Pengertian Tawadhu dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari Hari

Pengertian Tawadhu dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari Hari

Diposting pada

Pengertian Tawadhu dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari Hari – Umat manusia khususnya umat muslim dilarang untuk memiliki sikap sombong (takabur). Sombong tersebut memang dilarang oleh Islam dan harus digantikan dengan sikap tawadhu. Apa pengertian tawadhu? Apa saja contoh tawadhu dalam kehidupan sehari hari? Pada dasarnya manusia memiliki penyakit hati yang mengakibatkan tertutupnya jalan hidayah Allah SWT. Penyakit tersebut ialah takabur atau sombong. Penyakit hati yang terjangkit dalam manusia ini dapat melanda berbagai lapisan masyarakat, mulai dari yang miskin hingga kaya, dari muslim maupun non muslim, orang bodoh, orang alim dan sebagainya.

Pengertian Tawadhu dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari Hari

Sombong tersebut merupakan bagian dari watak iblis sesuai yang terkandung dalam ayat Al Qur’an. Sikap tersebut memang dapat melanda siapapun. Namun lebih banyak pada orang orang yang memiliki banyak potensi. Lawan dari sombong ialah tawadhu. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian tawadhu. Dan contoh tawadhu dalam kehidupan sehari hari. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Tawadhu dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari Hari

Untuk pembahasan kali ini, saya akan membagi menjadi dua sub menu yakni pengertian tawadhu dan contoh tawadhu dalam kehidupan sehari hari. Tawadhu tersebut dapat bersifat yang dianjurkan oleh Allah dan yang dibenci oleh Allah SWT. Untuk kategori tawadhu yang dianjurkan oleh Allah SWT ialah jenis tawadhu yang tidak mengangkat dirinya meski dihadapan Alah dan hamba-Nya. Sedangkan untuk tawadhu yang dibenci Allah ialah jenis tawadhu yang didalamnya terdapat keinginan agar dunia selalu di sisinya.

Baca juga: Contoh Ancaman Militer dan Non Militer di Indonesia

Pengertian Tawadhu

Berdasarkan bahasanya, tawadhu memiliki arti yakni sikap rendah hati. Namun menurut istilah, pengertian tawadhu ialah suatu perilaku rendah hati dihadapan Allah dan hamba-Nya (sesama manusia).
Berdasarkan pengertian tawadhu diatas dapat kita peroleh kesimpulan bahka kita dianjurkan untuk berperilaku rendah hati, baik dihadapan Allah maupun sesama manusia. Selain itu kita juga dilarang untuk melakukan takabur (lawan dari tawadhu). Sombong ialah sikap yang menganggap dirinya lebih baik daripada orang lain. Sikap inilah yang nantinya membuat kita sia sia didunia sementara ini. Menurut dalil Rasulullah SAW menganjurkan untuk setiap umat Allah agar berkikap tawadhu, seperti dibawah ini:

Pengertian Tawadhu dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari Hari
Dalil Untuk Bersikap Tawadhu

Berdasarkan dalil H.R. Baihaqi di atas dapat dijelaskan bahwa orang yangs senantiasa melakukan tawadhu dengan keridhoan Allah SWT maka derajatnya akan diangkat. Namun barang siapa yang melakukan takabur maka Allah SWT akan menghinakannya. Seseorang yang melakukan tawadhu akan terlihat terhormat dihadapan Allah SWT dan hamba-Nya.

Contoh Tawadhu

Dibawah ini terdapat beberapa contoh tawadhu dalam kehidupan sehari hari:

  1. Tidak menyela, tidak membentak dan menghormati kedua orang tua.
  2. Mamatuhi perintah orang tua
  3. Tidak iri maupun sombong terhadap adik atau kakak sendiri.
  4. Membantu teman sekolah dengan ikhlas dan tanpa mengharap balasan/pujian apapun.
  5. Menerima kritik dan saran dari orang lain.
  6. Apabila ingin mendahului orang tua maka minta ijin terlebih dahulu.
  7. Menyayangi dan membimbing yang lebih muda ke jalan yang baik.
  8. Menyapa kerabat maupun orang lain dengan salam ketika bertemu.
  9. Ketika berjumpa dengan teman atau orang lain, memperlihatkan wajah yang gembira.
  10. Ketika memperoleh penghargaan atau prestasi apapun tidak bersikap sombong, karena semua itu diperoleh atas pertolongan dari Allah SWT.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian tawadhu dan contoh tawadhu dalam kehidupan sehari hari. Kita sebagai umat manusia memang senantiasa untuk selalu bersikap tawadhu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • gambar sikap tawadhu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *