Pengertian Teks Cerita Fantasi Beserta Ciri Ciri, Struktur dan Contoh

Pengertian Teks Cerita Fantasi Beserta Ciri Ciri, Struktur dan Contoh

Diposting pada

Pengertian Teks Cerita Fantasi Beserta Ciri Ciri, Struktur dan ContohCerita fantasi merupakan suatu karya tulis dibuat dalam bentuk cerita dengan alur yang normal, namun sifatnya khayalan atau imajinatif saja. Dalam cerita ini terdapat beberapa unsur seperti alur, penokohan, setting, ending, konflik dan lain lain. Jalan ceritanya pun dibuat secara berlebihan karena tidak mungkin ada di dunia nyata. Cerita fantasi termasuk jenis teks narasi yang berupa karangan fiksi yang peristiwanya mengandung pola sebab akibat. Maka dari itu, jenis cerita ini memiliki pengertian teks cerita fantasi, ciri ciri teks cerita fantasi, struktur teks cerita fantasi dan contoh teks cerita fantasi.

Pengertian Teks Cerita Fantasi Beserta Ciri Ciri, Struktur dan Contoh

Cerita fantasi merupakan jenis karangan fiksi namun ceritanya lebih menjelaskan pada perkembangan peristiwa mulai dari prologue sampai epiloge dengan melewati berbagai tahapan, misalnya awal permasalah, puncak masalah sampai penyelesaian masalah. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian teks cerita fantasi, ciri ciri teks cerita fantasi, struktur teks cerita fantasi dan contoh teks cerita fantasi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Teks Cerita Fantasi Beserta Ciri Ciri, Struktur dan Contoh

Cerita fantasi mempunyai tema dasar dan ide yang nantinya akan dijadikan pusat orientasi pengembangan cerita. Teks cerita fantasi tidak memiliki amanat atau pesan moral, karena ceritanya bersifat untuk menghibur saja. Namun adapula pengarang cerita fantasi yang menyelipkan amanat tersirat pada alur ceritanya. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian teks cerita fantasi, ciri ciri teks cerita fantasi, struktur teks cerita fantasi dan contoh teks cerita fantasi.

Baca juga : Contoh Teks Anekdot (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan)

Pengertian Teks Cerita Fantasi

Pengertian teks cerita fantasi ialah sebuah teks cerita yang dibuat menggunakan alur normal yang sifatnya imajinatif. Jenis karangan ini memiliki kesamaan dengan teks narasi. Namun cerita fantasi mengandung unsur, struktur dan alur cerita yang berlebihan dan apabila dilogikakan maka tidak akan terwujud di dunia nyata.

Ciri Ciri Teks Cerita Fantasi

Teks cerita fantasi memiliki ciri ciri seperti halnya jenis teks lainnya. Ciri ciri tersebut juga dapat digunakan sebagai pedoman pembuatan ceritanya. Berikut ciri ciri teks cerita fantasi beserta penjelasannya:

Ide Cerita Terbuka

Ciri teks cerita fantasi yang pertama ialah ide ceritanya terbuka. Dalam cerita ini terdapat ide cerita yang dikembangkan oleh pengarang sesuai keinginnya karena tidak ada batasan kenyataan/realitanya. Temanya pun beragam seperti futuristik, mistis, sci-fi, supranatural dan lain lain.

Adanya Keajaiban, Keanehan dan Misterius

Ciri teks cerita fantasi selanjutnya ialah adanya keajaiban, keanehan dan sifatnya misterius. Cerita fantasi memang mengandung alur cerita yang sifatnya penuh keajaiban, keanehan bahkan misterius karena tidak dapat dilogika oleh pikiran. Segala keajaiban dan keanehan tersebut sengaja dibuat berlebihan oleh pengarang agar jalan ceritanya lebih menarik. Misalnya manusia bisa terbang, manusia bersayap dan sebagainya.

Jenis teks ini mengubah hal hal yang tidak mungkin terjadi menjadi mungkin dan dikemas dalam bentuk sebuah cerita. Tidak heran jika cerita fantasi disebut sebagai karangan imajinatif/khayalan.

Latar

Ciri teks cerita fantasi selanjutnya ialah latar. Latar cerita fantasi bersufat menembus ruang maupun waktu. Misalnya dalam cerita guardian of the galaxy dengan latar tempat planet Jupiter dan diwaktu masa depan. Namun apabila kita logika, planet Jupiter tidak memiliki udara, maka dari itu tidak dapat dihuni makhluk hidup. Cerita ini mengubah hal yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Tokohnya Unik

Ciri teks cerita fantasi selanjutnya ialah tokoh ceritanya unik. Pada umumnya cerita fantasi mengandung cerita yang unik seperti tokoh superman yang mempunyai kekuatan super. Bahkan superman dapat mengangkat beban yang berat berjuta juta kilogram, mengeluakan laser dari mata dan dapat terbang.

Sifatnya Khayalan (Fiksi)

Ciri teks cerita fantasi selanjutnya ialah bersifat khayalan atau fiksi. Jalan ceritanya tidak dapat dilogika oleh pikiran dan tidak dapat dinalar bahkan tidak dapat diwujudkan dalam dunia nyata.

Baca juga : 10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Sekolah, Alam dan Lingkungan)

Gaya Bahasa

Ciri teks cerita fantasi selanjutnya ialah gaya bahasa yang digunakan. Cerita fantasi memiliki gaya bahasa yang bervariasi karena tidak terikat dengan bahasa formal.

Struktur Teks Cerita Fantasi

Selanjutnya saya akan membahas mengenai struktur teks cerita fantasi. Cerita fantasi dibuat menggunakan struktur teks seperti orientasi, revolusi, konflik dan ending, baik happy ending ataupun sad ending. Berikut penjelasan masing masing struktur cerita fantasi:

  1. Orientasi yaitu struktur teks cerita fantasi yang berisi perkenalan tokoh, alur cerita dan tema.
  2. Konflik yaitu struktur teks cerita fantasi yang berisi permasalahan yang dialami tokoh, mulai dari awal masalah hingga puncak masalahnya.
  3. Resolusi yaitu struktur teks cerita fantasi berupa penyelesaian masalah yang dialami tokoh. Struktur ini dapat dijadikan sebagai penentu dari ending ceritanya.
  4. Ending yaitu struktur teks cerita fantasi yang berisi penutup cerita. Ending ini dapat berupa happy ending (akhir bahagia) maupun sad ending (akhir menyedihkan).

Contoh Teks Cerita Fantasi

Agar anda lebih memahami mengenai jenis teks ini, saya akan membagikan contoh teks cerita fantasinya. Contoh cerita fantasi ini dapat berupa cerita fantasi irisan ataupu cerita fantasi total. Berikut contohnya:

“Legenda Putri Malu”

Pada jaman dahulu hiduplah sepasang suami istri disebuah daerah, Mereka memiiliki keinginan untuk mempunyai seorang anak perempuan. Bertahun tahun mereka menikah, belum ada tanda tanda akan dikaruniai buah hati yang dapat menemaninya. Mereka terus berdoa siang dan malam kepada Tuhan agar dikaruniai seorang putri. Setelah berbagai usaha dan doa yang dipanjatkan, akhirnya mereka memiliki seorang putri yang cantk bernama Maria. Setelah beberapa tahun kemudian, Maria tumbuh dewasa dengan sifatnya yang pemalu. Bahkan ia tidak pernah keluar dari kamarnya ataupun sekedar bergaul dengan teman seusianya.

Pengertian Teks Cerita Fantasi Beserta Ciri Ciri, Struktur dan Contoh
Legenda Putri Malu

Di suatu hari ada sekumpulan perampok yang menjarah daerah tempat tinggal Maria. Perampok perampok itu bersikap kejam bahkan tidak segan segan membunuh ataupun menganiaya orang yang melawan mereka. Kedua orang tua Maria khawatir dan takut jika putri satu satunya dibawa oleh perampok tersebut. Pasangan suami istri (orang tua Maria) menyembunyikan Maria di semak semak belukar belakang rumahnya dan berpesan, “Jangan kemana mana sebelum kami menjemputmu”. Maria pun mengangguk dan menuruti perintah kedua orang tuanya.

Baca juga : Contoh Teks Diskusi Terbaru (Kenakalan Remaja, Anak Anak, Teknologi, Narkoba)

Akhirnya perampok tadi menjarah rumah kedua orang tua Maria. Bahkan semua barang berharga diambilnya dan tidak ada perlawanan sedikitpun. Setelah perampok berhasil mendapatkan barang berharga, kemudian mereka pergi meninggalkan daerah tersebut. Kedua orang tua Maria merasa senang karena putrinya selamat dan mereka menuju semak semak tempat persembunyian Maria.

Namun pasangan suami istri itu terkejut karena Maria tidak ada. Mereka terus mencari dipekarangan rumahnya namun Maria tidak kunjung ditemukan. Jejak kepergian Maria pun juga tidak ditemukan. Disemak semak persembunyian Maria hanya ditemukan sebatang tanaman kecil yang apabila daunnya disentuh akan langsung menutup. Mereka mengira tanaman itu adalah jelmaan Maria. Kemudian orang orang di daerah itu menyebut tanaman itu dengan nama “Makahiya” yang maknanya “Jangan di Sentuh”. Seperti halnya sifat Maria yang pemalu.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian teks cerita fantasi, ciri ciri teks cerita fantasi, struktur teks cerita fantasi dan contoh teks cerita fantasi. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *