dirinya dengan maksimal agar penonton lebih terhibur.

Media Pendidikan

Fungsi seni teater selanjutnya ialah sebagai media pendidikan. Pementasan seni teater pastinya dilakukan dengan cara berkelompok. Didalamnya terdapat kerja sama yang bagus dan harmonis diantara pemain satu dengan pemain lainnya. Tidak heran jika seni teater disebut sebagai seni kolektif. Seni teater disampaikan dengan akhir yang berisi pesan moral untuk penonton. Maka dari itu pesan moralnya dapat lebih dipahami penonton jika dibandingkan harus membaca bukunya.

Unsur Unsur Seni Teater

Selanjutnya saya akan membahas tentang unsur unsur seni teater. Seni teater memiliki dua jenis unsur yaiu unsur eksternal dan unsur internal. Kedua unsur ini harus ada didalam pementasannya. Berikut unsur unsur dari seni teater beserta penjelasannya.

Unsur Internal Seni Teater

Unsur seni teater yang pertama ialah unsur internal. Unsur ini termasuk jenis unsur utama dalam seni teater dan harus ada dalam pementasannya. Apabila unsur ini tidak ada maka pementasannya tidak dapat dilakukan, maka dari itu unsur internal dapat dikatakan sebagai jantung pementasan seni teater. Unsur internal dalam seni teater dapat berupa sutradara, penataan, pentas, naskah, pemain dan properti. Berikut penjelasan masing masing unsurnya:

  1. Skenario/Naskah merupakan unsur seni teater yang berisi alur cerita, dialog pemain dan nama tokoh cerita yang nantinya akan dipentaskan. Unsur ini dapat dijadikan sebagai penghubung antar unsur lainnya seperti kostum pemain, pentas, sutradara dan para pemainnya.
  2. Pemain yaitu pemeran tokoh yang ada dalam pementasan seni teater. Tokoh ini merupakan unsur seni teater yang cukup penting karena sebagai peraga untuk menyampaikan isi cerita kepada penonton. Pemain teater dapat bersifat protagonis (tokoh baik), antagonis (tokoh jahat), dan pemain figuran (pemain tambahan) serta peran pembantu. Pemain perempuan dalam skenario disebut aktris, sedangkan pemain laki laki dalam skenario disebut aktor.
  3. Sutradara merupakan seseorang yang bertugas untuk memimpin dan mengatur teknik pembuatan teater dan pementasan seni teaternya. Sutradara tersebut juga bertugas untuk membedah naskah, menciptakan ide baru untuk pementasan, mengarahkan pemain teater dan lain lain.
  4. Pentas merupakan unsur seni teater yang dapat menujang pementasan seni teater. Pentas tersebut meliputi properti, tata lampu maupun dekorasi lainnya yang berkaitan dengan pertunjukan. Unsur ini membuat pementasan seni teater lebih menarik dan mendalami peran tokoh ceritanya.
  5. Properti merupakan perlengkapan dari pementasan teater yang meliputi meja, kursi, dekorasi, robot, dan sebagainya.
  6. Penataan yaitu pekerja yang membantu terlaksananya pementasan seperti tata rias, tata suara, tata busana, dan tata lampu. Tata busana bertugas untuk mengatur kostum dan membuat pakaian pemain sesuai peran dalam cerita. Tata rias bertugas untuk mendandani pemain agar sesuai dengan karakter perannya. Tata lampu bertugas untuk mengontrol pencahayaan panggung. Tata suara bertugas untuk mengontrol pengeras suara.

Unsur Eksternal Teater

Selanjutnya terdapat unsur seni teater yang berupa unsur eksternal. Unsur eksternal ini berkaitan degan hal hal yang ada diluar pementasan, namun bertugas untuk mengurus semua kebutuhan pementasan. Unsur tersebut meliputi desainer, sutradara, crew, staf produksi, dan manajer. Berikut penjelasan masing masing unsurnya:

  1. Staf produksi merupakan sekumpulan orang yang saling bekerja sama untuk membentuk sebuah tim, mulai dari pimpinan produksi sampai bawahannya. Setiap staf produksi mempunyai tugasnya masing masing, misalnya pimpinan produksi bertugas untuk menetapkan program kerja, mengatur hal hal yang berkaitan dengan produksi dan lain lain.
  2. Sutradara juga termasuk unsur eksternal dalam seni teater. Tugas sutradara ialah menyiapkan make up atau hal hal yang berhubungan dengan kru, mengatur segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pementasan, mengarahkan pemain, mencari pemain dan mempersiapkan pemain agar sesuai dengan ceritanya.
  3. Stage manajer ialah seseorang yang bertugas sebagai penanggung jawab dan pemimpin pementasan seni serta membantu tugas tugas dari sutradara.
  4. Desainer yaitu seseorang yang menyiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan pementasan seperti tata lampu, perlengkapan panggung kostum, pencahayaan dan lain lain sesuai aspek visualnya.
  5. Crew ialah seseoang yang bertanggung jawab dengan bagian desainer, misalnya bagian pentas, perlengkapan, tata lampu dan tata musik.

Jenis Jenis Seni Teater

Di bawah ini terdapat jenis jenis seni teater yang meliputi:

Teater Boneka

Pengertian Seni Teater, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Jenis seni teater yang pertama ialah teater boneka. Jenis teater ini telah ada sejak jaman Mesir, India Kuno dan Yunani. Hal ini dibuktikan dengan adanya sisa sisa peninggalan yang ditemukan dalam reruntuhan bangunan dan makam makan jaman dahulu. Seni teater boneka menggunakan jenis boneka yang berbeda beda seperti boneka tongkat yang cara memainkannya dengan memegang bagian bawah tongkatnya, serta boneka tangan yang cara memainkannya dengan menggunakan tangan. Selain itu adapula boneka marioonette (boneka tali) yang cara memainkannya menggunakan tali yang telah diikatkan dengan kayu.

Teater Wayang Kulit

Pengertian Seni Teater, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Jenis seni teater selanjutnya ialah teater wayang kulit. Jenis teater ini menggunakan layar tipis yang ditambahkan dengan sinar lampu untuk memberikan kesan bayangan wayang kulit. Pementasan wayang kulit tersebut dilakukan dibelakang layar. Biasanya para penonton wanita berada didepan layar untuk menonton bayangan pementasan wayang kulit, sedangkan penonton pria berada dibagian depan layar untuk melihat pementasannya secara langsung.

Jenis seni teater ini biasanya dimainkan oleh seorang dalang yang bertugas sebagai pengendali wayang seperti bagian kepala hingga lengan kanan wayang. Selain itu adapula dalang pembantu yang mengenakan baju berwarna hitam yang berada di depan penonton. Tidak hanya itu saja, melainkan ada juga sinden yang bertugas untuk melantumkan cerita dan bernyanyi dalam pementasan.

Drama Musikal

Pengertian Seni Teater, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Jenis seni teater selanjutnya ialah drama musikal. Jenis teater ini menggabungkan seni peran, seni musik dan unsur tari dengan unsur dialog. Namun didalamnya lebih mengutamakan seni peran, seni musik dan unsur tarinya. Dalam drama musikal terdapat keselarasan dan keharmonisan gerakan tari dengan lagu yang menjadi kualitas dari seni tersebut. Drama musikal dapat dibagi menjadi dua jenis yakni drama opera dan drama kabaret. Drama opera diiringi dengan lagu seriosa yang dinyanyikan oleh para tokoh. Sedangkan drama kabaret diiringi dengan lagu lagu apapun karena sifatnya bebas.

Teater Dramatik

Pengertian Seni Teater, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Jenis seni teater selanjutnya ialah teater dramatik. Teater dramatik merupakan pementasan seni teater yang menggunakan alur dramatika pemain. Selain itu latar belakang dan kedetilan tempat dalam teater ini lebih diperhatikan karena berpengaruh terhadap perubahan karakter pemain. Para pemain teater dramatik juga menonjolkan aksinya agar menarik perhatian penonton. Cerita yang ada didalamnya juga dibuat senyata mungkin agar mirip dengan aslinya dan tidak mengandung unsur improvisasi. Jalan ceritanya merupakan hasil dari kumpulan peristiwa yang saling berhubungan satu sama lain.

Teatrikalisasi Puisi

Pengertian Seni Teater, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Jenis seni teater selanjutnya ialah teatrikalisasi puisi. Jenis teater ini merupakan gabungan dari seni teater dengan karya sastra puisi. Dalam pementasan ini biasanya puisi dibacakan oleh salah satu pemain kemudian disertai dengan pementasan yang menggunakan teatrikal puisi. Dalam teater ini terdapat gerakan dan tata letak pemain yang mengedepankan karya seni puisi. Selain itu, teatrikalisasi puisi dapat dijadikan sebagai media ekspresi para seniman puisi yang ditampilkan dalam pementasan teater.

Teater Gerak

Pengertian Seni Teater, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Jenis seni teater selanjutnya ialah teater gerak. Jenis teater ini mengutamakan ekpresi wajah dan gerakan para pemain. Dalam pementasan ini biasanya dialog lebih diminimalisir atau bahkan dihilangkan seperti pertunjukan pantomim. Teater gerak bersifat bebas sehingga gerakannya tidak sesuai dengan skenario yang telah dibuat sebelumnya. Gerakan gerakan dari para pemain dilakukan sesuai suasana hati pemainnya. Dari situlah timbul pertunjukan yang menampilkan gerakan gerakan baru. Teater gerak dapat disebut seni pantomim karena didalamnya tidak ada sepatah katapun dan mengedepankan gerakan serta mimik wajah para pemainnya. Maka dari itu jalan ceritanya diekspresikan dalam bentuk gerakan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian seni teater, unsur seni teater, fungsi seni teater, dan jenis jenis seni teater. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • pertunjukan teater berdasarkan jenisnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *