Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Jenis, Struktur dan Contohnya

Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Jenis, Struktur dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Jenis, Struktur dan Contohnya – Teks dalam Bahasa Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti teks berita, teks eksposisi, teks anekdot, teks narasi dan sebagainya. Semua jenis teks memiliki pengertian, ciri, jenis dan struktur masing masing. Seperti halnya pengertian teks eksposisi, ciri ciri teks eksposisi, jenis teks eksposisi dan struktur teks eksposisi beserta contoh teks eksposisi ini. Pada dasarnya jenis teks ini sama seperti jenis jenis teks lainnya namun memiliki perbedaan dalam hal ciri ciri dan strukturnya.

Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Jenis, Struktur dan Contohnya

Teks eksposisi juga sering digunakan sebagai bahan soal ujian sekolah dalam sunia pendidikan, baik mencakup pengertian, ciri ciri, jenis, struktur ataupun contoh teksnya. Selain itu jenis teks bahasa Indonesia yang satu ini juga sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Misalnya ketika menjelaskan ataupun memaparkan sebuah peristiwa secara rinci berdasarkan sudut pandang dari orang yang bercerita dan lain lain. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian teks eksposisi, ciri ciri teks eksposisi, jenis teks eksposisi dan struktur teks eksposisi beserta contoh teks eksposisi. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Jenis, Struktur dan Contohnya

Sebelumnya pasti anda sudah diajarkan dalam mengatur tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan pembuatan contoh teks eksposisi juga menggunakan tata bahasa tersebut. Tata bahasa Indonesia juga tercantum dalam pengertian teks eksposisi, ciri ciri teks eksposisi dan struktur teks eksposisi dalam setiap jenis teks eksposisinya. Tata bahasa Indonesia yang digunakan dalam teks ini meliputi teknik penyajian, pembendaharaan kata dan lain lain yang digunakan untuk menyajikan informasi dalam bentuk akurat, padat, dan jelas. Berikut ulasan selengkapnya mengenai teks eksposisi.

Pengertian Teks Eksposisi

Hal pertama yang akan saya bahas ialah pengertian teks eksposisi. Teks eksposisi memiliki arti yaitu teks karangan atau paragraf yang mengandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan dalam bentuk akurat, jelas, singkat maupun mudah dipahami oleh pembaca. Teks eksposisi memiliki sifat non fiksi karena karangannya bersifat ilmiah, real dan nyata.

Tujuan Teks Ekposisi

Pengertian teks eksposisi juga mencakup tujuannya. Tujuan teks eksposisi ialah menjelaskan dan memaparkan sejumlah informasi untuk pembaca secara jelas dan terperinci. Dengan begitu pembaca dapat memperoleh pengetahun dan informasi sejelas jelasnya mengenai peristiwa atau hal tertentu.

Ciri Ciri Teks Eksposisi

Pengertian teks eksposisi juga mencakup ciri ciri teksnya. Ciri ciri teks eksposisi digunakan untuk menentukan dan membedakannya dengan jenis teks lainnya. Berikut beberapa ciri ciri teks eksposisi yang meliputi :

  1. Memaparkan dan menjelaskan pengetahuan ataupun informasi mengenai suatu hal.
  2. Disampaikan dengan bahasa baku dan lugas.
  3. Memiliki sifat yang tidak memihak atau netral.
  4. Memiliki fakta yang berguna sebagai alat kontribusi dan kontritasi.
  5. Menggunakan gaya bahasa informasi yang mengajak.

Struktur Teks Eksposisi

Setelah pengertian teks eksposisi, tujuan dan ciri ciri di atas, selanjutnya terdapat struktur teks eksposisi yang tidak kalah penting untuk dipahami. Struktur teks eksposisi dapat di bagi menjadi empat bagian yaitu penegasan ulang, pembukaan, argumentasi dan isi. Berikut penjelasan mengenai masing masing struktur teksnya:

  • Pembukaan yaitu struktur teks eksposisi yang letaknya diawal karena digunakan untuk membuka paragraf. Struktur ini sering disebut dengan nama Orientasi. Pada bagian orientasi, penulis memaparkan pandangan awal mengenai serangkaian masalah dalam paragraf secara relevan
  • Isi atau thesis yaitu struktur teks eksposisi yang mengandung sekumpulan pendapat ahli atau orang lain yang termasuk dalam pokok bahasan atau permasalahan yang sedang dibahas. Cara menentukan bagian isi dalam teks eksposisi cukup mudah yaitu dengan memperhatikan pemilihan kata yang digunakan didalamnya. Misalnya berdasarkan penuturan, berdasarkan pendapat, dan lain lain.

Baca juga: Contoh Teks Diskusi Terbaru (Kenakalan Remaja, Anak Anak, Teknologi, Narkoba)

  • Argumentasi yaitu struktur teks eksposisi yang memuat bukti relevan yang mendukung adanya isi atau thesis dalam teks eksposisi. Pada dasarnya argumentasi memuat fakta fakta relevan yang berhubungan dengan pokok permasalahan yang sedang dibahas dan bersifat konkrit, baik berupa narasumber, penggunaan angka, latar maupun tanggal kejadian.
  • Penegasan ulang yaitu struktur teks eksposisi yang mengandung kesimpulan informasi sesuai dengan pembukaan, isi, dan argumentasi teksnya. Penegasan ulang disampaikan dalam bentuk singkat dan bahasa yang berbeda.

Jenis Jenis Teks Eksposisi

Pengertian teks eksposisi juga memuat jenis jenis teksnya. Teks eksposisi dapat dibagi menjadi beberapa jenis dan setiap jenis teks eksposisi memiliki pengertian serta penggunaan yang berbeda beda. Berikut jenis jenis teks eksposisi beserta penjelasannya:

Teks Eksposisi Ilustrasi

Jenis teks eksposisi yang pertama ialah teks eksposisi ilustrasi. Teks eksposisi ilustrasi ialah jenis teks yang mengilustrasikan atau menggambarkan sesuatu hal yang sifatnya sama. Pengambaran teks ini dilakukan dalam bentuk yang konkret dan sederhana serta menggunakan kata frasa penghubung.

Teks Eksposisi Berita

Jenis teks eksposisi selanjutnya ialah teks eksposisi berita. Teks eksposisi berita ialah jenis teks yang memaparkan sekumpulan informasi dalam sebuah peristiwa tertentu. Jenis teks eksposisi ini sering kita jumpai dalam surat kabar ataupun berita.

Teks Eksposisi Perbandingan

Jenis teks eksposisi selanjutnya ialah teks eksposisi perbandingan. Teks eksposisi perbandingan ialah jenis teks yang menjelaskan ide dan gagasan kalimat utama menggunakan metode perbandingan.

Teks Eksposisi Proses

Jenis teks eksposisi selanjutnya ialah teks eksposisi proses. Teks eksposisi proses ialah jenis teks yang berisi tata cara atau panduan melakukan dan membuat sesuatu.

Teks Eksposisi Definisi

Jenis teks eksposisi selanjutnya ialah teks eksposisi definisi. Pengertian teks eksposisi definisi ialah jenis teks yang berisi pengertian sebuah objek atau hal tertentu.

Teks Eksposisi Pertentangan

Jenis teks eksposisi selanjutnya ialah teks eksposisi pertentangan. Teks eksposisi pertentangan ialah jenis teks yang berisi tentang pertentangan antara satu objek dengan objek lainnya. Teks eksposisi ini menggunakan frasa penghubung seperti “sebaliknya”, “akan tetapi”, “meskipun begitu”.

Teks Eksposisi Analisis

Jenis teks eksposisi yang terakhir ialah teks eksposisi analisis. Teks eksposisi analisis ialah jenis teks proses masalah yang dipisah pisah, mulai dari gagasan utama hingga menjadi beberapa sub bagian. Setelah itu, dikembangkan lagi dengan urut.

Contoh Teks Eksposisi

Dalam pembuatan contoh eksposisi harus memperhatikan pengertian teks eksposisi, ciri ciri, tujuan, maupun struktur teksnya. Untuk lebih memahami mengenai teks ini maka anda dapat memperhatikan contoh teks eksposisi di bawah ini :

“Hindari Calon Bupati yang Korupsi”

Tesis :

Tahun ini terdapat pemilihan umum calon bupati disetiap kabupaten daerah. Pemilu tersebut dilaksanakan dengan jujur, tegas, dan ketat. Kriteria calon bupati yang baik ialah selalu jujur dan tidak melakukan tindakan penyimpangan kekuasaan. Hal ini dimaksudkan agar daerah yang dipimpinnya tidak mengalami masalah yang cukup besar. Penyimpangan kekuasaan tersebut misalnya melakukan korupsi ataupun pelanggaran HAM. Jika salah satu calon bupati mengalami masalah tersebut maka dianggap gugur sebagai calon bupati selanjutnya. Hal ini dikarenakan seorang calon bupati harus mempunyai jiwa integritas yang tinggi sehingga tidak menimbulkan masalah dalam daerahnya. Calon bupati dalam setiap partai memiliki kriteria sendiri dalam memilih calonnya menggunakan tes kecocokan dan kelayakan. Tetapi kriteria dalam partai satu dengan partai lainnya berbeda beda. Meskipun begitu, setiap partai pasti memiliki prinsip umum dalam menyeleksi para calon bupati pilihannya.

Argumentasi :

Banyak parlemen daerah maupun pusat yang sering melakukan korupsi berdasarkan bukti yang ada. Tidak heran apabila setiap partai politik berlomba dalam mencari calon bupati yang sesuai agar dalam pemilihan umum dapat memperoleh suara terbanyak. Hal tersebut juga disampaikan oleh Jojo Rohi selaku Wakil Sekretarian Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP).

Penegasan Ulang :

Calon bupati yang baik dalam memimpin daerah ditetapkan dengan kriteria standar yang tegas dan jelas dalam setiap partai. Kriteria utama dalam penetapan calon bupati ialah harus anti korupsi. Jika salah satu calon bupati terbukti pernah melakukan tindak pidana korupsi maka dinyatakan gugur dan tidak diperbolehkan untuk dicalonkan kembali. Calon bupati harus memiliki kriteria moralitas dan bakal caleg yang baik. Selain itu bakal calon bupati yang baik ialah calon bupati yang tidak pernah melakukan poligami. Tetapi untuk kategori pelanggaran HAM bagi calon bupati belum bisa dibatasi. Maka dari itu calon bupati harus terjauhi dari pelanggaran HAM.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian teks eksposisi, ciri ciri teks eksposisi, jenis teks eksposisi dan struktur teks eksposisi beserta contoh teks eksposisi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *